Baca

Yehezkiel 34:1-31

Israel seperti Kawanan Domba

34:1 Firman TUHAN datang kepadaku, kata-Nya,

34:2 “Anak manusia, bernubuatlah menentang para gembala Israel. Bernubuatlah, dan katakan kepada mereka: Beginilah firman Tuhan ALLAH, ‘Celakalah gembala-gembala Israel yang telah memberi makan diri mereka sendiri! Bukankah para gembala seharusnya memberi makan kawanannya?’

34:3 Kamu makan lemaknya, dan memakaikan dirimu sendiri dengan bulunya, kamu menyembelih yang gemuk, tanpa memberi makan kawanan itu.

34:4 Yang lemah tidak kamu kuatkan, yang sakit tidak kamu sembuhkan, yang terluka tidak kamu balut, yang tercerai-berai tidak kamu bawa kembali, yang hilang tidak kamu cari, tetapi kamu menguasai mereka dengan paksa dan dengan kekejaman.”

34:5 “Mereka tercerai-berai karena tidak ada gembala, dan mereka menjadi makanan bagi semua binatang karena tercerai-berai.

34:6 Kawanan-Ku tersesat di semua gunung dan di setiap bukit yang tinggi. Kawanan-Ku tercerai-berai ke atas seluruh permukaan bumi, dan tidak seorang pun memperhatikan atau mencari mereka.”

34:7 “Karena itu, hai kamu para gembala, dengarkanlah firman TUHAN,

34:8 ‘Demi Aku yang hidup,’ firman Tuhan ALLAH, ‘sesungguhnya, karena kawanan-Ku telah menjadi mangsa, kawanan-Ku bahkan telah menjadi makanan bagi semua binatang di ladang karena tidak ada gembala, ataupun para gembala-Ku tidak mencari kawanan-Ku, tetapi para gembala itu memberi makan diri mereka sendiri, dan tidak memberi makan kawanan-Ku,’

34:9 karena itu, hai para gembala, dengarkan firman TUHAN:

34:10 Beginilah firman Tuhan ALLAH, ‘Ketahuilah, Aku menentang para gembala, dan Aku akan menuntut kawanan-Ku dari mereka dan memerintahkan mereka untuk berhenti memberi makan kawanan itu. Maka para gembala tidak akan lagi memberi makan diri mereka sendiri, tetapi Aku akan menyelamatkan kawanan-Ku dari mulut mereka supaya kawanan-Ku tidak menjadi makanan bagi mereka.’”

34:11 Sebab, beginilah firman Tuhan ALLAH, “Dengarlah, Aku sendiri akan memeriksa kawanan-Ku dan mencari mereka.

34:12 Seperti seorang gembala mencari kawanannya ketika ia ada di antara kawanannya yang tercerai-berai, demikianlah Aku akan mencari kawanan-Ku dan akan menyelamatkan mereka dari semua tempat mereka dicerai-beraikan pada hari mendung dan gelap.

34:13 Aku akan mengeluarkan mereka dari bangsa-bangsa dan mengumpulkan mereka dari negeri-negeri, dan membawa mereka ke negeri mereka sendiri. Dan, Aku akan memberi mereka makan di atas gunung-gunung Israel, di dekat sungai-sungai, dan di semua tempat yang dihuni di negeri itu.

34:14 Aku akan menggembalakan mereka di padang rumput yang baik, dan gunung-gunung yang tinggi di Israel akan menjadi tempat penggembalaan mereka. Di sana, mereka akan berbaring di atas tempat penggembalaan yang baik, dan di padang rumput yang subur mereka akan makan di atas gunung-gunung Israel.

34:15 Aku akan menggembalakan kawanan-Ku, dan Aku akan membiarkan mereka berbaring,” firman Tuhan ALLAH.”

34:16 “Aku akan mencari yang hilang, membawa kembali yang tercerai-berai, membalut yang terluka, dan menguatkan yang lemah; tetapi Aku akan membinasakan yang gemuk dan kuat. Aku akan menggembalakan mereka dengan keadilan.”

34:17 “Sedangkan bagimu, hai kawanan-Ku, beginilah firman Tuhan ALLAH, ‘Dengarlah, Aku akan menghakimi antara domba yang satu dan yang lain, antara domba dan kambing-kambing jantan.

34:18 Tidak cukupkah bagimu untuk makan di padang rumput yang baik sehingga kamu harus menginjak-injak sisa padang rumputmu dengan kakimu? Atau bahwa ketika kamu minum air bersih, kamu harus mengeruhkan sisa air dengan kakimu?

34:19 Dan, mengenai kawanan-Ku, apakah mereka harus makan apa yang kamu injak-injak dengan kakimu, dan minum apa yang kamu keruhkan dengan kakimu?’”

34:20 Karena itu, beginilah firman Tuhan ALLAH kepada mereka, “Dengarlah, Aku, bahkan Aku, akan menghakimi antara domba yang gemuk dan yang kurus.

34:21 Sebab, kamu telah mendorong dengan sisimu dan dengan bahumu, dan menyeruduk semua yang lemah dengan tandukmu sampai kamu mencerai-beraikan mereka keluar.

34:22 Karena itu, Aku akan menyelamatkan kawanan-Ku, dan mereka tidak akan lagi menjadi mangsa; dan Aku akan mengadili antara domba yang satu dengan domba yang lain.

34:23 Dan, Aku akan menempatkan atas mereka seorang gembala, yaitu hamba-Ku Daud, dan ia akan menggembalakan mereka dan menjadi gembala mereka.

34:24 Dan Aku, TUHAN, akan menjadi Allah mereka, dan hamba-Ku Daud akan menjadi pemimpin di antara mereka. Aku, TUHAN, telah mengatakannya.”

34:25 “Aku akan membuat perjanjian damai dengan mereka dan melenyapkan binatang-binatang buas dari negeri itu supaya mereka dapat tinggal dengan aman di padang belantara dan tidur di hutan-hutan.

34:26 Aku akan membuat mereka dan tempat-tempat di sekeliling bukit-Ku menjadi berkat, dan Aku akan menurunkan hujan pada waktunya; di sana akan menjadi hujan berkat.

34:27 Pohon-pohon di ladang akan menghasilkan buah mereka, dan bumi akan mengeluarkan hasilnya, dan mereka akan aman di negeri mereka. Mereka akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN ketika Aku telah mematahkan batang-batang kuk mereka dan telah menyelamatkan mereka dari tangan orang-orang yang memperbudak mereka.

34:28 Mereka tidak akan lagi menjadi mangsa bagi bangsa-bangsa, dan binatang-binatang di negeri itu tidak akan lagi memangsa mereka; tetapi mereka akan hidup dengan aman dan tidak ada apa pun yang akan membuat mereka takut.

34:29 Aku akan menciptakan bagi mereka sebuah tanaman terkenal sehingga mereka tidak akan lagi dibinasakan dengan kelaparan di negeri itu, dan tidak akan lagi menanggung cemoohan bangsa-bangsa.

34:30 Demikianlah mereka akan mengetahui bahwa Aku, TUHAN, Allah mereka, menyertai mereka, dan bahwa mereka, keturunan Israel, adalah umat-Ku,” firman Tuhan ALLAH.

34:31 “Dan, kamu, kawanan-Ku, kawanan dari padang rumput-Ku, kamu adalah manusia dan Akulah Allahmu,” firman Tuhan ALLAH.

AlkiPEDIA AlkiPEDIA

Penjelasan Singkat

Pemeliharaan TUHAN atas kawanan domba-Nya

Isi Pasal

Pesan kepada gembala-gembala Israel yang tidak setia. Janji pemulihan Israel, dan ditegakkannya kerajaan.

Garis Besar

34:1 Teguran terhadap para gembala.
34:7 Penghukuman TUHAN atas mereka.
34:11 Pemeliharaan-Nya atas kawanan-Nya.
34:20 Kerajaan Kristus.

Judul Perikop

TUHAN, Gembala Israel yang baik, melawan gembala-gembala yang jahat (34:1-31)

Tokoh

Allah, Yehezkiel.

Nama dan Tempat

ALLAH, Daud, Israel, TUHAN

Kesimpulan

Orang-orang akan dimintai pertanggungjawaban yang berat di hari penghakiman yaitu mereka yang menggembalakan jiwa-jiwa, namun tidak pernah memperhatikan mereka. Berbahagialah mereka yang mengenal Kristus, Gembala yang Baik, yang diberi makan di padang berumput hijau-Nya dan diberkati dengan semua berkat rohani di dalam Dia.

Fakta

ay. 23, 29. Yesus akan datang sebagai Gembala Agung (Ibr 13:20) untuk mengumpulkan umat-Nya dan mengadakan perjanjian damai dengan Israel. Dia adalah "tunas kemashyuran,"

Dengar

Program Studi Alkitab

Yehezkiel 33:23-34:28 (Yehezkiel 33:23--34:28)
Kebenaran Abadi

Nonton

The Bible Project: Ringkasan: Yehezkiel 34-48 (Yehezkiel 34-48)

Playlist:

THE BIBLE PROJECT
ALKITAB VIDEO BERGAMBAR
BaDeNo PLUS
loader
  • TUHAN menuduh para gembala Israel tidak menggembalakan sama sekali, tetapi membantai binatang-binatang terbaik dari kawanan domba (Yeh 34:2,3)
  • Para gembala Israel menguasai kawanan dengan kekuatan dan kekerasan (Yeh 34:4)
  • Kawanan itu kemudian tersebar dan menjadi makanan untuk semua binatang hidup di ladang (Yeh 34:5,6)
  • Para gembala Israel sebenarnya menjaga diri mereka sendiri (Yeh 34:8)
  • TUHAN mengatakan Dia akan memecat para gembala Israel dan mengambil kawanan domba dari mulut mereka. (Yeh 34:10)
  • TUHAN mengatakan Dia akan menyelamatkan mereka dari semua tempat di mana mereka tercerai berai pada hari berawan dan kegelapan. Kemudian Dia akan membawa mereka keluar dari antara orang-orang, Ia akan mengumpulkan mereka dari negeri itu. (Yeh 34:12,13)
  • TUHAN mengatakan dia akan menggembala dengan keadilan. (Yeh 34:16)
  • TUHAN mengatakan Dia akan mengadili di antara domba, domba jantan, dan kambing. (Yeh 34:17)
  • Domba yang lemah dan kurus telah didorong dan ditanduknya sampai mereka tersebar (Yeh 34:21)
  • TUHAN mengatakan Dia akan membangkitkan hambanya, David, untuk menggembalakan kawanan domba (Yeh 34:23,24)
  • TUHAN akan membuat perjanjian damai dengan domba dan menyingkirkan binatang liar yang jahat di negeri itu. (Yeh 34:25)
  • Bangsa-bangsa tidak akan lagi bisa memangsa domba atau menghina mereka (Yeh 34:28,29)
  • Keluarga Israel akan tahu bahwa TUHAN, Allah mereka beserta mereka (Yeh 34:30)
  • TUHAN menyatakan bahwa Dia adalah Allah dari keturunan Israel, dan bahwa mereka adalah umatNya. (Yeh 34:31)
loader
loader
Komunitas BaDeNo untuk saling berbagi hasil PA (BaDeNo Paskah) terdapat dalam Facebook grup Alkitab Setiap Hari di link berikut ini: https://facebook.com/groups/alkitab.setiap.hari
#ayo_pa! #ayo_pa!