Sembunyikan Semua (-)
Baca

Zakharia 8:1-23

Janji Berkat dari Tuhan

8:1 Firman TUHAN semesta alam datang, firman-Nya,

8:2 “Inilah firman TUHAN semesta alam: Aku cemburu karena Sion dengan kecemburuan yang besar. Aku cemburu kepadanya dengan marah yang besar.”

8:3 Inilah firman TUHAN, “Aku akan kembali ke Sion dan akan tinggal di tengah-tengah Yerusalem. Yerusalem akan disebut Kota Kebenaran, sedangkan gunung TUHAN semesta alam akan disebut Gunung Kudus.”

8:4 Inilah firman TUHAN semesta alam, “Kakek-kakek dan nenek-nenek akan duduk lagi di tempat-tempat terbuka di Yerusalem, setiap orang dengan tongkat di tangannya karena lanjut usianya.

8:5 Tempat-tempat terbuka di kota itu akan penuh dengan anak-anak laki-laki dan anak-anak perempuan yang bermain-main di tempat-tempat terbuka itu.”

8:6 Inilah firman TUHAN semesta alam, “Apabila pada waktu itu sisa-sisa bangsa ini menganggap hal itu ajaib, apakah Aku juga menganggapnya ajaib? Firman TUHAN semesta alam.”

8:7 Inilah firman TUHAN semesta alam, “Lihatlah, Aku akan menyelamatkan umat-Ku dari negeri terbitnya matahari sampai ke negeri terbenamnya matahari.

8:8 Aku akan membawa mereka pulang, supaya mereka tinggal di tengah-tengah Yerusalem. Oleh sebab itu, mereka akan menjadi umat-Ku dan Aku akan menjadi Allah mereka dalam kebenaran dan keadilan.”

8:9 Inilah firman TUHAN semesta alam, “Biarlah tanganmu menjadi kuat, hai orang-orang yang pada hari ini mendengarkan firman-firman ini, yaitu firman yang diucapkan oleh mulut para nabi sejak dasar Bait TUHAN semesta alam diletakkan untuk membangun Bait itu.

8:10 Sebab sebelum hari-hari itu, tidak ada upah bagi manusia, juga tidak bagi binatang. Tidak ada kedamaian untuk orang yang keluar dan orang yang masuk, oleh karena musuhnya, karena Aku membuat semua manusia melawan sesamanya.

8:11 Namun sekarang, Aku tidak akan memperlakukan sisa-sisa umat ini seperti pada hari-hari sebelumnya, firman TUHAN semesta alam.

8:12 Oleh karena benih akan ditabur dengan damai. Pohon anggur akan menghasilkan buahnya, tanah akan memberi hasil, dan langit akan meneteskan embunnya. Aku akan membuat sisa bangsa ini mewarisi semuanya.

8:13 Oleh karena itu, seperti kamu dahulu menjadi kutuk di antara bangsa-bangsa, hai kaum Yehuda dan kaum Israel, maka sekarang Aku akan menyelamatkan kamu sehingga kamu menjadi berkat. Jangan takut, biarlah tanganmu menjadi kuat!”

8:14 Sebab inilah firman TUHAN semesta alam, “Sama seperti yang telah Aku rencanakan untuk mendatangkan malapetaka kepada kamu ketika nenek moyangmu membangkitkan murka-Ku,” firman TUHAN semesta alam, “Aku tidak menyesal.”

8:15 “Demikian juga, pada hari ini, Aku bermaksud mendatangkan kebaikan kepada Yerusalem dan kaum Yehuda. Jangan takut!

8:16 Hal-hal inilah yang akan kamu lakukan: Berkatalah benar seseorang terhadap sesamanya, dan lakukanlah hukum yang benar dan yang mendatangkan kedamaian di pintu-pintu gerbangmu.

8:17 Jangan merancang kejahatan di dalam hatimu seorang terhadap yang lain, dan jangan mencintai sumpah palsu, karena Aku membenci semuanya itu,” firman TUHAN.

8:18 Firman TUHAN semesta alam datang kepadaku, dengan mengatakan,

8:19 “Inilah firman TUHAN semesta alam, ‘Waktu puasa pada bulan ke-4, waktu puasa pada bulan ke-5, waktu puasa pada bulan ke-7, dan waktu puasa pada bulan ke-10 akan menjadi kegirangan dan sukacita, dan hari raya yang menggembirakan bagi kaum Yehuda. Oleh sebab itu, cintailah kebenaran dan damai sejahtera!’”

8:20 Inilah firman TUHAN semesta alam, “Masih akan datang lagi bangsa-bangsa dan penduduk dari banyak kota.

8:21 Penduduk kota yang satu akan pergi kepada penduduk kota yang lain sambil berkata, ‘Mari kita pergi memohon belas kasihan di hadapan TUHAN dan mencari TUHAN semesta alam! Aku pun akan pergi!’

8:22 Banyak suku bangsa dan bangsa-bangsa yang kuat akan datang mencari TUHAN semesta alam di Yerusalem dan memohon belas kasihan di hadapan TUHAN.”

8:23 Inilah firman TUHAN semesta alam, “Pada hari-hari itu, sepuluh orang dari segala bangsa dan bahasa akan memegang kuat-kuat punca jubah seorang Yahudi sambil berkata, ‘Kami mau pergi menyertaimu, karena kami telah mendengar bahwa Allah menyertai kamu!’”

AlkiPEDIA AlkiPEDIA

Penjelasan Singkat

Pemulihan atas Yerusalem

Isi Pasal

Tujuan TUHAN yang tidak berubah untuk memulihkan Yerusalem dan memberkati Israel dalam Kerajaan.

Garis Besar

8:1 Pemulihan atas Yerusalem.
8:9 Mereka dikuatkan untuk membangun bait suci melalui kebaikan TUHAN terhadap mereka.
8:16 Mereka diminta untuk melakukan hal-hal yang benar.
8:18 Sukacita dan pembesaran dijanjikan.

Judul Perikop

Keselamatan bagi Israel (8:1-19)
Keselamatan bagi bangsa-bangsa (8:20-23)

Tokoh

Allah, Zakharia.

Nama dan Tempat

Allah, Bait Suci, Israel, Sion, TUHAN, Yahudi, Yehuda, Yerusalem

Kesimpulan

Yerusalem, kota Allah, dan Israel, umat Allah, memiliki Allah yang kepada-Nya mereka memohon sampai hari ketika keterserakan itu akan diakhiri, Israel akan diberkati lagi, dan Yerusalem menjadi pujian di bumi. Di hari itu semua manusia akan menghormati bangsa Yahudi sebagai bangsa yang dipilih oleh Allah.

Fakta

Di masa setelah kedatangan Kristus di dalam kemuliaan, Yerusalem akan dijadikan pusat penyembahan dunia, dan bangsa Yahudi akan menjadi utusan bagi semua bangsa, menyampaikan pesan dari Kristus.

Dengar

Program Studi Alkitab

Zakharia 7:12-8:3 (Zakharia 7:12--8:3)
Kebenaran Abadi

Playlist:



Nonton

The Bible Project: Ringkasan: Zakharia (Zakharia 1-14)

Playlist:

THE BIBLE PROJECT
ALKITAB VIDEO BERGAMBAR
BaDeNo PLUS
loader
Tampilkan Semua
1. Bagaimana TUHAN mengungkapkan semangat-Nya terhadap Sion? [Za 8:2]
TUHAN mengungkapkan semangat-Nya untuk Sion dengan kegiatan yang besat dan kehangatan amarah yang besar. [Za 8:2]
2. Akan dipanggil apa Yerusalem dan gunung TUHAN ketika TUHAN kembali dan bersemayam di tengah-tengah Yerusalem? [Za 8:3]
Yerusalem akan disebut "Kota Setia" dan gunung TUHAN akan disebut "Gunung Kudus" ketika TUHAN kembali dan bersemayang di tengah-tengah Yerusalem. [Za 8:3]
3. Siapa lagi yang akan ditemukan di jalan-jalan Yerusalem? [Za 8:4,5]
Kakek-kakek dan nenek-nenek akan berada di jalan-jalan, dan jalan-jalan akan penuh dengan anak laki-laki dan perempuan yang bermain-main di situ. [Za 8:4,5]
4. Dimanakah TUHAN akan menyelamatkan orang-orangnya? [Za 8:7]
TUHAN akan menyelamatkan umat-Nya dari tempat terbitnya matahari sampai ke tempat terbenamnya [Za 8:7]
5. Mengapa TUHAN ingin orang-orang untuk menguatkan hati mereka? [Za 8:9]
Tuhan menginginkan orang-orang untuk menguatkan hati mereka sehingga Bait Suci bisa dibangun kembali [Za 8:9]
6. Apa yang terjadi sebelum hari-hari ketika dasar rumah TUHAN diletakkan? [Za 8:10]
Pada masa itu, tidak ada hasil panen yang dikumpulkan, tidak ada untung, dan tidak ada kedamaian dari musuh. TUHAN  membuat setiap manusia bertengkar seorang dengan yang lain. [Za 8:10]
7. Bagaimana TUHAN mengatakan itu akan terjadi pada masa Zakharia? [Za 8:11,12]
TUHAN mengatakan itu tidak akan seperti pada waktu dulu. Dia mengatakan benih damai sejahhtera akan ditabur. Pohon Anggur akan berbuah, dan tanah akan memberikan hasilnya. Langit akan menetaskan embun TUHAN akan memberi semua ituu kepada sisa-sisa umat itu sebagai miliknya. [Za 8:11,12]
8. Bagaimana TUHAN memerintahkan orang-orang untuk berperilaku dan mengapa? [Za 8:16,17]
TUHAN berkata bahwa semua orang harus berbicara yang benar seorang kepada yang lain, dan jalankanlah hukum yang benar, adil dan yang mendatangkan kedamaian di pintu-pinntu gerbangmu. Dia berkata, janganlah merancangkan kejahatan di dalam hatimu seorang terhadap yang lain, dan janganlah mencintai sumpah palsu. TUHAN memerintahkan hal-hal ini sebab Dia membenci semuanya itu. [Za 8:16,17]
9. Mengingat fakta bahwa waktu berkuasa pada bulan keempat, dalam bulan kelima, bulan ketujuh dan bulan kesepuluh akan menjadikegirangan dan sukacita, dan waktu-waktu perayaan yang menggembirakan bagi kaum Yehuda, apa yang diberitahukan TUHAN untuk mereka lakukan? [Za 8:19]
Mereka diberitahukan untuk mencintai kebenaran dan damai sejahtera. [Za 8:19]
10. Siapa yang TUHAN katakan akan datang untuk mencari Dia dan memohon belas kasihan- Nya? [Za 8:20,21]
TUHAN mengatakan banyak orang dari berbagai kota dan bangsa-bangsa besar akan datang untuk mencari TUHAN dan memohon belas kasihan-Nya. [Za 8:20,21]
11. Siapa yang TUHAN katakan akan datang untuk mencari Dia dan memohon belas kasihanNya? [Za 8:22]
TUHAN mengatakan banyak orang dari berbagai kota dan bangsa-bangsa besar akan datang untuk mencari TUHAN dan memohon belas kasihan-Nya. [Za 8:22]
12. Pada masa itu, mengapa sepuluh orang dari setiap bahasa dan bangsa meminta untuk pergi ke Yerusalem bersama orang Yahudi? [Za 8:23]
Mereka akan meminta untuk pergi ke Yerusalem bersama orang Yahudi karena mereka telah mendengar bahwa Allah menyertai mereka. [Za 8:23]
loader
loader
Studi lebih lanjut kunjungi situs: Alkitab SABDA.
loader
Komunitas BaDeNo merupakan wadah yang disediakan oleh Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) untuk saling berbagi hasil PA (BaDeNo). Hasil PA ini bisa dibagikan melaui Facebook Group:  Alkitab Setiap Hari, dan WhatsApp Group:  BaDeNo Perjanjian Lama dan  BaDeNo Perjanjian Baru.
Mari join bersama dengan kami melalui:
- Email: ylsa@sabda.org
- WA: 0881-2979-100
- Formulir: https://bit.ly/FeedbackBadeno
BaDeNo PL
BaDeNo PB
Alkitab Setiap Hari
#ayo_pa! #ayo_pa!