Baca

Yosua 14:1-15

14:1 Inilah yang diterima oleh orang Israel sebagai milik pusaka di tanah Kanaan, yang dibagikan kepada orang Israel oleh Imam Eleazar, dan Yosua anak Nun, dan kepala kaum keluarga dari suku-suku mereka,

14:2 dengan mengundi milik pusakanya seperti yang TUHAN perintahkan melalui perantaraan Musa kepada suku-suku yang sembilan setengah itu.

14:3 Sebab, Musa telah memberikan milik pusaka kepada suku yang dua setengah lagi di seberang Sungai Yordan, tetapi kepada suku Lewi tidak diberikan milik pusaka.

14:4 Sebab, keturunan Yusuf berjumlah dua suku, yaitu Manasye dan Efraim. Karena itu, tidak ada bagian yang diberikan kepada suku Lewi di negeri itu, selain kota-kota untuk didiami, dengan tanah-tanah penggembalaan untuk ternak dan hewan mereka.

14:5 Seperti yang TUHAN perintahkan kepada Musa, demikianlah yang dilakukan oleh orang Israel, dan mereka membagi-bagi negeri itu.

Kaleb Menerima Tanahnya

14:6 Keturunan Yehuda datang menghadap Yosua di Gilgal. Kaleb anak Yefune, orang Kenas itu, berkata kepadanya, “Engkau mengetahui firman yang TUHAN katakan kepada Musa, abdi Allah itu, mengenai aku dan mengenai engkau di Kadesh-Barnea.

14:7 Aku berumur empat puluh tahun ketika Musa, hamba TUHAN itu, mengutus aku dari Kadesh-Barnea, untuk mengintai negeri itu. Dan, aku kembali kepadanya dengan membawa kabar yang jujur.

14:8 Saudara-saudaraku yang pergi bersamaku membuat hati bangsa ini tawar. Namun, aku tetap mengikuti TUHAN, Allahku, dengan sepenuh hati.

14:9 Pada waktu itu, Musa bersumpah, katanya, ‘Sesungguhnya, tanah yang diinjak kakimu akan menjadi milik pusakamu dan anak-anakmu sampai selamanya, sebab engkau mengikuti TUHAN, Allahku, dengan sepenuh hati.’

14:10 Sekarang, lihatlah TUHAN telah memelihara hidupku seperti yang dijanjikan-Nya. Kini, sudah empat puluh lima tahun sejak firman TUHAN itu diucapkan kepada Musa, sementara orang Israel berjalan di padang belantara. Dan, usiaku sekarang delapan puluh lima tahun.

14:11 Saat ini, aku masih kuat seperti ketika Musa mengutus aku. Seperti kekuatanku pada masa itu, begitu juga kekuatanku sekarang untuk berperang dan keluar masuk.

14:12 Karena itu, berikanlah pegunungan yang difirmankan TUHAN pada waktu itu kepadaku, sebab engkau sendiri mendengar saat itu bahwa orang Enak berada di sana dengan kota-kota besar yang memiliki kubu. Sekiranya TUHAN menyertai aku sehingga aku akan mencerai-beraikan mereka, seperti yang TUHAN firmankan.”

14:13 Lalu, Yosua memberkati Kaleb anak Yefune dan memberikan Hebron menjadi milik pusakanya.

14:14 Sebab itu, Hebron menjadi milik pusaka Kaleb anak Yefune, orang Kenas itu, sampai saat ini, sebab ia tetap mengikuti TUHAN, Allah Israel, dengan segenap hati.

14:15 Dahulu, nama Hebron adalah Kiryat-Arba. Arba adalah manusia yang paling besar di antara orang Enak. Negeri itu tenang dan berhenti berperang.

AlkiPEDIA AlkiPEDIA

Penjelasan Singkat

Pusaka Suku-suku Israel

Isi Pasal

Negeri dibagi-bagi, bagian Kaleb.

Garis Besar

14:1 Sembilan setengah suku mendapatkan milik pusaka mereka dengan diundi.
14:6 Kaleb mendapatkan Hebron melalui hak istimewa.

Judul Perikop

Pembagian tanah Kanaan (14:1-5)
Kaleb mendapat Hebron (14:6-15)

Tokoh

Allah, Yosua, Kaleb, Eleazar.

Nama dan Tempat

Allah, Arba, Efraim, Eleazar, Enak, Gilgal, Hebron, Israel, Kadesh-Barnea, Kaleb, Kanaan, Kenas, Kiryat-Arba, Lewi, Manasye, Musa, Nun, TUHAN, Yefune, Yehuda, Yordan, Yosua, Yusuf

Kesimpulan

Apapun yang kita lakukan, penyertaan Allah yang berkenan adalah segalanya bagi keberhasilan kita, karena itu kita harus meyakinkannya dengan keselarasan pada kehendak-Nya dan pandangan kita pada apa yang berkenan bagi-Nya, ay. 8, 9.

Fakta

ay. 12. Karena tadinya ada di dalam janji Allah, Kaleb menunjukkan betapa dia menghargai janji dan bersikeras pada pegunungan yang dulu dijanjikan Tuhan. Orang yang beriman menghargai apa yang diberikan melalui janji melebihi apa yang hanya diberikan dengan bukti.

Dengar

Program Studi Alkitab

Yosua 12-14 (Yosua 12:1--14:15)
Kebenaran Abadi

Playlist:



Nonton

The Bible Project: Ringkasan: Yosua (Yosua 1-24)

Playlist:

THE BIBLE PROJECT
ALKITAB VIDEO BERGAMBAR
BaDeNo PLUS
loader
  • Suku Manasye dan Efraim membentuk suku Yusuf. (Yos 14:4)
  • Dia berumur empat puluh tahun ketika Musa, hamba TUHAN mengirimnya dari Kadesh Barnea untuk memata-matai negeri itu. (Yos 14:7)
  • Musa bersumpah untuk memberi Kaleb tanah yang ia injak dengan kakinya sebagai warisan baginya dan anak-anaknya sampai selama-lamanya. (Yos 14:9)
  • Kaleb berusia delapan puluh lima tahun ketika dia datang kepada Yosua. (Yos 14:10)
  • Kaleb meminta Yosua memberinya pegunungan sebagai warisan. (Yos 14:12)
loader
loader
Komunitas BaDeNo untuk saling berbagi hasil PA (BaDeNo Paskah) terdapat dalam Facebook grup Alkitab Setiap Hari di link berikut ini: https://facebook.com/groups/alkitab.setiap.hari
#ayo_pa! #ayo_pa!