Sembunyikan Semua (-)
Baca

Imamat 5:1-19

Jenis Dosa yang Tidak Disengaja

5:1 “Jika seseorang berdosa karena mendengar suara kutukan dan dia adalah saksi, entah dia melihat atau mengetahuinya, tetapi dia tidak mau mengatakannya, dialah yang harus menanggung kesalahannya.

5:2 Atau, jika seseorang menyentuh sesuatu yang najis, baik bangkai binatang buas, bangkai ternak yang najis, maupun bangkai binatang mengeriap yang najis, meskipun dia tidak mengetahuinya, dia juga menjadi najis dan bersalah,

5:3 atau, jika seseorang menyentuh kenajisan manusia, apa pun bentuk kenajisan yang dapat membuatnya menjadi najis, meskipun dia tidak mengetahuinya, dia pun bersalah,

5:4 atau, jika seseorang bersumpah secara gegabah dengan bibirnya untuk melakukan yang jahat atau melakukan yang baik, tetapi hal itu tersembunyi baginya, ketika dia telah mengetahuinya, dia pun bersalah atas salah satu dari perkara-perkara itu.

5:5 Jadi, jika seseorang menjadi bersalah karena salah satu dari perkara-perkara tersebut, dia harus mengakui dosa yang telah diperbuatnya itu.

5:6 Dia juga harus membawa persembahan penebus salahnya kepada TUHAN karena dosa yang telah membuatnya berdosa itu, yaitu anak domba betina atau anak kambing betina dari kawanannya sebagai persembahan penghapus dosa. Lalu, imam harus mengadakan pendamaian bagi orang itu atas dosanya.

5:7 Namun, jika dia tidak mampu menyediakan seekor anak domba, dia harus membawa persembahan penebus salah kepada TUHAN karena dosa yang telah dilakukannya itu, yaitu dua ekor burung tekukur atau dua ekor burung merpati muda, yang seekor untuk persembahan penghapus dosa, dan yang seekor untuk persembahan bakaran.

5:8 Dia harus membawanya kepada imam, yang terlebih dahulu harus mempersembahkan persembahan penghapus dosa dan harus memuntir kepalanya dari pangkal lehernya, tetapi tidak boleh sampai terputus.

5:9 Dia harus memercikkan sebagian darah persembahan penghapus dosa itu ke sisi mazbah, sedangkan sisa darahnya harus diperas keluar, ke alas mazbah, itulah persembahan penghapus dosa.

5:10 Kemudian, imam harus mengolah yang seekor lagi sebagai persembahan bakaran sesuai dengan peraturan. Jadi, imam harus mengadakan pendamaian demi orang itu atas dosa yang telah diperbuatnya itu supaya dia diampuni.

5:11 Namun, jika orang itu tidak mampu memberikan dua ekor burung tekukur atau dua burung merpati, orang yang telah berdosa itu harus membawa persembahannya, yaitu sepersepuluh efa tepung halus sebagai persembahan penghapus dosa. Dia tidak boleh menuangkan minyak atau membubuhkan kemenyan ke atasnya sebab itu adalah persembahan penghapus dosa.

5:12 Dia harus membawanya kepada imam dan imam harus mengambil segenggam dari tepung itu sebagai bagian peringatan, lalu membakarnya di atas mazbah bersama persembahan dengan api untuk TUHAN, itulah persembahan penghapus dosa.

5:13 Demikianlah imam harus mengadakan pendamaian bagi orang itu atas dosa yang dilakukannya dalam salah satu perkara-perkara tersebut, dan hal itu akan membuatnya diampuni. Lalu, sisanya harus menjadi bagian untuk imam, sama seperti persembahan sajian.”

5:14 Kemudian, TUHAN berfirman kepada Musa, firman-Nya,

5:15 “Ketika seseorang melakukan pelanggaran dan berdosa dalam ketidaksengajaan sehubungan dengan hal-hal kudus milik TUHAN, dia harus membawa persembahan penebus salahnya kepada TUHAN, yaitu seekor domba jantan yang tidak bercacat dari kawanannya yang ditaksir menurut ukuran syikal perak, yaitu berdasarkan syikal tempat kudus untuk persembahan penebus salah.

5:16 Dia harus membayar ganti rugi atas dosa yang dilakukannya terhadap hal-hal kudus tersebut dan harus menambahkan seperlimanya untuk diberikan kepada imam. Lalu, imam akan mengadakan pendamaian untuknya dengan domba jantan persembahan penebus salah dan hal itu akan membuatnya diampuni.

5:17 Jika seseorang berdosa dan melakukan salah satu hal yang dilarang TUHAN, meskipun dia tidak mengetahuinya, dia tetap bersalah dan harus menanggung kesalahannya.

5:18 Dia harus membawa kepada imam seekor domba jantan yang tidak bercacat dari kawanannya berdasarkan taksirannya sebagai persembahan penebus salah. Dengan begitu, imam akan mengadakan pendamaian baginya atas kesalahan yang dilakukannya dalam ketidaksengajaan sehingga dia tidak mengetahuinya, dan hal itu akan membuatnya diampuni.

5:19 Itulah kurban penebus salah karena dia memang benar-benar bersalah di hadapan TUHAN.”

AlkiPEDIA AlkiPEDIA

Penjelasan Singkat

Korban penebus salah

Isi Pasal

Aturan tentang korban penebus salah.

Garis Besar

5:1 Orang yang berdosa dengan menyembunyikan apa yang diketahuinya;
5:2 dosa ketika menyentuh barang yang najis;
5:4 atau ketika bersumpah.
5:6 Tebusan salahnya, dari domba atau kambing;
5:7 atau burung;
5:11 atau tepung.
5:14 Tebusan salah dalam hal kudus;
5:17 dan berdosa tanpa mengetahuinya.

Judul Perikop

Korban penebus salah (5:14--6:7)

Tokoh

Allah, Musa.

Nama dan Tempat

Musa, TUHAN

Kesimpulan

Bahkan ketika seseorang tanpa sengaja melanggar hukum Allah, pemulihan seluruhnya harus dilakukan, yang hanya mungkin terjadi melalui persembahan korban.

Fakta

Pasal ini mengajar kepada kita bahwa kita semua harus berdoa bersama Daud, "Sucikanlah aku dari dosa yang tersembunyi."

Dengar

Program Studi Alkitab

Imamat 5 (Imamat 5:1-19)
Kebenaran Abadi

Nonton

The Bible Project: Ringkasan: Imamat (Imamat 1-27)

Playlist:

THE BIBLE PROJECT
ALKITAB VIDEO BERGAMBAR
Semua Kitab Suci -- Kebenaran Abadi
Imamat - Episode 134 (Pasal 4-5) [Durasi: 29:30]
BaDeNo PLUS
loader
Tampilkan Semua
1. Apa jenis dosa yang tidak disengaja yang kesalahannya harus ditanggung orang tersebut? [Im 5:1]
Jika seseorang bersalah dengan tidak bersaksi mengenai sesuatu yang sudah dia ketahui, orang tersebut harus menanggung kesalahannya [Im 5:1]
2. Apakah sebutan untuk orang yang menyentuh sesuatu yang dinyatakan TUHAN sebagai kenajisan? [Im 5:2]
Jika seseorang menyentuh sesuatu yang dinyatakan TUHAN sebagai kenajisan, maka orang itu menjadi najis dan bersalah [Im 5:2]
3. Apakah dua hal yang harus dilakukan oleh orang yang bersalah? [Im 5:5,6]
Orang yang bersalah harus mengakui kesalahan-kesalahannya dan membawa korban penghapus dosa kepada TUHAN [Im 5:5,6]
4. Binatang apakah yang harus dipersembahkan sebagai korban penghapus dosa? [Im 5:6]
Domba betina atau kambing betina yang harus dipersembahkan sebagai korban penghapus dosa [Im 5:6]
5. Jika seseorang tidak mampu memberikan seekor anak domba, apakah yang bisa ia persembahkan sebagai korban penghapus dosa? [Im 5:7]
Jika seseorang tidak mampu memberikan seekor anak domba, ia dapat mempersembahkan dua ekor burung tekukur atau dua burung merpati [Im 5:7]
6. Jika tidak mampu memberikan dua ekor merpati, apakah yang bisa ia bawa sebagai korban penghapus dosa? [Im 5:11]
Jika tidak mampu memberikan dua ekor merpati, orang itu dapat membawa sepersepuluh efa tepung tanpa minyak atau kemenyan [Im 5:11]
7. Korban apakah yang harus dibawa jika seseorang gagal melakukan perintah dan berdosa dengan tidak membayar sesuatu yang diharuskan TUHAN? [Im 5:15]
Korban ini haruslah seekor domba jantan yang tidak bercacat dari ternaknya, yang seharga 1 syikal [Im 5:15]
loader
loader
Studi lebih lanjut kunjungi situs: Alkitab SABDA.
loader
loader
Komunitas BaDeNo merupakan wadah yang disediakan oleh Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) untuk saling berbagi hasil PA (BaDeNo). Hasil PA ini bisa dibagikan melalui:
BaDeNo PB
BaDeNo PL
Alkitab Setiap Hari
Mari join bersama dengan kami melalui:
#ayo_pa! #ayo_pa!