Baca

Yesaya 23:1-18

Nubuat tentang Lebanon

23:1 Pesan ilahi tentang Tirus: Merataplah, hai kapal-kapal Tarsis! Sebab, Tirus telah dihancurkan, tidak ada lagi rumah dan pelabuhan di sana. Dari negeri Siprus berita ini disampaikan kepada mereka.

23:2 Berdiam dirilah, hai kamu penduduk daerah pesisir, hai para saudagar dari Sidon, utusan-utusanmu mengarungi laut.

23:3 Melalui perairan luas datanglah benih dari Sikhor, dan panenan dari Sungai Nil adalah penghasilannya sehingga kota itu menjadi pasar bagi bangsa-bangsa.

23:4 Malulah, hai Sidon, karena laut telah berbicara, benteng laut berkata, “Aku belum pernah merasakan sakit bersalin ataupun melahirkan; aku belum pernah membesarkan orang-orang muda, ataupun mengurus anak-anak dara.”

23:5 Ketika berita ini sampai ke Mesir, mereka akan gemetar karena berita tentang Tirus itu.

23:6 Menyeberanglah ke Tarsis! Merataplah, hai penduduk pesisir!

23:7 Inikah kotamu yang penuh kegembiraan, yang didirikan sejak dahulu kala, yang kakinya membawanya pergi ke tempat-tempat jauh untuk tinggal di sana?

23:8 Siapakah yang telah merencanakan hal ini terhadap Tirus, kota yang menganugerahkan mahkota, yang saudagar-saudagarnya adalah para pembesar dan pedagang-pedagangnya adalah orang terhormat di bumi?

23:9 TUHAN semesta alamlah yang telah merencanakannya, untuk menajiskan kebanggaan semua keindahan, untuk merendahkan semua yang terhormat di bumi.

23:10 Seberangilah negerimu seperti sebuah sungai, hai putri Tarsis. Tidak ada lagi kekangan.

23:11 Dia telah merentangkan tangan-Nya atas laut dan membuat kerajaan-kerajaan gemetar. TUHAN telah memberi perintah mengenai Kanaan, untuk menghancurkan benteng-bentengnya.

23:12 Dia berfirman, “Kamu tidak akan bersukacita lagi, hai anak perawan Sidon yang tertindas. Bangkitlah, menyeberanglah ke Siprus, di sana pun kamu tidak akan mendapat tempat beristirahat.”

23:13 Lihatlah, negeri orang Kasdim! Bangsa itu tidak ada lagi! Orang Asyur menjadikannya tempat bagi binatang-binatang gurun. Mereka mendirikan menara-menara pengepungan, meruntuhkan puri-purinya dan menjadikannya reruntuhan.

23:14 Merataplah, hai kapal-kapal Tarsis, karena bentengmu telah dihancurkan.

23:15 Pada hari itu, Tirus akan dilupakan selama tujuh puluh tahun, seperti hari-hari seorang raja. Pada akhir masa tujuh puluh tahun itu, akan terjadi pada Tirus seperti dalam nyanyian pelacur ini:

23:16 “Ambillah kecapimu, berjalanlah di sekitar kota, hai pelacur yang dilupakan. Petiklah baik-baik, nyanyikanlah banyak lagu supaya kamu diingat.”

23:17 Setelah tujuh puluh tahun, TUHAN akan mengunjungi Tirus. Namun, Tirus akan kembali ke upah sundalnya dan akan berzina dengan segala kerajaan di muka bumi.

23:18 Pendapatan Tirus dan upah sundalnya akan disisihkan bagi TUHAN. Itu tidak akan disimpan atau ditimbun. Pendapatan Tirus akan menjadi persediaan makanan yang cukup dan pakaian yang indah bagi mereka yang tinggal di hadirat TUHAN.

AlkiPEDIA AlkiPEDIA

Penjelasan Singkat

Kesengsaraan Tirus di gulingkan

Isi Pasal

Ucapan ilahi tentang Tirus. Penghancuran mengawali pembebasan akhir Israel.

Garis Besar

23:1 Tergulingnya Tirus dengan menyedihkan.
23:15 Pemulihan dan persundalannya.

Judul Perikop

Ucapan ilahi terhadap Tirus dan Sidon (23:1-18)

Tokoh

Allah.

Nama dan Tempat

Asyur, Kanaan, Kasdim, Kitim, Mesir, Nil, Sidon, Sihor, Tarsis, Tirus, TUHAN

Kesimpulan

Keangkuhan bangsa-bangsa dunia, yang memberikan tantangan kepada negara-negara sekitar, pasti akan dibungkam oleh penghakiman Allah pada waktunya. Kemegahan dan semarak tidak menjamin melawan penghakiman-Nya.

Fakta

-

Dengar

Program Studi Alkitab

Yesaya 23:1-24:15 (Yesaya 23:1--24:15)
Kebenaran Abadi

Playlist:



Nonton

The Bible Project: Baca Alkitab: Yesaya 1-39 (Yesaya 1--39)

Playlist:

THE BIBLE PROJECT
ALKITAB VIDEO BERGAMBAR
BaDeNo PLUS
loader
loader
loader
Komunitas BaDeNo untuk saling berbagi hasil PA terdapat dalam page Facebook di link berikut ini: https://www.facebook.com/sabda.org/
#ayo_pa! #ayo_pa!