Baca

Yehezkiel 4:1-17

Lambang Pengepungan Yerusalem

4:1 “Hai kamu, anak manusia, ambillah sebuah batu bata dan letakkan di depanmu, dan ukirlah di atasnya sebuah kota, yaitu Yerusalem.

4:2 Tempatkan pengepungan terhadapnya, dan bangunlah tembok pengepungan terhadapnya, buatlah tanggul pengepungan terhadapnya. Dirikan kemah-kemah dan tempatkan alat-alat penggempur tembok terhadap kota itu di sekelilingnya.

4:3 Ambillah bagimu lempengan besi dan letakkanlah itu seperti tembok besi di antara kamu dan kota itu. Arahkan wajahmu ke kota itu sehingga kota itu berada dalam pengepungan, dan kepunglah kota itu. Ini adalah tanda bagi keturunan Israel.”

4:4 “Berbaringlah kamu pada sisi kirimu dan taruhlah kejahatan keturunan Israel di atasnya. Sesuai jumlah hari kamu berbaring di atasnya, kamu akan menanggung hukuman mereka.

4:5 Sebab, Aku telah menetapkan kepadamu hari-hari kejahatan mereka, yaitu 390 hari. Selama itulah kamu akan menanggung kejahatan keturunan Israel.”

4:6 “Setelah kamu menyelesaikan semua ini, berbaringlah lagi untuk kedua kalinya, tetapi pada sisi kananmu, dan tanggunglah kejahatan keturunan Yehuda selama empat puluh hari. Aku telah menetapkan bagimu, satu hari untuk satu tahun.”

4:7 “Hadapkanlah wajahmu ke arah pengepungan Yerusalem dengan lengan tersingsing, dan bernubuatlah terhadapnya.

4:8 Ketahuilah, Aku akan mengikat kamu dengan tali-tali sehingga kamu tidak dapat berbalik dari satu sisi ke sisi yang lain, sampai kamu menyelesaikan hari-hari pengepunganmu.”

4:9 “Sedangkan kamu, ambillah gandum, jelai, buncis, kacang-kacangan, jawawut, dan bunga pala, dan taruhlah semua itu ke dalam satu bejana dan buatlah roti dari bahan-bahan itu bagimu. Kamu harus makan roti itu selama kamu berbaring pada sisimu, yaitu 390 hari.

4:10 Makanan yang kamu makan itu harus ditimbang, yaitu 20 syikal per hari. Kamu akan memakannya dari waktu ke waktu.

4:11 Air minummu pun harus diukur, yaitu 1/4 hin. Kamu akan meminumnya dari waktu ke waktu.

4:12 Kamu harus memakan itu seperti roti jelai yang bundar, dan memanggangnya dengan kotoran manusia di depan mereka.”

4:13 Dan, TUHAN berfirman, ‘Seperti itulah orang Israel akan memakan rotinya yang najis di antara bangsa-bangsa tempat Aku akan menghalau mereka.’”

4:14 Kemudian, aku berkata, “Ya, Tuhan ALLAH, sesungguhnya, aku tidak pernah menajiskan diriku sendiri. Sebab, sejak masa mudaku sampai sekarang, aku tidak pernah makan sesuatu yang sudah mati atau dicabik-cabik oleh binatang-binatang, atau tidak pernah ada daging yang najis masuk ke dalam mulutku.”

4:15 Lalu, firman-Nya kepadaku, “Lihatlah, Aku akan memberimu kotoran sapi sebagai ganti kotoran manusia, dan buatlah rotimu di atasnya.”

4:16 Selanjutnya, Dia berfirman kepadaku, “Anak manusia, lihatlah, Aku akan memusnahkan persediaan roti di Yerusalem, dan mereka akan makan roti yang tertimbang beratnya dan dengan cemas; dan mereka akan minum air dengan ditakar dan dalam kecemasan,

4:17 supaya mereka kekurangan roti dan air, dan akan saling memandang dengan cemas, serta dimusnahkan oleh karena kejahatan mereka.”

AlkiPEDIA AlkiPEDIA

Penjelasan Singkat

Lambang pengepungan

Isi Pasal

Tanda batu bata. Penggambaran yang khas.

Garis Besar

4:1 Melalui lambang pengepungan dinyatakan waktu peninggalan Yerobeam ke pembuangan.
4:9 Melalui ketentuan di pengepungan, dinyatakan beratnya bencana kelaparan itu.

Judul Perikop

Lambang pengepungan kota Yerusalem (4:1--5:17)

Tokoh

Allah, Yehezkiel.

Nama dan Tempat

ALLAH, Israel, TUHAN, Yehuda, Yerusalem

Kesimpulan

Jika manusia tidak mau melayani Allah dengan kesukaan dalam kelimpahan atas segala hal, Allah akan membuat mereka melayani musuh mereka dalam kekurangan atas segala hal. Di masa kesukaran publik, para pelayan Allah harus rela menanggung kesukaran sehingga mereka bisa menunjukkan kesungguhan iman mereka dan memuliakan Allah.

Fakta

-

Dengar

Program Studi Alkitab

Yehezkiel 3:20-5:18 (Yehezkiel 3:20--5:17)
Kebenaran Abadi

Nonton

The Bible Project: Ringkasan: Yehezkiel 1-33 (Yehezkiel 1-33)

Playlist:

THE BIBLE PROJECT
ALKITAB VIDEO BERGAMBAR
BaDeNo PLUS
loader
  • TUHAN memerintahkan Yehezkiel untuk mengukir kota Yerusalem dengan batu bata dan kemudian mengepung kota itu. (Yeh 4:1,2,3)
  • TUHAN memberi tahu Yehezkiel untuk melakukan ini sebagai tanda bagi keturunan Israel. (Yeh 4:3)
  • TUHAN memerintahkan Yehezkiel untuk berbaring di sisi kirinya untuk menanggung dosa keturunan Israel. (Yeh 4:4)
  • Yehezkiel harus berbaring di sisi kirinya selama 390 hari sesuai dengan 390 tahun penghukuman untuk keturunan Israel. (Yeh 4:5)
  • Yehezkiel harus berbaring di sisi kanannya untuk menanggung dosa keturunan Yehuda. (Yeh 4:6)
  • Yehezkiel harus berbaring di sisi kanannya selama 40 hari untuk sesuai dengan 40 tahun hukuman untuk keturunan Yehuda. (Yeh 4:6)
  • TUHAN memberi tahu Yehezkiel untuk makan roti gandum dan minum air. (Yeh 4:9,11,12)
  • Yehezkiel akan memanggang menggunakan kotoran manusia sebagai tanda bahwa makanan yang akan dimakan orang Israel di antara bangsa-bangsa akan menjadi najis. (Yeh 4:12,13)
  • TUHAN membiarkan kotoran sapi karena Yehezkiel tidak pernah makan sesuatu yang najis dalam hidupnya. (Yeh 4:14,15)
  • TUHAN berkata bahwa roti dan air akan dijatah. (Yeh 4:16)
  • TUHAN mengatakan orang-orang Yerusalem akan saling memandang dalam kecemasan serta dimusnahkan karena kejahatan mereka. (Yeh 4:17)
loader
loader
Komunitas BaDeNo untuk saling berbagi hasil PA (BaDeNo Paskah) terdapat dalam Facebook grup Alkitab Setiap Hari di link berikut ini: https://facebook.com/groups/alkitab.setiap.hari
#ayo_pa! #ayo_pa!