Sembunyikan Semua (-)
Baca

Imamat 23:1-44

Hari-Hari Raya Khusus

23:1 TUHAN berfirman kepada Musa,

23:2 “Katakanlah kepada umat Israel: ‘Inilah perayaan yang ditetapkan TUHAN yang harus kamu nyatakan sebagai pertemuan kudus, semua ini perayaan yang Aku tetapkan:

Hari Sabat

23:3 Kamu boleh bekerja selama enam hari, tetapi hari yang ketujuh merupakan Sabat, hari peristirahatan penuh. Kamu harus menggunakan hari itu sebagai hari pertemuan kudus. Kamu tidak boleh melakukan pekerjaan apa pun pada hari itu. Sebab, itu adalah hari Sabat bagi TUHAN di seluruh kediamanmu.

Hari Pesakh

23:4 Inilah hari yang ditetapkan TUHAN sebagai pertemuan kudus, yang harus kamu nyatakan pada hari yang telah ditetapkan.

23:5 Petang hari, hari ke-14 bulan pertama adalah Hari Pesakh TUHAN.

Hari Raya Roti Tidak Beragi

23:6 Pada hari ke-15 bulan yang sama adalah hari raya Roti Tidak Beragi bagi TUHAN. Kamu harus makan roti tidak beragi selama tujuh hari.

23:7 Pada hari pertama perayaan itu, kamu harus mengadakan pertemuan kudus. Jangan melakukan pekerjaan berat pada hari itu.

23:8 Selama tujuh hari kamu harus mempersembahkan kurban bakaran kepada TUHAN. Pada hari ketujuh, kamu harus mengadakan pertemuan kudus. Janganlah melakukan semua pekerjaan yang berat.’”

Hari Raya Panen Pertama

23:9 TUHAN berfirman kepada Musa,

23:10 “Katakanlah kepada umat Israel: Ketika kamu memasuki negeri yang akan Kuberikan kepadamu dan menuai panen negeri itu, kamu harus membawa seikat hasil panen pertamamu kepada imam.

23:11 Imam akan mengunjukkan berkas itu di hadapan TUHAN agar dikenan. Imam harus mengunjukkannya setelah hari Sabat.

23:12 Pada hari kamu mengunjukkan berkas itu, kamu harus mempersembahkan domba jantan berumur setahun yang tidak bercacat sebagai kurban bakaran bagi TUHAN.

23:13 Kamu juga harus mempersembahkan kurban sajian berupa 2/10 efa tepung halus, yang dicampur dengan minyak sebagai kurban bakaran yang baunya menyenangkan bagi TUHAN. Itu harus dipersembahkan bersama kurban curahan yang berupa 1/4 hin anggur.

23:14 Jangan makan roti, atau biji-bijian, atau gandum baru itu, sebelum kamu memberikan persembahan kepada Allahmu. Peraturan ini berlaku selamanya, dari generasi ke generasi, di mana pun kamu tinggal.

Hari Raya Pentakosta

23:15 Setelah hari Sabat, yaitu setelah kamu membawa berkasmu sebagai persembahan unjukan, kamu harus menghitung sampai genap tujuh minggu.

23:16 Setelah genap tujuh minggu, kamu harus menghitung 50 hari lagi untuk mempersembahkan kurban sajian yang baru kepada TUHAN.

23:17 Pada hari itu, bawalah dua roti dari rumahmu sebagai persembahan unjukan. Roti itu harus dibuat dari 2/10 efa tepung halus, yang dipanggang dengan ragi sebagai hasil pertama bagi TUHAN.

23:18 Bersama roti itu, kamu harus mempersembahkan tujuh ekor domba berumur setahun yang tidak bercacat, seekor sapi jantan muda, dan dua ekor domba jantan. Hewan-hewan itu harus dipersembahkan sebagai kurban bakaran kepada TUHAN bersama kurban sajian dan kurban curahan. Itulah kurban bakaran yang harum baunya bagi TUHAN.

23:19 Kamu juga harus mempersembahkan seekor kambing jantan sebagai kurban penghapus dosa dan dua ekor domba jantan berumur setahun sebagai kurban pendamaian.

23:20 Lalu, imam harus mengunjukkan persembahan itu bersama roti dari hasil pertamamu sebagai persembahan unjukan di hadapan TUHAN, bersama kedua ekor domba tadi. Semua itu kudus bagi TUHAN. Itulah yang akan menjadi bagian imam.

23:21 Pada hari itu juga, kamu harus membuat satu pernyataan bahwa akan ada pertemuan kudus. Jangan melakukan pekerjaan berat pada hari itu. Ini akan menjadi peraturan yang berlaku selamanya, dari generasi ke generasi, di mana pun kamu tinggal.

23:22 Apabila kamu menuai hasil panen dari tanahmu, janganlah menuainya habis sampai ke tepi-tepi ladangmu. Jangan mengambil gandum yang telah jatuh ke tanah. Tinggalkanlah itu untuk orang miskin dan orang asing di negerimu. Akulah TUHAN, Allahmu.’”

Hari Raya Trompet

23:23 TUHAN berfirman kepada Musa,

23:24 “Katakanlah kepada umat Israel: ‘Pada hari pertama bulan ketujuh, kamu harus mengadakan hari perhentian penuh. Tiuplah trompet untuk mengingatkan umat bahwa itu adalah hari pertemuan kudus.

23:25 Janganlah melakukan pekerjaan berat pada hari itu, tetapi kamu harus mempersembahkan kurban bakaran kepada TUHAN.’”

Hari Raya Pendamaian

23:26 TUHAN berfirman kepada Musa,

23:27 ‘Tepat pada hari ke-10 bulan ketujuh adalah hari pendamaian. Itu harus menjadi hari pertemuan kudus bagimu. Kamu harus merendahkan diri dan mempersembahkan kurban bakaran kepada TUHAN.

23:28 Jangan melakukan pekerjaan apa pun pada hari itu, sebab hari itu adalah Hari Pendamaian untuk mengadakan pendamaian bagimu di hadapan TUHAN, Allahmu.

23:29 Jika ada seseorang yang tidak merendahkan dirinya pada hari itu, orang itu harus dilenyapkan dari antara umatnya.

23:30 Jika seseorang melakukan pekerjaan pada hari itu, Aku akan membinasakan orang itu dari antara umatnya.

23:31 Kamu tidak boleh melakukan pekerjaan apa pun. Ini harus menjadi peraturan untuk selamanya, dari generasi ke generasi, di mana pun kamu tinggal.

23:32 Hari itu harus menjadi Sabat, suatu perhentian penuh bagimu untuk merendahkan diri. Pada hari ke-9 bulan itu, kamu harus merayakan Sabat dari matahari terbenam sampai matahari terbenam.’”

Hari Raya Pondok Daun

23:33 TUHAN berfirman kepada Musa,

23:34 “Katakanlah kepada umat Israel: ‘Hari ke-15 bulan 7 adalah hari raya Pondok Daun bagi TUHAN selama tujuh hari.

23:35 Hari pertama dari ketujuh hari itu merupakan hari pertemuan kudus. Jangan melakukan pekerjaan berat pada hari itu.

23:36 Selama tujuh hari, kamu harus mempersembahkan kurban bakaran kepada TUHAN. Pada hari kedelapan, kamu harus mengadakan pertemuan kudus yang lain dan mempersembahkan kurban bakaran kepada TUHAN. Itu adalah pertemuan raya. Jangan melakukan pekerjaan berat pada hari itu.’”

23:37 Itulah hari-hari perayaan yang ditetapkan TUHAN, yang harus kamu nyatakan sebagai pertemuan kudus untuk mempersembahkan kurban bakaran kepada TUHAN. Kurban-kurban itu adalah kurban bakaran dan kurban sajian, kurban sembelihan dan kurban curahan, masing-masing sesuai dengan hari yang telah ditetapkan.

23:38 Semua hari raya itu adalah hari raya di luar hari Sabat TUHAN, di samping semua persembahan yang kamu berikan kepada TUHAN, kurban nazar, dan kurban sukarelamu.

23:39 Tepat pada hari ke-15 bulan ketujuh, saat kamu mengumpulkan panen yang dihasilkan tanahmu, kamu harus merayakan perayaan bagi TUHAN selama tujuh hari. Hari pertama dan hari kedelapan harus kamu jadikan sebagai hari peristirahatan penuh.

23:40 Pada hari pertama, kamu harus mengambil buah-buah dari pohon-pohon yang indah, pelepah pohon kurma, ranting-ranting pohon yang rindang, dan pohon gandarusa. Kamu harus bersukaria di hadapan TUHAN, Allahmu, selama tujuh hari.

23:41 Kamu harus merayakannya sebagai perayaan bagi TUHAN selama tujuh hari setiap tahun. Ini harus menjadi peraturan yang berlaku selamanya, dari generasi ke generasi. Kamu harus merayakannya pada bulan ketujuh.

23:42 Kamu harus tinggal di pondok-pondok selama tujuh hari. Semua orang Israel asli harus tinggal di dalam pondok,

23:43 supaya keturunanmu mengetahui bahwa Aku pernah menyuruh umat Israel tinggal di dalam pondok-pondok ketika Aku membawa mereka keluar dari negeri Mesir. Akulah TUHAN, Allahmu.’”

23:44 Demikianlah Musa mengumumkan kepada umat Israel semua perayaan bagi TUHAN itu.

AlkiPEDIA AlkiPEDIA

Penjelasan Singkat

Hari-hari raya TUHAN

Isi Pasal

Hari-hari raya Tuhan.

Garis Besar

23:1 Hari-hari raya TUHAN.
23:3 Hari Sabat.
23:4 Hari raya Paskah.
23:9 Berkat hasil pertama.
23:15 Hari raya Pentakosta.
23:22 Pungutan hasil disisakan untuk orang miskin.
23:23 Hari raya trompet.
23:26 Hari penebusan dosa.
23:33 Hari raya Pondok Daun.

Judul Perikop

Hari-hari raya (23:1-44)

Tokoh

Allah, Musa.

Nama dan Tempat

Allah, Israel, Mesir, Musa, Paskah, Pondok Daun, Roti Tidak Beragi, Sabat, TUHAN

Kesimpulan

Hari Sabat Tuhan berdiam di tengah kita akan menjadi keindahan, kekuatan, dan keselamatan mereka (dengan menjadikan hari pertama dari minggu itu dan menemui murid-murid-Nya berulang kali di hari itu, Kristus menetapkan hari itu sebagai pertemuan kudus).

Fakta

Sebagaimana diberikan kepada Israel, terdapat tujuh hari raya besar. Paskah, hari raya roti tidak beragi, hari raya hasil pertama, hari raya Pentakosta, hari raya meniup serunai, hari Pendamaian, hari raya Pondok Daun, - semua merupakan pertanda akan Kristus.

Dengar

Program Studi Alkitab

Imamat 23:1-14 (Imamat 23:1-14)
Kebenaran Abadi

Playlist:


Nonton

The Bible Project: Ringkasan: Imamat (Imamat 1-27)

Playlist:

THE BIBLE PROJECT
ALKITAB VIDEO BERGAMBAR
BaDeNo PLUS
loader
Tampilkan Semua
1. Apakah yang TUHAN katakan mengenai bekerja dan hari Sabat? [Im 23:3]
TUHAN berkata bahwa umat dapat bekerja selama enam hari lamanya, tetapi pada hari yang ketujuh, yaitu hari Sabat, semua harus beristirahat. [Im 23:3]
2. Perayaan apa yang dirayakan pada bulan pertama di hari yang ke empat belas? [Im 23:5]
Hari Paskah TUHAN harus dirayakan pada bulan pertama di hari yang ke empat belas. [Im 23:5]
3. Perayaan apa yang mengikuti Hari Paskah pada hari yang ke lima belas di bulan yang pertama? [Im 23:6]
Hari Raya Roti Tidak Beragi mengikuti Hari Paskah pada hari yang ke lima belas di bulan yang pertama. [Im 23:6]
4. Apa yang harus dibawa oleh umat kepada imam setelah panen pertama di negeri yang akan diberikan TUHAN? [Im 23:10]
Umat harus membawa seikat panen pertamanya kepada imam setelah panen pertama di negeri yang akan diberikan TUHAN. [Im 23:10]
5. Pada tanggal berapa TUHAN menentukan sebagai Hari Pendamaian? [Im 23:27]
TUHAN menentukan tanggal sepuluh di bulan yang ke tujuh sebagai Hari Pendamaian. [Im 23:27]
6. Apakah yang tidak boleh dilakukan umat di Hari Pendamaian? [Im 23:31]
Umat tidak boleh melakukan pekerjaan apapun di Hari Pendamaian. [Im 23:31]
7. Perayaan apa yang diadakan pada hari ke lima belas di bulan yang ke tujuh? [Im 23:33]
Hari Raya Pondok Daun dilakukan pada hari yang ke lima belas di bulan yang ke tujuh. [Im 23:33]
8. Apa yang harus umat gunakan untuk bersukacita selama Hari Raya Pondok Daun? [Im 23:40]
Umat harus menggunakan buah yang terbaik dari pohon-pohon, pelepah pohon palem, dan ranting pohon, dan pohon gandarusa dari pinggir sungai untuk bersukacita di hadapan TUHAN. [Im 23:40]
9. Di mana umat akan tinggal selama Hari Raya Pondok Daun? [Im 23:42]
Umat Israel harus tinggal di pondok-pondok selama tujuh hari di sepanjang Hari Raya Pondok Daun bagi TUHAN. [Im 23:42]
loader
loader
Studi lebih lanjut kunjungi situs: Alkitab SABDA.
loader
Komunitas BaDeNo merupakan wadah yang disediakan oleh Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) untuk saling berbagi hasil PA (BaDeNo). Hasil PA ini bisa dibagikan melaui Facebook Group:  Alkitab Setiap Hari, dan WhatsApp Group:  BaDeNo Perjanjian Lama dan  BaDeNo Perjanjian Baru.
Mari join bersama dengan kami melalui:
- Email: ylsa@sabda.org
- WA: 0881-2979-100
- Formulir: https://bit.ly/FeedbackBadeno
BaDeNo PL
BaDeNo PB
Alkitab Setiap Hari
#ayo_pa! #ayo_pa!