Baca

Keluaran 26:1-37

Rancangan Tenda Suci

26:1 “Kamu harus membuat Tenda Suci dengan sepuluh tirai dari kain linen halus, dan kain biru, dan kain ungu, dan kain kirmizi, buatlah itu dengan kerub-kerub yang dikerjakan oleh seorang ahli.

26:2 Setiap tirai panjangnya harus 28 hasta dan masing-masing lebarnya adalah 4 hasta. Setiap tirai harus memiliki ukuran yang sama.

26:3 Lima helai tirai harus disambung satu sama lain, demikian pula dengan lima tirai lainnya harus disambung satu sama lain.

26:4 Kamu harus membuat lubang pengancing dari kain biru pada tepi tirai paling luar dari masing-masing rangkaian tirai.

26:5 Kamu harus membuat lima puluh lubang pengancing pada tirai-tirai dari rangkaian yang pertama, dan kamu harus membuat lima puluh lubang pengancing di pinggir tirai, yaitu di ujung tirai dari rangkaian yang kedua, dan lubang-lubang kancing itu harus saling berhadapan.

26:6 Kamu harus membuat lima puluh pengait emas dan sambunglah tirai-tirai itu dengan pengait tersebut sehingga Tenda Suci menjadi satu.

26:7 Kamu juga harus membuat tirai dari bulu kambing sebagai tudung untuk Tenda Suci; kamu harus membuatnya sebanyak sebelas tirai.

26:8 Panjang masing-masing tirai harus 30 hasta dan lebar masing-masing tirai harus 4 hasta, dan untuk sebelas tirai seluruhnya harus sama ukurannya.

26:9 Kamu harus menyambung lima tirai secara tersendiri dan enam tirai secara tersendiri; dan tirai yang keenam harus kamu lipat menjadi dua di bagian depan tenda itu.

26:10 Kamu harus membuat lima puluh lubang pengancing di tepi tirai yang paling luar dari rangkaian yang pertama dan lima puluh lubang pengancing di tepi tirai dari rangkaian yang kedua.

26:11 Lalu, kamu harus membuat lima puluh pengait perunggu dan memasukkan pengait-pengait itu di lubang-lubang pengancing untuk menyambung tenda itu bersama-sama agar menjadi satu.

26:12 Bagian yang berlebih dari sisa tirai-tirai tenda itu, yaitu setengah tirai yang tersisa, harus menjuntai di bagian belakang Tenda Suci.

26:13 Sehasta pada sisi yang satu dan sehasta pada sisi yang lain menurut yang tersisa dari panjangnya tirai tenda itu harus menjuntai di sisi Tenda Suci, yaitu di sisi yang satu dan di sisi yang lainnya, untuk menutupinya.

26:14 Setelah itu, kamu harus membuat tudung untuk tenda itu dari kulit domba jantan yang dicelup merah dan tudung dari kulit lumba-lumba pada bagian atasnya.

26:15 Kamu harus membuat papan-papan Tenda Suci itu dari kayu akasia yang tegak lurus.

26:16 Panjang setiap papan harus 10 hasta dan lebar setiap papan harus 1,5 hasta.

26:17 Harus ada dua pasak pada setiap papan untuk menyatukan yang satu dengan yang lainnya. Demikianlah kamu harus membuatnya untuk semua papan Tenda Suci.

26:18 Kamu harus membuat papan-papan untuk Tenda Suci, yaitu dua puluh papan untuk sisi sebelah selatan ke arah selatan.

26:19 Lalu, kamu harus membuat empat puluh alas perak di bawah dua puluh papan itu, yaitu dua alas di bawah satu papan untuk dua pasaknya, dan dua alas di bawah papan yang lain untuk dua pasaknya.

26:20 Untuk sisi kedua Tenda Suci, yaitu untuk sebelah utara, harus ada dua puluh papan,

26:21 dengan empat puluh alas peraknya, dua alas di bawah satu papan, dan dua alas di bawah papan yang lainnya.

26:22 Untuk bagian belakang Tenda Suci di sebelah barat, kamu harus membuat enam papan.

26:23 Kamu harus membuat dua papan untuk sudut-sudut Tenda Suci bagian belakang.

26:24 Papan-papan itu harus disambung pada bagian bawahnya, dan harus disambung sampai ke atas sampai pada gelang yang pertama. Demikianlah harus terjadi bagi keduanya, mereka akan membentuk dua sudut.

26:25 Jadi, harus ada delapan papan dan enam belas alas peraknya, dua alas di bawah papan yang satu dan dua alas di bawah papan lainnya.

26:26 Kamu harus membuat palang-palang dari kayu akasia, lima untuk papan-papan pada satu sisi Tenda Suci,

26:27 dan lima palang untuk papan pada sisi lainnya dari Tenda Suci, dan lima palang untuk papan di sisi Tenda Suci, yaitu untuk dua sisi di sebelah barat.

26:28 Palang yang di tengah, di tengah-tengah papan-papan itu, harus melintang dari ujung ke ujung.

26:29 Kamu harus melapisi papan-papan itu dengan emas dan membuat gelang-gelangnya dari emas untuk tempat palang-palang itu. Kamu harus melapisi palang-palang itu dengan emas.

26:30 Kamu harus mendirikan Tenda Suci itu menurut rancangan yang telah ditunjukkan kepadamu di gunung itu.”

Rancangan Bagian Dalam Tenda Suci

26:31 “Kamu harus membuat tirai dari benang berwarna biru, ungu, dan merah dan dari kain linen yang halus. Seorang ahli harus menyulam gambar kerub pada tirai itu.

26:32 Kamu harus menggantungnya pada empat tiang kayu akasia yang dilapisi emas, dengan kaitan emas, pada keempat alas perak.

26:33 Kamu harus menggantung tirai itu di bawah kaitan-kaitan itu dan kamu harus membawa masuk tabut kesaksian ke sana ke bagian dalam tirai; dan tirai itu memisahkan Ruang Kudus dan Ruang Yang Mahakudus bagimu.

26:34 Taruhlah tutup pendamaian di atas Tabut Perjanjian di dalam Ruang Yang Mahakudus.

26:35 Kamu harus meletakkan meja itu di bagian luar tirai, dan kaki dian di sebelah selatan Tenda Suci yang berhadapan dengan meja itu, dan kamu harus menempatkan meja itu di sebelah utara.”

Rancangan Pintu Tenda Suci

26:36 “kamu harus membuat tirai untuk pintu tenda dari kain biru, kain ungu, kain kirmizi, dan linen halus yang dipintal, suatu karya seorang ahli.

26:37 Kamu harus membuat lima tiang dari kayu akasia untuk tirai tersebut dan lapisilah dengan emas, kaitan-kaitannya juga harus terbuat dari emas, dan kamu harus menuang lima alas perunggu untuk itu.”

AlkiPEDIA AlkiPEDIA

Penjelasan Singkat

Tenda untuk tabut perjanjian

Isi Pasal

Petunjuk selanjutnya mengenai Kemah Suci.

Garis Besar

26:1 Sepuluh tenda Kemah Suci.
26:7 Sebelas tenda dari bulu kambing, tudung dari kulit domba jantan dan kulit lumba-lumba.
26:15 Papan Kemah Suci, dengan pasak dan kayu lintang.
26:31 Tabir untuk tabut perjanjian.
26:36 Tirai untuk pintunya.

Judul Perikop

Mengenai Kemah Suci (26:1-37)

Tokoh

Allah, Musa.

Nama dan Tempat

Kemah Suci

Kesimpulan

Kekaguman akan kehadiran Allah hanya dikenal oleh mereka, yang dengan upacara yang tepat, datang ke dalam tabir anugerah-Nya. Manusia biasa tertutup hal-hal yang berasal dari Roh Kudus.

Fakta

Kita sebagai pengikut-pengikut Kristus di sini tidak memiliki kota yang permanen, menjadi orang asing dan peziarah di dunia ini menuju ke negeri yang lebih baik, memiliki Kemah Suci yang bisa berpindah tempat. Kehadiran Allah tidak terikat oleh tempat manapun.

Dengar

Program Studi Alkitab

Keluaran 25:23-26:14 (Keluaran 25:23--26:14)
Kebenaran Abadi

Playlist:



Nonton

The Bible Project: Baca Alkitab: Keluaran Ps. 19-40 (Keluaran 19--40)

Playlist:

THE BIBLE PROJECT
ALKITAB VIDEO BERGAMBAR
BaDeNo PLUS
loader
loader
loader
Komunitas BaDeNo untuk saling berbagi hasil PA terdapat dalam page Facebook di link berikut ini: https://www.facebook.com/sabda.org/
#ayo_pa! #ayo_pa!