Baca

Imamat 10:1-20

Allah Membinasakan Nadab dan Abihu

10:1 Kemudian, anak-anak Harun, Nadab dan Abihu, mengambil pedupaan masing-masing dan menaruh api serta ukupan di atasnya, lalu mempersembahkan api yang asing ke hadapan TUHAN, sesuatu yang tidak diperintahkan oleh-Nya.

10:2 Lalu, keluarlah api dari hadapan TUHAN melalap keduanya dan mereka pun mati di hadapan TUHAN.

10:3 Lalu, Musa berkata kepada Harun, “Inilah yang TUHAN firmankan, firman-Nya, ‘Semua orang yang mendekat kepada-Ku harus menghormati kekudusan-Ku. Di hadapan seluruh umat ini, Aku harus dimuliakan.’” Jadi, Harun tidak mengatakan apa pun.

10:4 Musa memanggil Misael dan Elsafan, anak-anak Uziel, paman Harun, lalu berkata kepada mereka, “Datang dan angkatlah saudara-saudaramu, bawalah mereka dari tempat yang kudus ini ke luar perkemahan.”

10:5 Setelah itu, mereka datang lalu mengangkat jenazah keduanya yang masih mengenakan pakaian ke luar perkemahan, seperti yang diperintahkan Musa.

10:6 Kemudian, Musa berkata kepada Harun dan anak-anaknya, Eleazar dan Itamar, “Janganlah menguraikan rambutmu maupun menyobek pakaianmu, supaya kamu tidak mati dan TUHAN tidak murka terhadap seluruh umat ini. Akan tetapi, biarlah saudara-saudaramu, seluruh Israel, meratapi keluarnya api dari TUHAN itu.

10:7 Kamu tidak boleh meninggalkan pintu tenda pertemuan, atau kamu akan mati. Sebab, minyak urapan TUHAN ada padamu.” Maka mereka pun mematuhi Musa.

10:8 Kemudian, TUHAN berfirman kepada Harun, kata-Nya,

10:9 “Ketika kamu memasuki tenda pertemuan, kamu dan anak-anakmu tidak boleh minum anggur atau minuman keras. Supaya kamu tidak mati. Inilah peraturan untuk selamanya dari generasi ke generasi.

10:10 Kamu harus dapat membedakan antara yang kudus dan yang tidak kudus, antara yang tahir dan yang najis,

10:11 juga ajarkan kepada umat Israel tentang semua hukum yang telah TUHAN firmankan kepada mereka melalui Musa.”

10:12 Musa berkata kepada Harun dan kepada dua anaknya yang masih hidup, Eleazar dan Itamar, “Ambillah kurban sajian yang masih tersisa dari kurban bakaran TUHAN dan makanlah tanpa ragi di samping mazbah, sebab, itulah bagian mahakudus.

10:13 Itulah yang menjadi hakmu dan anak-anakmu dari semua kurban bakaran bagi TUHAN, seperti yang telah diperintahkan padaku, makanlah di tempat yang kudus.

10:14 Namun, dada persembahan unjukan dan paha kurban khusus harus kamu makan di tempat yang tahir, bersama anak-anakmu laki-laki dan perempuan. Sebab, bagian itu telah diberikan sebagai hakmu dan hak anak-anakmu dari semua kurban pendamaian umat Israel.

10:15 Paha kurban pemberian dan dada kurban unjukan harus dibawa bersama lemak kurban bakaran, untuk dipersembahkan sebagai kurban unjukan di hadapan TUHAN. Itu akan menjadi hakmu dan anak-anakmu untuk selamanya, seperti yang diperintahkan TUHAN.”

10:16 Kemudian, Musa mencari kambing jantan kurban penghapus dosa, yang ternyata telah habis dibakar. Dia menjadi marah pada Eleazar dan Itamar, anak-anak Harun yang masih hidup, dan berkata,

10:17 “Mengapa kamu tidak memakan kurban penghapus dosa itu di tempat yang kudus? Itulah bagian mahakudus! TUHAN telah memberikannya kepadamu untuk membawa kesalahan umat, untuk mengadakan pendamaian bagi mereka di hadapan TUHAN.

10:18 Lihat, kalau darahnya tidak di bawa masuk ke ruang kudus, berarti kamu seharusnya memakannya di ruang kudus, seperti yang telah kuperintahkan!”

10:19 Lalu Harun berkata kepada Musa, “Lihat, hari ini mereka telah mempersembahkan kurban penghapus dosa dan kurban bakaran mereka di hadapan TUHAN dan setelah peristiwa yang terjadi padaku ini, apakah baik di mata TUHAN jika aku memakan daging kurban penghapus dosa hari ini?”

10:20 Setelah mendengar itu, Musa pun menyetujuinya.

AlkiPEDIA AlkiPEDIA

Penjelasan Singkat

Kematian Nadab dan Abihu

Isi Pasal

Api yang asing dari Nadab dan Abihu.

Garis Besar

10:1 Nadab dan Abihu, karena mempersembahkan api yang asing, menjadi hangus oleh api.
10:6 Harun dan anak-anaknya dilarang berduka atas mereka.
10:8 Para imam dilarang minum anggur jika mereka akan masuk ke dalam Kemah Suci.
10:12 Aturan tentang makan bagian yang kudus.
10:16 Pembelaan Harun atas kesalahan yang terjadi.

Judul Perikop

Kematian Nadab dan Abihu (10:1-7)
Larangan tentang minuman keras bagi imam yang menyelenggarakan kebaktian (10:8-11)
Bagian imam dari korban (10:12-20)

Tokoh

Allah, Nadab, Abihu, Eleazar, Musa, Harun, Itamar, Misael, Elsafan.

Nama dan Tempat

Abihu, Eleazar, Elsafan, Harun, Israel, Itamar, Kemah Pertemuan, Misael, Musa, Nadab, TUHAN, Uziel

Kesimpulan

Adalah fatal untuk melakukan hal-hal bagi Allah tanpa mencari pikiran Allah (ibadah buatan sendiri Kol. 2:23)

Fakta

Api yang asing menggambarkan penggunaan alat-alat duniawi apapun untuk menyalakan api penyembahan dan pujian, yang, jika benar, hanya berasal dari Kristus dan Roh Kudus.

Dengar

Program Studi Alkitab

Imamat 10 (Imamat 10:1-20)
Kebenaran Abadi

Nonton

The Bible Project: Ringkasan: Imamat (Imamat 1-27)

Playlist:

THE BIBLE PROJECT
ALKITAB VIDEO BERGAMBAR
BaDeNo PLUS
loader
  • Nadab dan Abihu, anak-anak Harun, mempersembahkan api yang tidak layak kepada TUHAN. (Im 10:1)
  • Api keluar dari hadapan TUHAN dan membakar keduanya sampai mati. (Im 10:2)
  • Misael dan Elsafan, anak-anak dari Uziel, Paman Harun, dipanggil oleh Musa untuk mengangkat jenazah-jenazah itu keluar. (Im 10:4)
  • Musa berkata kepada mereka bahwa mereka tidak boleh keluar dari Kemah Pertemuan atau mereka akan mati. (Im 10:7)
  • TUHAN berfirman bahwa Harun dan anak-anaknya tidak boleh meminum anggur atau minuman keras lainnya sebelum memasuki Kemah Pertemuan. (Im 10:9)
  • Musa marah kepada Eleazar dan Itamar karena mereka membiarkan kambing jantan untuk korban bakaran terbakar habis. (Im 10:16)
loader
loader
Komunitas BaDeNo untuk saling berbagi hasil PA (BaDeNo Paskah) terdapat dalam Facebook grup Alkitab Setiap Hari di link berikut ini: https://facebook.com/groups/alkitab.setiap.hari
#ayo_pa! #ayo_pa!