Baca

Imamat 12:1-8

Peraturan tentang Ibu yang Melahirkan

12:1 TUHAN berfirman kepada Musa, firman-Nya,

12:2 “Katakanlah kepada bangsa Israel perkataan ini: ‘Apabila seorang perempuan mengandung dan melahirkan anak laki-laki, dia akan najis selama tujuh hari, sebagaimana ketika datang bulan, dia menjadi najis.

12:3 Pada hari kedelapan, daging kulit khatan bayi itu harus disunat.

12:4 Perempuan itu harus tetap ada dalam penyucian nifasnya selama 33 hari. Dia tidak boleh menyentuh sesuatu yang dikuduskan atau masuk ke tempat kudus, sampai hari penyuciannya genap.

12:5 Akan tetapi, jika dia melahirkan bayi perempuan, dia menjadi najis selama 2 minggu, sebagaimana ketika datang bulan, dan dia harus tetap ada dalam masa penyucian dari nifasnya selama 66 hari.

12:6 Setelah masa penyuciannya genap, baik dia melahirkan anak laki-laki atau perempuan, dia harus membawa persembahan kepada imam di pintu tenda pertemuan, yaitu domba berumur setahun sebagai persembahan bakaran dan seekor merpati muda atau burung tekukur sebagai persembahan penghapus dosa.

12:7 Imam harus mempersembahkannya di hadapan TUHAN dan mengadakan pendamaian untuk perempuan itu karena lelehan darahnya. Itulah hukum bagi dia yang melahirkan bayi laki-laki atau perempuan.

12:8 Jika dia tidak mampu menyediakan domba, dia boleh membawa dua ekor burung tekukur atau dua ekor burung merpati muda. Yang seekor untuk persembahan bakaran dan yang seekor untuk persembahan penghapus dosa, lalu imam harus mengadakan pendamaian baginya sehingga dia menjadi tahir.”

AlkiPEDIA AlkiPEDIA

Penjelasan Singkat

Pentahiran

Isi Pasal

Aturan tentang menjadi ibu.

Garis Besar

12:1 Pentahiran wanita sesudah melahirkan anak.
12:6 Korban-korban untuk pentahirannya.

Judul Perikop

Pentahiran sesudah melahirkan anak (12:1-8)

Tokoh

Allah, Musa.

Nama dan Tempat

Israel, Kemah Pertemuan, Musa, TUHAN

Kesimpulan

Semua dikandung dan dilahirkan di dalam dosa (Mzm. 51:5) karena, jika akarnya najis, demikian juga cabangnya. Hanya melalui Kristus, korban penghapus dosa yang besar, maka kesalahan natur anak dihapuskan.

Fakta

Tuhan kita, meskipun tidak dikandung di dalam dosa - ibu-Nya menggenapkan masa-masa pengudusan (Luk 2:22-24) dan begitu miskin orang tua-Nya sehingga mereka tidak mampu membawa seekor anak domba.

Dengar

Program Studi Alkitab

Imamat 12 (Imamat 12:1-8)
Kebenaran Abadi

Nonton

The Bible Project: Ringkasan: Imamat (Imamat 1-27)

Playlist:

THE BIBLE PROJECT
ALKITAB VIDEO BERGAMBAR
BaDeNo PLUS
loader
  • TUHAN berfirman kepada Musa bahwa perempuan yang melahirkan anak laki-laki akan menjadi najis selama tujuh hari dan pada hari ke delapan anak itu haruslah disunat. (Im 12:2,3)
  • Perempuan itu harus menjalani penyucian selama tiga puluh tiga hari dan tidak boleh memasuki Kemah Suci ataupun menyentuh sesuatu yang kudus selama waktu penyucian. (Im 12:4)
  • Jika seorang perempuan melahirkan anak perempuan, ia menjadi najis selama dua minggu dan melalui penyucian selama enam puluh enam hari. (Im 12:5)
  • Pada akhir penyucian, perempuan itu harus membawakan imam seekor domba berumur satu tahun dan seekor burung merpati atau burung tekukur sebagai korban penghapus dosa. (Im 12:6)
  • Jika perempuan itu tidak mampu memberikan domba, dia boleh mempersembahkan dua ekor merpati muda atau burung tekukur untuk korban bakaran dan korban penghapus dosa. (Im 12:8)
  • Perempuan itu akan menjadi tahir setelah imam mempersembahkan korban penebusan baginya. (Im 12:8)
loader
loader
Komunitas BaDeNo untuk saling berbagi hasil PA (BaDeNo Paskah) terdapat dalam Facebook grup Alkitab Setiap Hari di link berikut ini: https://facebook.com/groups/alkitab.setiap.hari
#ayo_pa! #ayo_pa!