Baca

Yosua 11:1-23

Mengalahkan Kota-Kota di Bagian Utara

11:1 Ketika Yabin, raja Hazor, mendengar hal itu, ia mengutus orang kepada Yobab, Raja Madon, dan kepada Raja Simron, dan kepada Raja Akhsaf,

11:2 kepada raja-raja di sebelah utara, di pegunungan, di Araba-Yordan, di selatan Kinerot, di daerah bukit, dan di perbukitan Dor di sebelah barat,

11:3 dan kepada orang Kanaan di sebelah timur dan barat, orang Amori, orang Het, orang Feris, dan orang Yebus yang tinggal di pegunungan, dan orang-orang Hewi di kaki Gunung Hermon di Tanah Mizpa.

11:4 Mereka keluar bersama seluruh tentaranya, jumlahnya sangat banyak seperti pasir di tepi laut, dengan banyak sekali kuda dan kereta.

11:5 Semua raja itu bersekutu, datang, lalu berkemah bersama-sama di dekat mata air Merom untuk berperang melawan Israel.

11:6 TUHAN berfirman kepada Yosua, “Jangan takut terhadap mereka, sebab besok kira-kira pada saat ini, aku akan menyerahkan mereka semua yang terbunuh kepada orang Israel. Kamu harus melumpuhkan kuda-kuda mereka dan membakar kereta-kereta mereka dengan api.”

11:7 Kemudian, Yosua bersama seluruh tentaranya mendatangi mereka dengan tiba-tiba di dekat mata air Merom, dan menyerang mereka.

11:8 TUHAN menyerahkan mereka ke tangan orang Israel, yang mengalahkan dan mengejar mereka sampai ke Sidon-Besar, sampai ke Misrefot-Maim, dan sampai ke Lembah Mizpa di sebelah timur. Mereka dipukul kalah sehingga tidak seorang pun dari mereka dibiarkan bertahan hidup.

11:9 Yosua memperlakukan mereka seperti yang TUHAN katakan kepadanya. Ia melumpuhkan kuda-kuda mereka dan membakar kereta-kereta mereka dengan api.

11:10 Pada saat itu, Yosua kembali, lalu merebut Hazor, dan membunuh rajanya dengan pedang. Sebab, dahulu Hazor adalah pemimpin seluruh kerajaan itu.

11:11 Mereka membunuh setiap orang yang ada di dalamnya dengan pedang. Ditumpasnya orang-orang itu sampai tidak ada satu pun yang bernapas. Ia membakar Hazor dengan api.

11:12 Lalu, Yosua mengalahkan seluruh kota milik raja-raja itu. Semua rajanya dibunuh dengan mata pedang. Mereka ditumpas seperti yang diperintahkan Musa, hamba TUHAN itu.

11:13 Akan tetapi, kota-kota yang terletak di atas bukit-bukit puing tidak dibakar oleh orang Israel, hanya Hazor yang dibakar oleh Yosua.

11:14 Semua barang dari kota-kota itu beserta ternaknya diambil sebagai jarahan oleh orang Israel. Akan tetapi, semua manusia dibunuh dengan mata pedang sampai musnah. Tidak ada yang dibiarkan hidup dari semua yang bernapas.

11:15 Sesuai perintah TUHAN kepada Musa, hamba-Nya, demikian pula Musa memerintah Yosua, lalu Yosua melakukannya. Ia tidak mengabaikan satu pun dari semua yang TUHAN perintahkan kepada Musa.

11:16 Demikianlah Yosua merebut seluruh negeri itu, yaitu pegunungan, seluruh Tanah Negeb, seluruh Tanah Gosyen, daerah Araba-Yordan, Pegunungan Israel dengan dataran rendahnya.

11:17 Mulai dari Pegunungan Halak naik ke atas Seir, sampai Baal-Gad di Lembah Lebanon. Semua rajanya di kaki Gunung Hermon. Semua raja itu ditangkapnya, lalu dibunuh mati.

11:18 Yosua melakukan peperangan melawan semua raja itu.

11:19 Tidak ada satu kota pun yang membuat perdamaian dengan orang Israel, selain orang-orang Hewi yang tinggal di Gibeon. Semuanya telah mereka rebut dengan berperang.

11:20 Sebab, TUHAN yang mengeraskan hati mereka sehingga mereka datang melawan orang Israel. Dengan demikian, mereka ditumpas, tidak dikasihani, dan menjadi punah, seperti yang telah TUHAN perintahkan kepada Musa.

11:21 Pada saat itu, Yosua datang dan melenyapkan orang Enak dari pegunungan, dari Hebron, Debir, Anab, dari seluruh Pegunungan Yehuda, dan dari seluruh Pegunungan Israel. Yosua melenyapkan mereka beserta kota-kota mereka.

11:22 Tidak ada orang Enak dibiarkan hidup di negeri orang Israel. Yang tersisa hanya di Gaza, Gat, dan Asdod.

11:23 Yosua pun merebut seluruh negeri itu sesuai seluruh firman TUHAN kepada Musa. Yosua pun memberikannya menjadi milik pusaka orang Israel, sesuai pembagian suku-suku mereka. Lalu, negeri itu tenteram, berhenti dari perang.

AlkiPEDIA AlkiPEDIA

Penjelasan Singkat

Banyak raja ditaklukan

Isi Pasal

Penaklukan Kanaan yang terakhir.

Garis Besar

11:1 Raja-raja penyerbu menyerang di mata air Merom.
11:10 Hazor direbut dan dibakar.
11:16 Seluruh negeri direbut oleh Yosua.
11:21 Orang Enak dilenyapkan.
11:23 Negeri itu berhenti dari berperang.

Judul Perikop

Bagian utara Kanaan direbut (11:1-15)
Kemenangan-kemenangan orang Israel (11:16-23)

Tokoh

Allah, Yosua, Yabin, Yobab.

Nama dan Tempat

Akhsaf, Amori, Anab, Araba-Yordan, Asdod, Baal-Gad, Daerah Bukit, Debir, Dor, Enak, Feris, Gat, Gaza, Gibeon, Gosyen, Hazor, Hebron, Hermon, Het, Hewi, Israel, Kanaan, Kinerot, Libanon, Madon, Merom, Misrefot-Maim, Mizpa, Musa, Negeb, Seir, Sidon-Besar, Simron, TUHAN, Yabin, Yebus, Yehuda, Yobab, Yosua

Kesimpulan

Mereka yang, melalui ketaatan kepada aturan-Nya, Allah di pihak mereka, tidak perlu merasa terganggu dengan jumlah dan kekuatan musuh-musuh mereka. "Lebih banyak yang ada di pihak kita daripada mereka yang melawan kita."

Fakta

Seperti Israel, pertama bergerak melalui mukjizat, dan sekarang dibiarkan melakukan cara mereka sendiri, demikian perang melawan kerajaan Setan yang pertama diatasi dengan mukjizat khusus, tetapi dengan cukup dibuktikan/ditunjukkan kepada mereka oleh Allah, kita juga dibiarkan dengan pertolongan biasa akan Anugerah ilahi di dalam Kristus dan penggunaan Pedang Roh dan tidak perlu mencari hujan batu es atau matahari yang berhenti.

Dengar

Program Studi Alkitab

Yosua 10:15-11:23 (Yosua 10:15--11:23)
Kebenaran Abadi

Playlist:



Nonton

The Bible Project: Ringkasan: Yosua (Yosua 1-24)

Playlist:

THE BIBLE PROJECT
ALKITAB VIDEO BERGAMBAR
BaDeNo PLUS
loader
  • Dia mengirim pesan ke banyak raja dari wilayah tersebut. (Yos 11:1,2,3)
  • Sebagai tanggapan atas pesan Yabin seluruh pasukan keluar bersama mereka dan bertemu pada waktu yang ditentukan dan mereka berkemah di mata air Merom untuk berperang melawan Israel. (Yos 11:4,5)
  • Jumlah mereka tampak seperti pasir di tepi laut. (Yos 11:4)
  • Pertempuran terjadi di dekat mata air Merom. (Yos 11:6)
  • TUHAN berkata kepada Yosua bahwa dia akan melumpuhkan kuda-kuda mereka dan membakar kereta-kereta mereka. (Yos 11:6)
  • Yosua membakar kota dan membunuh raja dengan pedangnya. (Yos 11:10,11)
  • Yosua menangkap para raja dan membunuh mereka, tetapi dia tidak membakar kota-kota mereka. (Yos 11:12,13)
  • Musa memerintahkan Yosua untuk membunuh setiap manusia. (Yos 11:14)
  • Ya. Yosua melakukan semua yang diperintahkan Musa kepadanya. (Yos 11:15)
  • Gibeon adalah satu-satunya kota yang berdamai dengan Israel. (Yos 11:19)
loader
loader
Komunitas BaDeNo untuk saling berbagi hasil PA (BaDeNo Paskah) terdapat dalam Facebook grup Alkitab Setiap Hari di link berikut ini: https://facebook.com/groups/alkitab.setiap.hari
#ayo_pa! #ayo_pa!