Baca

Zakharia 13:1-9

Pembersihan Dosa Yerusalem

13:1 “Pada waktu itu, akan ada mata air yang terbuka bagi keturunan Daud dan penduduk Yerusalem untuk menghapus dosa dan kecemaran.

13:2 Pada waktu itu, demikianlah firman Tuhan semesta alam, “Aku akan melenyapkan nama-nama berhala dari negeri itu sehingga mereka tidak mengingatnya lagi. Aku pun akan mengusir para nabi dan roh kecemaran dari negeri itu.

13:3 Apabila seseorang bernubuat lagi, ayah dan ibunya yang telah melahirkan dia akan berkata kepadanya, ‘Kamu tidak akan hidup lagi, karena kamu berdusta demi nama TUHAN!’ Ayah dan ibunya yang telah melahirkan dia akan menikam dia ketika dia bernubuat.

13:4 Pada waktu itu, para nabi akan mendapat malu oleh karena penglihatannya sebagai nabi. Mereka tidak lagi mengenakan jubah berbulu untuk berbohong;

13:5 Namun, mereka akan berkata, ‘Aku bukan seorang nabi, melainkan aku seorang penggarap tanah, karena tanah adalah harta kepunyaanku sejak kecil.’

13:6 Apabila ada orang yang bertanya kepadanya, ‘Luka apakah yang ada di badanmu itu?’ Dia akan menjawab: Itulah luka yang aku dapat di rumah sahabat-sahabatku!”

13:7 “Hai pedang, bangkitlah terhadap gembala-Ku, terhadap orang yang paling karib denganku!” firman TUHAN semesta alam. “Bunuhlah sang gembala sehingga domba-domba akan tercerai-berai! Aku akan mengenakan tangan-Ku terhadap yang lemah.

13:8 Oleh sebab itu, akan terjadi di seluruh negeri,” firman TUHAN, “dua pertiga darinya akan dilenyapkan, semuanya mati binasa, tetapi sepertiga darinya akan tinggal hidup.

13:9 Aku menaruh sepertiganya itu dalam api dan akan memurnikan mereka seperti orang memurnikan perak. Aku akan menguji mereka seperti orang menguji emas. Mereka akan memanggil nama-Ku dan Aku akan menjawab mereka. Aku akan berkata: ‘Mereka adalah umat-Ku,’ dan mereka akan menjawab: ‘TUHAN adalah Allahku!’”

AlkiPEDIA AlkiPEDIA

Penjelasan Singkat

Pertobatan Yerusalem

Isi Pasal

Orang Israel yang tersisa yang bertobat di zaman akhir. Pemurnian melalui Kesengsaraan yang hebat. Israel sekali lagi dipulihkan pada kemurahan Allah.

Garis Besar

13:1 Sumber pembasuhan dosa untuk Yerusalem,
13:2 dari penyembahan berhala, dan nubuat palsu.
13:7 Kematian Kristus, dan ujian kepada sepertiga yang masih hidup.

Judul Perikop

Penyingkiran berhala dan nabi palsu (13:1-6)
Pedang menimpa -- Umat baru (13:7-9)

Tokoh

Allah, Kristus, Zakharia.

Nama dan Tempat

Allah, Daud, TUHAN, Yerusalem

Kesimpulan

Israel, di akhir zaman, akan lolos melewati periode pencobaan berapi-api untuk pemurnian, setelah itu mereka akan mendapati Kristus sebagai Anak Domba yang disembelih untuk menghapus dosa. Dosa dan kenajisan mereka akhirnya dihapuskan, mereka akan dipulihkan menjadi perkenan TUHAN.

Fakta

ay. 1. Mata air yang terbuka adalah sisi Yesus Kristus yang disalib, karena dari situ keluar darah dan air - darah yang berharga, harga penebusan kita. Orang-orang yang sekarang melihat pada Kristus yang disalibkan akan selamat - namun Israel ini tidak melihat dan tidak mau sampai kedatangan-Nya yang kedua (ay. 6)

Dengar

Program Studi Alkitab

Zakharia 13:1-3 (Zakharia 13:1-3)
Kebenaran Abadi

Playlist:



Nonton

Alkitab Video Bergambar: Zakaria 13 (Zakaria 13)

Playlist:

ALKITAB VIDEO BERGAMBAR
BaDeNo PLUS
loader
loader
loader
Komunitas BaDeNo untuk saling berbagi hasil PA terdapat dalam page Facebook di link berikut ini: https://www.facebook.com/sabda.org/
#ayo_pa! #ayo_pa!