Baca

Ulangan 5:1-33

Sepuluh Hukum Taurat

5:1 Musa memanggil seluruh orang Israel dan berkata kepada mereka, “Dengarlah, hai orang Israel, ketetapan dan peraturan yang kukatakan kepadamu pada hari ini. Pelajarilah semuanya itu dan lakukanlah dengan setia.

5:2 TUHAN, Allah kita telah membuat perjanjian dengan kita di Horeb.

5:3 TUHAN tidak membuat perjanjian ini dengan nenek moyang kita, tetapi dengan kita semua yang hidup hari ini.

5:4 TUHAN berfirman denganmu secara langsung di gunung itu dari tengah-tengah api.

5:5 Ketika aku berdiri di antara TUHAN dan kamu untuk menjelaskan yang difirmankan TUHAN, kamu takut terhadap api itu dan tidak mau naik gunung. Dia berfirman,

5:6 ‘Akulah TUHAN, Allahmu yang telah membawamu keluar dari Mesir, dari tempat perbudakan.

5:7 Jangan ada padamu ilah lain di hadapan-Ku.

5:8 Jangan membuat berhala bagimu atau wujud apa pun yang ada di langit, di atas, atau di bumi, di bawah, atau di dalam air, di bawah bumi.

5:9 Janganlah kamu menyembah atau beribadah kepadanya, sebab Aku, TUHAN, Allahmu, adalah Allah yang cemburu, yang membalas kesalahan ayah kepada anak-anaknya sampai keturunan yang ketiga dan keempat dari orang-orang yang membenci Aku.

5:10 Namun, Aku akan menunjukkan kasih setia kepada beribu-ribu orang yang mengasihi Aku dan yang menaati perintah-Ku.

5:11 Jangan menyebut nama TUHAN, Allahmu dengan sia-sia. TUHAN akan memandang bersalah siapa pun yang menyebut nama-Nya dengan sia-sia.

5:12 Ingatlah dan kuduskanlah hari Sabat seperti yang diperintahkan TUHAN, Allahmu, kepadamu.

5:13 Selama enam hari kamu akan bekerja dan melakukan semua pekerjaanmu.

5:14 Namun, hari ketujuh adalah Sabat bagi TUHAN, Allahmu. Pada hari itu, jangan lakukan pekerjaan apa pun. Baik kamu, anakmu laki-laki dan perempuan, hambamu laki-laki dan perempuan, sapi, keledai, atau hewanmu yang lain, maupun orang asing di kotamu, supaya hambamu laki-laki dan perempuan dapat beristirahat sama sepertimu.

5:15 Ingatlah bahwa kamu pun pernah menjadi budak di tanah Mesir. TUHAN, Allahmu telah membawamu keluar dari Mesir dengan tangan yang kuat dan lengan yang terulur. Oleh sebab itu, TUHAN, Allahmu menyuruhmu untuk merayakan hari Sabat.

5:16 Hormatilah ayah dan ibumu seperti yang diperintahkan TUHAN, Allahmu, kepadamu. Dengan demikian, kamu akan panjang umur dan sejahtera di negeri yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu.

5:17 Jangan membunuh.

5:18 Jangan berzina.

5:19 Jangan mencuri.

5:20 Jangan mengucapkan kesaksian dusta tentang sesamamu.

5:21 Jangan mengingini istri sesamamu. Jangan mengingini rumah sesamamu, ladangnya, hambanya laki-laki atau perempuan, sapinya, dan keledainya. Jangan mengambil apa pun yang adalah milik sesamamu.’”

Umat Takut akan Allah

5:22 Itulah perintah yang TUHAN firmankan kepada seluruh jemaat di gunung, dengan suara yang keras dari tengah-tengah api, awan, dan kegelapan. Setelah itu Dia berhenti berbicara. Dia menuliskannya di atas dua loh batu dan memberikannya kepadaku.

5:23 Pada waktu kamu mendengar suara-Nya keluar dari kegelapan sementara gunung itu menyala. Kemudian, tua-tua dan para pemimpin suku datang kepadaku.

5:24 Kamu berkata, “TUHAN, Allah kita telah menunjukkan kemuliaan dan kebesaran-Nya! Kami mendengar suara-Nya dari api. Kami telah melihat pada hari ini bahwa Allah berbicara dengan manusia dan manusia itu tetap hidup.

5:25 Namun, jika kami mendengar suara TUHAN, Allah, kami pasti mati! Api yang mengerikan itu akan membinasakan kami.

5:26 Kami mendengar suara Allah yang hidup dari api! Pernahkah ada orang yang mendengarnya dan tetap hidup?

5:27 Mendekatlah engkau dan dengarkanlah apa yang difirmankan TUHAN, Allah kita. Kemudian, katakan kepada kami apa yang TUHAN firmankan kepadamu. Kami akan mendengar dan melakukannya.”

TUHAN Berbicara kepada Musa

5:28 TUHAN mendengar yang kamu katakan dan berfirman kepadaku, “Aku telah mendengar perkataan bangsa ini. Semua yang mereka katakan itu baik.

5:29 Kiranya hati mereka tetap seperti itu, yaitu takut akan Aku dan memegang teguh segala perintah-Ku. Dengan demikian, mereka dan anak-anaknya bahagia untuk selamanya.

5:30 Pergilah dan katakanlah pada mereka, ‘Kembali ke perkemahanmu.’

5:31 Sedang kamu, berdirilah di dekat-Ku. Aku akan menyampaikan kepadamu seluruh perintah, hukum, dan ketetapan yang harus kamu ajarkan kepada mereka. Mereka harus melakukannya di negeri yang akan Kuberikan kepadanya sebagai milik pusaka.”

5:32 Jadi, lakukanlah seluruh perintah TUHAN, Allahmu. Janganlah menyimpang ke kanan atau ke kiri.

5:33 Kamu harus hidup sesuai dengan perintah TUHAN, Allahmu. Maka kamu tetap hidup, dan baik keadaanmu serta panjang umur di negeri yang diberikan-Nya kepadamu.

AlkiPEDIA AlkiPEDIA

Penjelasan Singkat

Kesepuluh firman

Isi Pasal

Generasi yang baru diajarkan tentang perjanjian Musa.

Garis Besar

5:1 Perjanjian di Horeb.
5:6 Sepuluh perintah Allah.
5:23 Berdasarkan permintaan umat, Musa menerima segenap perintah dari TUHAN.

Judul Perikop

Kesepuluh firman (5:1-22)
Orang Israel takut menghadapi kedatangan TUHAN (5:23-33)

Tokoh

Allah, Musa.

Nama dan Tempat

Allah, Horeb, Israel, Mesir, Musa, Sabat, TUHAN

Kesimpulan

Hati nurani mereka banyak yang dikejutkan oleh hukum Taurat, yaitu yang tidak disucikan (ay. 29). Janji-janji dibuat namun prinsi-prinsip yang baik tidak berakar di dalamnya. Oh, tuluslah di dalam perjanjian kita dengan Allah.

Fakta

ay. 5. Musa berdiri di antara/di tengah. Di sini dia adalah gambar Kristus yang berdiri di antara Allah dan manusia, sebagai Perantara sejati, sehingga kita mendengar dari Allah dan juga berbicara kepada Dia tanpa gemetar.

Dengar

Program Studi Alkitab

Ulangan 5 (Ulangan 5:1-33)
Kebenaran Abadi

Playlist:



Nonton

The Bible Project: Baca Alkitab: Ulangan (Ulangan)

Playlist:

THE BIBLE PROJECT
ALKITAB VIDEO BERGAMBAR
BaDeNo PLUS
loader
loader
loader
Komunitas BaDeNo untuk saling berbagi hasil PA terdapat dalam page Facebook di link berikut ini: https://www.facebook.com/sabda.org/
#ayo_pa! #ayo_pa!