Baca

Yesaya 10:1-34

10:1 Celakalah mereka yang membuat ketetapan-ketetapan jahat dan yang menuliskan keputusan yang tidak adil,

10:2 untuk menyisihkan orang miskin dari keadilan dan untuk merampok hak orang melarat dari antara umat-Ku, supaya janda-janda menjadi jarahan mereka dan anak-anak yatim menjadi mangsa mereka.

10:3 Apa yang akan kamu lakukan pada saat hari penghakiman, pada waktu kehancuran datang dari jauh? Kepada siapa kamu hendak lari minta tolong, dan di mana kamu hendak meninggalkan kekayaanmu?

10:4 Tidak ada yang tersisa, selain meringkuk di antara para tawanan atau jatuh di antara mereka yang dibunuh. Meski terjadi demikian, murka-Nya belumlah reda, tangan-Nya masih tetap terangkat.

Hukuman Allah terhadap Asyur

10:5 “Celakalah Asyur, rotan murka-Ku! Tongkat di tangannya adalah amarah-Ku!

10:6 Aku akan mengirim Asyur melawan bangsa yang munafik, memerintahkannya melawan umat yang Kumurkai, untuk menjarah dan merampas, dan untuk menginjak-injak mereka seperti lumpur di jalan.

10:7 Akan tetapi, dia tidak memiliki maksud demikian, ataupun berencana seperti itu di dalam hatinya. Hatinya justru berniat untuk menghancurkan dan membinasakan banyak bangsa.

10:8 Sebab, dia berkata, ‘Bukankah semua panglimaku adalah para raja?

10:9 Bukankah Kalno seperti Karkemis? Bukankah Hamat seperti Arpad? Bukankah Samaria seperti Damsyik?

10:10 Sebagaimana tangan-Ku telah menjangkau kerajaan-kerajaan berhala, yang patung-patung ukirannya lebih besar daripada yang di Yerusalem dan Samaria,

10:11 Tidakkah Aku mengalahkan Yerusalem beserta berhala-berhala mereka, sama seperti Aku mengalahkan Samaria beserta ilah-ilah mereka?’”

10:12 Jadi, apabila TUHAN telah menyelesaikan segala pekerjaan-Nya di Gunung Sion dan di Yerusalem, Dia berfirman, “Aku akan menghukum buah kesombongan hati Raja Asyur dan kecongkakannya yang besar.”

10:13 Sebab, dia berkata, “Dengan kekuatan tanganku, aku telah melakukannya, dan dengan hikmatku karena aku memiliki pengertian. Aku menghapus batas bangsa-bangsa. Aku menjarah harta kekayaan mereka dan dengan perkasa, aku menurunkan para penduduknya.

10:14 Tanganku telah meraih kekayaan bangsa-bangsa seperti meraih sebuah sarang. Seperti orang mengumpulkan telur-telur yang ditinggalkan, demikianlah aku mengumpulkan seluruh bumi. Tidak ada yang mengepak-ngepakkan sayap, membuka paruhnya ataupun mencicit.

10:15 Akankah kapak menyombongkan diri terhadap orang yang memakainya? Akankah gergaji meninggikan diri terhadap orang yang menggerakkannya? Seakan-akan rotan menggerakkan orang yang mengangkatnya, seakan-akan tongkat mengangkat dia yang bukan kayu!

10:16 Oleh karena itu, TUHAN, Allah semesta alam, akan mengirimkan penyakit kepada orang-orangnya yang gagah. Di bawah kemuliaannya akan dinyalakan api, seperti api yang berkobar.

10:17 Terang Israel akan menjadi seperti api, dan Yang Mahakudus dari Israel seperti nyala api. Api itu akan membakar dan melalap belukar berduri dan onaknya dalam sehari saja.

10:18 Kelebatan hutannya dan ladangnya yang subur akan dihancurkan, baik jiwa maupun raga, sehingga dia akan menjadi seperti orang sakit yang merana sampai mati.

10:19 Sisa-sisa pohon di hutan akan tinggal sedikit saja sehingga seorang anak kecil pun bisa menghitungnya.

Sisa Israel

10:20 Pada hari itu juga, sisa Israel dan orang-orang dari rumah Yakub yang telah melarikan diri, tidak akan lagi bergantung pada orang yang memukul mereka, tetapi akan benar-benar bergantung pada TUHAN, Yang Mahakudus, Allah Israel.

10:21 Sisa orang Israel akan kembali, yaitu sisa Yakub, kepada Allah yang perkasa.

10:22 Hai, Israel, sekalipun rakyatmu sebanyak pasir di laut, hanya sisanya yang akan kembali. Kebinasaan telah ditentukan, meluap dengan kebenaran.

10:23 Sebab, kehancuran yang telah ditentukan akan dilaksanakan TUHAN, Allah semesta alam, di seluruh bumi.

10:24 Karena itu, beginilah firman TUHAN, Allah semesta alam, “Hai, umat-Ku yang tinggal di Sion, jangan takut terhadap Asyur, yang memukulmu dengan tongkat dan mengangkat rotannya terhadap engkau, seperti yang pernah dilakukan orang Mesir.

10:25 Sebab, tinggal sebentar lagi murka-Ku akan reda dan amarah-Ku akan ditujukan untuk kehancuran mereka.”

10:26 Lalu, TUHAN semesta alam akan mencambuk Asyur dengan cemeti, sama seperti Dia memukul Midian di Batu Oreb; dan mengayunkan rotan-Nya ke atas laut, Dia akan mengangkatnya seperti yang dilakukannya di Mesir.

Orang Asyur Berperang

10:27 Dengan demikian, pada waktu itu beban mereka akan disingkirkan dari bahumu, dan kuk mereka dari tengkukmu. Dan, kuk itu akan hancur karena kegemukanmu.

10:28 Asyur telah memasuki Ayat, dia telah melewati Migron, di Mikhmas, dia akan menyimpan perbekalannya.

10:29 Mereka melintasi tempat penyeberangan dan berkata, “Geba adalah tempat bermalam kita.” Rama menjadi gemetar, dan penduduk Gibea-Saul melarikan diri.

10:30 Berteriaklah dengan keras, hai putri Galim! Hai, Laisya, perhatikanlah! Oh, Anatot yang malang!

10:31 Orang Madmena melarikan diri, Orang Gebim mengungsi.

10:32 Hari ini juga, Asyur akan berhenti di Nob dan dia akan mengacungkan kepalan tangannya ke gunung putri Sion, bukit Yerusalem.

10:33 Lihatlah, TUHAN, Allah semesta alam, akan memotong dahan-dahan pohon dengan kekuatan yang dahsyat. Pohon yang tinggi akan ditebang, dan pohon yang menjulang akan direndahkan.

10:34 Dia akan membabat belukar hutan dengan kapak besi; Lebanon akan tumbang oleh Yang Mahakuasa.

AlkiPEDIA AlkiPEDIA

Penjelasan Singkat

Hukuman TUHAN atas Israel

Isi Pasal

Tugas untuk menyerang Yehuda dan pelaksanaannya. Ancaman para penyerang hilang setelah tujuan Allah terpenuhi. Kekuatan yang baru diberikan oleh Allah kepada umat-Nya.

Garis Besar

10:1 Kutukan orang yang kejam.
10:5 Asyur, cambuk berlidah, karena kesombongannya akan dipatahkan.
10:20 Sisa orang Israel akan diselamatkan.
10:24 Yehuda ditenangkan dengan janji pembebasan dari Asyur.

Judul Perikop

Tentang celaka yang akan menimpa Asyur (10:5-19)
Sisa Israel diselamatkan (10:20-27)
Orang Asyur maju menyerang (10:27-34)

Tokoh

Allah.

Nama dan Tempat

Allah, Anatot, Arpad, Asyur, Ayat, Damsyik, Galim, Geba, Gebim, Hamat, Israel, Kalno, Karkemis, Laisya, Libanon, Madmena, Mesir, Midian, Migron, Mikhmas, Nob, Oreb, Rama, Rimon, Samaria, Sion, Teberau, TUHAN, Yakub, Yerusalem

Kesimpulan

Allah terkadang menjadikan sebuah bangsa yang menyembah berhala yang sama sekali tidak melayani Dia, sebuah cambuk bagi bangsa yang munafik yang melayani Dia tidak di dalam ketulusan dan kebenaran. Namun ketika Allah telah menyelesaikan pekerjaan-Nya melalui bangsa yang menyembah berhala, Dia pasti akan melakukan pekerjaan-Nya atas mereka dan hari-hari mereka akan hancur karena mereka tidak menyertakan Allah dalam segala pertimbangan mereka.

Fakta

-

Dengar

Program Studi Alkitab

Yesaya 10 (Yesaya 10:1-34)
Kebenaran Abadi

Playlist:



Nonton

The Bible Project: Baca Alkitab: Yesaya 1-39 (Yesaya 1--39)

Playlist:

THE BIBLE PROJECT
ALKITAB VIDEO BERGAMBAR
BaDeNo PLUS
loader
loader
loader
Komunitas BaDeNo untuk saling berbagi hasil PA terdapat dalam page Facebook di link berikut ini: https://www.facebook.com/sabda.org/
#ayo_pa! #ayo_pa!