Baca

Keluaran 38:1-31

Pembuatan Mazbah Persembahan Bakaran

38:1 Bezaleel membuat mazbah persembahan bakaran dari kayu akasia yang panjangnya 5 hasta dan lebarnya 5 hasta, bentuknya persegi dengan tinggi 3 hasta.

38:2 Dia membuat tanduk-tanduk untuk empat sudutnya dan tanduk-tanduk dibuat seiras dengannya, lalu dia melapisinya dengan perunggu.

38:3 Dia membuat segala perkakas untuk mazbah itu, yaitu belanga-belanganya, sekop-sekopnya, bokor-bokornya, garpu-garpunya, dan perbaraannya; dia membuat segala perkakas itu dari perunggu.

38:4 Kemudian, dia membuat terali dari jala-jala perunggu di bawah pinggiran mazbah dari sebelah bawah sampai ke tengah-tengah mazbah itu.

38:5 Kemudian, dia menuang empat gelang untuk empat sudut terali perunggu itu sebagai tempat pengusung-pengusungnya.

38:6 Dia membuat pengusung-pengusung itu dari kayu akasia dan melapisinya dengan perunggu.

38:7 Dia memasukkan pengusung-pengusung itu ke dalam gelang-gelang yang ada di sisi mazbah yang dengannya mazbah itu dapat diusung. Dia membuat mazbah itu dari papan yang berongga.

38:8 Dia membuat bejana perunggu. Alasnya juga dibuat dari perunggu yang diperoleh dari cermin-cermin para perempuan yang melayani di pintu tenda pertemuan.

Pembuatan Pelataran Tenda Suci

38:9 Selanjutnya, Bezaleel membuat pelataran. Di sisi selatan, tirai pelataran itu terbuat dari linen halus yang dipintal yang panjangnya 100 hasta,

38:10 dengan dua puluh tiang dan dua puluh alasnya yang terbuat dari perunggu. Kaitan tiang-tiang itu dan penyambungnya terbuat dari perak.

38:11 Tirai di sisi utara panjangnya 100 hasta, dengan dua puluh tiang dan dua puluh alasnya yang terbuat dari perunggu. Pada sisi utara, juga terdapat tirai sepanjang seratus hasta, dua puluh tiang penyangga tirai, dan dua puluh alasnya yang terbuat dari perunggu. Kaitan tiang-tiang itu dan penyambungnya terbuat dari perak.

38:12 Di sisi barat, terdapat tirai berukuran 50 hasta dengan sepuluh tiang dan sepuluh alasnya. Kaitan tiang-tiang itu dan penyambungnya terbuat dari perak.

38:13 Untuk sisi timur, ukurannya juga 50 hasta.

38:14 Tirai-tirai untuk satu sisi gerbang berukuran 15 hasta dengan tiga tiang dan tiga alasnya.

38:15 Begitu pula untuk sisi yang satunya. Pada dua sisi gerbang pelataran itu terdapat tirai berukuran 15 hasta dengan tiga tiang dan tiga alasnya.

38:16 Semua tirai di sekeliling pelataran terbuat dari linen halus yang dipintal.

38:17 Alas tiang-tiangnya terbuat dari perunggu, kaitan tiang-tiang dan penyambung-penyambungnya terbuat dari perak, dan lapisan bagian atasnya terbuat dari perak. Semua tiang pelataran itu tersambung dengan perak.

38:18 Tirai gerbang untuk pelataran itu adalah karya seorang penyulam yang terbuat dari kain biru, kain ungu, kain kirmizi, dan linen halus yang dipintal. Panjangnya adalah 20 hasta dan lebarnya adalah 5 hasta, sama dengan tirai-tirai pelataran.

38:19 Empat tiang dan empat alasnya terbuat dari perunggu, kaitan tiang-tiangnya dari perak, dan lapisan bagian atasnya maupun penyambung-penyambungnya terbuat dari perak.

38:20 Semua patok untuk Tenda Suci dan untuk pelataran di sekelilingnya terbuat dari perunggu.

Biaya untuk Mendirikan Tenda Suci

38:21 Inilah jumlah segala sesuatu untuk Tenda Suci, yaitu Tenda Kesaksian, yang dihitung berdasarkan perintah Musa sebagai pelayanan dari orang Lewi, di bawah pimpinan Itamar, anak Imam Harun.

38:22 Bezaleel anak Uri, anak Hur, dari suku Yehuda mengerjakan segala sesuatu yang diperintahkan TUHAN kepada Musa.

38:23 Bersama dengan dia ada Aholiab, anak Ahisamakh, dari suku Dan, orang yang ahli dalam mengukir, dan merancang, dan menyulam kain biru, kain ungu, dan kain kirmizi, dan linen halus.

38:24 Seluruh jumlah emas yang digunakan dalam pekerjaan itu, berkaitan dengan segala pekerjaan tempat kudus itu, termasuk emas persembahan adalah 29 talenta dan 730 syikal, menurut ukuran syikal tempat kudus.

38:25 Jumlah perak dari jemaat yang terhitung adalah 100 talenta dan 1.775 syikal, menurut ukuran syikal tempat kudus,

38:26 satu beka per orang, yaitu setengah syikal, menurut syikal tempat kudus, untuk setiap orang yang terhitung, mulai dari yang berumur 20 tahun ke atas, yaitu 603.550 orang.

38:27 Seratus talenta perak digunakan untuk menuang alas-alas tempat kudus dan alas-alas tirai; seratus alas dari seratus talenta, satu talenta untuk satu alas.

38:28 Dari 1.775 syikal perak, dia membuat kaitan-kaitan tiang, dan melapisi bagian atasnya, lalu menyambungkannya.

38:29 Jumlah persembahan unjukan yang berupa perunggu adalah 70 talenta dan 2.400 syikal.

38:30 Dengan itu, dia membuat alas untuk pintu tenda pertemuan, mazbah perunggu, dan jala-jala perunggunya, dan segala perkakas mazbah,

38:31 dan alas-alas untuk pelataran di sekelilingnya, dan alas untuk gerbang pelataran, termasuk semua patok Tenda Suci dan patok-patok di sekeliling pelataran.

AlkiPEDIA AlkiPEDIA

Penjelasan Singkat

Jumlah persembahan

Isi Pasal

Mezbah untuk korban bakaran, bejana pembasuhan, pelataran, dan pintu.

Garis Besar

38:1 Mezbah korban bakaran.
38:8 Bejana pembasuhan.
38:9 Pelataran, dan layar-layarnya.
38:21 Jumlah dari apa yang dipersembahkan oleh jemaat, dan penggunaannya.

Judul Perikop

Membuat mezbah korban bakaran (38:1-7)
Membuat bejana pembasuhan (38:8-8)
Membuat pelataran (38:9-20)
Biaya untuk mendirikan Kemah Suci (38:21-31)

Tokoh

Allah, Musa, Bezaleel, Aholiab, Itamar.

Nama dan Tempat

Ahisamakh, Aholiab, Allah, Bezaleel, Dan, Harun, Hur, Itamar, Kemah Pertemuan, Kemah Suci, Lewi, Musa, TUHAN, Uri, Yehuda

Kesimpulan

Sama dengan pasal 37.

Fakta

Di mezbah untuk korban bakaran semua persembahan dilakukan. Mezbah adalah gambaran salib Kalvari dimana Kristus, korban bakaran kita seutuhnya, menyerahkan diri-Nya tanpa cela kepada Allah (Ibr. 9:14).

Dengar

Program Studi Alkitab

Keluaran 38 (Keluaran 38:1-31)
Kebenaran Abadi

Playlist:



Nonton

The Bible Project: Baca Alkitab: Keluaran Ps. 19-40 (Keluaran 19--40)

Playlist:

THE BIBLE PROJECT
ALKITAB VIDEO BERGAMBAR
BaDeNo PLUS
loader
loader
loader
Komunitas BaDeNo untuk saling berbagi hasil PA terdapat dalam page Facebook di link berikut ini: https://www.facebook.com/sabda.org/
#ayo_pa! #ayo_pa!