Baca

Keluaran 17:1-16

Masa dan Meriba

17:1 Kemudian, seluruh jemaat keturunan Israel berjalan dari Padang Belantara Sin untuk menempuh tahap demi tahap perjalanan mereka, sebagaimana yang telah TUHAN perintahkan, dan berkemah di Rafidim, tetapi di sana tidak ada air untuk diminum oleh bangsa itu.

17:2 Karena itu, bangsa itu bertengkar dengan Musa dan berkata, “Berikan kami air supaya kami dapat minum!” Lalu, Musa berkata kepada mereka, “Mengapa kamu bertengkar denganku? Mengapa kamu mencobai TUHAN?”

17:3 Akan tetapi, bangsa itu haus akan air sehingga bangsa itu bersungut-sungut kepada Musa, katanya, “Mengapa engkau membawa kami keluar dari Mesir? Apakah untuk membunuh kami, anak-anak kami, dan ternak kami dengan dahaga?”

17:4 Musa pun berseru kepada TUHAN, katanya, “Apa yang harus aku lakukan terhadap bangsa ini? Mereka sudah siap untuk merajamku dengan batu.”

17:5 TUHAN pun menjawab Musa, “Berjalanlah di depan bangsa itu dan bawalah beberapa tua-tua Israel besertamu, juga tongkatmu yang kaupakai untuk memukul sungai, bawalah itu di tanganmu, lalu pergilah.

17:6 Lihat, Aku akan berdiri di depanmu di atas batu itu, di Horeb, dan kamu akan memukul batu itu, lalu air akan menyembur dari situ sehingga bangsa itu dapat minum.” Lalu, Musa melaksanakan hal itu di depan mata para tua-tua Israel.

17:7 Kemudian, dia menamakan tempat itu Masa dan Meriba karena pertengkaran dengan keturunan Israel dan karena mereka mencobai TUHAN dengan berkata, “Apakah TUHAN ada di tengah-tengah kita atau tidak?”

Orang Israel Mengalahkan Orang Amalek

17:8 Kemudian, orang Amalek datang dan berperang dengan orang Israel di Rafidim.

17:9 Musa pun berkata kepada Yosua, “Pilihlah beberapa orang bagi kita, lalu pergilah berperang melawan orang Amalek. Besok, aku akan berdiri di puncak bukit dengan tongkat Allah itu di tanganku.”

17:10 Yosua melakukan seperti yang dikatakan Musa kepadanya dan berperang melawan orang Amalek. Sementara itu, Musa, Harun, dan Hur naik ke puncak bukit.

17:11 Setiap kali Musa mengangkat tangannya, Israel menjadi kuat, tetapi ketika dia menurunkan tangannya, Amalek menjadi kuat.

17:12 Namun, tangan musa menjadi berat, lalu mereka mengambil batu dan meletakkannya di bawahnya sehingga Musa dapat duduk di situ. Kemudian, Harun dan Hur menopang tangannya, yang seorang di sisi yang satu, dan yang seorang di sisi yang lain agar tangan Musa tetap terangkat hingga matahari terbenam.

17:13 Itulah sebabnya, Yosua mengalahkan Amalek dan rakyatnya dengan mata pedang.

17:14 Kemudian, TUHAN berfirman kepada Musa, “Tulislah ini dalam sebuah kitab sebagai tanda peringatan dan taruhlah itu di telinga Yosua sebab Aku akan menghapuskan sama sekali ingatan akan Amalek dari bawah langit.”

17:15 Kemudian, Musa membangun sebuah mazbah dan menamakannya, “TUHAN adalah panji-panjiku,”

17:16 sebab katanya, “Tangan di atas panji-panji TUHAN! TUHAN akan berperang melawan Amalek turun-temurun.”

AlkiPEDIA AlkiPEDIA

Penjelasan Singkat

Musa membangun mezbah

Isi Pasal

Gunung batu yang dipukul di Meriba.

Garis Besar

17:1 Bangsa Israel bersungut-sungut meminta air di Rafidim.
17:6 TUHAN memberi mereka air dari gunung batu di Horeb.
17:7 Tempat itu dinamai Masa dan Meriba.
17:8 Orang Amalek dikalahkan oleh Yosua, ketika Musa mengangkat tangannya dengan tongkat Allah.
17:14 Amalek mengalami kehancuran; dan Musa mendirikan mezbah yang dinamai TUHANlah panji-panjiku.

Judul Perikop

Di Masa dan di Meriba (17:1-7)
Kemenangan orang Israel melawan orang Amalek (17:8-16)

Tokoh

Allah, Musa, Yosua, Harun, Hur.

Nama dan Tempat

Allah, Amalek, Harun, Horeb, Hur, Israel, Meriba, Mesir, Musa, Nil, Rafidim, Sin, TUHAN, Yosua

Kesimpulan

Diberi makan oleh Roti Hidup; disegarkan dengan Air Hidup (Yoh 7:37) berarti kemenangan orang percaya di dalam setiap konflik dengan dunia, kedagingan, dan iblis.

Fakta

Kristus adalah Batu Karang (1 Kor 10:4) Dia dipukul, dan yang dihasilkan dari pekerjaan-Nya yang sempurna adalah dicurahkannya Roh Kudus yang memberikan kuasa kepada semua orang yang percaya.

Dengar

Program Studi Alkitab

Keluaran 17 (Keluaran 17:1-16)
Kebenaran Abadi

Playlist:



Nonton

The Bible Project: Ringkasan: Keluaran 1-18 (Keluaran 1-18)

Playlist:

THE BIBLE PROJECT
ALKITAB VIDEO BERGAMBAR
BaDeNo PLUS
loader
  • Tidak ada air untuk diminum. Jadi orang menyalahkan Musa atas situasi mereka. (Kel 17:1,2)
  • Musa takut bahwa bangsa Israel siap melempari dia dengan batu. (Kel 17:4)
  • TUHAN menyuruh Musa untuk memukul batu itu dengan tongkatnya. Air akan keluar dari batu untuk orang-orang minum. (Kel 17:6)
  • Musa berdiri di atas bukit dengan tongkat Allah di tangannya. (Kel 17:9)
  • Sementara Musa mengangkat tangannya, Israel menang. Ketika dia membiarkan tangannya beristirahat, orang Amalek akan mulai menang. (Kel 17:11)
  • Harun dan Hur mengambil sebuah batu dan meletakkannya di bawahnya untuk dia duduki. Pada saat yang sama, Harun dan Hur mengangkat tangannya, satu orang di satu sisi tubuhnya, dan orang lain di sisi sebelahnya (Kel 17:12)
  • TUHAN menyuruh Musa menulis tentang pertempuran dalam sebuah buku, karena TUHAN akan sepenuhnya membinasakan orang Amalek dari bawah langit. (Kel 17:14)
loader
loader
Komunitas BaDeNo untuk saling berbagi hasil PA (BaDeNo Paskah) terdapat dalam Facebook grup Alkitab Setiap Hari di link berikut ini: https://facebook.com/groups/alkitab.setiap.hari
loader
#ayo_pa! #ayo_pa!