Baca

Yesaya 46:1-13

Allah-Allah Palsu Tidak Berguna

46:1 Bel bertekuk lutut, Nebo membungkuk; Patung-patung mereka dimuatkan di atas binatang dan ternak. Barang-barang yang kamu bawa ini memberatkan, itu menjadi beban bagi binatang yang lelah.

46:2 Mereka membungkuk, mereka sujud bersama-sama. Mereka tidak dapat mengamankan beban itu; justru mereka sendiri pergi ke penawanan.

46:3 Dengarlah Aku, hai keluarga Yakub, dan semua yang tersisa dari keluarga Israel, yang telah Kutopang sejak dalam kandungan dan telah Kubawa sejak lahir.

46:4 Bahkan, sampai masa tuamu, Aku tetap Dia dan sampai putih rambutmu, Aku akan menggendongmu. Aku telah membuatnya dan Aku akan menggendong, bahkan Aku akan membawa dan akan menyelamatkanmu.

46:5 Dengan siapakah kamu akan menyamakan Aku dan membuat-Ku sama, dan membandingkan Aku sehingga kami menjadi serupa?

46:6 Mereka mencurahkan emas dari kantong, menimbang perak dengan neraca, mengupah pandai emas, dan membuatnya menjadi dewa. Kemudian, mereka sujud dan menyembahnya.

46:7 Mereka mengangkatnya ke atas bahu dan membawanya. Mereka akan menempatkannya di tempatnya, jadi berdirilah ia di sana. Ia tidak dapat bergerak dari tempatnya. Sekalipun seseorang menangis kepadanya, patung itu tidak dapat menjawab ataupun membebaskan orang itu dari masalahnya.

46:8 Ingatlah hal ini, dan bersikaplah jantan! Ingatlah itu dalam pikiranmu, hai kamu para pemberontak.

46:9 Ingatlah hal-hal yang dahulu kala karena Akulah Allah dan tidak ada yang lain. Akulah Allah dan tidak ada yang lain seperti Aku,

46:10 yang menyatakan akhir sesuatu dari sejak awal, dan hal-hal yang belum terjadi dari zaman dahulu kala, dengan berkata, “Rencana-Ku akan tetap teguh dan Aku akan menyelesaikan semua kehendak-Ku”;

46:11 yang memanggil seekor burung pemangsa dari timur, orang yang menggenapkan rancangan-Ku dari negeri yang jauh. Sesungguhnya, Aku telah berfirman dan Aku akan membuatnya terjadi; Aku telah menetapkan dan Aku akan melaksanakannya.

46:12 Dengarkan Aku, hai kamu yang keras hati; hai kamu yang jauh dari kebenaran.

46:13 Aku mendekatkan kebenaran-Ku, itu tidaklah jauh, dan keselamatan-Ku tidak akan ditunda lagi. Aku akan meletakkan keselamatan di Sion dan kemuliaan-Ku bagi Israel.

AlkiPEDIA AlkiPEDIA

Penjelasan Singkat

Berhala tidak bisa dibandingkan dengan TUHAN

Isi Pasal

Israel dinasihati untuk mengingat kuasa Allah dan ketidakberdayaan berhala.

Garis Besar

46:1 Para dewa Babel tidak dapat menyelamatkan diri mereka sendiri.
46:3 TUHAN menyelamatkan umat-Nya sampai akhir.
46:5 Dewa berhala tidak dapat dibandingkan dengan kuasa TUHAN,
46:12 atau dalam hal memberikan keselamatan.

Judul Perikop

Para dewa Babel tidak berdaya (46:1-13)

Tokoh

Allah.

Nama dan Tempat

Allah, Bel, Israel, Nebo, Sion, Yakub

Kesimpulan

allah palsu pasti akan mengecewakan orang-orang yang menyembahnya ketika mereka paling membutuhkan. Aneh untuk berpikir bahwa menjadikan ciptaan lain setara dengan Pencipta, yang tidak terhingga di atas segala sesuatu yang telah diciptakan-Nya. Mari kita semua mengingat bahwa mereka adalah pemeliharaan yang tetap dari pemeliharaan-Nya yang baik dan mutlak bergantung pada Dia.

Fakta

ay. 12-13. Ini mungkin diaplikasikan kepada orang Yahudi dalam penolakan mereka kepada Kristus, karena mereka berpikir untuk menegakkan kebenaran mereka sendiri, dan tidak mau menerima kebenaran Allah di dalam Kristus, oleh iman.

Dengar

Program Studi Alkitab

Yesaya 45-46 (Yesaya 45:1--46:13)
Kebenaran Abadi

Playlist:



Nonton

The Bible Project: Ringkasan: Yesaya 40-66 (Yesaya 40-66)

Playlist:

THE BIBLE PROJECT
ALKITAB VIDEO BERGAMBAR
BaDeNo PLUS
loader
  • Mereka adalah berhala-berhala. (Yes 46:1)
  • Bel dan Nebo dibawa oleh binatang (Yes 46:1)
  • TUHAN membawa keturunan Yakub. (Yes 46:3)
  • TUHAN membawa mereka sebelum kelahiran mereka dan akan membawa mereka bahkan sampai rambut mereka berwarna abu-abu. (Yes 46:3,4)
  • Orang-orang menyewa ahli logam dan dia mengambil emas dan perak mereka dan membuatnya menjadi dewa. (Yes 46:6)
  • Tidak ada yang tidak bisa menjawab atau menyelamatkan orang dari masalahnya. (Yes 46:7)
  • TUHAN adalah Allah dan tidak ada yang lain. Tidak ada yang seperti Dia. (Yes 46:9)
  • TUHAN dipisahkan oleh fakta bahwa dia memberitahukan akhir dari awal, dan memberitahukan sebelumnya apa yang belum terjadi. (Yes 46:10)
  • TUHAN membuat kebenaranNya dekat. Dia akan memberikan pembebasan untuk Sion dan keindahannya untuk Israel. (Yes 46:12,13)
loader
loader
Komunitas BaDeNo untuk saling berbagi hasil PA (BaDeNo Paskah) terdapat dalam Facebook grup Alkitab Setiap Hari di link berikut ini: https://facebook.com/groups/alkitab.setiap.hari
#ayo_pa! #ayo_pa!