Baca

Yesaya 55:1-13

Allah Memberikan “Makanan” yang Sungguh Memuaskan

55:1 “Hai, semua orang yang haus, datanglah ke perairan; dan kamu yang tidak memiliki uang, Datanglah, belilah, dan makanlah. Kemarilah, belilah anggur dan susu tanpa uang dan bayaran.

55:2 Mengapa kamu menggunakan uangmu untuk sesuatu yang bukan roti, dan jerih payahmu untuk sesuatu yang tidak mengenyangkan? Dengarkan Aku baik-baik, dan makanlah apa yang baik. senangkanlah jiwamu dalam hidangan berlemak.

55:3 Pasanglah telingamu dan datanglah kepada-Ku dengarlah supaya jiwamu akan hidup. Aku akan mengadakan perjanjian yang kekal denganmu, menurut kebaikan-Ku yang teguh kepada Daud.

55:4 Sesungguhnya, Aku telah menjadikan dia saksi bagi bangsa-bangsa, seorang pemimpin dan panglima bagi bangsa-bangsa.”

55:5 “Sesungguhnya, kamu akan memanggil satu bangsa yang tidak kamu kenal, suatu bangsa yang tidak mengenalmu akan berlari kepadamu karena TUHAN, Allahmu, Yang Kudus dari Israel. Dia telah memuliakan kamu.

55:6 Carilah TUHAN selagi Dia berkenan untuk ditemui. Panggillah Dia selagi Dia dekat.

55:7 Biarlah orang fasik meninggalkan jalannya dan orang jahat pemikiran-pemikirannya. Biarlah dia kembali kepada TUHAN, dan Dia akan berbelas kasihan kepadanya, dan kepada Allah kita karena Dia akan mengampuni dengan berlimpah.”

Manusia Tidak Dapat Mengerti Allah

55:8 “Sebab, pemikiran-Ku bukanlah pemikiranmu, dan jalanmu bukanlah jalan-Ku,” firman TUHAN.

55:9 Seperti langit lebih tinggi dari bumi, demikianlah jalan-Ku lebih tinggi daripada jalanmu, dan pemikiran-Ku daripada pemikiranmu.”

55:10 “Sebab, seperti hujan dan salju turun dari langit, dan tidak pernah kembali ke sana, tetapi mengairi bumi dan membuatnya tumbuh dan bertunas, menghasilkan benih bagi penabur dan roti bagi orang yang makan,

55:11 demikianlah juga firman-Ku yang keluar dari mulut-Ku, itu tidak akan kembali kepada-Ku dengan sia-sia, tetapi akan mengerjakan apa yang Aku maksudkan dan akan berhasil dalam apa yang Kuperintahkan kepadanya.”

55:12 “Sebab, kamu akan keluar dengan sukacita dan akan dihantarkan dengan damai. Gunung-gunung dan bukit-bukit akan menyambutmu dan bersorak-sorai di hadapanmu, dan semua pohon di padang akan bertepuk tangan.

55:13 Sebagai ganti semak duri, akan tumbuh pohon sanobar, dan sebagai ganti jelatang akan tumbuh pohon murad. Itu akan menjadi kemuliaan bagi nama TUHAN, suatu tanda abadi yang tidak akan pernah dilenyapkan.”

AlkiPEDIA AlkiPEDIA

Penjelasan Singkat

Keadaan yang bahagia atas orang percaya

Isi Pasal

Keselamatan TUHAN yang kekal.

Garis Besar

55:1 Nabi, dengan janji-janji akan Kristus, meminta mereka untuk percaya,
55:6 dan untuk bertobat.
55:8 Kebaikan yang membahagiakan bagi mereka yang percaya.

Judul Perikop

Seruan untuk turut serta dalam keselamatan yang dari TUHAN (55:1-13)

Tokoh

Allah, Kristus.

Nama dan Tempat

Allah, Daud, Israel, TUHAN

Kesimpulan

Semua diundang untuk mendapatkan keselamatan Allah yang diberikan melalui Kristus. Semua kekayaan dan kenikmatan dunia tidak bisa memuaskan jiwa, namun keselamatan Allah yang kekal mendatangkan hidup dan damai yang sejati. Adalah hikmat manusia, karenanya, untuk mencari Kristus selagi Dia mau ditemui, meninggalkan dosa dan mencabut semua pemikiran sebelumnya yang bertentangan dengan kebenaran Allah, karena Allah kemudian akan mengampuni dengan limpahnya.

Fakta

ay. 4, 5. Kristus diberikan kepada dunia sebagai bukti akan kasih dan belas kasihan Allah (Yoh 3:16). Dia adalah pemimpin dan komandan sejati yang menunjukkan manusia apa yang harus dilakukan dan memampukan dia untuk melakukannya. Melalui Dia pintu sudah dibukakan bagi bangsa-bangsa bukan Yahudi untuk masuk dalam keselamatan Allah yang kekal.

Dengar

Program Studi Alkitab

Yesaya 55 (Yesaya 55:1-13)
Kebenaran Abadi

Playlist:



Nonton

The Bible Project: Baca Alkitab: Yesaya 40-66 (Yesaya 40--66)

Playlist:

THE BIBLE PROJECT
ALKITAB VIDEO BERGAMBAR
BaDeNo PLUS
loader
loader
loader
Komunitas BaDeNo untuk saling berbagi hasil PA terdapat dalam page Facebook di link berikut ini: https://www.facebook.com/sabda.org/
#ayo_pa! #ayo_pa!