Baca

Keluaran 1:1-22

Penindasan terhadap Orang Israel di Mesir

1:1 Inilah nama anak-anak Israel yang masuk ke Mesir bersama Yakub, masing-masing datang dengan keluarganya:

1:2 Ruben, Simeon, Lewi, Yehuda,

1:3 Isakhar, Zebulon, Benyamin,

1:4 Dan, Naftali, Gad, dan Asyer.

1:5 Seluruh jiwa yang adalah keturunan langsung dari Yakub berjumlah tujuh puluh, tetapi Yusuf sudah berada di Mesir.

1:6 Lalu, Yusuf mati, begitu pula dengan semua saudaranya, dan semua orang dari generasi itu.

1:7 Akan tetapi, keturunan Israel beranak cucu, dan terus bertambah banyak, dan berlipat ganda, dan menjadi sangat kuat sehingga mereka memenuhi negeri itu.

1:8 Kemudian, seorang raja baru, yang tidak mengenal Yusuf, muncul di Mesir.

1:9 Dia berkata kepada rakyatnya, “Lihatlah, orang dari keturunan Israel itu menjadi banyak dan lebih kuat daripada kita.

1:10 Mari kita bertindak cerdik terhadap mereka. Jangan sampai mereka berlipat ganda sehingga ketika terjadi perang, mereka akan bersekutu dengan musuh-musuh kita untuk mengalahkan kita, lalu pergi dari tanah ini.”

1:11 Karena itu, mereka menunjuk para mandor untuk menindas keturunan Israel dengan kerja paksa. Mereka membangun kota-kota perbekalan bagi Firaun, yaitu Pitom dan Raamses.

1:12 Namun, semakin mereka menindasnya, keturunan Israel justru semakin berlipat ganda dan tersebar. Mereka pun takut karena keturunan Israel itu.

1:13 Dengan kekerasan, orang Mesir memaksa keturunan Israel untuk bekerja,

1:14 dan membuat hidup mereka pahit dengan perbudakan yang berat, yaitu mengolah tanah liat, dan batu bata, dan segala jenis pekerjaan di ladang. Segala pekerjaan mereka, yang dipaksakan kepada mereka untuk dilakukan, disertai dengan kekerasan.

1:15 Setelah itu, Raja Mesir berkata kepada para bidan yang membantu kelahiran orang Ibrani, yang satu bernama Sifra dan yang lain bernama Pua,

1:16 katanya, “Ketika kamu menolong perempuan Ibrani untuk melahirkan dari tempat mereka melahirkan, jika itu bayi laki-laki, kamu harus membunuhnya. Akan tetapi, jika itu bayi perempuan, biarkan dia hidup.”

1:17 Namun, bidan-bidan itu takut akan Allah sehingga mereka tidak melakukan seperti yang diperintahkan raja kepada mereka, melainkan membiarkan bayi laki-laki tetap hidup.

1:18 Oleh sebab itu, Raja Mesir memanggil para bidan itu dan berkata kepada mereka, “Mengapa kalian melakukan hal ini dan membiarkan bayi laki-laki tetap hidup?”

1:19 Bidan-bidan itu berkata kepada Firaun, “Perempuan-perempuan Ibrani itu tidak seperti perempuan Mesir karena mereka bertenaga dan sudah melahirkan sebelum bidan sampai kepada mereka.”

1:20 Karena itu, Allah berlaku baik terhadap kedua bidan itu. Bangsa itu berlipat ganda dan menjadi sangat kuat.

1:21 Karena bidan-bidan itu takut akan Allah, Dia membangun rumah tangga untuk mereka.

1:22 Lalu, Firaun memberikan perintah kepada seluruh rakyatnya, “Setiap bayi laki-laki yang dilahirkan harus kamu lempar ke sungai, tetapi kamu boleh membiarkan setiap bayi perempuan tetap hidup.”

AlkiPEDIA AlkiPEDIA

Penjelasan Singkat

Orang Israel ditindas

Isi Pasal

Bangsa Israel di Mesir dan perbudakan mereka.

Garis Besar

1:1 Anak-anak Israel, setelah kematian Yusuf, bertambah banyak.
1:8 Semakin mereka ditindas oleh raja yang baru, mereka justru semakin bertambah banyak.
1:15 Kesalehan bidan-bidan, dalam hal menyelamatkan anak laki-laki dan membiarkan mereka hidup.
1:22 Firaun memberi perintah untuk melemparkan anak laki-laki ke dalam sungai.

Judul Perikop

Orang Israel ditindas di Mesir (1:1-22)

Tokoh

Yusuf, Firaun, Sifra, Pua.

Nama dan Tempat

Allah, Asyer, Benyamin, Dan, Firaun, Gad, Ibrani, Isakhar, Israel, Lewi, Mesir, Naftali, Nil, Pitom, Pua, Raamses, Ruben, Sifra, Simeon, Yakub, Yehuda, Yusuf, Zebulon

Kesimpulan

Pemeliharaan Allah mungkin kadang terlihat merintangi janji-janji-Nya sehingga iman umat-Nya bisa lemah dan kuasa-Nya lebih besar. Di dalam penindasan mereka, Dia akan memelihara semua yang percaya kepada-Nya.

Fakta

Sudah menjadi kebijakan para penyiksa Israel di sepanjang abad untuk menghadirkan diri mereka sebagai orang-orang yang berbahaya, menyakitkan bagi daerah dan tidak dapat dipercaya, sebagai pura-pura untuk perlakuan tak beradab. Nasihat Allah berlaku dan mereka masih bertambah banyak.

Dengar

Program Studi Alkitab

Keluaran 1:1-22 (Keluaran 1:1-22)
Kebenaran Abadi

Playlist:



Nonton

The Bible Project: Ringkasan: Keluaran 1-18 (Keluaran 1-18)

Playlist:

THE BIBLE PROJECT
ALKITAB VIDEO BERGAMBAR
BaDeNo PLUS
loader
  • Anak-anak Israel pergi ke Mesir bersama Yakub. (Kel 1:1)
  • Semua keturunan Yakub berjumlah tujuh puluh. (Kel 1:5)
  • Seorang raja baru muncul di Mesir, yang tidak mempedulikan kenangan tentang Yusuf. (Kel 1:8)
  • Raja orang Mesir takut bahwa bangsa Israel akan terus berlipat ganda, dan jika perang akan pecah, mereka akan bergabung dengan musuh-musuh Mesir, berperang melawan mereka dan meninggalkan negeri. (Kel 1:8)
  • Para mandor menindas bangsa Israel dengan kerja keras. (Kel 1:11)
  • Semakin orang Mesir menindas bangsa Israel, semakin bangsa Israel bertambah banyak jumlahnya dan semakin tersebar. (Kel 1:12)
  • Raja Mesir memberi tahu mereka bahwa jika bayi itu laki-laki, maka mereka harus membunuhnya. (Kel 1:16)
  • Para bidan takut pada Allah dan tidak melakukan seperti yang diperintahkan raja Mesir. (Kel 1:17)
  • Mereka mengatakan perempuan Ibrani sangat bertenaga dan sudah melahirkan sebelum bidan datang kepada mereka. (Kel 1:19)
  • Firaun memerintahkan seluruh rakyatnya, "Kamu harus melempar ke sungai setiap bayi laki-laki yang dilahirkan. " (Kel 1:22)
loader
loader
Komunitas BaDeNo untuk saling berbagi hasil PA (BaDeNo Paskah) terdapat dalam Facebook grup Alkitab Setiap Hari di link berikut ini: https://facebook.com/groups/alkitab.setiap.hari
#ayo_pa! #ayo_pa!