Baca

Ulangan 22:1-30

Hukum-Hukum yang Lain

22:1 Janganlah kamu pura-pura tidak melihat sapi atau domba saudaramu yang tersesat. Kamu harus mengembalikannya kepada saudaramu itu.

22:2 Jika saudaramu itu tidak tinggal dekatmu atau kamu tidak mengenalnya maka bawalah sapi atau domba itu ke rumahmu sampai pemiliknya datang mencarinya, lalu kembalikan itu kepadanya.

22:3 Kamu juga harus berbuat yang sama terhadap keledainya dan lakukanlah yang sama juga untuk pakaiannya, dan kamu harus melakukan yang sama terhadap barang apa pun yang hilang dari saudaramu yang kamu temukan. Janganlah kamu berpura-pura tidak tahu.

22:4 Apabila keledai atau sapi saudaramu terjatuh di jalan, janganlah kamu pura-pura tidak tahu. Kamu harus menolong saudaramu itu untuk membangunkannya.

22:5 Seorang perempuan jangan mengenakan pakaian laki-laki, dan laki-laki jangan memakai pakaian perempuan. Barang siapa yang melakukan hal-hal tersebut adalah kekejian bagi TUHAN, Allahmu.

22:6 Jika kamu menemukan sarang burung di sepanjang jalan, baik di pohon maupun di tanah, dengan anak-anak burung atau telur-telurnya, dan induknya sedang melindungi anak-anak atau telur-telur itu, janganlah kamu ambil induknya bersama anak-anaknya.

22:7 Biarkanlah induknya pergi, tetapi anak-anaknya boleh kamu ambil untukmu, supaya baik keadaanmu dan panjang umurmu.

22:8 Ketika kamu membangun sebuah rumah baru, kamu harus membuat tembok pembatas untuk atap rumahmu. Dengan demikian, kamu tidak berutang darah jika ada orang yang terjatuh dari situ.

Hal yang Tidak Dapat Dicampuradukkan

22:9 Janganlah kamu menanami kebun anggurmu dengan beragam jenis benih, supaya seluruh hasil benih yang kamu taburkan dan hasil dari kebun anggur itu tidak tercemar.

22:10 Jangan membajak dengan sapi dan keledai bersama-sama.

22:11 Jangan mengenakan pakaian dari beragam jenis bahan, bulu domba yang ditenun bersama kain linen.

22:12 Buatlah rumbai pada keempat sudut pakaianmu yang menutupi tubuhmu.

Hukum Pernikahan

22:13 Jika seorang laki-laki menikahi seorang perempuan dan menghampirinya, kemudian dia menjadi benci kepadanya,

22:14 bahkan, dia menuduh dengan hal-hal yang memalukan dan memfitnah dengan berkata, “Aku telah mengambil perempuan ini, tetapi ketika aku menghampirinya, aku tidak mendapati tanda keperawanannya.”

22:15 Maka ayah dari perempuan tersebut dan ibunya harus membuktikan keperawanan perempuan itu dan membawanya kepada tua-tua kota di tempat pertemuan.

22:16 Ayah perempuan itu harus mengatakan kepada pemimpin itu, “Aku telah memberikan anakku kepada orang ini untuk menjadi istrinya, tetapi sekarang orang itu membencinya.

22:17 Orang ini menuduh anakku melakukan perbuatan yang memalukan dengan berkata, ‘Aku tidak menemukan bahwa anakmu perawan’. Namun, inilah buktinya bahwa anakku perawan.” Mereka harus membentangkan kain tempat tidur itu kepada para tua-tua kota.

22:18 Kemudian, pemimpin kota itu harus menangkap orang itu dan menghukumnya.

22:19 Mereka harus mendendanya sebanyak 100 keping perak untuk diberikan kepada ayah perempuan itu karena orang itu mencemarkan nama seorang perawan Israel. Dan, dia akan tetap menjadi istrinya. Laki-laki itu tidak dapat menceraikannya selama hidupnya.

22:20 Namun, jika tuduhan itu benar, bahwa perempuan itu didapati sudah tidak perawan,

22:21 maka perempuan itu harus dibawa ke pintu rumah ayahnya, dan orang-orang kota harus melemparnya dengan batu hingga mati. Dia telah melakukan suatu tindakan yang memalukan di Israel dengan bersundal di rumah ayahnya. Kamu harus menjauhkan kejahatan ini dari tengah-tengahmu.

Dosa Seksual

22:22 Jika seseorang pria kedapatan sedang tidur dengan seorang perempuan yang sudah bersuami, keduanya harus dihukum mati, baik pria yang tidur dengan seorang perempuan itu maupun perempuan itu sendiri. Kamu harus menjauhkan kejahatan ini dari Israel.

22:23 Jika ada seorang gadis yang masih perawan dan telah bertunangan dengan seorang laki-laki, dan dia bertemu dengan seorang laki-laki di kota tersebut lalu tidur dengannya,

22:24 keduanya harus kamu bawa ke pintu gerbang kota itu, dan kamu harus melemparinya dengan batu sampai mati dan kamu harus membunuh perempuan itu, karena dia ada di kota tetapi tidak berteriak minta tolong. Dan, pria itu karena dia telah memerkosa istri orang. Kamu harus menjauhkan kejahatan ini dari antaramu.

22:25 Namun, jika seorang laki-laki menemui gadis yang telah bertunangan di ladang dan memaksanya untuk tidur dengannya maka hanya laki-laki itu yang harus mati.

22:26 Janganlah lakukan apa pun kepada gadis itu karena gadis itu tidak melakukan dosa yang setimpal dengan hukuman mati. Hal ini sama seperti seseorang yang menyerang sesamanya dan membunuhnya.

22:27 Ketika orang itu menemui gadis itu di ladang dan menyerangnya, gadis yang telah bertunangan itu berteriak minta tolong, tetapi tidak ada orang yang menolongnya.

22:28 Jika seorang laki-laki bertemu dengan seorang gadis yang masih perawan yang belum bertunangan, lalu menangkapnya dan memaksanya untuk tidur bersamanya. Kemudian, mereka tepergok,

22:29 maka laki-laki yang telah meniduri gadis itu harus membayar kepada ayahnya 50 syikal perak. Gadis itu harus menjadi istrinya karena laki-laki itu telah memerkosanya. Dia tidak dapat menceraikan perempuan itu selama hidupnya.

22:30 Seseorang tidak boleh menikahi istri ayahnya, dia tidak boleh menyingkap punca kain ayahnya.

AlkiPEDIA AlkiPEDIA

Penjelasan Singkat

Mengenai kebaikan hati terhadap sesama saudara

Isi Pasal

Hukum tentang persaudaraan, perceraian, istri dan suami yang tidak suci.

Garis Besar

22:1 Tentang tolong-menolong di antara saudara.
22:5 Jenis kelamin harus dibedakan dari pakaian.
22:6 Induk tidak boleh diambil bersama dengan anak-anaknya.
22:8 Harus ada pagar untuk sotoh rumah.
22:9 Kebingungan harus dihindari.
22:12 Tali terpilin pada keempat punca pakaian.
22:13 Hukuman bagi orang yang membunuh istrinya.
22:22 Tentang perzinahan;
22:23 tentang pemerkosaan;
22:28 tentang persetubuhan di luar nikah;
22:30 tentang perzinahan dengan anggota keluarga.

Judul Perikop

Tentang tolong-menolong (22:1-4)
Berbagai-bagai peraturan (22:5-12)
Hukum perkawinan (22:13-30)

Tokoh

Allah, Musa.

Nama dan Tempat

Allah, Israel, TUHAN

Kesimpulan

Kekristenan mengajarkan kita untuk baik hati dan siap untuk berbuat baik selama kita memiliki kesempatan, kepada semua manusia. Kemurnian harus sama berharganya dengan hidup kita.

Fakta

ay. 25. Kita akan menderita karena kejahatan yang kita perbuat, bukan karena apa yang dilakukan atas kita. Itu bukanlah dosa yang tidak memiliki kehendak lebih sedikit atau lebih banyak di dalamnya.

Dengar

Program Studi Alkitab

Ulangan 21:22-22:30 (Ulangan 21:22--22:30)
Kebenaran Abadi

Playlist:



Nonton

The Bible Project: Ringkasan: Ulangan (Ulangan 1-34)

Playlist:

THE BIBLE PROJECT
ALKITAB VIDEO BERGAMBAR
BaDeNo PLUS
loader
  • Mereka tidak boleh membawa ternak itu ke rumah mereka, tetapi mengembalikannya kepada pemiliknya. (Ul 22:2)
  • Mereka harus membantu saudara mereka mengangkat ternak itu. (Ul 22:4)
  • TUHAN membenci melihat seorang perempuan memakai pakaian laki-laki atau seorang laki-laki memakai pakaian perempuan. (Ul 22:5)
  • Mereka harus melepaskan induknya dan boleh mengambil anak-anaknya. (Ul 22:6,7)
  • Orang itu diwajibkan untuk membuat tembok pembatas untuk atap rumahnya agar tidak ada orang yang terjatuh dari situ. (Ul 22:8)
  • Orang Israel dilarang menanam dua jenis benih di kebun anggurnya agar itu tidak najis. (Ul 22:9)
  • Mereka harus membuat rumbai pada keempat sudut pakaian mereka. (Ul 22:12)
  • Para tua-tua kota itu harus menghukum dan mendendanya sebanyak seratus syikal perak yang akan diberikan kepada ayah istrinya dan orang itu tidak boleh mengusir istrinya. (Ul 22:18,19)
  • Jika bukti keperawanan tidak ada, perempuan itu harus dilempari batu sampai mati karena ia memalukan orang Israel. (Ul 22:20,21)
  • Baik laki-laki dan wanita itu harus dilempari batu sampai mati untuk menghilangkan kejahatan. (Ul 22:22)
  • Orang-orang itu diperintahkan untuk melempari mereka dengan batu karena gadis itu tidak berteriak minta tolong ketika dia berada di kota itu dan laki-laki itu telah mempermalukan istri dari seorang Israel. (Ul 22:23,24)
  • Jika ini terjadi di ladang, maka laki-laki itu harus mati, tetapi tidak ada yang dilakukan kepada gadis itu karena gadis itu telah berteriak minta tolong tetapi tidak ada yang menolongnya. (Ul 22:25,26,27)
  • Laki-laki itu harus memberikan lima puluh syikal perak kepada ayah gadis itu dan menjadikan gadis itu istrinya dan tidak boleh mengusir gadis itu. (Ul 22:28,29)
  • Seorang laki-laki tidak boleh mengambil istri ayahnya karena ia akan mengambil alih hak pernikahan ayahnya. (Ul 22:30)
loader
loader
Komunitas BaDeNo untuk saling berbagi hasil PA (BaDeNo Paskah) terdapat dalam Facebook grup Alkitab Setiap Hari di link berikut ini: https://facebook.com/groups/alkitab.setiap.hari
#ayo_pa! #ayo_pa!