Baca

Zakharia 12:1-14

Pembebasan Yerusalem

12:1 Inilah firman TUHAN mengenai Israel. Firman TUHAN yang membentangkan langit, meletakkan dasar bumi, dan menciptakan roh di dalam manusia,

12:2 “Lihatlah, Aku menjadikan Yerusalem sebagai pasu berisi air yang memabukkan segala bangsa di sekelilingnya, juga Yehuda akan mengalami kesusahan ketika Yerusalem terkepung

12:3 Pada waktu itu, Aku akan menjadikan Yerusalem batu pikulan bagi segala bangsa. Siapa yang mengangkatnya akan terluka parah. Segala bangsa di bumi akan berkumpul untuk menyerangnya.

12:4 Pada waktu itu, firman TUHAN, Aku akan membuat semua kuda menjadi bingung, penunggangnya menjadi gila. Atas kaum Yehuda, Aku akan membuka mata-Ku, tetapi segala kuda bangsa-bangsa akan Aku buat menjadi hitam.

12:5 Sesudah itu, kepala kaum Yehuda akan berkata dalam hatinya, ‘Penduduk Yerusalem memiliki kekuatan karena TUHAN semesta alam, Allah mereka.’

12:6 Pada waktu itu, Aku akan membuat kepala kaum Yehuda seperti periuk api di tengah-tengah kayu bakar dan seperti suluh berapi di tengah-tengah berkas gandum. Mereka akan melalap semua suku bangsa di sekelilingnya, baik di sebelah kiri dan di sebelah kanannya, tetapi penduduk Yerusalem akan tetap tinggal di tempatnya sendiri, di Yerusalem.

12:7 TUHAN akan menyelamatkan kemah-kemah Yehuda yang pertama kali, supaya kemuliaan keturunan Daud dan kemuliaan penduduk Yerusalem tidak terlalu memegahkan diri terhadap Yehuda.

12:8 Pada waktu itu, TUHAN akan melindungi penduduk Yerusalem, sehingga yang paling lemah di antara mereka pada waktu itu akan menjadi seperti Daud, dan keturunan Daud akan menjadi seperti Allah, seperti malaikat TUHAN yang mengepalai mereka.

12:9 Pada waktu itu, Aku akan berikhtiar untuk memusnahkan segala bangsa yang datang untuk menyerang Yerusalem.”

Yerusalem Menyadari Dosanya

12:10 Aku akan mencurahkan roh kasih karunia dan roh permohonan atas keturunan Daud, dan atas penduduk Yerusalem, mereka akan memandang kepada-Ku, yang sudah mereka tikam, dan akan meratapi dia seperti orang meratapi anak tunggalnya, dan bersedih karena dia seperti orang yang menangisi anak sulungnya.

12:11 Pada waktu itu, akan ada ratapan yang besar di Yerusalem, seperti ratapan di Hadad-Rimon di Lembah Megido.

12:12 Di negeri itu, setiap kaum keluarga tersendiri dan istri-istri mereka tersendiri akan meratap, yaitu keturunan Daud dan istri-istri mereka, kaum keturunan Natan dan istri-istri mereka,

12:13 kaum keturunan Lewi dan istri-istri mereka, kaum Simei dan istri-istri mereka,

12:14 juga semua kaum yang tersisa, setiap kaum tersendiri dan istri-istri mereka tersendiri.”

AlkiPEDIA AlkiPEDIA

Penjelasan Singkat

Pemulihan atas Yehuda

Isi Pasal

Pengepungan Yerusalem oleh Binatang serta nabinya. Pembebasan Yehuda oleh Tuhan sendiri. Roh tercurah dan Dia yang disalibkan dikenal.

Garis Besar

12:1 Yerusalem sebuah piala kegentaran bagi dirinya sendiri,
12:3 dan batu yang memberatkan bagi lawannya.
12:6 Pemulihan Yehuda yang berkemenangan.
12:10 Pertobatan Yerusalem

Judul Perikop

Pembebasan dan pembaharuan Yerusalem (12:1-9)
Ratapan atas dia yang tertikam (12:10-14)

Tokoh

Allah, Kristus, Roh Kudus, Zakharia.

Nama dan Tempat

Allah, Daud, Hadad-Rimon, Israel, Lewi, Megido, Natan, Simei, TUHAN, Yehuda, Yerusalem

Kesimpulan

Yerusalem, setelah masa mengerikan dari zaman-akhir, akan didiami lagi dan dilengkapi/diisi lagi, namun tidak akan terjadi sampai Kristus datang kembali di dalam kemuliaan diakui oleh Israel sebagai Dia yang telah mereka salibkan.

Fakta

ay. 10. Pencurahan Roh atas semua yang menerima Dia yang disalibkan sebagai Tuhan dan Juruselamat di masa ini adalah jaminan dari apa yang akan diterima Israel ketika kerajaan Kristus datang.

Dengar

Program Studi Alkitab

Zakharia 11:15-12:3 (Zakharia 11:15--12:3)
Kebenaran Abadi

Playlist:



Nonton

Alkitab Video Bergambar: Zakaria 12 (Zakaria 12)

Playlist:

ALKITAB VIDEO BERGAMBAR
BaDeNo PLUS
loader
loader
loader
Komunitas BaDeNo untuk saling berbagi hasil PA terdapat dalam page Facebook di link berikut ini: https://www.facebook.com/sabda.org/
#ayo_pa! #ayo_pa!