Baca

Ulangan 24:1-22

24:1 Apabila seorang laki-laki mengambil seorang perempuan dan menikahinya, lalu dia tidak menyukainya lagi karena dia mendapati hal yang memalukan. Kemudian, dia menulis surat cerai dan memberikannya kepada perempuan itu dan menyuruhnya pergi dari rumahnya.

24:2 Setelah perempuan itu meninggalkan rumahnya, dan pergi, dan menjadi istri orang lain.

24:3 Jika suami keduanya tidak mencintainya lagi dan menulis surat cerai dan memberikan kepada perempuan itu dan menyuruhnya pergi dari rumahnya, atau jika suami yang kedua yang memperistrinya tersebut mati,

24:4 maka suaminya yang pertama, yang telah menyuruhnya pergi itu tidak boleh mengambil perempuan itu menjadi istri setelah perempuan itu menjadi najis. Itu adalah kekejian bagi TUHAN. Janganlah kamu mendatangkan dosa di negeri yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu menjadi milik pusakamu.

24:5 Jika seorang laki-laki baru menikah, dia tidak boleh disuruh pergi dengan pasukan, untuk berperang atau dibebani dengan beberapa tugas. Dia bebas untuk tinggal di rumah selama setahun dan membuat istri yang telah dinikahinya bahagia.

24:6 Janganlah kamu mengambil batu gilingan bawah atau batu gilingan atas sebagai jaminan. Karena hal itu berarti mengambil hidupnya sebagai jaminan.

24:7 Jika seorang laki-laki tertangkap menculik salah satu saudaranya dari antara orang Israel, dan memperlakukannya seperti budak dan menjualnya maka penculik itu harus mati. Kamu harus menjauhkan kejahatan ini dari tengah-tengahmu.

24:8 Waspadalah terhadap penyakit kusta. Bersungguh-sungguhlah melakukan segala perintah yang diajarkan para imam Lewi kepadamu. Kamu harus melakukannya dengan sungguh-sungguh seperti apa yang telah kuperintahkan kepada para imam untuk dilakukan.

24:9 Ingatlah apa yang sudah dilakukan TUHAN, Allahmu, terhadap Miryam dalam perjalananmu meninggalkan Mesir.

24:10 Ketika kamu meminjamkan sesuatu kepada sesamamu, janganlah kamu memasuki rumahnya untuk mengambil jaminan.

24:11 Kamu harus tetap berada di luar, orang yang menerima pinjaman itu untuk membawa jaminan itu kepadamu.

24:12 Jika dia orang miskin, janganlah kamu tidur dengan barang jaminannya.

24:13 Ketika matahari terbenam, haruslah kamu mengembalikan jaminan itu kepadanya sehingga dia dapat tidur dengan jubahnya sendiri dan memberkatimu. Dengan demikian, kamu akan menjadi benar di hadapan TUHAN, Allahmu.

24:14 Janganlah kamu memeras pekerja yang miskin dan menderita, apakah dia saudaramu atau orang asing yang tinggal di salah satu kotamu.

24:15 Bayarlah upahnya pada hari yang sama sebelum matahari terbenam, karena dia miskin dan sangat mengharapkannya sehingga dia akan berseru kepada TUHAN mengenai kamu dan hal itu akan menjadi dosa bagimu.

24:16 Jangan menghukum mati ayah karena perbuatan anak-anaknya atau menghukum mati anak-anak karena perbuatan ayahnya. Setiap orang dihukum mati hanya karena dosanya sendiri.

24:17 Janganlah kamu mengabaikan hak untuk orang asing atau yatim dan mengambil pakaian seorang janda sebagai jaminan.

24:18 Ingatlah bahwa kamu dahulu adalah budak di Mesir dan TUHAN, Allahmu, telah menebusmu dari sana. Oleh sebab itu, aku memerintahkan kepadamu untuk melakukan hal ini.

24:19 Ketika kamu memanen di ladangmu dan lupa ternyata tertinggal seberkas di ladang. Jangan kembali untuk mengambilnya karena akan menjadi milik orang asing, anak yatim, atau para janda. Dengan demikian, TUHAN, Allahmu akan memberkatimu dalam segala pekerjaan tanganmu.

24:20 Ketika kamu merontokkan pohon zaitun, jangan kembali untuk mencari di dahannya. Buah-buah yang kamu tinggalkan itu adalah bagian untuk orang asing, anak yatim, dan para janda.

24:21 Ketika kamu mengumpulkan buah anggur dari kebun anggurmu, janganlah kamu kembali untuk memetiknya karena itu adalah bagian untuk orang asing, anak yatim, dan para janda.

24:22 Ingatlah bahwa kamu dahulu adalah budak di tanah Mesir. Oleh sebab itu, aku memerintahkanmu untuk melakukan hal ini.

AlkiPEDIA AlkiPEDIA

Penjelasan Singkat

Mengenai perceraian

Isi Pasal

Hukum mengenai perceraian; berbagai macam peraturan.

Garis Besar

24:1 Tentang perceraian.
24:5 Laki-laki yang baru menikah tidak usah pergi berperang.
24:6 Tentang gadai.
24:7 Tentang penculik.
24:8 Tentang penyakit kusta.
24:10 Tentang gadai.
24:14 Upah harus dibayarkan.
24:16 Tentang keadilan.
24:19 Tentang bermurah hati.

Judul Perikop

Tentang perceraian (24:1-5)
Tentang melindungi sesama manusia (24:6-22)

Tokoh

Allah, Musa.

Nama dan Tempat

Allah, Israel, Lewi, Mesir, Miryam, TUHAN

Kesimpulan

Adalah kemuliaan yang besar bahwa kasih dipelihara antara suami dan istri dan bahwa segala sesuatu dengan sungguh-sungguh dicegah yang bisa menjauhkan mereka. Perubahan yang dibuat karena ketidakpuasan sering terbukti terburuk.

Fakta

Penagih hutang yang tidak peduli meskipun orang yang berhutang kepadanya serta keluarganya kelaparan, atau yang sama sekali tidak peduli apa jadinya mereka sehingga dia mengambil uangnya, bertentangan dengan hukum Musa dan juga hukum Kristus.

Dengar

Program Studi Alkitab

Ulangan 23-24 (Ulangan 23:1--24:22)
Kebenaran Abadi

Playlist:



Nonton

The Bible Project: Ringkasan: Ulangan (Ulangan 1-34)

Playlist:

THE BIBLE PROJECT
ALKITAB VIDEO BERGAMBAR
BaDeNo PLUS
loader
  • Jika seseorang mendapati sesuatu yang memalukan pada istrinya, dia dapat menulis surat cerai, memberikan kepada istrinya, dan mengusirnya dari rumahnya sehingga ia dapat pergi dan menjadi istri orang lain. (Ul 24:1,2)
  • TUHAN melarang suami yang pertama untuk menjadikan wanita itu istrinya lagi. (Ul 24:3,4)
  • Ia tidak boleh disuruh pergi berperang dan bebas untuk tinggal di rumah selama setahun untuk membuat istrinya bahagia. (Ul 24:5)
  • Karena hal itu berarti mengambil hidup orang lain sebagai jaminan. (Ul 24:6)
  • Seseorang akan didakwa sebagai pencuri dan harus mati jika ia menculik salah satu saudaranya dan memperlakukannya sebagai budak atau menjualnya. (Ul 24:7)
  • Musa berkata kepada orang Israel untuk berhati-hati dan mengikuti setiap perintah yang TUHAN berikan kepada para imam dan orang Lewi terkait penyakit kusta. (Ul 24:8,9)
  • Mereka tidak boleh memasuki rumah orang itu untuk mengambil pinjaman dan hanya boleh menunggu di luar untuk menerima pinjaman. (Ul 24:10,11)
  • Jika orang itu miskin, orang yang memberi pinjaman tidaklah boleh tidur dengan barang jaminan itu, tapi harus mengembalikan jaminan itu kepadanya sehingga ia dapat tidur dengan jubahnya sendiri. (Ul 24:12,13)
  • Mereka harus membayar upah orang itu setiap harinya karena ia miskin dan sangat mengharapkannya. (Ul 24:14,15)
  • TUHAN berkata bahwa orangtua tidak boleh dihukum mati karena dosa anak-anaknya dan anak-anaknya tidak boleh dihukum mati karena dosa orangtuanya (Ul 24:16)
  • Mereka diingatkan agar mereka tidak memutarbalikkan keadilan untuk orang asing atau yatim piatu atau mengambil pakaian seorang janda sebagai jaminan. (Ul 24:17,18)
  • Ketika orang Israel memanen ladang mereka, mereka tidak boleh mengambil seberkas yang tertinggal atau buah zaitun yang masih ada di dahan, tapi tinggalkanlah itu untuk orang asing, anak yatim, dan para janda. (Ul 24:19,20)
loader
loader
Komunitas BaDeNo untuk saling berbagi hasil PA (BaDeNo Paskah) terdapat dalam Facebook grup Alkitab Setiap Hari di link berikut ini: https://facebook.com/groups/alkitab.setiap.hari
#ayo_pa! #ayo_pa!