Baca

Ulangan 16:1-22

Perayaan Pesakh

16:1 Ingatlah, pada bulan Abib kamu harus merayakan Pesakh untuk TUHAN, Allahmu. Sebab, pada bulan Abib itulah TUHAN, Allahmu, membawamu keluar dari Mesir pada waktu malam.

16:2 Kamu harus memberikan kurban Pesakh untuk TUHAN, Allahmu, dari kawanan domba dan kawanan sapi, di tempat TUHAN memilih untuk menegakkan nama-Nya.

16:3 Janganlah kamu makan sesuatu yang beragi bersamanya. Kamu harus makan roti yang tidak beragi selama tujuh hari, yaitu roti penderitaan, karena kamu keluar dari negeri Mesir dengan tergesa-gesa, supaya selama hidupmu kamu mengingat hari ketika kamu keluar dari tanah Mesir.

16:4 Selama tujuh hari, tidak boleh terlihat ada ragi di seluruh daerahmu. Dan janganlah sisakan daging yang kamu persembahkan pada sore hari di hari pertama hingga pagi hari.

16:5 Janganlah kamu mempersembahkan kurban Pesakh di salah satu kota yang diberikan TUHAN kepadamu,

16:6 melainkan di tempat yang telah TUHAN, Allahmu pilih untuk menegakkan nama-Nya di sana. Persembahkanlah kurban Pesakh pada waktu sore saat matahari terbenam, sama seperti kamu dahulu keluar dari Mesir.

16:7 Kamu harus memasak daging dan memakannya di tempat yang dipilih TUHAN. Pada pagi harinya, kamu boleh pulang ke tendamu.

16:8 Selama enam hari, kamu harus makan roti yang tidak beragi. Pada hari ketujuh, adakanlah pertemuan yang khidmat untuk TUHAN, Allahmu. Jangan lakukan pekerjaan apa pun.

Hari Raya Tujuh Minggu

16:9 Kamu harus menghitung tujuh minggu. Mulailah menghitung tujuh minggu sejak dimulainya penyabitan gandum yang belum dituai.

16:10 Dan, rayakanlah hari raya Tujuh Minggu bagi TUHAN, Allahmu dengan membawa persembahanmu sesuai dengan yang TUHAN, Allahmu berikan kepadamu.

16:11 Bersukacitalah di hadapan TUHAN, Allahmu. Kamu beserta anakmu laki-laki dan anakmu perempuan, hambamu laki-laki dan hambamu perempuan, dan orang Lewi yang tinggal di kotamu, dan orang asing, dan anak yatim, dan janda, di tempat yang telah dipilih oleh TUHAN, Allahmu untuk menegakkan nama-Nya.

16:12 Ingatlah, kamu dahulu adalah budak di Mesir. Taatilah dan lakukanlah ketetapan-ketetapan ini.

Hari Raya Pondok Daun

16:13 Rayakanlah hari raya Pondok Daun selama tujuh hari sesudah kamu mengumpulkan hasil pengirikan gandum dan pemerasan anggurmu.

16:14 Bersukacitalah pada hari rayamu, kamu dan anakmu laki-laki dan anakmu perempuan dan hambamu laki-laki dan perempuan dan orang Lewi dan orang asing dan anak yatim dan para janda yang tinggal di kotamu.

16:15 Rayakanlah hari raya ini bagi TUHAN, Allahmu, selama tujuh hari di tempat yang telah dipilih TUHAN karena TUHAN, Allahmu, telah memberkati semua hasil tanahmu dan segala pekerjaan tanganmu, sebab itu kamu bersukacitalah!

16:16 Tiga kali dalam setahun semua lelaki harus hadir menghadap TUHAN, Allahmu, di tempat yang akan dipilih-Nya, pada hari raya Roti Tidak Beragi, hari raya Tujuh Minggu, dan hari raya Pondok Daun. Setiap orang yang datang untuk menemui TUHAN harus membawa persembahan.

16:17 Setiap orang harus memberi sesuai dengan berkat yang TUHAN, Allahmu berikan kepadamu.

Hakim dan Pejabat untuk Umat

16:18 Pilihlah hakim dan petugas di setiap kota yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu menurut suku-sukumu. Dan, mereka harus mengadili bangsa itu dengan hukum yang adil.

16:19 Janganlah kamu memutar balikkan keadilan, janganlah memandang muka, dan janganlah menerima suap karena suap membutakan mata orang bijak dan memutarbalikkan kata-kata orang benar.

16:20 Kebenaran, dan kejarlah kebenaran saja! Maka kamu akan tinggal dan memiliki tanah yang TUHAN, Allahmu, berikan kepadamu.

Allah Membenci Berhala

16:21 Janganlah mendirikan kayu apa pun sebagai tiang berhala di samping mazbah TUHAN, Allahmu, yang akan kamu dirikan nanti.

16:22 Janganlah membangun tiang berhala yang dibenci oleh TUHAN, Allahmu.

AlkiPEDIA AlkiPEDIA

Penjelasan Singkat

Hari raya Paskah

Isi Pasal

Aturan mengenai hari raya tahunan.

Garis Besar

16:1 Hari raya Paskah,
16:9 tentang minggu-minggu,
16:13 tentang hari raya Pondok Daun.
16:16 Semua orang laki-laki harus memberi, sesuai kemampuannya, pada tiga perayaan ini.
16:18 Tentang hakim-hakim dan pengadilan yang adil.
16:21 Pohon dan patung berhala tidak diperbolehkan.

Judul Perikop

Tiga hari raya utama (16:1-17)
Pengadilan yang adil (16:18-20)
Larangan terhadap berhala dan terhadap persembahan hewan yang cacat (16:21--17:1)

Tokoh

Allah, Musa.

Nama dan Tempat

Abib, Allah, Lewi, Mesir, Paskah, Pondok Daun, Roti Tidak Beragi, TUHAN

Kesimpulan

Dengan pertemuan yang sering dan teratur untuk menyembah Allah di tempat yang ditentukan dan dengan mengetahui peraturan-peraturan, kita menjadi tetap setia dan konstan di dalam agama yang kudus itu yang telah diadakan oleh Kristus di antara kita.

Fakta

Lihat 1 Kor 5:7. Kita harus memelihara hari-hari raya ini di dalam pertemuan yang kudus, bebas dari ragi kebencian dan kemunafikan dan dengan roti tak beragi ketulusan dan kasih.

Dengar

Program Studi Alkitab

Ulangan 15-16 (Ulangan 15:1--16:22)
Kebenaran Abadi

Playlist:



Nonton

The Bible Project: Ringkasan: Ulangan (Ulangan 1-34)

Playlist:

THE BIBLE PROJECT
ALKITAB VIDEO BERGAMBAR
BaDeNo PLUS
loader
loader
loader
Komunitas BaDeNo untuk saling berbagi hasil PA terdapat dalam page Facebook di link berikut ini: https://www.facebook.com/sabda.org/
#ayo_pa! #ayo_pa!