Baca

Mazmur 79:1-13

Doa dengan Yerusalem di Reruntuhan!

79:1 Mazmur Asaf. Ya Allah, bangsa-bangsa telah mendatangi milik pusaka-Mu. Mereka telah mencemari Bait Kudus-Mu, dan menjadikan Yerusalem reruntuhan.

79:2 Mereka telah menyerahkan mayat hamba-hamba-Mu kepada burung-burung di langit sebagai makanan; daging orang-orang-Mu yang setia kepada binatang yang hidup di bumi.

79:3 Mereka telah menumpahkan darah mereka seperti air di sekeliling Yerusalem, dan tidak ada seorang pun menguburkan mereka.

79:4 Kami telah menjadi aib bagi sesama kami, ejekan dan celaan bagi orang-orang di sekeliling kami.

79:5 Berapa lama lagi, ya TUHAN? Apakah Engkau akan marah selamanya? Apakah kecemburuan-Mu akan berkobar seperti api?

79:6 Tumpahkanlah kemarahan-Mu atas bangsa-bangsa yang tidak mengenal Engkau, dan atas kerajaan-kerajaan yang tidak memanggil nama-Mu.

79:7 Sebab, mereka telah melahap Yakub, dan memusnahkan tempat tinggalnya.

79:8 Jangan mengingat kesalahan-kesalahan nenek moyang, biarlah belas kasihan-Mu segera mendatangi kami karena kami sangat direndahkan.

79:9 Tolong kami, ya Allah penyelamat kami, oleh karena kemuliaan nama-Mu; lepaskan kami dan ampunilah dosa-dosa kami oleh karena nama-Mu.

79:10 Mengapa bangsa-bangsa harus berkata, “Di mana Allah mereka?” Biarlah pembalasan atas darah hamba-hamba-Nya yang tertumpah diketahui di antara bangsa-bangsa yang ada di depan mata kami.

79:11 Biarlah rintihan para tawanan sampai di hadapan-Mu; sesuai dengan kebesaran kuasa-Mu, selamatkanlah anak-anak kematian.

79:12 Balaskanlah kepada sesama kami tujuh kali lipat ke dada mereka, celaan yang sama seperti mereka telah mencela Engkau, ya Tuhan.

79:13 Jadi, kami, umat-Mu, domba gembalaan-Mu, akan bersyukur kepada-Mu selamanya. Kami akan menceritakan puji-pujian bagi-Mu dari generasi ke generasi.

AlkiPEDIA AlkiPEDIA

Penjelasan Singkat

Keluhan pemazmur

Isi Pasal

Kondisi umat Allah yang tercela dan doa memohon kelepasan.

Garis Besar

79:1 Pemazmur mengeluhkan perusakan Yerusalem.
79:8 Dia berdoa memohon pembebasan;
79:13 dan menjanjikan ucapan syukur.

Judul Perikop

Doa umat yang terancam (79:1-13)

Tokoh

Allah, Asaf.

Nama dan Tempat

Allah, Asaf, TUHAN, Yakub, Yerusalem

Kesimpulan

Jika karena dosa umat Allah merosot dari keadaan nenek moyang mereka dulu, mereka akan menghadapi bahwa Allah akan menegur mereka dengan adil supaya mereka menyesal dengan sungguh. Mereka yang menginginkan Allah untuk menuntut balas bagi diri mereka harus terlebih dahulu memiliki dasar doa yang kuat.

Fakta

ay. 10. Hari itu akan tiba ketika Allah akan menyatakan lengan kekal-Nya demi umat-Nya, menerima kemuliaan atas nama-Nya dengan mengirim kembali Tuhan Yesus, Raja segala raja, dengan kecemerlangan kedatangan-Nya akan memusnahkan orang jahat dan nama Allah dimuliakan.

Dengar

Program Studi Alkitab

Mazmur 79-81 (Mazmur 79:1--81:16)
Kebenaran Abadi

Playlist:


Nonton

The Bible Project: Baca Alkitab: Mazmur (Mazmur)

Playlist:

THE BIBLE PROJECT
ALKITAB VIDEO BERGAMBAR
BaDeNo PLUS
loader
loader
loader
Komunitas BaDeNo untuk saling berbagi hasil PA terdapat dalam page Facebook di link berikut ini: https://www.facebook.com/sabda.org/
#ayo_pa! #ayo_pa!