Sembunyikan Semua (-)
Baca

Keluaran 22:1-31

Peraturan tentang Jaminan Harta

22:1 “Jika seseorang mencuri seekor sapi jantan atau domba, lalu membunuhnya atau menjualnya, dia harus membayar lima sapi untuk mengganti sapi jantan itu dan empat domba untuk mengganti domba itu.

22:2 Jika pencuri itu kedapatan sedang membobol, lalu dia dipukuli sampai mati, tidak akan ada utang darah atasnya.

22:3 Namun, jika matahari telah terbit atasnya, akan ada utang darah atasnya sehingga dia harus membayar kerugian sepenuhnya. Jika dia tidak memiliki apa-apa, dia harus dijual untuk mengganti curiannya itu.

22:4 Jika yang dicurinya itu didapati masih dalam keadaan hidup di tangannya, baik sapi, keledai, atau domba, dia harus membayar dua kali lipat.

22:5 Jika seseorang membiarkan suatu ladang atau kebun anggur dimakan oleh ternaknya, lalu ternak itu dibiarkan untuk makan di ladang orang lain, dia harus membayar ganti rugi dengan hasil yang terbaik dari ladangnya sendiri atau dengan hasil yang terbaik dari kebun anggurnya sendiri.

22:6 Jika api menyala dan melahap semak duri sehingga timbunan jagung atau ladang itu dimakan api, orang yang menyulut api itu harus membayar ganti rugi.

22:7 Jika seseorang menitipkan uang kepada temannya untuk disimpan, lalu uang itu dicuri dari rumah orang itu dan pencurinya tertangkap, dia harus membayar ganti rugi sebesar dua kali lipat.

22:8 Jika pencurinya tidak tertangkap, pemilik rumah itu harus dibawa ke hadapan Allah untuk mengetahui apakah dia telah mengulurkan tangannya atas barang-barang temannya itu.

22:9 Untuk segala bentuk pelanggaran, baik itu tentang sapi, tentang keledai, tentang domba, tentang pakaian, atau tentang segala sesuatu yang hilang, dia yang mengatakan bahwa barang itu miliknya, keduanya harus membawanya ke hadapan Allah. Siapa pun yang Allah nyatakan bersalah harus membayar dua kali lipat kepada temannya.

22:10 Jika seseorang menitipkan keledai, atau sapi, atau domba, atau hewan apa pun kepada temannya agar dia menjaganya, lalu hewan itu mati atau terluka, atau diambil orang tanpa ada seorang pun yang melihatnya,

22:11 harus ada sumpah di antara mereka demi TUHAN bahwa dia tidak mengulurkan tangannya atas milik temannya itu, dan pemiliknya harus menerimanya, dan dia tidak perlu membayar ganti rugi.

22:12 Namun, jika hewan itu benar-benar dicuri darinya, dia harus membayar ganti rugi kepada pemiliknya.

22:13 Jika hewan itu benar-benar tercabik-cabik, biarlah dia membawanya sebagai bukti sehingga dia tidak perlu membayar ganti rugi atas apa yang telah tercabik-cabik itu.

22:14 Jika seseorang meminjam hewan apa pun dari temannya, lalu hewan itu terluka atau mati ketika pemiliknya tidak bersama dengannya, orang itu benar-benar harus membayar ganti rugi.

22:15 Namun, jika pemiliknya ada bersama dengan hewan itu, orang itu tidak perlu membayar ganti rugi. Jika hewan itu disewa, itu sudah mencakup biaya sewanya.

22:16 Jika seorang laki-laki merayu seorang gadis yang belum bertunangan untuk tidur dengannya, dia harus membelinya sebagai istrinya.

22:17 Jika ayah gadis itu menolak untuk memberikan anaknya kepada laki-laki itu, dia harus membayar sejumlah uang berdasarkan maskawin seorang gadis.

Peraturan tentang Dosa yang Keji

22:18 Kamu tidak boleh membiarkan seorang perempuan penyihir hidup.

22:19 Siapa pun yang bersetubuh dengan hewan harus dihukum mati.

22:20 Siapa pun yang berkurban bagi ilah-ilah lain, selain bagi TUHAN semata, dia harus dibinasakan.

Peraturan tentang Orang-Orang Lemah

22:21 Kamu tidak boleh menindas orang asing ataupun menekannya karena dahulu kamu juga adalah orang asing di tanah Mesir.

22:22 Kamu tidak boleh menganiaya seorang janda atau anak yatim.

22:23 Jika kamu menganiaya mereka dengan cara apa pun, lalu mereka berseru kepada-Ku, Aku akan benar-benar mendengarkan seruan mereka,

22:24 dan murka-Ku akan menyala-nyala, lalu Aku akan membunuhmu dengan pedang sehingga istri-istrimu akan menjadi janda dan anak-anakmu menjadi yatim.

22:25 Jika kamu meminjamkan uang kepada umat-Ku yang miskin di antaramu, kamu tidak boleh bertindak seperti penagih utang terhadapnya dan kamu juga tidak boleh menetapkan bunga kepadanya.

22:26 Jika kamu mengambil jubah temanmu sebagai jaminan utang, kamu harus mengembalikan itu kepadanya sebelum matahari terbenam,

22:27 sebab mungkin hanya itulah penutup tubuhnya, itulah pakaian bagi kulitnya, jadi dengan apakah dia akan tidur? Lalu, akan terjadi, ketika dia berseru kepada-Ku, Aku akan mendengarkannya sebab Aku ini murah hati.

Peraturan-Peraturan Lain

22:28 Kamu tidak boleh mengutuk Allah ataupun pemimpin bangsamu.

22:29 Kamu tidak boleh menangguhkan persembahan dari hasil panenmu dan hasil anggurmu. Kamu harus menyerahkan anak laki-laki sulungmu kepada-Ku.

22:30 Demikianlah kamu juga harus melakukannya dengan sapi-sapimu dan dengan domba-dombamu. Selama 7 hari, hewan itu akan tinggal dengan induknya, lalu kamu harus menyerahkannya kepada-Ku pada hari kedelapan.

22:31 Kamu harus menjadi umat yang kudus bagi-Ku. Sebab itu, kamu tidak boleh makan daging apa pun yang dicabik-cabik oleh binatang di padang, melainkan kamu harus melemparkannya kepada anjing.”

AlkiPEDIA AlkiPEDIA

Penjelasan Singkat

Hukum mengenai pencurian

Isi Pasal

Peraturan tentang hak atas kepemilikan; kejahatan menentang kemanusiaan.

Garis Besar

22:1 Tentang pencuri.
22:5 Tentang kerusakan.
22:7 Tentang pencurian.
22:14 Tentang meminjam.
22:16 Tentang perzinahan.
22:18 Tentang ilmu sihir.
22:19 Tentang sifat kebinatangan.
22:20 Tentang penyembahan berhala.
22:21 Tentang orang asing, janda, dan anak yatim.
22:25 Tentang riba.
22:26 Tentang gadai.
22:28 Tentang penghormatan kepada hakim.
22:29 Tentang persembahan sulung.
22:31 Tentang binatang yang diterkam.

Judul Perikop

Peraturan tentang jaminan harta sesama manusia (22:1-17)
Peraturan tentang dosa yang keji (22:18-20)
Peraturan tentang orang-orang yang tidak mampu (22:21-27)
Berbagai-bagai peraturan (22:28-31)

Tokoh

Allah, Musa.

Nama dan Tempat

Allah, Mesir, TUHAN

Kesimpulan

Sikap manusia kepada sesamanya akan didasarkan pada sikapnya kepada Allah dan hukum-Nya.

Fakta

Seseorang terjebak dengan beberapa hal yang dilarang. Larangan-larangan ini mengungkapkan natur manusia itu sendiri. Semua ini berubah di Perjanjian Baru melalui pengorbanan Kristus.

Dengar

Program Studi Alkitab

Keluaran 22-23 (Keluaran 22:1--23:33)
Kebenaran Abadi

Nonton

The Bible Project: Ringkasan: Keluaran 19-40 (Keluaran 19-40)

Playlist:

THE BIBLE PROJECT
ALKITAB VIDEO BERGAMBAR
BaDeNo PLUS
loader
Tampilkan Semua
1. Jika seseorang membunuh seorang pencuri setelah matahari terbit, siapa yang bersalah? [Kel 22:2,3]
Jika matahari telah terbit sebelum pencuri menerobos masuk, kesalahan karena pembunuhan akan melekat pada orang yang membunuhnya [Kel 22:2,3]
2. Jika seorang pencuri tidak memiliki apa-apa, apa ganti ruginya? [Kel 22:3]
Jika seorang pencuri tidak memiliki apa-apa, maka ia harus dijual atas curiannya. [Kel 22:3]
3. Jika seseorang menitipkan uang atau barang kepada tetangganya untuk disimpan, dan jika dicuri dari rumah orang itu, tetapi pencurinya tidak ditemukan, apa yang akan terjadi? [Kel 22:7,8]
Jika seseorang menitipkan uang atau barang kepada tetangganya untuk disimpan, dan jika dicuri dari rumah orang itu, jika pencuri itu ditemukan, pencuri itu harus membayar dua kali lipat. Tetapi jika pencuri tidak ditemukan, maka pemilik rumah harus datang di hadapan para hakim untuk melihat apakah dia telah mengambil di milik tetangganya [Kel 22:7,8]
4. Jika seseorang menitipkan tetangganya keledai, lembu, domba, atau binatang apa pun untuk disimpan, dan jika mati atau terluka atau terbawa tanpa ada yang melihatnya, apa ganti ruginya? [Kel 22:10,11]
Jika seseorang menitipkan tetangganya keledai, lembu, domba, atau binatang apa pun untuk disimpan, dan jika mati atau terluka atau terbawa tanpa ada yang melihatnya, orang yang lain tidak perlu memberi ganti rugi [Kel 22:10,11]
5. Jika seorang laki-laki merayu seorang perawan yang bukan tunangannya, dan jika dia melakukan hubungan seksual dengannya, bagaimanakah dia seharusnya menjadikan dia istrinya? [Kel 22:16]
Jika seorang laki-laki merayu seorang gadis yang bukan tunangannya, dan jika dia melakukan hubungan seksual dengannya, dia harus menjadikannya istri dengan membayar mas kawin seorang gadis sesuai yang diminta [Kel 22:16]
6. Mengapa bangsa Israel tidak boleh menipu orang asing? [Kel 22:21]
Orang Israel tidak boleh menipu orang asing atau menindasnya, karena mereka adalah orang asing di tanah Mesir. [Kel 22:21]
7. Apa yang akan terjadi jika bangsa Israel jahat pada seorang janda atau anak yatim? [Kel 22:22,23,24]
Jika bangsa Israel jahat kepada mereka semua, dan jika mereka berseru kepada TUHAN, Dia pasti akan mendengar seruan mereka. AmarahNya akan meluap, dan Dia akan membunuh mereka dengan pedang; istri mereka akan menjadi janda, dan anak-anak mereka akan menjadi yatim. [Kel 22:22,23,24]
8. Jika seseorang mengambil pakaian tetangganya sebagai jaminan, kapan dia harus mengembalikannya kepada pemiliknya? [Kel 22:26]
Jika seseorang mengambil pakaian tetangganya sebagai jaminan, dia harus mengembalikannya sebelum matahari terbenam. [Kel 22:26]
9. Daging apa yang tidak boleh dimakan oleh bangsa Israel? Apa yang harus mereka lakukan dengannya? [Kel 22:31]
Orang Israel tidak boleh makan daging apa pun yang dirobek oleh binatang di ladang. Sebaliknya, mereka harus membuangnya ke anjing-anjing [Kel 22:31]
loader
loader
Studi lebih lanjut kunjungi situs: Alkitab SABDA.
loader
Komunitas BaDeNo merupakan wadah yang disediakan oleh Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) untuk saling berbagi hasil PA (BaDeNo). Hasil PA ini bisa dibagikan melaui Facebook Group:  Alkitab Setiap Hari, dan WhatsApp Group:  BaDeNo Perjanjian Lama dan  BaDeNo Perjanjian Baru.
Mari join bersama dengan kami melalui:
- Email: ylsa@sabda.org
- WA: 0881-2979-100
- Formulir: https://bit.ly/FeedbackBadeno
BaDeNo PL
BaDeNo PB
Alkitab Setiap Hari
#ayo_pa! #ayo_pa!