Baca

Keluaran 18:1-27

Nasihat Mertua Musa

18:1 Ketika Yitro, imam di Midian, ayah mertua Musa, mendengar segala yang telah Allah lakukan bagi Musa dan bagi Israel, umat-Nya, yaitu bahwa TUHAN telah membawa Israel keluar dari Mesir,

18:2 maka Yitro, ayah mertua Musa itu, membawa Zipora, istri Musa, yang dahulu disuruhnya pulang,

18:3 beserta dua anak laki-lakinya. Yang seorang bernama Gersom, sebab kata Musa, “Aku telah menjadi pendatang di negeri asing,”

18:4 dan yang seorang bernama Eliezer, sebab katanya, “Allah ayahku adalah pertolonganku dan yang melepaskanku dari pedang Firaun.”

18:5 Yitro, ayah mertua Musa, datang kepada Musa beserta anak-anak laki-lakinya dan istrinya di padang belantara, tempat dia berkemah di gunung Allah.

18:6 Dia mengirimkan pesan kepada Musa, “Aku Yitro, ayah mertuamu, datang kepadamu beserta istrimu dan dua anak laki-lakimu.”

18:7 Musa pun keluar untuk menemui ayah mertuanya, kemudian dia bersujud dan menciumnya, mereka saling menanyakan keadaan mereka, lalu mereka masuk ke tenda.

18:8 Musa menceritakan kepada Yitro, ayah mertuanya, segala yang telah TUHAN lakukan terhadap Firaun demi Israel, dan segala kesukaran yang telah menimpa mereka dalam perjalanan, dan bagaimana TUHAN telah menyelamatkan mereka.

18:9 Yitro bersukacita atas segala kebaikan yang TUHAN lakukan terhadap Israel, yang telah Dia lepaskan dari tangan orang Mesir.

18:10 Yitro berkata, “Terpujilah TUHAN yang telah melepaskanmu dari tangan orang Mesir dan dari tangan Firaun, dan yang telah melepaskan bangsa ini dari bawah tangan orang Mesir.

18:11 Sekarang, aku tahu bahwa TUHAN lebih besar daripada semua ilah, sebab dalam hal ini, orang-orang itu telah bertindak angkuh terhadap mereka.”

18:12 Yitro ayah mertua Musa, membawa persembahan bakaran dan kurban bagi Allah. Kemudian, Harun datang beserta semua tua-tua Israel untuk makan roti bersama dengan ayah mertua Musa di hadapan Allah.

Penetapan Hakim-Hakim

18:13 Pada hari berikutnya, Musa duduk untuk mengadili bangsa itu, dan bangsa itu berdiri di hadapan Musa dari pagi sampai sore.

18:14 Ketika ayah mertua Musa melihat semua yang dilakukannya terhadap bangsa itu, dia bertanya, “Apakah yang telah kamu lakukan terhadap bangsa ini? Mengapa kamu sendiri yang duduk sedangkan seluruh bangsa itu berdiri di hadapanmu dari pagi sampai sore?”

18:15 Musa berkata kepada ayah mertuanya, “Sebab, bangsa ini datang kepadaku untuk mencari Allah.

18:16 Ketika ada perkara di antara mereka, mereka datang kepadaku agar aku menghakimi yang satu dengan yang lain, dan aku memberitahukan ketetapan Allah dan hukum-hukum-Nya kepada mereka.”

18:17 Ayah mertua Musa berkata kepadanya, “Yang kaulakukan itu tidak baik.

18:18 Kamu pasti benar-benar lelah, baik kamu maupun bangsa ini yang bersamamu, sebab ini terlalu berat bagimu dan engkau tidak akan sanggup melakukannya seorang diri.

18:19 Sekarang, dengarkanlah suaraku, aku akan menasihatimu, dan Allah akan menyertaimu. Kamu harus mewakili bangsa ini di hadapan Allah dan membawa perkara-perkara mereka kepada Allah,

18:20 dan kamu harus mengajarkan kepada mereka tentang ketetapan dan hukum-hukum itu, dan harus memberitahukan kepada mereka mengenai jalan yang harus mereka tempuh dan apa yang harus mereka lakukan.

18:21 Selain itu, kamu harus memilih orang-orang yang cakap dari antara bangsa itu, orang yang takut akan Allah, orang-orang benar, dan membenci laba hasil kecurangan. Lalu, tunjuklah beberapa orang di antara mereka untuk menjadi pemimpin seribu orang, pemimpin seratus orang, pemimpin lima puluh orang, dan pemimpin sepuluh orang.

18:22 Biarlah mereka yang menghakimi bangsa itu sewaktu-waktu. Mereka harus membawa setiap perkara yang besar kepadamu, sedangkan perkara yang kecil harus mereka adili sendiri. Jadi, hal ini akan lebih ringan bagimu dan mereka akan ikut menanggungnya bersamamu.

18:23 Jika kamu melakukan ini dan Allah memang memerintahkan demikian kepadamu, kamu akan sanggup menanggungnya dan seluruh bangsa ini juga akan kembali ke tempatnya masing-masing dengan sejahtera.”

18:24 Musa mendengarkan suara ayah mertuanya dan melaksanakan seperti yang telah dikatakannya.

18:25 Musa memilih orang-orang yang cakap dari antara bangsa Israel dan menjadikan mereka pemimpin atas bangsa itu: pemimpin seribu orang, seratus orang, lima puluh orang, dan sepuluh orang.

18:26 Mereka menghakimi bangsa itu sewaktu-waktu. Mereka membawa perkara yang berat kepada Musa, sedangkan mereka dapat memutuskan sendiri untuk perkara-perkara yang kecil.

18:27 Tidak lama kemudian, Musa melepas ayah mertuanya pergi dan Yitro pun pulang ke negerinya sendiri.

AlkiPEDIA AlkiPEDIA

Penjelasan Singkat

Musa bertemu dengan istri dan anaknya

Isi Pasal

Musa berkumpul dengan istri dan anak-anaknya. Hakim-hakim dipilih untuk menyelesaikan permasalahan umat.

Garis Besar

18:1 Yitro membawa serta istri dan dua anak Musa.
18:7 Musa menjamunya makan, dan menceritakan kebaikan TUHAN.
18:9 Yitro bersukacita, memuliakan TUHAN, dan memberikan persembahan.
18:13 Dia memberikan nasihat yang bijak, yang diterima.
18:27 Yitro pergi.

Judul Perikop

Yitro mengunjungi Musa (18:1-12)
Pengangkatan hakim-hakim (18:13-27)

Tokoh

Allah, Musa, Harun, Yitro, Zipora, Gersom, Eliezer.

Nama dan Tempat

Allah, Eliezer, Firaun, Gersom, Harun, Israel, Mesir, Midian, Musa, TUHAN, Yitro, Zipora

Kesimpulan

Menceritakan pekerjaan Allah yang ajaib adalah baik untuk mengajarkan sukacita yang kita miliki, kiranya Allah dipuji, dari itu menegaskan kepada orang lain akan iman dan mendorong mereka untuk benar-benar menyembah.

Fakta

Akan diperhatikan (Bil. 11:14-17) bahwa Allah mengabaikan nasihat Yitro dan organisasi yang dikelolanya, meletakkan perintah Dia sendiri pada tempatnya (ay. 18). Kita bukan dipanggil untuk melayani berdasarkan kemampuan kita, tetapi kemampuan Kristus. Flp. 4:13.

Dengar

Program Studi Alkitab

Keluaran 18:1-19:3 (Keluaran 18:1--19:3)
Kebenaran Abadi

Playlist:



Nonton

The Bible Project: Ringkasan: Keluaran 1-18 (Keluaran 1-18)

Playlist:

THE BIBLE PROJECT
ALKITAB VIDEO BERGAMBAR
BaDeNo PLUS
loader
  • Yitro adalah imam Midian, ayah mertua Musa. (Kel 18:1)
  • Anak-anak lelaki Musa adalah Gersom dan Eliezer. (Kel 18:2)
  • Musa berkemah di padang gurun di gunung Allah ketika Yitro membawa anak-anak lelaki dan istri Musa kepadanya. (Kel 18:6)
  • Dia membungkuk, dan menciumnya. (Kel 18:7)
  • Yitro bersukacita atas semua kebaikan yang TUHAN telah lakukan untuk Israel, karena Ia telah menyelamatkan mereka dari kekuatan Mesir. (Kel 18:9)
  • Yitro tahu bahwa TUHAN lebih besar dari semua allah lain, karena ketika orang Mesir memperlakukan bangsa Israel dengan angkuh, Allah menyelamatkan umatNya. (Kel 18:11)
  • Harun dan semua tua-tua Israel datang untuk makan di hadapan Allah bersama ayah mertua Musa. (Kel 18:12)
  • Orang-orang berdiri di sekitar Musa dari pagi hingga sore. (Kel 18:13)
  • Orang-orang datang kepada Musa untuk meminta petunjuk Tuhan. Ketika mereka mengalami perselisihan, mereka datang kepadanya. (Kel 18:15,16)
  • Yitro mengatakan bahwa apa yang Musa lakukan tidak baik karena dia pasti akan melelahkan dirinya dan orang-orang yang datang kepadanya, karena bebannya terlalu berat baginya. Dia tidak bisa melakukannya sendirian. (Kel 18:17,18)
  • Yitro memberi tahu Musa untuk memilih orang-orang yang cakap dari seluruh umat, orang-orang yang menghormati Allah, orang-orang benar yang membenci keuntungan karena ketidakadilan. (Kel 18:21)
  • Orang-orang yang cakap itu akan menghakimi orang-orang dalam semua kasus rutin, tetapi untuk kasus-kasus sulit mereka akan membawanya kepada Musa. Untuk semua kasus kecil, mereka bisa mengadili sendiri. (Kel 18:22)
loader
loader
Komunitas BaDeNo untuk saling berbagi hasil PA (BaDeNo Paskah) terdapat dalam Facebook grup Alkitab Setiap Hari di link berikut ini: https://facebook.com/groups/alkitab.setiap.hari
loader
#ayo_pa! #ayo_pa!