Baca

Yosua 17:1-18

17:1 Bagian yang diundikan bagi suku Manasye karena dia anak sulung Yusuf adalah kepada Makhir, anak sulung Manasye, bapa Gilead, telah diberikan Gilead dan Basan, sebab ia seorang prajurit.

17:2 Itulah bagian yang ditentukan bagi keturunan Manasye yang lain menurut keluarga-keluarga mereka, yakni keturunan Abiezer, keturunan Helek, keturunan Asriel, keturunan Sekhem, keturunan Hefer, dan keturunan Semida. Itulah keturunan Manasye, anak Yusuf, menurut keluarga-keluarga mereka.

17:3 Namun, Zelafehad anak Hefer, anak Gilead, anak Makhir, anak Manasye, tidak memiliki anak laki-laki, tetapi hanya anak perempuan. Inilah nama anak-anak perempuannya: Mahla, Noa, Hogla, Milka, dan Tirza.

17:4 Mereka datang menghadap Imam Eleazar dan Yosua anak Nun, serta para pemimpin dan berkata, “TUHAN memerintahkan kepada Musa untuk memberikan milik pusaka kepada kami di antara saudara-saudara kami.” Karena itu, sesuai perintah TUHAN, ia memberikan milik pusaka kepada mereka di antara saudara-saudara ayah mereka.

17:5 Demikianlah sepuluh bagian tanah jatuh kepada suku Manasye, selain tanah Gilead dan Basan di seberang Sungai Yordan.

17:6 Karena itu, anak-anak perempuan Manasye menerima milik pusaka di tengah-tengah keturunan laki-laki. Tanah Gilead menjadi milik keturunan Manasye yang selebihnya.

17:7 Batas wilayah Manasye adalah dari Asyer ke Mikhmetat di sebelah timur Sikhem. Batas itu terus ke selatan ke daerah penduduk En-Tapuah.

17:8 Tanah Tapuah adalah milik suku Manasye, tetapi kota Tapuah, dekat perbatasan Manasye, adalah milik keturunan Efraim.

17:9 Kemudian, batas itu turun ke anak sungai Kana, ke sebelah selatan sungai itu. Kota-kota di situ adalah milik suku Efraim meskipun berada di tengah-tengah kota-kota suku Manasye. Batas daerah Manasye itu melewati sebelah utara sungai itu dan berakhir ke laut.

17:10 Sebelah selatan adalah milik suku Efraim, dan sebelah utara adalah milik suku Manasye. Batasnya adalah laut, dan batas sebelah utara menyinggung daerah Asyer, dan di sebelah timur menyinggung daerah Isakhar.

17:11 Di daerah Isakhar dan Asyer terdapat milik suku Manasye, yaitu Bet-Sean, dengan kota-kotanya, Yibleam dengan anak-anak kotanya, penduduk Dor dengan anak-anak kotanya, penduduk En-Dor dengan kota-kotanya, penduduk Taanakh dengan kota-kotanya, dan penduduk Megido dengan kota-kotanya, yaitu ketiga daerah bukit.

17:12 Akan tetapi, keturunan Manasye tidak dapat menguasai kota-kota itu, sebab orang Kanaan bersikeras untuk tetap tinggal di tempat itu.

17:13 Sesudah orang Israel menjadi kuat, orang Kanaan dijadikan pekerja paksa, tetapi tidak diusir dari tempat itu.

17:14 Keturunan Yusuf berkata kepada Yosua, katanya, “Mengapa engkau memberikan kepada kami hanya satu undian dan satu bagian milik pusaka, padahal kami bangsa yang besar karena TUHAN memberkati kami sampai sekarang?”

17:15 Yosua menjawab mereka, “Jika kamu bangsa yang besar, pergilah ke hutan dan bukalah lahan di sana, di negeri orang Feris dan orang Refaim, apabila Pegunungan Efraim terlalu sesak bagimu.”

17:16 Keturunan Yusuf berkata, “Pegunungan itu tidak cukup bagi kami, dan orang Kanaan yang tinggal di lembah-lembah itu mempunyai kereta-kereta besi, baik yang di Bet-Sean dengan anak-anak kotanya maupun yang di Lembah Yizreel.”

17:17 Yosua pun berkata kepada keturunan Yusuf, yaitu suku Efraim dan suku Manasye, “Engkau bangsa yang besar jumlahnya dan mempunyai kekuatan yang besar, tidak akan hanya satu undian ditentukan bagimu.

17:18 Akan tetapi, pegunungan itu akan menjadi milikmu, sebab meskipun tanah itu hutan, kamu akan membuka dan memilikinya sampai ujung-ujungnya. Sebab, kamu akan mengusir orang Kanaan itu sekalipun mereka memiliki kereta-kereta besi, dan sekalipun mereka kuat.”

AlkiPEDIA AlkiPEDIA

Penjelasan Singkat

Undian suku Manasye

Isi Pasal

Pembagian negeri; bagian untuk Manasye.

Garis Besar

17:1 Undian untuk suku Manasye.
17:7 Pesisirnya.
17:12 Orang Kanaan tidak dihalau keluar.
17:14 Keturunan Yusuf mendapatkan undian lagi.

Judul Perikop

Tokoh

Allah, Yosua, Eleazar, Musa, anak perempuan Zelafedad.

Nama dan Tempat

Abiezer, Asriel, Asyer, Basan, Bet-Sean, Dor, Efraim, Eleazar, En-Dor, Feris, Gilead, Hefer, Helek, Hogla, Isakhar, Israel, Kana, Kanaan, Mahla, Makhir, Manasye, Megido, Mikhmetat, Milka, Musa, Noa, Nun, Refaim, Sekhem, Semida, Sikhem, Taanakh, Tapuah, Tirza, TUHAN, Yibleam, Yizreel, Yordan, Yosua, Yusuf, Zelafehad

Kesimpulan

(ay. 14). Banyak orang tamak yang ingin memiliki lebih banyak, yang tidak mengusahakan dan berusaha sebaik mungkin dengan apa yang mereka miliki. Jika kita memiliki lebih banyak talenta yang dianugerahkan kepada kita, kita harus bertukar dengan mereka yang mempercayakan kepada kita.

Fakta

ay. 13. Banyak orang Kristen yang berusaha untuk mendapatkan tujuan mereka sendiri dengan berkomplot dengan orang Kanaan, yang terhadap mereka Kristus telah perintahkan untuk mengusir mereka keluar. Maka mencari kompromi dengan dunia berarti mencari kegagalan.

Dengar

Program Studi Alkitab

Yosua 15-18 (Yosua 15:1--18:28)
Kebenaran Abadi

Playlist:



Nonton

The Bible Project: Ringkasan: Yosua (Yosua 1-24)

Playlist:

THE BIBLE PROJECT
ALKITAB VIDEO BERGAMBAR
BaDeNo PLUS
loader
  • Manasye adalah anak sulung Yusuf. (Yos 17:1)
  • Makhir adalah anak sulung Manasye dan ayah Gilead. (Yos 17:1)
  • Putri-putri Zelofehad mendekati Eleazar, Yosua, dan para pemimpin karena mereka tidak memiliki saudara laki-laki untuk menerima warisan. (Yos 17:4)
  • Yosua memberi putri-putri Zelofehad sebuah warisan di antara saudara-saudara ayah mereka. (Yos 17:4)
  • Ketika orang Israel menjadi kuat, mereka menjadikan orang Kanaan sebagai pekerja rodi. (Yos 17:13)
  • Keturunan Yusuf berkata kepada Yosua bahwa pegunungan itu tidak cukup untuk jumlah mereka. (Yos 17:14)
  • Yosua memberi tahu keturunan Yusuf untuk pergi sendiri ke hutan dan membuka lahan di negeri orang Feris dan Refaim. (Yos 17:15)
loader
loader
Komunitas BaDeNo untuk saling berbagi hasil PA (BaDeNo Paskah) terdapat dalam Facebook grup Alkitab Setiap Hari di link berikut ini: https://facebook.com/groups/alkitab.setiap.hari
#ayo_pa! #ayo_pa!