Sembunyikan Semua (-)
Baca

Ulangan 32:1-52

32:1 “Berilah telinga, hai langit, aku akan berbicara, dan bumi, dengarkanlah ucapan mulutku.

32:2 Biarkanlah ajaranku turun bagaikan hujan, ucapanku akan mengalir bagaikan embun, bagaikan hujan rintik yang jatuh ke atas tunas, bagaikan hujan jatuh ke atas tumbuhan.

32:3 Aku akan memberitakan nama TUHAN, pujilah kebesaran Allah kita!

32:4 Dialah gunung batu, karya-Nya sempurna! Karena adil segala jalan-Nya, Allah yang setia dan tanpa ketidakadilan. Dia adil dan benar.

32:5 Mereka telah bertindak busuk kepada-Nya. Mereka bukanlah anak-anak-Nya, itulah kecacatan mereka. Sebuah generasi yang jahat dan bengkok.

32:6 Beginikah caramu membalas kepada TUHAN, hai bangsa yang bodoh dan tidak bijak? Bukankah Dia adalah Bapamu yang menebusmu? Dia yang menciptakanmu dan mengukuhkanmu.

32:7 Ingatlah waktu-waktu dahulu. Perhatikanlah tahun-tahun generasi sebelumnya. Tanyakanlah kepada ayahmu maka dia akan memberitahumu. Kepada para tua-tuamu maka mereka akan mengatakannya kepadamu.

32:8 Ketika Yang Maha Tinggi memberikan bangsa-bangsa tanah pusaka, ketika Dia memisahkan anak-anak manusia, Dia menetapkan batas sesuai dengan jumlah anak-anak Israel.

32:9 Karena bagian TUHAN adalah umat-Nya, Yakub adalah bagian dari milik pusaka-Nya.

32:10 Dia mendapatinya di padang belantara, di tanah yang tandus dan auman padang belantara. Dia mengelilingi mereka dan menjaga mereka. Dia melindunginya seperti biji mata-Nya.

32:11 Bagaikan burung rajawali mengguncang-guncangkan sarangnya, melayang-layang di atas anaknya, Dia merentangkan sayapnya untuk menangkap mereka, serta membawanya di atas kepakannya.

32:12 TUHAN sendiri yang menuntun umat-Nya dan tidak ada ilah asing yang menyertainya.

32:13 Dibuat-Nya dia menunggangi tempat tinggi di bumi, dan memakan hasil dari ladang. Dia membuatnya mengisap madu dari gunung batu dan minyak dari batu yang keras.

32:14 Dadih sapi, dan susu kambing domba, dengan lemak dari anak-anak domba dan domba jantan, yang berkembang biak di Basan dengan gandum yang terbaik. Dan, air buah anggur yang kamu minum.

32:15 Namun, Yesyurun menjadi gemuk dan menendang ke belakang. Kamu akan menjadi gemuk, besar, dan tambun. Lalu, dia meninggalkan Allah yang menciptakannya! Dan, mencemooh gunung batu keselamatanmu.

32:16 Mereka membuat-Nya cemburu dengan menyembah ilah-ilah lain. Mereka membuat-Nya murka dengan ilah-ilah kekejian.

32:17 Mereka memberikan persembahan kepada setan, yang bukan Allah, untuk ilah yang sebelumnya tidak dikenal, ilah-ilah yang baru datang, yang tidak ditakuti oleh nenek moyangmu.

32:18 Kamu mengabaikan Gunung Batu yang menciptakanmu; kamu melupakan Allah yang telah menjadikanmu.

32:19 TUHAN melihat hal ini dan menolak mereka karena anak-anak-Nya, laki-laki dan perempuan yang telah membuat-Nya murka.

32:20 Kemudian, Dia berfirman, ‘Aku akan menyembunyikan wajah-Ku dari mereka, Aku akan melihat apa yang terjadi pada mereka sampai akhirnya, sebab mereka adalah generasi yang jahat. Anak-anak yang tidak memiliki kesetiaan.

32:21 Mereka telah membangkitkan cemburu-Ku dengan yang bukan Allah. Mereka membuat-Ku murka dengan berhala mereka. Jadi, Aku akan membuat mereka cemburu dengan yang bukan umat. Aku akan membuat mereka marah dengan bangsa bodoh.

32:22 Karena api telah menyala dalam murka-Ku, dan membakar sampai ke tempat terendah dunia orang mati, dan memakan bumi beserta isinya, dan membakar dasar gunung-gunung.

32:23 Aku akan menimbun malapetaka bagi mereka, Aku akan menggunakan panah-Ku kepada mereka.

32:24 Mereka akan lemas karena kelaparan dan digerogoti oleh demam dan wabah yang menyakitkan. Aku akan mengirim mereka ke dalam taring binatang serta binatang melata yang berbisa di tanah.

32:25 Di luar, pedang akan membinasakan. Di dalam, akan ada kengerian yang menimpa pemuda maupun anak dara, bayi dan orang yang lanjut usia.

32:26 Aku akan berfirman, ‘Aku akan memotong-motong mereka. Aku akan melupakan mereka dari antara manusia.’

32:27 Namun, Aku khawatir dengan yang dikatakan oleh musuh. Mereka akan salah mengerti dan akan menjadi sombong serta berkata, ‘Tangan kami yang memberi kemenangan, dan TUHAN tidak melakukan semua ini.’

32:28 Sebab, mereka adalah bangsa yang kurang bijak dan tidak memiliki pemahaman di antara mereka.

32:29 Apabila mereka bijaksana, mereka akan mengerti. Mereka akan mengetahui apa yang akan terjadi kepada mereka.

32:30 Bagaimana mungkin satu orang mengusir seribu orang dan dua orang mengejar sepuluh ribu orang, bila bukan karena Gunung Batu menjual mereka, dan TUHAN telah menyerahkan mereka?

32:31 Gunung batu mereka tidak kuat seperti Gunung Batu kita, bahkan musuh kita juga sudah menilainya.

32:32 Karena pohon anggur mereka berasal dari pohon anggur Sodom, dan dari ladang-ladang Gomora. Buah anggur mereka adalah buah anggur beracun, tangkai-tangkainya pun pahit.

32:33 Air anggur mereka adalah bisa ular, bisa ular tedung yang mematikan.

32:34 ‘Bukankah itu tersimpan pada-Ku, termeterai dalam perbendaharaan-Ku?

32:35 Pembalasan dan dendam adalah hak-Ku. Pada waktunya, kaki mereka akan tergelincir. Sebab, hari malapetaka mereka sudah dekat dan perkara-perkara yang disiapkan segera datang bagi mereka.’

32:36 Namun, TUHAN akan membela umat-Nya dan menyayangi hamba-Nya. Ketika Dia melihat bahwa kekuatan mereka hilang, dan tidak ada yang tersisa, baik hamba maupun yang bebas.

32:37 Kemudian, Dia berkata, ‘Di manakah ilah-ilah mereka dan gunung batu tempat mereka berlindung?

32:38 Yang memakan lemak persembahanmu dan meminum air anggur dari persembahanmu. Biarlah mereka bangkit dan menolongmu, biarlah mereka melindungimu.

32:39 Sekarang lihatlah bahwa Aku, Akulah Dia, tidak ada Allah selain Aku. Akulah yang membuat mati dan yang memberikan hidup. Aku yang membuat luka dan Akulah yang menyembuhkan. Tidak ada orang yang dapat melepaskan dari tangan-Ku!

32:40 Sebab, Aku mengangkat tangan-Ku ke langit dan berkata, Aku hidup selama-lamanya.

32:41 Jika Aku mengasah pedang-Ku yang berkilat-kilat dan tangan-Ku memegang keadilan, Aku akan membalaskan itu terhadap lawan-lawan-Ku. Aku akan membalas kepada orang-orang yang membenci-Ku.

32:42 Aku akan membuat anak panah-Ku mabuk darah dan pedang-Ku akan memakan daging, darah dari orang-orang mati dan para tawanan serta dari pemimpin musuh yang berambut panjang.’

32:43 Bersorak-sorailah, hai bangsa-bangsa bersama umat-Nya, sebab Dia akan membalas darah hamba-Nya, dan akan membalas dendam terhadap musuh-Nya serta menebus tanah-Nya dan umat-Nya.”

Musa Mengajarkan Nyanyian kepada Umat

32:44 Kemudian, Musa bersama Yosua, anak Nun, datang dan menyampaikan ke telinga umat seluruh kata-kata dalam nyanyian ini.

32:45 Ketika Musa selesai menyampaikan seluruh perkataan itu kepada seluruh orang Israel,

32:46 dia berkata kepada mereka, “Taruhlah seluruh perkataan yang kuperingatkan kepadamu hari ini di hatimu. Perintahkan kepada anak-anakmu untuk melakukan dengan sungguh-sungguh segala perkataan Taurat ini.

32:47 Karena perkataan ini bukan perkataan yang sia-sia untukmu, sebab itu adalah hidupmu. Dengan perkataan ini, kamu akan panjang umurmu di tanah yang akan kamu miliki setelah menyeberangi Sungai Yordan.”

Musa di Gunung Nebo

32:48 TUHAN berfirman kepada Musa pada hari itu juga, katanya,

32:49 “Naiklah ke Gunung Abarim, yaitu Gunung Nebo, di tanah Moab, di seberang Kota Yerikho. Dan, lihatlah tanah Kanaan, yang Aku berikan kepada anak-anak Israel untuk menjadi miliknya.

32:50 Kemudian, kamu akan mati di atas gunung yang kamu naiki itu dan dikumpulkan bersama leluhurmu, sama seperti saudaramu Harun yang mati di Gunung Hor dan dikumpulkan bersama leluhurnya.

32:51 Sebab, kamu telah tidak setia kepada-Ku di tengah-tengah orang Israel, saat di mata air Meriba di Kadesh, di padang belantara Zin. Kamu tidak menghormati kekudusan-Ku di tengah-tengah keturunan Israel.

32:52 Karena itu, kamu dapat melihat tanah itu dari jauh, tetapi kamu tidak boleh ke sana, di tanah yang Kuberikan kepada keturunan Israel.”

AlkiPEDIA AlkiPEDIA

Penjelasan Singkat

Nyanyian Musa

Isi Pasal

Nyanyian dan nasihat Musa.

Garis Besar

32:1 Nyanyian Musa, yang menyatakan rahmat dan balas dendam TUHAN.
32:46 Dia menasihati mereka untuk menetapkan hati mereka pada hukum Taurat.
32:48 TUHAN menyuruh dia naik ke gunung Nebo, untuk memandang tanah Kanaan, lalu dia meninggal.

Judul Perikop

Nyanyian Musa (32:1-43)
Nasihat Musa yang terakhir (32:44-47)
Ajal Musa mendekat (32:48-52)

Tokoh

Allah, Musa, Yosua.

Nama dan Tempat

Abarim, Allah, Basan, Gomora, Harun, Hor, Israel, Kadesh, Kanaan, Meriba, Moab, Musa, Nebo, Nun, Sodom, Taurat, TUHAN, Yakub, Yerikho, Yesyurun, Yordan, Yosua, Zin

Kesimpulan

Kata-kata peringatan dan nasihat dari Allah yang diturunkan dari surga haruslah tertanam di dalam hati kita dan melembutkannya seperti air hujan melunakkan bumi, demikianlah itu menjadikan kita berbuah di dalam ketaatan.

Fakta

ay. 49, 52. Mereka bisa meninggal dengan bahagia ketika Allah memanggil mereka, yaitu mereka yang memiliki pengharapan iman melalui Kristus dan sinar Kanaan surgawi nanti sebagai dasar pengharapan akan kehidupan melampaui kematian.

Dengar

Program Studi Alkitab

Ulangan 32-34 (Ulangan 32:1--34:12)
Kebenaran Abadi

Playlist:



Nonton

The Bible Project: Ringkasan: Ulangan (Ulangan 1-34)

Playlist:

THE BIBLE PROJECT
ALKITAB VIDEO BERGAMBAR
BaDeNo PLUS
loader
Tampilkan Semua
1. Musa bertanya kepada Langit dan bumi tentang apa yang seharusnya dilakukan? [Ul 32:1]
Musa menyuruh langit dan bumi untuk mendengarkan ia berbicara dan perkataan yang keluar dari mulutnya. [Ul 32:1]
2. Apa yang menjadi perbandingan ajaran Musa? [Ul 32:2]
Musa membandingkan ajarannya dengan hujan dan embun. [Ul 32:2]
3. Atas nama siapa Musa menyatakan dan menggambarkan kebesaran itu? [Ul 32:3]
Musa menyatakan atas nama TUHAN dan menggambarkan kebesaran Allah. [Ul 32:3]
4. Pekerjaan siapa yang sempurna dan jalannya adil? [Ul 32:4]
Karya Gunung Batu karena pekerjaanNya sempurna dan jalan-jalanNya adil. [Ul 32:4]
5. Siapakah yang tidak ada cacat, adil dan benar? [Ul 32:4]
Allah itu setia, tidak bercela, adil, dan benar. [Ul 32:4]
6. Apa sebutan Musa terhadap orang yang telah bertindak busuk kepada TUHAN? [Ul 32:5,6]
Musa menyebut mereka sebagai suatu generasi yang jahat, bengkok, dan bodoh. [Ul 32:5,6]
7. Siapa yang Musa katakan yang menciptakan dan mengukuhkan orang Israel? [Ul 32:6]
Musa berkata bahwa TUHANlah yang telah menciptakan dan mengukuhkan orang Israel. [Ul 32:6]
8. Apa yang dikatakan Musa mengenai hal yang bisa diajarkan para ayah dan tua-tua kepada generasi selanjutnya? [Ul 32:7]
Musa berkata bahwa para ayah dan tua-tua akan mengajarkan orang Israel mengenai waktu-waktu dahulu dan tahun-tahun generasi yang sebelumnya. [Ul 32:7]
9. Apa yang dikatakan Musa mengenai hal yang dapat diajarkan para ayah dan tua-tua tentang Sang Mahatinggi yang membagikan milik pusaka kepada bangsa-bangsa ? [Ul 32:8]
Musa berkata bahwa Yang Mahatinggi membagi-bagikan semua manusia dan menetapkan batas-batas berdasarkan jumlah suku-suku Israel. [Ul 32:8]
10. Apakah bagian TUHAN dan siapakah yang menjadi milik pusakanya? [Ul 32:9]
Bagian TUHAN adalah orang-orangnya dan Yakub adalah milik pusakanya. [Ul 32:9]
11. Dimana TUHAN  menemukan Yakub (orang-orangNya)? [Ul 32:10]
TUHAN menemukan Yakub (orang-orangNya) di padang belantara. [Ul 32:10]
12. Apa yang TUHAN lakukan untuk orang-orangNya? [Ul 32:10]
TUHAN melindungi, memelihara, dan menjaga mereka seperti biji mataNya. [Ul 32:10]
13. Dengan apa Musa membandingkan kasih sayang TUHAN terhadap orang-orangNya? [Ul 32:11]
Musa membandingkan kasih sayang TUHAN terhadap orang-orangNya seperti burung Rajawali yang menjaga sarangnya dan terbang di atas anaknya. [Ul 32:11]
14. Siapa yang seorang diri memimpin orang Israel? [Ul 32:12]
TUHAN sendirilah yang akan memimpin orang Israel. [Ul 32:12]
15. Apa yang akan terjadi ketika Yesyurun (Israel) menjadi gemuk? [Ul 32:15,16]
Ketika Yesyurun (Israel) menjadi gemuk dan dipuaskan, mereka meninggalkan dan menolak TUHAN dan membuatNya cemburu dengan allah-allah asing mereka dan membuatNya marah dengan allah-allah mereka yang menjijikkan. [Ul 32:15,16]
16. Siapa yang orang-orang pilihan Allah lupakan ketika mereka terus menerus memberontak? [Ul 32:17,18]
Mereka lupa dengan Allah yang telah menciptakan mereka. [Ul 32:17,18]
17. Apa yang TUHAN lakukan karena orang-orangNya melawan Dia? [Ul 32:19,20]
TUHAN menolak orang-orangNya karena mereka telah melawan Dia. [Ul 32:19,20]
18. Siapa yang akan TUHAN gunakan untuk membuat Israel cemburu dan marah? [Ul 32:21]
TUHAN akan membuat mereka cemburu dengan orang yang bukan orang-orangNya dan mereka akan menjadi marah karena suatu bangsa yang tidak memiliki pengertian. [Ul 32:21]
19. Apa yang TUHAN katakan akan Ia timbun atas Israel? [Ul 32:23]
TUHAN berkata bahwa Ia akan menimbun bencana atas mereka. [Ul 32:23]
20. Apa yang akan menahan TUHAN melakukan semua yang telah Ia katakan kepada orangorang? [Ul 32:27]
TUHAN akan menahan diri melakukan semua yang telah Ia katakan kepada orang-orang karena Ia khawatir musuh-musuh mereka akan menilai bahwa tangan merekalah yang melakukannya. [Ul 32:27]
21. Apa yang kurang dari Israel sebagai suatu bangsa? [Ul 32:28]
Israel kurang bijak dan tidak memiliki pengertian. [Ul 32:28]
22. Apa yang Musa ingin Israel pertimbangkan? [Ul 32:29]
Musa ingin agar Israel mempertimbangkan masa depan mereka. [Ul 32:29]
23. Bagaimana cara Israel menang atas musuh-musuhnya? [Ul 32:30,31]
Israel memiliki kemenangan karena TUHAN, Gunung Batu mereka, telah menyerahkan musuh-musuh mereka ke tangan mereka. [Ul 32:30,31]
24. Dari mana pohon anggur musuh berasal dan digambarkan seperti apa buahnya? [Ul 32:33,34]
Pohon anggur mereka berasal dari Sodom dan Gomora dan buah anggurnya adalah beracun dan pahit.. [Ul 32:33,34]
25. Bagaimana anggur dari Sodom dan Gomora digambarkan? [Ul 32:33]
Anggurnya digambarkan seperti bisa ular dan racunnya mematikan. [Ul 32:33]
26. Bagaimana TUHAN menyimpan rencanaNya? [Ul 32:34]
Rencana TUHAN disimpannya dan dimeteraikan di antara perbendaharaanNya. [Ul 32:34]
27. Hak siapakah pembalasan dan dendam itu? [Ul 32:35]
Pembalasan dan dendam adalah hak TUHAN. [Ul 32:35]
28. Seberapa cepat malapetaka dan perkara-perkara yang disiapkan akan datang? [Ul 32:35]
Hari malapetaka sudah dekat dan perkara-perkara yang disiapkan akan segera datang. [Ul 32:35]
29. Siapa yang akan membuat keputusan bagi orang-orang dan mengasihani orang-orang? [Ul 32:36]
TUHAN yang akan memutuskan bagi orang-orang dan mengasihani orang-orang. [Ul 32:36]
30. Dari siapa pertolongan itu tidak datang untuk orang Israel? [Ul 32:37,38]
Perlindungan dan pertolongan tidak akan datang dari allah-allah lain mereka dan gunung batu tempat mereka berlindung dan yang menerima persembahan mereka. [Ul 32:37,38]
31. Siapa yang Allah katakan tentang allah lain selain Dia dan apa yang Allah sendiri katakan bisa Dia lakukan? [Ul 32:39]
Allah berkata bahwa tidak ada allah selain diriNya dan hanya Dia sendiri yang dapat membunuh dan memberi hidup, melukai dan menyembuhkan. [Ul 32:39]
32. Apa yang Allah janjikan ketika Ia mengangkat tanganNya ke surga? [Ul 32:40]
Saat Dia mengangkat tangan ke surga Dia berjanji Ia akan melakukanNya sebab Ia hidup selamanya. [Ul 32:40]
33. Kepada siapa Allah akan mendatangkan keadilan dan memberikan pembalasan? [Ul 32:41]
Allah akan mendatangkan keadilan dan memberikan pembalasan kepada musuh-musuh dan mereka yang membenci Dia. [Ul 32:41]
34. Pada siapa anak panah Allah akan mabuk darah dan pedangnya memakan daging? [Ul 32:42]
Anak panah Allah akan mabuk darah dari darah orang-orang mati dan para tawanan dan pedangNya memakan daging kepala-kepala pemimpin musuh. [Ul 32:42]
35. Siapa yang akan bersukacita dengan umat Allah ketika Ia membalaskan darah hamba-hambaNya terhadap musuh-musuhNya? [Ul 32:43]
Bangsa-bangsa akan bersukacita dengan umat Allah. [Ul 32:43]
36. Kepada siapa Allah akan menebus negeri itu? [Ul 32:43]
Allah akan menebus negeri itu untuk umatNya. [Ul 32:43]
37. Siapa yang menyanyikan semua kata-kata lagu ini di telinga orang-orang? [Ul 32:44]
Musa dan Yosua menyanyikan lagu ini ke telinga orang-orang. [Ul 32:44]
38. Mengapa orang Israel harus mendengarkan dengan sungguh-sungguh perkataan Musa? [Ul 32:46]
Orang Israel harus mendengarkan dengan sungguh-sungguh perkataan Musa agar mereka dapat mengajarkan kepada anak-anak mereka untuk memegang teguh hukum taurat. [Ul 32:46]
39. Mengapa TUHAN menyuruh Musa untuk naik ke atas gunung yang menghadap Yerikho? [Ul 32:48,49]
TUHAN menyuruh Musa untuk naik ke atas gunung agar ia dapat melihat negeri Kanaan yang akan TUHAN berikan kepada orang Israel sebagai milik pusaka mereka. [Ul 32:48,49]
40. Apa yang TUHAN katakan akan terjadi kepada Musa di atas gunung? [Ul 32:50]
TUHAN berkata bahwa Musa akan mati di atas gunung seperti Harun yang mati di atas gunung Hor dan akan dikumpulkan bersama leluhurnya. [Ul 32:50]
41. Mengapa TUHAN berkata bahwa Musa akan mati di atas gunung? [Ul 32:50,51]
Musa akan mati di atas gunung karena ia tidak setia kepada TUHAN saat di mata air Meriba di Kadesh dan karena Musa tidak menghormati kekudusan TUHAN di tengah-tengah orang Israel. [Ul 32:50,51]
42. Apa yang TUHAN katakan akan dilihat Musa sebelum ia mati? [Ul 32:52]
TUHAN berkata bahwa Musa akan melihat negeri yang akan diberikan TUHAN untuk orang Israel tapi ia tidak akan memasukinya. [Ul 32:52]
loader
loader
Studi lebih lanjut kunjungi situs: Alkitab SABDA.
loader
Komunitas BaDeNo merupakan wadah yang disediakan oleh Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) untuk saling berbagi hasil PA (BaDeNo). Hasil PA ini bisa dibagikan melaui Facebook Group:  Alkitab Setiap Hari, dan WhatsApp Group:  BaDeNo Perjanjian Lama dan  BaDeNo Perjanjian Baru.
Mari join bersama dengan kami melalui:
- Email: ylsa@sabda.org
- WA: 0881-2979-100
- Formulir: https://bit.ly/FeedbackBadeno
BaDeNo PL
BaDeNo PB
Alkitab Setiap Hari
#ayo_pa! #ayo_pa!