Baca

Mazmur 40:1-17

Syukur dan Doa Minta Tolong

40:1 Kepada pemimpin pujian: Nyanyian Daud. (40-2) Aku menanti-nantikan TUHAN, lalu Dia berpaling mendengarkan seruanku minta tolong.

40:2 (40-3) Dia mengangkat aku dari lubang yang bergemuruh, keluar dari rawa lumpur, dan menetapkan kakiku di atas gunung batu; membuat langkah-langkahku tegap.

40:3 (40-4) Dia memberikan nyanyian baru di dalam mulutku, suatu pujian bagi Allah kita. Banyak orang akan melihat dan takut, dan percaya di dalam TUHAN.

40:4 (40-5) Diberkatilah orang yang menjadikan TUHAN keyakinannya, yang tidak berbalik kepada orang-orang sombong, atau kepada para pembohong.

40:5 (40-6) Ya TUHAN, Allahku, Engkau telah melakukan banyak hal; perbuatan-perbuatan-Mu yang ajaib dan rencana-rencana-Mu bagi kami. Tidak ada yang bisa dibandingkan dengan Engkau. Aku akan memberitahukan dan mengatakannya kepada mereka, tetapi jumlah mereka terlalu besar.

40:6 (40-7) Kurban dan persembahan, tidak Engkau inginkan. Telingaku telah Kaubuka. Kurban bakaran dan kurban penghapus dosa tidak Kauminta.

40:7 (40-8) Lalu, aku berkata, “Lihat, aku telah datang; dalam gulungan kitab itu tertulis tentang aku:

40:8 (40-9) Aku senang melakukan kehendak-Mu, ya Allahku. Hukum-Mu ada di antara bagian dalam tubuhku.”

40:9 (40-10) Aku memberitakan kabar kebenaran di dalam kumpulan yang besar. Lihatlah, aku tidak menahan bibirku; Engkau tahu, ya TUHAN.

40:10 (40-11) Aku tidak menyembunyikan keadilan-Mu di dalam hatiku; aku telah menyatakan kesetiaan-Mu dan keselamatan-Mu, aku tidak menyembunyikan kasih setia-Mu dan kebenaran-Mu dari kumpulan yang besar.

40:11 (40-12) Ya TUHAN, Engkau tidak menahan belas kasihan-Mu kepadaku; kiranya kasih setia-Mu dan kebenaran-Mu selalu menjagaku.

40:12 (40-13) Sebab, kejahatan yang tak terhitung mengelilingi aku. Kesalahanku telah menangkapku sehingga aku tidak sanggup melihat; jumlahnya lebih banyak dari rambut di kepala sehingga hatiku menelantarkanku.

40:13 (40-14) Jadilah berkenan, ya TUHAN, untuk menyelamatkan aku! Ya TUHAN, bergegaslah menolongku!

40:14 (40-15) Biarlah mereka bersama-sama mendapat malu dan dihina; mereka yang mengincar nyawaku. Biarlah mereka berbalik mundur dan dihina, mereka yang menginginkan kecelakaanku.

40:15 (40-16) Biarlah mereka tercengang karena malu; mereka yang berkata kepadaku, “Rasakan, rasakan!”

40:16 (40-17) Kiranya semua orang yang mencari Engkau, bergembira dan bersukacita. Kiranya mereka yang mencintai keselamatan-Mu, tidak henti-hentinya berkata, “Besarlah TUHAN!”

40:17 (40-18) Namun. aku miskin dan melarat; kiranya Tuhan memperhitungkanku. Engkaulah penolong dan penyelamatku; janganlah berlama-lama, ya Allahku!

AlkiPEDIA AlkiPEDIA

Penjelasan Singkat

Ketaatan (adalah) korban persembahan yang terbaik

Isi Pasal

Keselamatan Allah dipuji dan doa memohon kelepasan.

Garis Besar

40:1 Keuntungan memiliki keyakinan di dalam TUHAN.
40:6 Ketaatan adalah korban persembahan yang paling baik.
40:11 Perasaan akan kemalangan Daud menggelorakan doanya.

Judul Perikop

Syukur dan doa (40:1-17)

Tokoh

Allah, Daud.

Nama dan Tempat

Allah, Daud, Taurat, TUHAN

Kesimpulan

Orang-orang yang mencari Allah di tengah kebingungan mereka akan bersuka dan senang di dalam Dia, karena Dia tidak hanya akan ditemukan mereka, namun akan menjadi upah mereka yang berlimpah, karena itu, mereka harus terus berkata, "Tuhan dibesarkan."

Fakta

ay. 6-8. Korban persembahan berarti hanya sebagai gambaran dari pengorbanan Kristus, namun ketika Dia datang, sebagaimana dikatakan sebelumnya di isi dari Kitab, hal itu tidak lagi berarti. Dia saja yang melakukan kehendak Allah dengan sempurna. Penebusan kita dari dosa bukanlah karena kita, namun oleh ketaatan Pengganti kita akan kehendak TUHAN.

Dengar

Program Studi Alkitab

Mazmur 39-41 (Mazmur 39:1--41:13)
Kebenaran Abadi

Playlist:


Nonton

The Bible Project: Baca Alkitab: Mazmur (Mazmur)

Playlist:

THE BIBLE PROJECT
ALKITAB VIDEO BERGAMBAR
BaDeNo PLUS
loader
loader
loader
Komunitas BaDeNo untuk saling berbagi hasil PA terdapat dalam page Facebook di link berikut ini: https://www.facebook.com/sabda.org/
#ayo_pa! #ayo_pa!