Baca

Yosua 7:1-26

Dosa Akhan

7:1 Namun, orang-orang Israel berbuat tidak setia dengan barang-barang yang dikhususkan, sebab Akhan anak Karmi, anak Zabdi, anak Zerah, dari suku Yehuda, mengambil dari barang-barang yang dikhususkan itu. Murka TUHAN bangkit terhadap orang-orang Israel.

7:2 Yosua mengutus orang dari Yerikho ke Ai, yang terletak di dekat Bet-Awen, di sebelah timur Betel, dan berkata kepada mereka, “Naiklah dan intailah negeri itu.” Lalu, orang itu pergi dan mengintai Ai.

7:3 Kemudian, mereka kembali kepada Yosua dan berkata kepadanya, “Semua orang tidak usah pergi ke sana, biarlah dua atau tiga ribu orang pergi untuk menyerang Ai. Jangan membuat bangsa itu susah dengan berjalan ke sana, sebab jumlah mereka sedikit.”

7:4 Jadi, kira-kira tiga ribu orang pergi ke sana, tetapi mereka melarikan diri dari hadapan orang-orang Ai.

7:5 Orang-orang Ai membunuh kira-kira tiga puluh enam orang dari antara mereka, dan mengejar mereka dari depan pintu gerbang kota sampai ke Syebarim, dan memukul mereka di lereng. Lalu, hati bangsa itu tawar dan menjadi seperti air.

7:6 Yosua pun mengoyakkan jubahnya dan sujud di depan Tabut TUHAN hingga petang bersama tua-tua Israel. Dan, mereka menaburkan debu ke atas kepala mereka.

7:7 Kemudian, Yosua berkata, “Ah, ya Tuhan ALLAHku, mengapa Engkau membawa bangsa ini menyeberangi Sungai Yordan, hanya untuk menyerahkan kami ke dalam tangan orang Amori, untuk membinasakan kami? Jika saja kami puas dan tetap tinggal di seberang Sungai Yordan!

7:8 Ya Tuhan, apa yang akan aku katakan setelah bangsa Israel lari dari hadapan musuhnya?

7:9 Bila hal itu terdengar oleh orang-orang Kanaan dan seluruh penduduk negeri ini, mereka akan menyerang kami dan melenyapkan nama kami dari bumi ini. Apakah yang akan Kauperbuat terhadap nama-Mu yang besar itu?”

7:10 TUHAN berfirman kepada Yosua, “Bangunlah! Mengapa engkau sujud seperti ini?

7:11 Orang-orang Israel sudah berbuat dosa dengan melanggar perjanjian-Ku yang Kuperintahkan kepada mereka. Mereka mengambil sesuatu dari barang-barang yang dikhususkan itu. Mereka mencurinya, menyembunyikannya, dan meletakkannya di antara barang-barangnya.

7:12 Karena itu, orang Israel tidak dapat bertahan di hadapan musuhnya. Mereka membelakangi musuhnya karena mereka juga dikhususkan untuk dimusnahkan. Aku tidak akan menyertaimu lagi jika barang-barang yang dikhususkan itu tidak dimusnahkan dari antaramu.

7:13 Bangkitlah, kuduskanlah bangsa itu, dan katakanlah, ‘Kuduskanlah dirimu untuk esok hari, sebab beginilah firman TUHAN Allah Israel: Hai Israel, ada barang-barang yang dikhususkan di tengah-tengahmu. Kamu tidak akan bertahan menghadapi musuhmu sebelum kamu menyingkirkan barang-barang yang dikhususkan itu dari tengah-tengahmu.’

7:14 Besok pagi, kamu harus maju ke depan suku-suku, dan suku yang ditunjuk oleh TUHAN harus maju ke depan menurut kaum keluarganya. Dan, kaum keluarga yang ditunjuk oleh TUHAN harus maju ke depan menurut keluarga-keluarganya, dan keluarga yang ditunjuk oleh TUHAN harus maju seorang demi seorang.

7:15 Dan, orang yang didapati menyimpan barang-barang yang dikhususkan itu akan dibakar dengan api, ia dan segala sesuatu yang ada padanya. Sebab, ia telah melanggar perjanjian dengan TUHAN dan melakukan perbuatan noda di Israel.”

7:16 Kemudian, keesokan harinya, Yosua bangun pagi-pagi, membawa semua orang Israel maju di depan menurut suku-suku, dan didapatilah suku Yehuda.

7:17 Ia membawa ke depan keluarga Yehuda, dan didapatinya kaum Zerah. Kemudian, ia membawa kaum Zerah, seorang demi seorang, dan didapatilah keluarga Zabdi.

7:18 Ketika keluarga itu maju satu demi satu, didapatilah Akhan anak Karmi, anak Zabdi, anak Zerah.

7:19 Yosua berkata kepada Akhan, “Anakku, hormatilah TUHAN, Allah Israel. Mengakulah di hadapan-Nya. Sekarang, beritahukanlah kepadaku apa yang kauperbuat. Kiranya jangan kausembunyikan dariku.”

7:20 Akhan menjawab, “Benar! Aku telah berdosa terhadap TUHAN, Allah Israel. Inilah yang telah aku lakukan:

7:21 aku melihat di antara barang-barang itu jubah yang indah buatan Sinear, dua ratus syikal perak, dan sebatang emas seberat lima puluh syikal. Aku menginginkannya, maka aku mengambilnya. Semuanya itu terpendam di dalam kemahku, di dalam tanah, dan perak itu berada di paling bawah.”

7:22 Yosua pun menyuruh orang pergi dengan segera ke kemah itu, dan ternyata semuanya itu disembunyikan di dalam kemahnya, dan perak itu ada di paling bawah.

7:23 Mereka mengambil semua itu dari dalam kemah dan membawanya kepada Yosua dan semua orang Israel, lalu meletakkannya di hadapan TUHAN.

7:24 Lalu, Yosua dan semua orang Israel membawa Akhan anak Zerah, perak, jubah, dan sebatang emas, dan anak-anaknya lelaki dan anak perempuannya, lembunya, keledainya, kambing dombanya, kemahnya, dan semua miliknya, dibawa ke Lembah Akhor.

7:25 Yosua berkata, “Mengapakah engkau mencelakakan kami? TUHAN pun akan mencelakakan engkau saat ini.” Kemudian, semua orang Israel melemparinya dengan batu dan membakar mereka dengan api setelah melempari mereka dengan batu.

7:26 Lalu, mereka mendirikan di atasnya suatu timbunan batu yang besar, yang masih ada sampai hari ini. Sesudah itu, murka TUHAN yang menyala-nyala itu mereda. Karena itu, nama tempat itu disebut Lembah Akhor sampai hari ini.

AlkiPEDIA AlkiPEDIA

Penjelasan Singkat

Dosa Akhan dihukum

Isi Pasal

Dosa Akhan dan kekalahan di Ai.

Garis Besar

7:1 Orang Israel dibunuh di Ai.
7:6 Keluhan Yosua.
7:10 TUHAN memerintahkan kepadanya apa yang harus dilakukan.
7:16 Akhan terpilih berdasarkan undian.
7:19 Pengakuannya.
7:24 Dia dan seluruh miliknya dimusnahkan di lembah Akhor.

Judul Perikop

Dosa dan hukuman Akhan (7:1-26)

Tokoh

Allah, Yosua, Akhan.

Nama dan Tempat

Ai, Akhan, Akhor, ALLAH, Amori, Bet-Awen, Betel, Israel, Kanaan, Karmi, Sinear, Syebarim, TUHAN, Yehuda, Yerikho, Yordan, Yosua, Zabdi, Zerah

Kesimpulan

Kiranya semua manusia mengetahui bahwa bukan yang lain kecuali dosalah yang memisahkan mereka dari Allah dan jika tidak disesali dengan sungguh dan dihilangkan, akan membawa bencana, bukan hanya terhadap diri mereka sendiri, namun juga orang-orang yang bersama-sama dengan mereka.

Fakta

Kisah itu menggambarkan kebenaran tentang kesatuan gereja di dalam Kristus. 1 Kor 5:1-7; 12:12, 14, 26. Seluruh perjuangan Kristus terluka oleh ketidakrohanian dari satu orang percaya.

Dengar

Program Studi Alkitab

Yosua 7:1-8:29 (Yosua 7:1--8:29)
Kebenaran Abadi

Playlist:



Nonton

The Bible Project: Ringkasan: Yosua (Yosua 1-24)

Playlist:

THE BIBLE PROJECT
ALKITAB VIDEO BERGAMBAR
BaDeNo PLUS
loader
  • TUHAN murka pada orang-orang Israel karena Akhan mengambil beberapa barang untuk dirinya sendiri yang dikhususkan untuk dihancurkan. (Yos 7:1)
  • Mata-mata yang dikirim ke Ai melapor kepada Yosua bahwa hanya pasukan kecil dapat mengambil Ai karena ada sedikit orang di sana. (Yos 7:3)
  • Tentara yang lebih kecil yang menyerang Ai diusir oleh orang-orang Ai dan tiga puluh enam tewas. (Yos 7:5)
  • Ketika Yosua mengetahui tentang kekalahan pasukannya di Ai, ia merobek pakaiannya, meletakkan debu di kepalanya, dan berbaring di depan tabut. (Yos 7:6)
  • TUHAN memberi tahu Yosua bahwa pasukannya dikalahkan karena Israel telah berbuat dosa dengan mencuri beberapa hal yang dikhususkan untuk dimusnahkan. (Yos 7:11)
  • TUHAN memberi tahu Yosua untuk bangkit dan menguduskan orang-orang dan menyerahkan barang-barang yang dikhususkan untuk dimusnahkan. (Yos 7:13)
  • TUHAN mengatakan bahwa orang yang telah mencuri barang-barang yang dikhususkan untuk dimusnahkan akan dibakar bersama dengan yang dia miliki. (Yos 7:15)
  • Akhan memberi tahu Yosua bahwa dia telah mengambil jubah yang indah, dua ratus syikal perak, dan satu batang emas. (Yos 7:21)
  • Akhan memberi tahu Yosua bahwa dia telah menyembunyikan barang-barang yang telah diambilnya dalam tanah di tengah-tengah kemahnya. (Yos 7:21)
  • Yosua dan seluruh Israel membawa Akhan dan semua yang dia miliki ke lembah Akhor. (Yos 7:24)
  • Murka TUHAN yang menyala-nyala mereda. (Yos 7:26)
loader
loader
Komunitas BaDeNo untuk saling berbagi hasil PA (BaDeNo Paskah) terdapat dalam Facebook grup Alkitab Setiap Hari di link berikut ini: https://facebook.com/groups/alkitab.setiap.hari
#ayo_pa! #ayo_pa!