Sembunyikan Semua (-)
Baca

Yesaya 5:1-30

Nyanyian tentang Kebun Anggur

5:1 Aku akan bernyanyi untuk kekasihku, nyanyian dari kekasihku tentang kebun anggur-Nya. Kekasihku mempunyai kebun anggur di bukit yang subur.

5:2 Dia mendangir dan membersihkannya dari batu-batu; menanaminya dengan pohon anggur pilihan. Dia membangun menara pengawas di tengah-tengahnya dan juga tempat pemerasan anggur di dalamnya. Lalu, dia berharap kebunnya menghasilkan buah anggur yang baik, tetapi kebun itu menghasilkan buah anggur yang asam.

5:3 Dan sekarang, “Oh penghuni Yerusalem dan orang-orang Yehuda, hakimilah aku dan kebun anggurku.

5:4 Apalagi yang harus dilakukan untuk kebun anggurku, yang belum aku lakukan? Mengapa saat aku berharap kebun itu menghasilkan buah anggur yang baik, justru menghasilkan buah anggur yang asam?

5:5 Jadi sekarang, aku akan memberitahumu apa yang akan kuperbuat terhadap kebun anggurku: aku akan membuang pagarnya, dan kebun itu akan dilahap; aku akan meruntuhkan temboknya, dan kebun itu akan menjadi tanah yang diinjak-injak.

5:6 Aku akan membiarkan kebun itu tandus, kebun itu tidak akan dipangkas dan didangir lagi, semak dan duri akan tumbuh di sana. Aku juga akan memerintahkan awan-awan supaya tidak menurunkan hujan ke atasnya.”

5:7 Sebab, kebun anggur milik TUHAN semesta alam adalah keluarga Israel, dan orang-orang Yehuda adalah tanaman yang menyenangkan Dia. Dia mencari-cari keadilan, tetapi menemukan pertumpahan darah; Dia mengharapkan kebenaran, tetapi mendapati tangisan penderitaan.

Peringatan tentang Hal-Hal Buruk

5:8 Celakalah mereka yang menyerobot rumah demi rumah, yang mencaplok ladang demi ladang, sampai tidak ada lagi tempat sehingga tinggal kamu sendiri yang ada di negeri itu.

5:9 Di telingaku, TUHAN semesta alam telah berfirman: “Sesungguhnya, banyak rumah akan menjadi sunyi sepi; rumah-rumah besar dan indah menjadi tidak berpenghuni.

5:10 Sebab, sepuluh hektare kebun anggur hanya akan menghasilkan satu bat saja, dan satu homer benih hanya akan menghasilkan satu efa gandum.”

5:11 Celakalah mereka yang bangun pagi-pagi untuk memburu minuman keras, yang terjaga hingga larut malam untuk menghangatkan diri dengan anggur.

5:12 Mereka memiliki gambus, kecapi, rebana dan seruling, serta air anggur dalam pesta mereka, tetapi mereka tidak menghiraukan perbuatan-perbuatan TUHAN, ataupun melihat karya tangan-Nya.

5:13 Karena itu, umatku akan dibawa ke pembuangan karena pemahaman mereka kurang. Orang-orang mereka yang terpandang menjadi kelaparan, dan rakyat mereka menjadi kering karena haus.

5:14 Oleh sebab itu, dunia orang mati telah melebarkan tenggorokan dan membuka mulutnya lebar-lebar, dan kemegahan Yerusalem, khalayak ramainya, sorak-sorainya, orang-orangnya yang bersukaria akan turun ke dalamnya.

5:15 Maka, manusia akan ditundukkan, orang-orang akan direndahkan; mata yang sombong juga akan direndahkan.

5:16 Akan tetapi, TUHAN semesta alam akan ditinggikan dalam keadilan, dan Allah yang kudus akan menyatakan kekudusan-Nya dalam kebenaran.

5:17 Maka, domba-domba akan merumput seperti di padangnya sendiri, para pendatang akan makan di reruntuhan gedung orang-orang kaya.

5:18 Celakalah mereka yang menarik kesalahan dengan tali kepalsuan, yang menarik dosa dengan tali gerobak,

5:19 yang berkata, “Biarlah Dia bersegera, biarlah Dia mempercepat pekerjaan-Nya supaya kita dapat melihat pekerjaan-Nya itu; biarlah rencana Yang Kudus dari Israel semakin dekat dan terlaksana sehingga kita mengetahuinya.”

5:20 Celakalah mereka yang menyebut kejahatan itu kebaikan, dan kebaikan itu kejahatan; yang menggantikan terang dengan kegelapan, dan kegelapan dengan terang; yang mengubah yang pahit menjadi manis, dan yang manis menjadi pahit.

5:21 Celakalah mereka yang bijaksana menurut mata mereka sendiri, yang pintar menurut pandangan mereka sendiri.

5:22 Celakalah mereka yang hebat dalam minum anggur dan juara dalam mencampur minuman keras,

5:23 yang membenarkan orang fasik karena suap dan membuang hak-hak orang yang benar.

5:24 Karena itu, seperti api kecil melalap jerami, dan seperti rumput kering habis dalam nyala api, demikian pula akar-akar mereka akan menjadi seperti barang busuk, dan bunga-bunga mereka beterbangan seperti debu, karena mereka telah menolak hukum TUHAN semesta alam dan telah menghina firman Yang Mahasuci dari Israel.

Murka TUHAN bangkit

5:25 Sebab itu, murka TUHAN menyala terhadap umat-Nya. Dia telah mengangkat tangan-Nya melawan mereka dan memukul mereka. Gunung-gunung bergetar, mayat-mayat mereka bergelimpangan seperti sampah di tengah jalan. Bahkan, setelah semuanya itu, murka-Nya belumlah surut; tangan-Nya masih tetap terangkat.

5:26 Dia akan memberikan tanda kepada bangsa-bangsa yang jauh; bersiul memanggil mereka dari ujung-ujung bumi; dan lihatlah, bangsa-bangsa itu datang dengan segera.

5:27 Tidak seorang pun dari mereka menjadi letih atau tersandung, mengantuk atau tertidur, terlepas ikat pinggangnya, ataupun rusak kasutnya.

5:28 Anak panah mereka tajam, semua busur mereka dilenturkan. Kuku kuda mereka terlihat seperti batu api, roda-roda kereta mereka seperti angin puyuh.

5:29 Auman mereka seperti singa betina, seperti singa-singa muda. Mereka menggeram dan menerkam mangsa mereka serta membawanya lari tanpa ada yang dapat melepaskannya.

5:30 Mereka akan menggeram terhadap mangsanya pada hari itu, seperti gemuruh laut, dan ketika orang memandang negeri itu, tampaklah kegelapan dan kesesakan. Bahkan, terang pun menjadi gelap oleh awan-awannya.

AlkiPEDIA AlkiPEDIA

Penjelasan Singkat

Hukuman Allah bagi dosa

Isi Pasal

Perumpamaan tentang kebun anggur TUHAN dan enam kesengsaraan atas Israel.

Garis Besar

5:1 Melalui perumpamaan tentang kebun anggur, TUHAN melaksanakan hukuman-Nya yang keras.
5:8 Hukuman-Nya atas ketamakan;
5:11 atas nafsu berahi;
5:13 atas kelaliman;
5:20 dan atas ketidakadilan.
5:26 Para pelaksana hukuman TUHAN.

Judul Perikop

Nyanyian tentang kebun anggur (5:1-7)
Peringatan tentang pelbagai keburukan (5:8-24)
Bangsa asing sebagai alat murka TUHAN (5:25-30)

Tokoh

Allah.

Nama dan Tempat

Allah, Israel, TUHAN, Yehuda, Yerusalem

Kesimpulan

Allah mengharapkan buah/hasil kebun anggur dari orang-orang yang menikmati hak istimewa kebun anggur, bukan hanya daun pengakuan, atau anggur liar perbuatan munafik dalam agama. Allah akan meniadakan anugerah-Nya atas mereka yang telah lama menerimanya dalam kesia-siaan. Kutukan ketandusan adalah hukuman atas dosa karena tidak berbuah/tidak menghasilkan.

Fakta

ay. 4. Beberapa orang percaya Kristus mengucapkan perkataan ini ketika Dia melihat Yerusalem dan meratapinya (Luk 19:41), dan menunjuknya di dalam perumpamaan tentang kebun anggur. Mat. 21:33.

Dengar

Program Studi Alkitab

Yesaya 4 - 5:11 (Yesaya 4:1--5:11)
Kebenaran Abadi

Playlist:



Nonton

The Bible Project: Ringkasan: Yesaya 1-39 (Yesaya 1-39)

Playlist:

THE BIBLE PROJECT
ALKITAB VIDEO BERGAMBAR
BaDeNo PLUS
loader
Tampilkan Semua
1. Untuk siapa penyanyi itu ingin bernyanyi? [Yes 5:1]
Penyanyi itu ingin bernyanyi untuk yang dikasihi [Yes 5:1]
2. Apakah lagu yang dinyanyikan penyanyi itu? [Yes 5:1]
Lagu ini tentang kebun anggur dari kekasihnya. [Yes 5:1]
3. Apa yang dia lakukan terhadap kebun anggur? [Yes 5:2]
Dia membakarnya, menyingkirkan bebatuan, menanamnya dengan pohon anggur terpilih, dan membangun menara dan tempat pemerasan anggur di dalamnya. [Yes 5:2]
4. Apa yang dihasilkan kebun anggur itu? [Yes 5:2]
Kebun anggur itu menghasilkan anggur liar. [Yes 5:2]
5. Apkah yang dihakimi oleh penduduk Yerusalem dan orang Yehuda? [Yes 5:3]
Mereka harus menghakimi antara yang dikasihi dan kebun anggurnya. [Yes 5:3]
6. Apa yang akan dilakukan oleh yang dikasihi pada kebun anggurnya? [Yes 5:5,6]
Dia akan menyingkirkan pagar tanaman, mengubah kebun anggur menjadi padang rumput, dan meruntuhkan temboknya sehingga akan menjadi sampah dan tidak akan ada hujan yang turun di atasnya. [Yes 5:5,6]
7. Siapakah kebun anggur TUHAN Semesta Alam? [Yes 5:7]
Kebun anggur TUHAN adalah seisi rumah Israel. [Yes 5:7]
8. Apa yang TUHAN tunggu? [Yes 5:7]
TUHAN menunggu keadilan dan kebenaran. [Yes 5:7]
9. Apa yang TUHAN dapati selain keadilan dan kebenaran? [Yes 5:7]
TUHAN mendapati kematian dan tangisan minta tolong. [Yes 5:7]
10. Apa yang akan terjadi pada banyak rumah-rumah? [Yes 5:9]
Banyak rumah akan kosong dan tanpa penghuninya. [Yes 5:9]
11. Mengapa orang Israel dan Yehuda ditawan? [Yes 5:13]
Mereka ditawan karena mereka kurang pengertian. [Yes 5:13]
12. Apa yang meninggikan TUHAN Semesta Alam? [Yes 5:16]
Keadilan TUHAN meninggikan diriNya [Yes 5:16]
13. Bagaimana Allah yang Kudus diakui? [Yes 5:16]
Allah diakui karena perbuatanNya yang benar. [Yes 5:16]
14. Mengapa akar Israel akan membusuk, dan bunganya akan tertiup seperti debu? [Yes 5:24]
Akar Israel akan membusuk, dan bunga mereka akan tertiup seperti debu karena mereka telah menolak hukum TUHAN dan membenci firman Yang Kudus dari Israel. [Yes 5:24]
15. Bagaimana TUHAN akan memanggil bangsa yang jauh untuk datang? [Yes 5:26]
Dia akan memanggil mereka dengan mengangkat bendera sinyal dan bersiul untuk mereka. [Yes 5:26]
16. Bagaimana negeri jauh itu akan datang? [Yes 5:26]
Negara yang jauh itu akan datang dengan cepat dan tiba-tiba. [Yes 5:26]
loader
loader
Studi lebih lanjut kunjungi situs: Alkitab SABDA.
loader
loader
Komunitas BaDeNo merupakan wadah yang disediakan oleh Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) untuk saling berbagi hasil PA (BaDeNo). Hasil PA ini bisa dibagikan melalui:
BaDeNo PB
BaDeNo PL
Alkitab Setiap Hari
Mari join bersama dengan kami melalui:
#ayo_pa! #ayo_pa!