Sembunyikan Semua (-)
Baca

Zakharia 7:1-14

Puasa yang Tidak Sungguh-Sungguh

7:1 Kemudian terjadilah, pada tahun ke-4 pemerintahan Raja Darius, firman TUHAN datang kepada Zakharia pada hari ke-4 dalam bulan ke-9, yaitu bulan Kislew.

7:2 Pada waktu itu, penduduk Betel telah mengutus Sarezer dan Regem-Melekh serta orang-orangnya untuk memohon belas kasihan di hadapan TUHAN,

7:3 untuk menanyakan kepada para imam yang ada di rumah TUHAN semesta alam dan kepada para nabi, dengan berkata, “Apakah kami harus menangis dan mengkhususkan diri pada bulan ke-5 seperti yang sudah aku lakukan selama bertahun-tahun ini?”

7:4 Lalu, firman TUHAN semesta alam datang kepadaku, firman-Nya,

7:5 “Katakanlah kepada seluruh rakyat negeri ini dan para imam, dengan menatakan: Ketika kalian berpuasa dan meratap pada bulan ke-5 dan ke-7, bahkan selama tujuh puluh tahun ini, apakah kalian sungguh-sungguh berpuasa untuk Aku?

7:6 Pada saat kalian makan dan minum, bukankah kalian makan dan minum untuk dirimu sendiri?

7:7 Bukankah ini firman yang telah TUHAN serukan melalui para nabi terdahulu ketika Yerusalem masih ditinggali dan masih makmur, bahkan kota-kota di sekelilingnya, dan Tanah Negeb dan daerah bukit masih ditinggali?”

7:8 Lalu, firman TUHAN datang kepada Zakharia, firman-Nya,

7:9 “Inilah firman TUHAN semesta alam, firman-Nya: Hakimilah dengan penghakiman yang benar, dan lakukanlah kebaikan serta belas kasih seorang terhadap saudaranya!

7:10 Jangan menindas janda, dan anak-anak yatim, orang asing, serta orang miskin. Jangan merencanakan kejahatan di hati kalian seorang terhadap saudaranya.

7:11 Namun, mereka menolak untuk memperhatikan, bahkan membalikkan bahu sebagai perlawanan, dan membuat telinga mereka berat untuk mendengarkan.

7:12 Mereka membuat hati mereka sekeras batu intan supaya tidak mendengar hukum dan firman-firman yang TUHAN semesta alam sampaikan melalui Roh-Nya dengan perantaraan para nabi terdahulu. Oleh sebab itu, kemurkaan yang besar datang dari TUHAN semesta alam.

7:13 ‘Lalu terjadilah, sama seperti saat Aku berseru, tetapi mereka tidak mendengarkan, maka saat mereka berseru Aku tidak akan mendengarkan,’ TUHAN semesta alam berfirman.

7:14 Lalu, terjadilah, Aku akan menyerakkan mereka ke segala bangsa yang tidak mereka kenal. Negeri yang mereka tinggalkan akan menjadi sunyi sepi ketika orang melintas dan kembali, karena mereka membuat tanah kesukaan itu menjadi sunyi sepi.”

AlkiPEDIA AlkiPEDIA

Penjelasan Singkat

Para tawanan bertanya tentang puasa

Isi Pasal

Misi dari Babel, dan jawaban TUHAN atas pertanyaan tentang berpuasa. Mengapa doa tidak dijawab.

Garis Besar

7:1 Para tawanan menanyakan tentang menjalankan puasa.
7:4 Zakharia menegur kemunafikan puasa yang mereka lakukan.
7:8 Dosa adalah penyebab penahanan mereka.

Judul Perikop

Ibadah puasa yang baik (7:1-14)

Tokoh

Allah, Roh Kudus, Darius, Zakhariah, Sarezer, Regem-Melekh.

Nama dan Tempat

Betel, Daerah Bukit, Darius, Kislew, Negeb, Regem-Melekh, Sarezer, TUHAN, Yerusalem, Zakharia

Kesimpulan

Ketika kita menaikkan permohonan kita kepada Allah, haruslah itu dengan kesediaan untuk menerima perintah dari Dia. Allah tidak menjadi berutang karena manusia berpuasa yang tidak dijalankan dengan pemeriksaan diri sendiri dan tujuan untuk menghilangkan dosa mereka.

Fakta

-

Dengar

Program Studi Alkitab

Zakharia 6:16-7:3 (Zakharia 7:1-3)
Kebenaran Abadi

Playlist:



Nonton

The Bible Project: Ringkasan: Zakharia (Zakharia 1-14)

Playlist:

THE BIBLE PROJECT
ALKITAB VIDEO BERGAMBAR
BaDeNo PLUS
loader
Tampilkan Semua
1. Mengapa penduduk Betel mengirim Sarezer, Regem-Melekh, serta orang-orangnya? [Za 7:2]
Penduduk Betel mengirim mereka untuk memohon belas kasihan TUHAN. [Za 7:2]
2. Apa yang ditanyakan Sarezer, Melekh serta orang-orangya kepada imam dan para nabi? [Za 7:3]
Mereka bertanya, 'Haruskah kami menangis dan mengkhususkan diri pada bulan yang kelima seperti yang sudah kami lakukan bertahun-tahun lamanya?" [Za 7:3]
3. Dua pertanyaan apa yang TUHAN tanyakan kepada seluruh rakyat negeri dan para imam melalui Zakharia tentang puasa, makan dan minum? [Za 7:5,6]
Pertanyaan pertama yang ditanyakan TUHAN adalah, "Ketika kamu berpuasa dan merapat pada bulan yang kelima dan yang ketujuh, selama tujuh puluh tahun ini, apakah kamu sungguh-sungguh berpuasa untuk Aku?" Pertanyaan kedua adalah, "Pada saat kamu makan dan minum bukankah kamu makan dan minum untuk dirimu sendiri?" [Za 7:5,6]
4. Secara singkat, apa pertanyaan terakhir yang ditanyakan TUHAN kepada para imam dan rakyat negeri itu? [Za 7:7]
Singkatnya TUHAN bertanya, Bukankah firman ini telah disampaikan TUHAN dahulu, ketika Yerusalem dan kota-kota di sekelilingnya masih didiami orang, tanah Negeb dan daerah bukit. [Za 7:7]
5. Apa yang TUHAN katakan melalui Zakharia kepada orang-orang untuk dilakukan? [Za 7:8,9,10]
TUHAN berkata jalankanlah hukum yang benar dan tunjukanlah kesetiaan dan belas kasihan. Dia mengatakan jangan menindas janda-janda, anak-anak yatim, orang-orang asing dan orang-orang miskin dan jangan merancang kejahatan di dalam hatimu satu terhadap yang lain. [Za 7:8,9,10]
6. Apa reaksi orang-orang terhadap perintah TUHAN? [Za 7:11]
Mereka tidak mau menghiraukan firman TUHAN [Za 7:11]
7. Apa yang TUHAN katakan akan Dia lakukan ketika mereka yang sebelumnya menolak untuk mendengar-Nya sekarang memanggil Dia? [Za 7:13,14]
TUHAN berkata Dia tidak akan mendengarkan mereka, dan lebih jauh lagi, Dia akan meniupkan mereka seperti angin badai ke antara segala bangsa yang tidak mereka kenal. [Za 7:13,14]
loader
loader
Studi lebih lanjut kunjungi situs: Alkitab SABDA.
loader
Komunitas BaDeNo merupakan wadah yang disediakan oleh Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) untuk saling berbagi hasil PA (BaDeNo). Hasil PA ini bisa dibagikan melaui Facebook Group:  Alkitab Setiap Hari, dan WhatsApp Group:  BaDeNo Perjanjian Lama dan  BaDeNo Perjanjian Baru.
Mari join bersama dengan kami melalui:
- Email: ylsa@sabda.org
- WA: 0881-2979-100
- Formulir: https://bit.ly/FeedbackBadeno
BaDeNo PL
BaDeNo PB
Alkitab Setiap Hari
#ayo_pa! #ayo_pa!