Sembunyikan Semua (-)
Baca

Yesaya 59:1-21

Orang Jahat Harus Bertobat

59:1 Sesungguhnya, tangan TUHAN tidak kurang panjang untuk menyelamatkan, ataupun telinga-Nya kurang tajam untuk mendengarkan.

59:2 Akan tetapi, kejahatan-kejahatanmulah yang memisahkan antara kamu dan Allahmu, dan dosa-dosamulah yang membuat Ia menyembunyikan wajah-Nya darimu sehingga Dia tidak mendengar.

59:3 Sebab, tanganmu dinajiskan oleh darah dan jari-jarimu oleh kejahatan. Mulutmu mengucapkan kebohongan dan lidahmu menggumamkan kejahatan.

59:4 Tidak ada yang memanggil keadilan ataupun memohon kebenaran. Mereka percaya pada kesia-siaan dan mengatakan kebohongan. Mereka mengandung kerusakan dan melahirkan kejahatan.

59:5 Mereka menetaskan telur-telur ular berbisa dan menenun jaring laba-laba. Orang yang makan telur-telur mereka akan mati, dan telur yang pecah menetaskan ular berbisa.

59:6 Jaring mereka tidak akan menjadi pakaian, mereka tidak dapat menutupi diri dengan apa yang mereka buat. Perbuatan mereka adalah perbuatan-perbuatan kejahatan, dan tindakan-tindakan kekerasan ada di tangan mereka.

59:7 Kaki mereka berlari menuju kejahatan, dan mereka bergegas menumpahkan darah tak bersalah. Pemikiran-pemikiran mereka adalah pemikiran kejahatan, keruntuhan dan kehancuran ada di jalan-jalan raya mereka.

59:8 Jalan kedamaian tidak mereka kenal dan tidak ada keadilan dalam jejak mereka. Mereka telah membuat jalan mereka bengkok, siapa saja yang berjalan di sana, tidak akan mengenal damai sejahtera.

59:9 Oleh karena itu, keadilan jauh dari kami dan kebenaran tidak sampai kepada kami. Kami mengharapkan terang, tetapi melihat kegelapan; mengharapkan cahaya, tetapi kami berjalan dalam kekelaman.

59:10 Kami meraba-raba tembok seperti orang buta, kami meraba-raba seperti mereka yang tidak mempunyai mata. Kami tersandung pada siang hari seperti pada senja hari. Di antara orang-orang kuat, kami seperti orang mati.

59:11 Kami semua mengerang seperti beruang, dan merintih seperti merpati. Kami mengharapkan keadilan, tetapi tidak ada; mengharapkan keselamatan, tetapi itu jauh dari kami.

59:12 Sebab, pelanggaran-pelanggaran kami bertambah banyak di hadapan-Mu, dan dosa-dosa kami bersaksi melawan kami; Sebab, pelanggaran-pelanggaran kami bersama kami dan kami tahu kejahatan-kejahatan kami:

59:13 yaitu memberontak dan menyangkal TUHAN, berbalik dari mengikuti Allah kami, membicarakan pemerasan dan pemberontakan, mengandung dan mengutarakan dari dalam hati kata-kata dusta.

59:14 Keadilan didesak ke belakang, keadilan berdiri jauh-jauh. Sebab, kebenaran tersandung di jalan dan kejujuran tidak dapat masuk.

59:15 Kebenaran telah hilang, dan orang yang meninggalkan kejahatan menjadikan dirinya sendiri mangsa. TUHAN melihat hal itu dan Dia tidak berkenan, bahwa tidak ada keadilan.

59:16 Dia melihat bahwa tidak ada seorang pun, dan heran bahwa tidak ada seorang pun yang bersyafaat. Maka, tangan-Nya sendiri memberi Dia keselamatan dan kebenaran-Nya menegakkan Dia.

59:17 Dia mengenakan kebenaran sebagai baju zirah, ketopong keselamatan di kepala-Nya, Dia mengenakan pakaian pembalasan sebagai baju, dan membungkus diri-Nya sendiri dalam kecemburuan sebagai jubah.

59:18 Sesuai dengan perbuatan-perbuatan mereka, Dia akan membalas; murka kepada lawan-lawan-Nya, ganjaran kepada musuh-musuh-Nya. Kepada pulau-pulau Dia akan memberi pembalasan.

59:19 Maka, mereka akan takut terhadap nama TUHAN dari barat, dan terhadap kemuliaan-Nya dari terbit matahari. Sebab, Dia akan datang seperti aliran air di tempat yang sempit, yang didorong oleh napas TUHAN.

59:20 Seorang penebus akan datang ke Sion dan kepada orang-orang Yakub yang bertobat dari pemberontakan,” firman TUHAN.

59:21 “Mengenai Aku, inilah perjanjian-Ku dengan mereka,” kata TUHAN: “Roh-Ku yang ada padamu dan firman-Ku yang telah Kutaruh dalam mulutmu tidak akan beranjak dari mulutmu dan mulut keturunanmu dan mulut keturunan mereka,” kata TUHAN, “dari sekarang sampai selama-lamanya.”

AlkiPEDIA AlkiPEDIA

Penjelasan Singkat

Perjanjian penebusan

Isi Pasal

Dosalah yang menghalangi berkat Allah yang melimpah dan menyebabkan penghukuman dijatuhkan atas Israel.

Garis Besar

59:1 Malapetaka bangsa Yahudi bukan karena kuasa TUHAN ditahan, tetapi karena dosa mereka sendiri yang banyak.
59:16 Keselamatan hanya dari TUHAN.
59:20 Perjanjian akan Penebus.

Judul Perikop

Dosa adalah penghambat keselamatan (59:1-21)

Tokoh

Allah, Kristus, Roh Kudus

Nama dan Tempat

Allah, Sion, TUHAN, Yakub

Kesimpulan

Jika doa-doa tidak dijawab dan keselamatan yang kita nantikan tidak kunjung diberikan kepada kita, itu bukanlah bukti bahwa Allah bosan mendengar doa, tetapi bahwa, untuk alasan tertentu, Dia tidak bisa menjawab. Dosa menyembunyikan wajah-Nya dari kita, membuat Dia menarik hadirat-Nya yang mulia dan menahan tanda kebaikan-Nya.

Fakta

ay. 20. Kristus adalah Penebus sanak saudara yang datang kepada milik kepunyaan-Nya dan ditolak. (Yoh 1:11-12) Dia akan datang untuk yang kedua kalinya untuk menerima milik-Nya dan untuk membebaskan Israel sepenuhnya (Rm 11:25-26)

Dengar

Program Studi Alkitab

Yesaya 58:4-59:21 (Yesaya 58:4--59:21)
Kebenaran Abadi

Playlist:



Nonton

The Bible Project: Ringkasan: Yesaya 40-66 (Yesaya 40-66)

Playlist:

THE BIBLE PROJECT
ALKITAB VIDEO BERGAMBAR
BaDeNo PLUS
loader
Tampilkan Semua
1. Dapatkah TUHAN menyelamatkan kita? Apakah dia mendengar kita? [Yes 59:1]
Tangan TUHAN tidak kurang panjanh sehingga tidak bisa menyelamatkan; atau telinganya tidak kurang tajam, sehingga tidak bisa mendengar. [Yes 59:1]
2. Mengapa TUHAN tidak mendengar atau menyelamatkan seisi rumah Yakub? [Yes 59:2]
Perbuatan dosa mereka memisahkan mereka dari Allah mereka dan dosa-dosa mereka membuat TUHAN menyembunyikan wajahnya dari mereka dan mendengarkan mereka. [Yes 59:2]
3. Apa saja dosa yang dilakukan Yakub yang memisahkan mereka dari TUHAN? [Yes 59:3,4]
Beberapa dosa yang memisahkan mereka dari TUHAN adalah: Mereka menodai tangan mereka dengan darah. Mereka berbohong dan berbicara jahat. Mereka jahat dan tidak jujur. Mereka memikirkan masalah. [Yes 59:3,4]
4. Apa yang terjadi pada mereka yang melewati jalan yang bengkok? [Yes 59:8]
Mereka yang melewati jalan bengkok tidak tahu kedamaian. [Yes 59:8]
5. Apa yang terjadi pada dia yang berbalik dari kejahatan? [Yes 59:15]
Dia membuat dirinya menjadi korban. [Yes 59:15]
6. Apa yang tidak disukai TUHAN? [Yes 59:15]
Hal itu tidak menyenangkan TUHAN ketika dia melihat tidak ada keadilan. [Yes 59:15]
7. Apa yang TUHAN lakukan ketika dia melihat tidak ada seorang pun yang ikut campur? [Yes 59:16]
Ketika TUHAN melihat tidak ada seorang pun yang menghalangi, lengannya sendiri membawa keselamatan baginya. [Yes 59:16]
8. Lalu apa yang dilakukan TUHAN? [Yes 59:17,18]
Dia mengenakan kebenaran sebagai penutup dada dan helm keselamatan di atas kepalanya. Dia membungkus dirinya dengan pakaian pembalasan dan memakai semangat sebagai mantel. Dia membayar mereka atas apa yang telah mereka lakukan, penghakiman dengan amarah kepada musuh-musuhnya, pembalasan kepada musuh-musuhnya, memberikan pulau-pulau hukuman sebagai hadiah mereka. [Yes 59:17,18]
9. Apa yang akan menjadi hasil TUHAN membayar mereka untuk apa yang telah mereka lakukan? [Yes 59:19]
Mereka akan takut akan nama TUHAN dari barat, dan kemuliaan-Nya dari tempat terbitnya matahari. [Yes 59:19]
10. Siapa yang akan ditebus oleh seorang penebus? [Yes 59:20]
Penebus akan datang ke Sion dan kepada mereka yang berbalik dari perbuatan pemberontakan mereka dalam Yakub. [Yes 59:20]
11. Apakah perjanjian TUHAN dengan mereka? [Yes 59:21]
Ini adalah perjanjian itu: Roh TUHAN yang ada padamu, dan firmanku yang telah kumasukkan ke dalam mulutmu, tidak akan meninggalkan mulutmu, atau keluar dari mulut anak-anakmu, atau keluar dari mulut anak dari anak-anakmu dari saat ini dan selamanya. [Yes 59:21]
loader
loader
Studi lebih lanjut kunjungi situs: Alkitab SABDA.
loader
Komunitas BaDeNo merupakan wadah yang disediakan oleh Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) untuk saling berbagi hasil PA (BaDeNo). Hasil PA ini bisa dibagikan melaui Facebook Group:  Alkitab Setiap Hari, dan WhatsApp Group:  BaDeNo Perjanjian Lama dan  BaDeNo Perjanjian Baru.
Mari join bersama dengan kami melalui:
- Email: ylsa@sabda.org
- WA: 0881-2979-100
- Formulir: https://bit.ly/FeedbackBadeno
BaDeNo PL
BaDeNo PB
Alkitab Setiap Hari
#ayo_pa! #ayo_pa!