Baca

Ulangan 20:1-20

Peraturan tentang Perang

20:1 Bila kamu pergi berperang melawan musuhmu dan kamu melihat kuda, kereta perang, dan orangnya lebih banyak daripada orangmu, janganlah takut kepadanya. Karena, TUHAN, Allahmu, yang telah membawamu keluar dari negeri Mesir, besertamu.

20:2 Ketika kamu menghadapi peperangan, imam harus maju dan berbicara kepada rakyat.

20:3 Dia akan berkata, “Hai orang Israel, dengarkanlah aku! Hari ini, kamu akan berperang melawan musuhmu. Jangan berkecil hati, jangan panik, dan jangan gemetar terhadap musuh.

20:4 Karena, TUHAN, Allahmu, menyertaimu untuk berperang melawan musuhmu dan menyelamatkanmu.”

20:5 Para petugas juga akan berkata kepada rakyatnya, “Apakah di sini ada yang telah membangun sebuah rumah baru, tetapi belum menempatinya? Biarlah dia pulang ke rumahnya supaya dia jangan mati dalam peperangan dan orang lain menempati rumahnya.

20:6 Apakah di sini ada yang sudah menanami kebun anggurnya, tetapi belum memetik buahnya? Biarlah dia pulang ke rumahnya, supaya dia jangan mati dalam peperangan dan orang lain akan menikmati buahnya.

20:7 Apakah di sini ada yang sudah bertunangan? Yang akan kawin? Biarlah dia pulang ke rumahnya, supaya dia jangan mati dalam peperangan dan orang lain akan menikahinya.”

20:8 Para petugas juga harus berkata lagi kepada rakyat, “Apakah di sini ada yang takut dan berkecil hati? Biarlah dia pulang ke rumahnya sehingga dia tidak membuat tentara lain kehilangan keberaniannya.”

20:9 Kemudian, setelah para petugas itu selesai berbicara kepada rakyat, mereka harus memilih para komandan untuk memimpin rakyat itu.

20:10 Apabila kamu sudah mendekati kota yang akan kamu serang, haruslah kamu menyerukan perdamaian.

20:11 Jika mereka menyetujui untuk berdamai dan membuka pintu gerbangnya untukmu, maka semua orang di kota itu akan bekerja untukmu dan menjadi hambamu.

20:12 Akan tetapi, jika kota itu tidak mau berdamai denganmu dan berperang melawanmu, kamu harus mengepung kota itu.

20:13 TUHAN, Allahmu akan menyerahkan kota itu ke dalam tanganmu, kamu harus membunuh semua laki-laki yang ada di sana dengan pedang.

20:14 Namun, perempuan, dan anak-anak, dan hewan, dan segala sesuatu yang terdapat di kota untukmu, yaitu seluruh jarahannya, kamu ambil sebagai barang jarahan untuk diri sendiri. Kamu akan memakan barang jarahan dari musuhmu yang telah TUHAN, Allahmu berikan kepadamu.

20:15 Demikianlah, kamu harus melakukannya terhadap kota-kota yang jauh darimu, yang tidak termasuk kota-kota dari bangsa-bangsa ini.

20:16 Akan tetapi, kota-kota dari bangsa yang diberikan oleh TUHAN, Allahmu, kepadamu sebagai milik pusaka, janganlah kamu membiarkan hidup apa pun yang bernapas.

20:17 Namun, kamu harus membinasakan semuanya: orang Het, orang Amori, orang Kanaan, orang Feris, orang Hewi, dan orang Yebus, seperti yang telah TUHAN, Allahmu perintahkan kepadamu.

20:18 Dengan demikian, mereka tidak akan mengajarmu untuk melakukan hal-hal menjijikkan yang telah mereka lakukan kepada ilah-ilah mereka sehingga kamu berdosa kepada TUHAN, Allahmu.

20:19 Apabila kamu mengepung suatu kota selama beberapa hari lamanya lalu memerangi dan merebutnya, janganlah kamu merusak pohon-pohon sekelilingnya dengan mengayunkan kapak. Buahnya boleh kamu makan, tetapi jangan menebangnya. Pohon-pohon ini bukanlah musuhmu, mengapa kamu mengepungnya?

20:20 Pohon yang kamu ketahui tidak menghasilkan buah boleh kamu rusak dan tebang untuk membangun pagar pengepungan terhadap kota yang melawanmu sampai kota itu jatuh.

AlkiPEDIA AlkiPEDIA

Penjelasan Singkat

Seruan imam sebelum peperangan

Isi Pasal

Aturan tentang perang.

Garis Besar

20:1 Nasihat imam untuk menguatkan umat pergi berperang.
20:5 Pernyataan dari pengatur pasukan tentang siapa yang boleh tidak ikut berperang.
20:10 Cara memperlakukan kota-kota yang menerima atau menolak tawaran perdamaian.
20:16 Orang-orang apa yang harus ditumpas.
20:19 Pohon-pohon untuk dimakan manusia tidak boleh dimusnahkan dalam pengepungan.

Judul Perikop

Hukum perang (20:1-20)

Tokoh

Allah, Musa.

Nama dan Tempat

Allah, Amori, Feris, Het, Hewi, Israel, Kanaan, Mesir, TUHAN, Yebus

Kesimpulan

Keberanian berusaha yang kita lakukan dengan peraturan ilahi dan kita teruskan dengan petunjuk ilahi, kita boleh berharap akan berhasil. Mereka tidak perlu takut di dalam peperangan hidup yang memiliki Allah bersama dengan mereka.

Fakta

ay. 14. Kepemilikan yang dapat dibenarkan dibutuhkan di dalamnya yang menang di peperangan secara hukum. "Tuhan Allahmu menyerahkannya kepadamu."

Dengar

Program Studi Alkitab

Ulangan 20:1-21:21 (Ulangan 20:1--21:21)
Kebenaran Abadi

Playlist:



Nonton

The Bible Project: Ringkasan: Ulangan (Ulangan 1-34)

Playlist:

THE BIBLE PROJECT
ALKITAB VIDEO BERGAMBAR
BaDeNo PLUS
loader
  • Orang Israel tidak perlu takut karena TUHAN Allah mereka yang telah membawa mereka keluar dari Mesir, ada bersama mereka. (Ul 20:1)
  • Imam harus mengatakan kepada orang-orang untuk tidak takut, tapi TUHAN bersama mereka untuk berperang (Ul 20:2,3,4)
  • Orang itu harus kembali ke rumahnya agar ia tidak mati di medan perang dan orang lain yang meresmikannya. (Ul 20:5)
  • Ia harus kembali dan menikahi perempuan itu agar ia tidak mati di medan perang dan orang lain yang menikahi perempuan itu. (Ul 20:7)
  • Semua orang yang ada di kota itu akan bekerja sebagai hamba untuk Israel. (Ul 20:10,11)
  • Israel harus mengepung kota itu dan ketika TUHAN memberikan kemenangan kepada Israel, mereka harus membunuh semua laki-laki yang ada di sana. (Ul 20:12,13)
  • Mereka harus membinasakan semuanya agar orang-orang di negeri itu tidak mengajarkan mereka untuk hal-hal agar orang-orang di negeri itu tidak mengajarkan sesuatu yang jahat dan menjijikkan dan berdosa melawan TUHAN. (Ul 20:16,17,18)
  • Orang Israel tidak boleh memotong pohon yang digunakan untuk memperoleh makan dan harus memotong pohon-pohon yang tidak menghasilkan buah untuk membangun benteng perlawanan. (Ul 20:19)
  • Orang Israel tidak boleh memotong pohon yang digunakan untuk memperoleh makan dan harus memotong pohon-pohon yang tidak menghasilkan buah untuk membangun benteng perlawan. (Ul 20:20)
loader
loader
Komunitas BaDeNo untuk saling berbagi hasil PA (BaDeNo Paskah) terdapat dalam Facebook grup Alkitab Setiap Hari di link berikut ini: https://facebook.com/groups/alkitab.setiap.hari
#ayo_pa! #ayo_pa!