Baca

Yehezkiel 38:1-23

Nubuat Melawan Gog

38:1 Firman TUHAN datang kepadaku, kata-Nya,

38:2 “Anak manusia, arahkanlah wajahmu pada Gog, tanah Magog, raja agung Mesekh dan Tubal, dan bernubuatlah melawan dia,

38:3 dan katakan: Beginilah firman Tuhan ALLAH, ‘Ketahuilah, Aku melawanmu, hai Gog, raja agung Mesekh dan Tubal.

38:4 Aku akan membalikkanmu dan menaruh kail-kail ke dalam rahangmu, dan Aku akan membawamu keluar, dan semua pasukanmu, kuda-kuda dan para penunggang kuda, mereka semua mengenakan pakaian perang lengkap, suatu bala pasukan yang sangat besar dengan perisai besar dan kecil, semuanya membawa pedang.

38:5 Orang-orang Persia, Kush, dan Put bersama mereka, mereka semuanya membawa perisai dan topi baja.

38:6 Orang-orang Gomer dan seluruh pasukannya, Bet-Togarma dari ujung-ujung utara bersama seluruh pasukannya -- banyak bangsa bersamamu.’”

38:7 “Bersiaplah dan persiapkan dirimu, kamu dan semua sekutumu yang berkumpul di sekelilingmu, dan jadilah penjaga bagi mereka.

38:8 Setelah beberapa waktu lamanya, kamu akan diberi perintah. Pada tahun-tahun berikutnya, kamu akan pergi ke negeri yang dipulihkan dari pedang, yang penduduknya dikumpulkan dari banyak bangsa ke gunung-gunung Israel, yang telah menjadi reruntuhan terus-menerus, tetapi penduduknya dibawa keluar dari bangsa-bangsa itu, dan mereka semua akan hidup dengan aman.

38:9 Kamu akan naik, dan akan datang seperti badai. Kamu akan menjadi seperti awan yang menutupi negeri itu, kamu dan semua pasukanmu, dan banyak orang yang bersamamu.’”

38:10 Beginilah firman Tuhan ALLAH, “Pada waktu itu, berbagai hal akan memasuki pikiranmu dan kamu akan membuat suatu rencana jahat,

38:11 dan kamu akan berkata, ‘Aku akan menyerang negeri dari desa-desa yang tidak bertembok. Aku mendatangi mereka yang hidup tenteram, yang tinggal dengan aman, mereka semua yang tinggal tanpa tembok dan tidak memiliki palang-palang maupun pintu-pintu gerbang,

38:12 untuk mengambil jarahan dan mengambil rampasan, untuk membalikkan tanganmu terhadap reruntuhan-reruntuhan yang sekarang dihuni, dan terhadap orang-orang yang dikumpulkan dari bangsa-bangsa, yang telah memperoleh ternak dan barang-barang yang tinggal di pusat bumi.’”

38:13 “Syeba, Dedan, dan para pedagang Tarsis, beserta seluruh penduduknya akan berkata kepadamu, ‘Apakah kamu datang untuk mengambil rampasan? Apakah kamu mengumpulkan pasukanmu untuk mengambil jarahan, untuk membawa perak dan emas, untuk merebut ternak dan harta benda, untuk memperoleh rampasan yang sangat banyak?’”

38:14 “Karena itu, anak manusia, bernubuatlah dan katakan kepada Gog: Beginilah firman Tuhan ALLAH, ‘Pada waktu itu, yaitu ketika umat-Ku Israel hidup dengan aman, akankah kamu tidak mengetahuinya?

38:15 Kamu akan datang dari tempatmu, keluar dari bagian-bagian di utara, kamu dan banyak bangsa yang bersamamu, mereka semua menunggang kuda, suatu rombongan yang sangat besar dan suatu pasukan yang kuat,

38:16 dan kamu akan datang memerangi umat-Ku Israel seperti awan yang menutupi negeri itu. Pada hari-hari terakhir, Aku akan membawamu memerangi negeri-Ku supaya bangsa-bangsa mengenal-Ku, ketika Aku dikuduskan melaluimu, hai Gog, di hadapan mata mereka.’”

38:17 Beginilah firman Tuhan ALLAH, “Apakah kamu adalah orang yang kepadanya Aku berfirman pada masa lalu melalui hamba-hamba-Ku, para nabi Israel, yang bernubuat pada hari-hari itu selama bertahun-tahun, bahwa Aku akan membawamu melawan mereka?”

38:18 “Akan terjadi pada waktu itu, yaitu ketika Gog datang memerangi tanah Israel,” firman Tuhan ALLAH, “bahwa amarah-Ku akan muncul.

38:19 Dalam kecemburuan-Ku dan dalam murka-Ku yang berkobar-kobar, Aku menyatakan bahwa pada hari itu, pasti akan ada gempa bumi yang kuat di tanah Israel.

38:20 Ikan di laut, burung-burung di langit, binatang-binatang di ladang, dan semua hewan merayap yang merayap di atas tanah, dan semua orang yang ada di atas permukaan bumi, akan gemetar di hadapan-Ku, dan gunung-gunung juga akan runtuh, dan lereng-lereng akan longsor, dan setiap tembok akan runtuh ke tanah.”

38:21 “Aku akan memerintahkan sebuah pedang melawan dia di seluruh gunung-Ku,” firman Tuhan ALLAH. “Setiap pedang seseorang akan melawan saudaranya.

38:22 Aku akan menghukum dia dengan penyakit sampar dan dengan darah; dan Aku akan menjatuhkan hujan ke atasnya dan ke atas pasukan-pasukannya, dan ke atas banyak orang yang bersamanya, suatu hujan yang deras, hujan es, api, dan belerang yang sangat deras.

38:23 Aku akan mengagungkan diri-Ku sendiri, dan menguduskan diri-Ku sendiri; dan membuat diri-Ku sendiri dikenal dalam pandangan banyak bangsa. Dengan demikian, mereka akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN.”

AlkiPEDIA AlkiPEDIA

Penjelasan Singkat

Kebencian Gog

Isi Pasal

Nubuat terhadap Gog.

Garis Besar

38:1 Pasukan,
38:8 dan kebencian terhadap Gog.
38:14 Penghukuman TUHAN atas dia.

Judul Perikop

Firman TUHAN tentang Gog di tanah Magog (38:1--39:29)

Tokoh

Allah, Yehezkiel.

Nama dan Tempat

ALLAH, Bet-Togarma, Dedan, Etiopia, Gog, Gomer, Israel, Magog, Mesekh, Persia, Put, Syeba, Tarsis, Tubal, TUHAN

Kesimpulan

Allah bukan hanya melihat mereka yang sekarang adalah musuh-musuh umat-Nya, tetapi meramalkan mereka yang akan mengalami demikian di zaman akhir, dan membuat mereka tahu melalui Firman-Nya bahwa Dia melawan mereka, dan akan membuat tingkah langkah mereka melaksanakan tujuan-Nya.

Fakta

Nubuat ini harus dibaca berkaitan dengan Zak 12:1-4; 14:1-9; Mat 24:14-30; Why 14:14-20; 19:17-21. Banyak yang melihat petunjuk ke kekuasaan Eropa utara dikuasai oleh Rusia di zaman akhir dalam peperangan yang besar. Petunjuk kepada Mesekh (Moscow) dan Tubal (Zobolsk) diperkirakan menjadi identitas yang jelas. Nubuat itu adalah tentang peperangan Harmagedon di masa yang akan datang.

Dengar

Program Studi Alkitab

Yehezkiel 37:5-38:2 (Yehezkiel 37:5--38:2)
Kebenaran Abadi

Playlist:


Nonton

The Bible Project: Ringkasan: Yehezkiel 34-48 (Yehezkiel 34-48)

Playlist:

THE BIBLE PROJECT
ALKITAB VIDEO BERGAMBAR
BaDeNo PLUS
loader
  • TUHAN memberi tahu Yehezkiel untuk bernubuat melawan Gog dari tanah Magog. (Yeh 38:2)
  • TUHAN mengatakan dia akan mengirimkan kepada Gog semua pasukannya, kuda, dan penunggang kuda. (Yeh 38:4)
  • Gog adalah komandan semua pasukan yang berkumpul dengannya. (Yeh 38:7)
  • Gog akan pergi ke tanah yang telah dipulihkan dari pedang dan yang telah dikumpulkan dari banyak bangsa ke gunung-gunung Israel. (Yeh 38:8)
  • Gog akan menyusun skema untuk menangkap barang rampasan dan mencuri perampasan dari orang-orang yang hidup tenang dengan aman. (Yeh 38:11,12)
  • Orang-orang yang berkumpul dari bangsa-bangsa hidup di pusat bumi. (Yeh 38:12)
  • Gog dan pasukannya yang besar datang dari tempat yang jauh di utara. (Yeh 38:15)
  • TUHAN telah berbicara melalui para nabi Israel bahwa Gog akan datang melawan Israel. (Yeh 38:17)
  • Ketika Gog menyerang tanah Israel, TUHAN akan menanggapi dengan amarah di lubang hidungnya. (Yeh 38:18)
  • TUHAN mengatakan bahwa akan ada gempa bumi besar pada hari Gog menyerang Israel. (Yeh 38:19,20)
  • TUHAN akan menghakimi Gog dan pasukannya pada hari itu dengan wabah, darah, hujan lebat, hujan batu api, dan hujan belerang. (Yeh 38:22)
  • Pada hari itu, TUHAN akan menunjukkan kebesaran dan kekudusan-Nya di mata banyak bangsa. (Yeh 38:23)
loader
loader
Komunitas BaDeNo untuk saling berbagi hasil PA (BaDeNo Paskah) terdapat dalam Facebook grup Alkitab Setiap Hari di link berikut ini: https://facebook.com/groups/alkitab.setiap.hari
#ayo_pa! #ayo_pa!