Baca

Yesaya 54:1-17

Allah Memulangkan Umat-Nya

54:1 “Bersorak-sorailah, hai yang mandul, yang tidak pernah melahirkan! Bergembiralah dan berserulah dengan keras, hai kamu yang belum pernah merasakan sakit bersalin! Sebab, anak-anak dari perempuan yang ditinggalkan suaminya akan lebih banyak daripada anak-anak dari perempuan yang bersuami,” kata TUHAN.

54:2 “Perluaslah tempat tendamu, bentangkanlah tenda kediamanmu, jangan menyisakannya. Panjangkanlah tali-talinya, perkuatlah pasak kemahmu.

54:3 Sebab, kamu akan menyebar ke kanan dan ke kiri. Keturunanmu akan menguasai bangsa-bangsa dan menempati kota-kota sunyi.

54:4 Jangan takut, karena kamu tidak akan dipermalukan. Jangan malu, karena kamu tidak akan dipermalukan. Sebab, kamu akan melupakan rasa malu masa mudamu, dan hinaan kejandaanmu tidak akan kamu ingat lagi.

54:5 Sebab, suamimu adalah Dia yang menjadikanmu, TUHAN semesta alam adalah nama-Nya; Yang Kudus dari Israel Penebusmu, yang disebut Allah seluruh bumi!

54:6 Sebab, TUHAN telah memanggilmu, seperti istri yang ditinggalkan dan bersusah hati, seperti wanita yang baru menikah dan ditolak,” kata Allahmu.

54:7 “Untuk sesaat saja Aku meninggalkanmu, tetapi dengan kasih sayang yang besar, Aku akan mengumpulkan kamu kembali.

54:8 Dalam murka yang meluap, Aku menyembunyikan wajah-Ku darimu untuk sesaat. Akan tetapi, dengan kebaikan yang kekal Aku akan berbelas kasihan kepadamu.” kata TUHAN, Penebusmu.

54:9 “Ini seperti zaman Nuh bagi-Ku, ketika Aku berjanji bahwa air bah pada zaman Nuh tidak akan meliputi bumi lagi; demikianlah Aku berjanji, bahwa Aku tidak akan lagi murka terhadap kamu, dan tidak akan menghardik kamu.

54:10 Sebab, sekalipun gunung-gunung berpindah, dan bukit-bukit akan bergoyang, tetapi kasih setia-Ku tidak akan beralih darimu. Perjanjian perdamaian-Ku tidak akan pernah dipindahkan,” kata TUHAN yang berbelas kasihan kepadamu.

54:11 “Hai kamu yang tertindas, yang diterjang badai, dan yang tidak dihiburkan! Lihatlah, Aku akan meletakkan alasmu dari batu hitam dan fondasimu dari batu safir.

54:12 Aku akan membuat puncak-puncak bentengmu dari batu mulia, pintu-pintu gerbangmu dari kristal, dan seluruh tembokmu dari batu-batu indah.

54:13 Semua anakmu akan diajarkan tentang TUHAN, maka besarlah kesejahteraan anak-anakmu.

54:14 Dalam kebenaran kamu akan ditegakkan. Kamu akan jauh dari penindasan karena kamu tidak akan takut; atau dari kengerian karena hal itu tidak akan datang mendekat kepadamu.

54:15 Jika ada siapa pun yang menyerangmu, itu bukan dari-Ku. Siapa pun yang melawanmu akan jatuh olehmu.

54:16 Sesungguhnya, Akulah yang telah menciptakan tukang besi, yang meniup bara api, dan menghasilkan senjata sesuai kegunaannya. Dan, Akulah yang menciptakan pemusnah untuk menghancurkan.

54:17 Tidak ada senjata yang ditempa untuk melawanmu akan berhasil, dan setiap lidah yang akan mengucapkan tuduhan terhadap kamu di pengadilan akan kamu buktikan salah. Inilah warisan para pelayan TUHAN dan pembenaran mereka berasal dari-Ku,” firman TUHAN.

AlkiPEDIA AlkiPEDIA

Penjelasan Singkat

Perluasan umat*

Isi Pasal

Israel sebagai istri TUHAN yang dipulihkan dalam masa Kerajaan.

Garis Besar

54:1 Nabi, untuk menghibur bangsa non-Yahudi, menubuatkan banyaknya umat mereka;
54:4 rasa aman mereka;
54:6 kepastian pembebasan mereka dari penderitaan;
54:11 pendidikan mereka yang baik;
54:15 dan penjagaan atas mereka yang pasti.

Judul Perikop

Perjanjian damai dengan Sion (54:1-17)

Tokoh

Allah, Kristus.

Nama dan Tempat

Allah, Israel, Nuh, TUHAN

Kesimpulan

Kita bisa dengan sangat yakin bergantung pada Allah yang memelihara perjanjian-Nya dengan umat-Nya (terutama Israel) karena Dia tidak akan terus murka terhadap mereka selamanya, namun akan mengumpulkan mereka dari keterserakan sehingga mereka bisa kembali sebagai satu tubuh ke negeri mereka, dimana Dia akan menjadi suami mereka lagi.

Fakta

Sama seperti Israel disebut sebagai istri TUHAN, demikian juga gereja the present dispensation di pembagian sekarang ini disebut "Mempelai wanita Kristus"

Dengar

Program Studi Alkitab

Yesaya 53:5-54:17 (Yesaya 53:5--54:17)
Kebenaran Abadi

Playlist:



Nonton

The Bible Project: Baca Alkitab: Yesaya 40-66 (Yesaya 40--66)

Playlist:

THE BIBLE PROJECT
ALKITAB VIDEO BERGAMBAR
BaDeNo PLUS
loader
loader
loader
Komunitas BaDeNo untuk saling berbagi hasil PA terdapat dalam page Facebook di link berikut ini: https://www.facebook.com/sabda.org/
#ayo_pa! #ayo_pa!