Sembunyikan Semua (-)
Baca

Ulangan 12:1-32

Tempat Menyembah Allah

12:1 Inilah hukum dan ketetapan yang harus kamu taati di tanah yang TUHAN, Allah berikan pada nenek moyangmu, yang diberikan kepadamu untuk kamu miliki selama kamu hidup di bumi.

12:2 Kamu harus membinasakan seluruh tempat ibadah bangsa-bangsa yang kamu duduki itu, kepada ilah-ilahnya, di atas gunung yang tinggi dan bukit maupun di bawah setiap pohon yang rindang.

12:3 Kamu harus merobohkan mazbah-mazbah dan tiang-tiang berhala mereka. Kamu juga harus membakar patung Asyera dengan api. Hancurkanlah patung-patung ilah mereka dan hilangkan namanya dari tempat itu.

12:4 Janganlah kamu melakukan itu terhadap TUHAN, Allahmu.

12:5 Namun, kamu harus mencari tempat bagi TUHAN, Allahmu di tengah-tengah sukumu untuk menegakkan nama-Nya, dan pergilah ke sana.

12:6 ke sanalah kamu harus membawa kurban bakaran, persembahan persepuluhan, persembahan khusus, persembahan nazar, persembahan sukarela, dan persembahan anak-anak sulung baik dari sapimu dan dombamu.

12:7 Kamu dan keluargamu akan makan bersama di hadapan TUHAN, Allahmu, dan bersukaria atas segala berkatmu yang dari TUHAN, Allahmu.

12:8 Janganlah kamu melakukan apa yang kita lakukan seperti saat ini, setiap orang melakukan apa yang benar menurut pandangannya.

12:9 Sampai saat ini, kita belum sampai di tempat perhentian yang TUHAN, Allahmu, berikan kepadamu.

12:10 Ketika kamu sudah menyeberang Sungai Yordan dan tinggal di negeri yang diberikan oleh TUHAN, Allahmu, sebagai warisanmu, Dia akan memberikanmu ketenangan dari semua musuhmu sehingga kamu akan tinggal dalam kedamaian.

12:11 Kemudian, TUHAN, Allahmu, akan memilih tempat yang menjadi rumah bagi nama-Nya dan tinggal di sana. Kamu harus membawa segala sesuatu yang kuperintahkan kepadamu, yaitu: kurban bakaran, kurban sembelihan, persembahan persepuluhan dari hasilmu, persembahan khususmu, dan semua persembahan nazar yang terbaik yang kamu janjikan kepada TUHAN.

12:12 Kamu harus bersukacita di hadapan TUHAN, Allahmu, kamu dan anakmu laki-laki dan anakmu perempuan, hambamu laki-laki dan perempuan, dan orang Lewi yang ada di tempatmu, sebab mereka tidak mendapatkan milik pusaka bersamamu.

12:13 Berhati-hatilah supaya kamu tidak memberikan persembahan bakaranmu di sembarang tempat yang kamu lihat.

12:14 TUHAN akan memilih tempat salah satu di antara sukumu. Kamu akan memberikan kurban bakaranmu dan segala hal yang kuperintahkan kepadamu.

12:15 Namun, kamu boleh berkurban dan makan daging di gerbangmu dengan sesuka hatimu sesuai dengan berkat TUHAN, Allahmu, yang diberikan-Nya kepadamu. Orang najis dan orang tahir boleh memakannya seperti daging rusa dan kijang.

12:16 Akan tetapi, kamu tidak boleh memakan darahnya. Kamu harus menuangkan darah itu ke atas tanah seperti air.

12:17 Kamu tidak boleh memakan persembahan persepuluhan di gerbangmu. Baik itu dari gandum, dari anggur baru dan minyakmu, anak sulung binatang dari sapi atau dombamu, dan kurban nazar yang kamu janjikan, persembahan sukarelamu, pemberian khususmu dari tanganmu.

12:18 Kamu harus makan kurban ini hanya di hadapan TUHAN, Allahmu, di tempat yang dipilih TUHAN, Allahmu, kamu bersama anakmu laki-laki dan perempuan, hambamu laki-laki dan perempuan, dan orang Lewi yang ada di kotamu. Bersukacitalah di sana bersama TUHAN, Allahmu atas semua yang telah kaukerjakan.

12:19 Berhati-hatilah, jangan sampai kamu melupakan orang Lewi selama kamu hidup di tanah itu.

12:20 Ketika TUHAN, Allahmu, meluaskan negerimu seperti yang Dia janjikan kepadamu dan kamu mengatakan, “Aku akan makan daging”. Karena jiwamu ingin makan daging, kamu boleh makan daging sesuka hatimu.

12:21 Jika tempat yang dipilih oleh TUHAN, Allahmu, untuk menegakkan nama-Nya terlalu jauh dari tempatmu, kamu boleh menyembelih sapimu dan dombamu yang diberikan TUHAN kepadamu, seperti yang kuperintahkan kepadamu, dan kamu pun boleh memakannya sesuka hatimu di gerbangmu.

12:22 Makanlah seperti memakan daging kijang dan rusa, setiap orang, baik yang najis maupun yang tahir.

12:23 Namun, pastikanlah bahwa kamu tidak makan darahnya, karena nyawa ada di dalam darahnya. Janganlah memakan daging yang masih ada nyawanya.

12:24 Janganlah kamu memakannya. Tuangkanlah ke tanah seperti air.

12:25 Janganlah kamu memakannya agar baik keadaanmu dan keadaan anak-anakmu, karena kamu melakukan yang benar di hadapan TUHAN.

12:26 Namun, hal-hal kudus yang ada padamu dan kurban-kurban nazarmu harus kamu bawa dan kamu masukkan ke tempat yang akan TUHAN pilih.

12:27 Kamu harus mempersembahkan kurban bakaran, daging dan darah di atas mazbah TUHAN, Allahmu. Darah kurbanmu haruslah dicurahkan ke atas mazbah TUHAN, Allahmu, tetapi kamu boleh memakan dagingnya.

12:28 Dengarkanlah dengan baik dan taatilah seluruh perintahku kepadamu agar baik keadaanmu dan anak-anakmu untuk selama-lamanya. Apabila kamu melakukan yang baik dan benar di mata TUHAN, Allahmu.

12:29 Ketika TUHAN, Allahmu, membinasakan dari hadapanmu bangsa-bangsa yang akan kamu masuki untuk kamu duduki, dan apabila kamu sudah mengusir mereka serta tinggal di negeri mereka,

12:30 berhati-hatilah agar kamu jangan terjerat dan mengikuti mereka, setelah mereka kamu binasakan, dan janganlah kamu bertanya-tanya tentang ilah mereka dengan berkata, “Bagaimana bangsa-bangsa itu menyembah ilah mereka? Kami pun akan melakukan yang sama.”

12:31 Kamu tidak boleh melakukan itu kepada TUHAN, Allahmu, yaitu setiap perbuatan yang jahat yang dibenci TUHAN yang telah mereka lakukan untuk ilah mereka, sebab mereka membakar anak laki-laki dan perempuannya dalam api untuk ilah mereka.

12:32 Apa pun yang aku perintahkan kepadamu, lakukanlah dengan sungguh-sungguh. Janganlah kamu menambahkan atau mengurangkannya.

AlkiPEDIA AlkiPEDIA

Penjelasan Singkat

Larangan (memakan) darah

Isi Pasal

Pernyataan tentang syarat untuk berkat di negeri.

Garis Besar

12:1 Tugu-tugu berhala harus dimusnahkan.
12:4 Tempat kediaman Allah harus dipelihara.
12:15 Darah tidak boleh dimakan.
12:16 Darah tidak boleh dimakan.
12:17 Bagian kudus harus dimakan di tempat kudus.
12:18 Bagian kudus harus dimakan di tempat kudus.
12:19 Orang Lewi tidak boleh dilalaikan.
12:20 Darah tidak boleh dimakan.
12:26 Bagian kudus harus dimakan di tempat kudus.
12:29 Penyembahan berhala tidak boleh dipertanyakan setelah dimusnahkan.

Judul Perikop

Satu tempat ibadah (12:1-28)
Peringatan terhadap penyembahan berhala dan ibadah yang sesat (12:29--13:18)

Tokoh

Allah, Musa.

Nama dan Tempat

Allah, Lewi, TUHAN, Yordan

Kesimpulan

Kita jangan berpikir bahwa agama kita hanyalah untuk tahun-tahun perbudakan kita atau hiburan kita di tempat sepi, atau pelepasan kita di tengah penderitaan. Kita harus terus dengan iman menyembah di dalam pengalaman Kanaan kita dan juga pengalaman padang belantara kita.

Fakta

Satu perintah yang ditekankan lebih daripada yang lain oleh Musa adalah berkenaan dengan perlunya membawa persembahan ke satu mezbah di pelataran Kemah Suci dan di sana segala upacara dilakukan. Kita harus mempersembahakan semua persembahan kita kepada Allah di dalam nama Yesus Kristus, berharap akan penerimaan hanya berdasarkan perantaraan-Nya. 1 Ptr 2:5.

Dengar

Program Studi Alkitab

Ulangan 11:15-13:5 (Ulangan 11:15--13:5)
Kebenaran Abadi

Playlist:



Nonton

The Bible Project: Ringkasan: Ulangan (Ulangan 1-34)

Playlist:

THE BIBLE PROJECT
ALKITAB VIDEO BERGAMBAR
Semua Kitab Suci -- Kebenaran Abadi
Ulangan - Episode 235 (Pasal 11 & 12) [Durasi: 28:07]
BaDeNo PLUS
loader
Tampilkan Semua
1. Tempat apa yang diperintahkan Musa kepada orang Israel untuk dihancurkan? [Ul 12:2]
Mereka harus menghancurkan setiap tempat yang tidak diduduki orang Israel yang digunakan sebagai tempat pemujaan allah-allah mereka. [Ul 12:2]
2. Apa yang TUHAN perintahkan untuk orang Israel lakukan terhadap nama allah bangsa-bangsa lain? [Ul 12:3]
Dia memerintahkan mereka menghapus nama-nama itu dari tempatnya. [Ul 12:3]
3. Dimana orang Israel harus pergi membawa kurban bakaran, persembahan, persepuluhan dan kurban mereka? [Ul 12:5]
Mereka harus membawanya ke tempat yang telah TUHAN Allah pilih. [Ul 12:5]
4. Apa yang dilakukan oleh orang Israel? [Ul 12:8]
Mereka melakukan apapun yang mereka sukai. [Ul 12:8]
5. Ketenangan apa yang akan diberikan TUHAN kepada Israel ketika mereka menyeberangi sungai Yordan? [Ul 12:10]
Dia akan memberikan ketenangan dari semua musuh Israel sehingga mereka dapat tinggal dalam damai. [Ul 12:10]
6. Binatang apa yang orang Israel sembelih dan makan? [Ul 12:15]
Israel dapat menyembelih dan membunuh binatang yang ada di kota mereka. [Ul 12:15]
7. Apa yang tidak diperbolehkan untuk dimakan orang Israel? [Ul 12:16]
Israel tidak boleh memakan darah, tapi harus menuangkannya ke negeri seperti air yang mengalir. [Ul 12:16]
8. Dimana orang Israel tidak boleh memakan perpuluhan dan kurbannya? [Ul 12:17]
Mereka tidak boleh memakannya di dalam tempat tinggal mereka. [Ul 12:17]
9. Dimana orang Israel dapat memakan perpuluhan dan kurban mereka? [Ul 12:18]
Mereka harus memakannya di hadapan TUHAN Allah mereka di tempat yang telah Dia pilih. [Ul 12:18]
10. Apa yang tidak boleh dilupakan orang Israel? [Ul 12:19]
Mereka tidak boleh melupakan orang Lewi selama mereka hidup negeri itu. [Ul 12:19]
11. Apa yang orang Israel dapat makan ketika TUHAN Allah mereka memperluas wilayah mereka seperti yang telah dijanjikanNya? [Ul 12:20]
Israel dapat makan daging sesuka hati. [Ul 12:20]
12. Apa yang orang Israel dapat makan jika tempat yang dipilih TUHAN Allah mereka untuk menegakkan namaNya itu terlalu jauh? [Ul 12:21]
Jika tempat yang TUHAN Allah mereka pilih untuk menegakkan namaNya terlalu jauh dari Israel, maka Israel boleh menyembelih ternak yang diberikan TUHAN kepada mereka. [Ul 12:21]
13. Apa yang harus orang Israel lakukan dengan darah? [Ul 12:23,24]
Israel tidak boleh memakan darah dan harus menuangkannya ke negeri seperti air yang mengalir. [Ul 12:23,24]
14. Apa yang diperintahkan kepada orang Israel untuk diambil dan dibawa ke tempat yang TUHAN pilih? [Ul 12:26]
Israel harus membawa benda-benda suci yang mereka miliki dan korban nazar ke tempat yang TUHAN pilih. [Ul 12:26]
15. Di mana orang Israel harus mempersembahkan korban bakaran, daging dan darah, ke atas mezbah TUHAN Allah mereka? [Ul 12:27]
Israel harus pergi ke tempat yang TUHAN pilih untuk mempersembahkan korban bakaran, daging dan darah pada mezbah TUHAN Allah mereka. [Ul 12:27]
16. Apa yang diperintahkan kepada Israel agar baik keadaan mereka dan anak-anak mereka selama-lamanya? [Ul 12:28]
Israel harus menaati dan mendengarkan seluruh perkataan yang diperintahkan TUHAN mereka dan melakukan yang baik di mata TUHAN Allah mereka sehingga mereka dan anak-anak mereka dapat baik keadaannya selama-lamanya. [Ul 12:28]
17. Apa yang TUHAN perintahkan kepada Israel untuk diperhatikan ketika Allah membinasakan bangsa-bangsa di hadapan mereka dan Israel menduduki dan mendiami negeri mereka? [Ul 12:30]
Israel harus berhati-hati agar mereka tidak terjerat dalam mengikuti atau bertanya-tanya cara bangsa-bangsa itu menyembah allah mereka. [Ul 12:30]
18. Apa yang bangsa-bangsa lain lakukan terhadap anak-anak lekaki dan perempuan mereka untuk menyembah allah mereka? [Ul 12:31]
Bangsa-bangsa lain itu membakar anak-anak lelaki dan perempuan mereka untuk allah mereka. [Ul 12:31]
loader
loader
Studi lebih lanjut kunjungi situs: Alkitab SABDA.
loader
loader
Komunitas BaDeNo merupakan wadah yang disediakan oleh Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) untuk saling berbagi hasil PA (BaDeNo). Hasil PA ini bisa dibagikan melalui:
BaDeNo PB
BaDeNo PL
Alkitab Setiap Hari
Mari join bersama dengan kami melalui:
#ayo_pa! #ayo_pa!