Baca

Ulangan 25:1-19

25:1 Apabila ada perselisihan di antara dua orang, mereka harus pergi ke pengadilan. Para hakim akan memutuskan, yang benar kepada yang benar dan yang salah kepada yang salah.

25:2 Jika ditetapkan orang yang bersalah itu patut dipukul maka hakim harus meminta orang itu tiarap dan dipukul di hadapannya. Jumlah pukulan yang diterimanya sesuai dengan kesalahannya.

25:3 Jangan pukul seseorang lebih dari 40 kali, karena lebih daripada itu berarti hidup orang itu tidak berharga bagimu.

25:4 Jangan menutup mulut sapi yang sedang mengirik.

25:5 Jika dua orang yang bersaudara tinggal bersama, dan salah satu dari mereka mati, dan tidak mempunyai anak laki-laki, istri dari yang mati itu tidak boleh menikah dengan orang di luar keluarga suaminya. Saudara suaminya harus menghampirinya dan menjadikannya sebagai istri. Dia harus melakukan tugas saudaranya sebagai suami terhadap istri itu.

25:6 Anak laki-laki sulung yang dimilikinya dianggap sebagai anak suaminya yang mati supaya nama saudaranya yang telah meninggal itu tidak terhapus dari antara orang Israel.

25:7 Akan tetapi, jika laki-laki itu tidak mau mengambil istri saudaranya maka istri saudaranya itu harus pergi ke pintu gerbang menghadap para tua-tua dan berkata, “Saudara suamiku menolak mempertahankan nama saudaranya di Israel. Dia tidak mau melaksanakan tugas saudaranya kepadaku.”

25:8 Kemudian, para tua-tua kota harus memanggil orang itu dan berbicara dengan dia. Jika dia tetap pada pendiriannya dan berkata, “Aku tidak mau menikah dengan dia”,

25:9 kemudian, istri saudaranya itu akan datang kepadanya di hadapan para tua-tua dan menanggalkan sandal laki-laki itu, serta meludahi wajahnya. Dia harus mengatakan, “Inilah yang harus dilakukan terhadap orang yang tidak mau membangun keturunan saudaranya”

25:10 Di Israel, namanya akan disebut, “Keluarga yang sandalnya dilepaskan”.

25:11 Jika dua orang berkelahi satu sama lain lalu istri salah seorang datang untuk menolong suaminya dari tangan orang yang menyerangnya, lalu mengulurkan tangannya dan memegang kemaluan laki-laki lain itu.

25:12 Potonglah tangan perempuan itu dan janganlah mengasihaninya.

25:13 Jangan ada batu timbangan yang berlainan dalam pundi-pundimu, yang besar dan yang kecil.

25:14 Dalam rumahmu, janganlah ada ukuran yang berbeda, yaitu yang besar dan yang kecil.

25:15 Kamu harus menggunakan ukuran dan timbangan yang benar dan tepat. Dengan demikian, kamu akan panjang umur di tanah yang TUHAN, Allahmu berikan kepadamu.

25:16 Setiap orang yang melakukan hal tersebut dan yang bertindak curang merupakan kekejian bagi TUHAN, Allahmu.

Orang Amalek Harus Dibinasakan

25:17 Ingatlah yang orang Amalek perbuat kepadamu ketika kamu keluar dari Mesir.

25:18 Bagaimana ia mendatangimu di jalan dan menyerang semua orang yang berjalan di belakangmu ketika kamu lelah dan lesu. Mereka tidak takut kepada Allah.

25:19 Oleh sebab itu, akan terjadi ketika TUHAN, Allahmu telah memberikan kedamaian kepadamu dari segala musuh yang ada di sekitarmu, di tanah yang diberikan oleh TUHAN, Allahmu untuk kamu miliki, maka hapuskanlah ingatan kepada Amalek dari kolong langit. Jangan lupa!

AlkiPEDIA AlkiPEDIA

Penjelasan Singkat

Pukulan tidak boleh lebih dari empat puluh kali

Isi Pasal

Berbagai macam peraturan.

Garis Besar

25:1 Pukulan tidak boleh lebih dari empat puluh kali.
25:4 Mulut lembu tidak boleh diberangus.
25:5 Tentang memberikan keturunan untuk saudara.
25:11 Tentang wanita yang tidak sopan.
25:13 Tentang sukatan dan timbangan yang tidak benar.
25:17 Ingatan tentang Amalek harus dihapuskan.

Judul Perikop

Menentang kekerasan yang sewenang-wenang (25:1-4)
Tentang kawin dengan isteri saudara yang telah mati (25:5-10)
Larangan berbuat biadab (25:11-12)
Sukatan dan timbangan yang benar (25:13-16)
Amalek harus dihapuskan (25:17-19)

Tokoh

Allah, Musa.

Nama dan Tempat

Allah, Amalek, Israel, Mesir, TUHAN

Kesimpulan

Keadilan dan kesamaan akan mendatangkan berkat Allah bagi kita. Mereka yang bertindak dengan tidak benar merupakan kekejian bagi Tuhan dan betapa menyedihkan orang yang tidak disukai Allahnya.

Fakta

ay. 3. Lihat 2 Kor 11:24. Mereka selalu memberi Paulus banyak cambukan seperti yang biasa mereka berikan kepada penjahat apapun.

Dengar

Program Studi Alkitab

Ulangan 25-26 (Ulangan 25:1--26:19)
Kebenaran Abadi

Playlist:



Nonton

The Bible Project: Baca Alkitab: Ulangan (Ulangan)

Playlist:

THE BIBLE PROJECT
ALKITAB VIDEO BERGAMBAR
BaDeNo PLUS
loader
loader
loader
Komunitas BaDeNo untuk saling berbagi hasil PA terdapat dalam page Facebook di link berikut ini: https://www.facebook.com/sabda.org/
#ayo_pa! #ayo_pa!