Baca

Yosua 18:1-28

Pembagian Sisa Tanah

18:1 Lalu, seluruh umat Israel berkumpul di Silo dan mendirikan Tenda Pertemuan di sana karena negeri itu sudah takluk di hadapan mereka.

18:2 Masih tersisa tujuh suku di antara orang Israel yang belum mendapat bagian milik pusakanya.

18:3 Lalu, Yosua berkata kepada orang Israel, “Berapa lama lagi kamu berlambat-lambat untuk pergi menguasai daerah yang telah TUHAN, Allah nenek moyangmu, berikan kepadamu?

18:4 Tetapkanlah tiga orang dari tiap-tiap suku, aku akan mengutus mereka untuk segera menelusuri daerah itu, mencatat keadaannya sesuai milik pusaka masing-masing, lalu kembali kepadaku.

18:5 Mereka akan membaginya menjadi tujuh bagian. Suku Yehuda akan tetap tinggal di daerahnya di sebelah selatan, dan keturunan Yusuf akan tetap tinggal di daerahnya di sebelah utara.

18:6 Kamu harus mencatat daerah itu dalam tujuh bagian, lalu bawalah ke sini kepadaku. Aku akan membuang undi bagimu di sini di hadapan TUHAN, Allah kita.

18:7 Sebab, suku Lewi tidak mendapat bagian di antara kamu karena jabatan sebagai imam TUHAN adalah milik pusaka mereka, sedangkan suku Gad, suku Ruben, dan setengah suku Manasye sudah menerima milik pusaka mereka di sebelah timur Sungai Yordan, yang sudah Musa, hamba TUHAN itu, berikan kepada mereka.”

18:8 Kemudian, orang-orang itu bangkit, lalu pergi. Yosua memerintahkan mereka yang pergi untuk mencatat keadaan daerah itu, katanya, “Pergilah, telusurilah daerah itu, catatlah keadaannya, lalu kembalilah kepadaku. Di sini, di Silo, aku akan membuang undi di hadapan TUHAN.”

18:9 Orang-orang itu pun pergi melewati daerah itu dan mencatat keadaan kota dalam tujuh bagian. Sesudah itu, mereka kembali kepada Yosua ke perkemahan di Silo.

18:10 Kemudian, Yosua membuang undi bagi mereka di Silo, di hadapan TUHAN. Di sana, Yosua membagikan daerah itu kepada orang Israel menurut bagian mereka.

Tanah untuk Benyamin

18:11 Keluarlah undian bagi suku keturunan Benyamin menurut keluarganya. Wilayah yang diundikan kepada mereka terletak di antara keturunan Yehuda dan keturunan Yusuf.

18:12 Batas mereka di sebelah utara adalah dari Sungai Yordan, lalu batas itu naik ke lereng gunung di sebelah utara Yerikho, lalu naik ke pegunungan sebelah barat, dan berakhir di padang belantara Bet-Awen.

18:13 Dari sana, batas itu berlanjut ke Lus, ke lereng gunung di sebelah selatan Lus, yaitu Betel. Kemudian, batas itu turun ke Atarot-Adar di pegunungan yang berada di sebelah selatan Bet-Horon Hilir.

18:14 Batas itu melengkung, membelok dari pegunungan yang berada di seberang selatan Bet-Horon menuju sisi selatan, lalu berakhir di Kiryat-Baal, yaitu Kiryat Yearim, suatu kota orang Yehuda. Itulah sisi barat.

18:15 Batas sebelah selatan dimulai dari ujung Kiryat-Yearim, lalu batas itu menuju sebelah barat dan menuju mata air Me-Neftoah.

18:16 Batas itu turun ke ujung pegunungan yang berada di hadapan Lembah Ben-Hinom, di sebelah utara lembah orang Refaim, lalu turun ke Lembah Hinom di sepanjang lereng Gunung Yebus sebelah selatan, dan turun di En-Rogel.

18:17 Lalu, batas melengkung ke utara, menuju En-Semes dan menuju Gelilot di seberang tanjakan Adumim, turun ke batu Bohan anak Ruben.

18:18 Batas itu menyeberang ke lereng gunung di seberang Bet-Araba sebelah utara, dan turun ke Araba.

18:19 Kemudian, batas itu menyeberang ke lereng Gunung Bet-Hogla sebelah utara, dan batas itu berakhir ke teluk utara Laut Asin, ke muara Sungai Yordan di sebelah selatan. Itulah batas selatan.

18:20 Sungai Yordan membatasinya di sisi timur. Inilah milik pusaka keturunan Benyamin, dengan batas-batasnya ke seluruh penjuru menurut keluarga-keluarga mereka.

18:21 Kota-kota suku keturunan Benyamin menurut keluarga-keluarga mereka adalah Yerikho, Bet-Hogla, Emek-Kezis,

18:22 Bet-Araba, Zemaraim, Betel,

18:23 Haawim, Para, Ofra,

18:24 Kefar-Haamonai, Ofni, dan Geba; dua belas kota dengan desa-desanya.

18:25 Gibeon, Rama, Beerot,

18:26 Mizpa, Kefira, Moza,

18:27 Rekem, Yirpeel, Tarala,

18:28 Zela, Elef, dan Yebus adalah Yerusalem, Gibeat, dan Kiryat; empat belas kota dengan desa-desanya. Itulah milik pusaka keturunan Benyamin menurut keluarga-keluarga mereka.

AlkiPEDIA AlkiPEDIA

Penjelasan Singkat

Milik pusaka suku Benyamin

Isi Pasal

Kemah Pertemuan didirikan; pembagian negeri secara adil kepada tujuh suku.

Garis Besar

18:1 Kemah Pertemuan diangkat ke Silo. (Kemah Pertemuan didirikan di Silo)
18:2 Sisa dari negeri dijelaskan, dan dibagi menjadi tujuh bagian.
18:10 Yosua membaginya dengan undian.
18:11 Daerah dan batas milik suku Menyamin.
18:21 Kota-kota mereka.

Judul Perikop

Pembagian sisa tanah Kanaan di Silo (18:1-10)
Milik pusaka suku Benyamin (18:11-28)

Tokoh

Allah, Yosua, tiga penjelajah.

Nama dan Tempat

Adumim, Allah, Araba-Yordan, Atarot-Adar, Beerot, Ben-Hinom, Benyamin, Bet-Araba, Bet-Awen, Bet-Hogla, Bet-Horon, Betel, Bohan, Elef, Emek-Kezis, En-Rogel, En-Semes, Gad, Geba, Gelilot, Gibeat, Gibeon, Haawim, Hinom, Israel, Kefar-Haamonai, Kefira, Kemah Pertemuan, Kiryat, Kiryat-Baal, Kiryat-Yearim, Laut Asin, Lewi, Lus, Manasye, Me-Neftoah, Mizpa, Moza, Musa, Ofni, Ofra, Para, Rama, Refaim, Rekem, Ruben, Silo, Tarala, TUHAN, Yebus, Yehuda, Yerikho, Yerusalem, Yirpeel, Yordan, Yosua, Yusuf, Zela, Zemaraim

Kesimpulan

Banyak orang Kristen menuruti pendapatnya sendiri dan mengabaikan belas kasihan mereka sendiri demi kesia-siaan. Dengan sebutan negeri yang baik, diberikan kepada kita dengan pengorbanan Kristus, kita tidak boleh bermalas-malasan dalam memilikinya semua, karena kesulitan yang tampak di tengah jalan.

Fakta

Didirikannya Kemah Pertemuan (ay. 1) di Silo, memberikan petunjuk bahwa di Silo yang akan datang (Kristus) yang pernah dibicarakan oleh Yakub, semua pengaturan tempat suci duniawi akan digenapi dalam kemah yang lebih besar dan sempurna. Ibr 9:1, 11.

Dengar

Program Studi Alkitab

Yosua 15-18 (Yosua 15:1--18:28)
Kebenaran Abadi

Playlist:



Nonton

The Bible Project: Baca Alkitab: Yosua (Yosua)

Playlist:

THE BIBLE PROJECT
ALKITAB VIDEO BERGAMBAR
BaDeNo PLUS
loader
loader
loader
Komunitas BaDeNo untuk saling berbagi hasil PA terdapat dalam page Facebook di link berikut ini: https://www.facebook.com/sabda.org/
#ayo_pa! #ayo_pa!