Baca

Imamat 3:1-17

Persembahan Pendamaian

3:1 “Jika persembahannya adalah persembahan pendamaian dan dia akan mempersembahkan dari kawanan sapinya, entah itu jantan atau betina, dia harus mempersembahkan yang tidak bercacat kepada TUHAN.

3:2 Dia harus meletakkan tangannya di atas kepala persembahan itu dan menyembelihnya di pintu tenda pertemuan. Kemudian, anak-anak Harun, yaitu para imam, harus memercikkan darah hewan itu di sekeliling mazbah.

3:3 Dari persembahan pendamaian itu, dia harus mempersembahkan persembahan dengan api kepada TUHAN, yaitu lemak yang menutupi isi perut dan segala lemak yang ada dalam isi perut hewan itu,

3:4 dan kedua ginjal dengan lemaknya, yaitu di pinggangnya, dan umbai hati yang diambil bersama dengan ginjalnya itu.

3:5 Kemudian, anak-anak Harun harus membakarnya di mazbah, di atas persembahan bakaran, di atas kayu yang terbakar. Itulah suatu persembahan dengan api, bau harum yang menyenangkan bagi TUHAN.

3:6 Jika persembahan untuk kurban pendamaian kepada TUHAN diambil dari kawanan domba, entah itu jantan atau betina, dia harus mempersembahkan yang tidak bercacat.

3:7 Jika dia mempersembahkan anak domba sebagai persembahannya, dia harus mempersembahkannya di hadapan TUHAN,

3:8 dan dia harus meletakkan tangannya di atas kepala persembahannya itu, lalu menyembelihnya di depan tenda pertemuan. Kemudian, anak-anak Harun harus memercikkan darahnya ke sekeliling mazbah.

3:9 Dari kurban pendamaian itu, dia harus mempersembahkan lemaknya sebagai persembahan bakaran bagi TUHAN, yaitu lemak pada ekornya yang harus dipotongnya dari tulang belakang, lemak yang menutupi isi perut, dan semua lemak yang terdapat pada isi perut,

3:10 dan kedua ginjal dan lemak yang menutupinya, yang terletak di pinggang bagian bawah, dan umbai hati yang harus diambilnya bersama-sama dengan ginjal.

3:11 Selanjutnya, imam harus membakarnya di atas mazbah sebagai makanan, suatu persembahan dengan api bagi TUHAN.

3:12 Jika kurban itu adalah seekor kambing, dia harus mempersembahkannya di hadapan TUHAN,

3:13 dia harus meletakkan tangannya di atas kepala kambing itu, lalu menyembelihnya di depan tenda pertemuan. Kemudian, anak-anak Harun harus memercikkan darahnya di sekeliling mazbah.

3:14 Kemudian, dari persembahannya itu, dia harus mempersembahkan suatu persembahan dengan api bagi Tuhan, yaitu lemak yang menutupi isi perut dan semua lemak yang terdapat pada isi perut,

3:15 dan kedua ginjal beserta lemaknya yang terletak di pinggangnya, dan umbai hati yang harus diambilnya bersama-sama dengan ginjal.

3:16 Imam harus membakar semua bagian itu di atas mazbah sebagai makanan, suatu persembahan dengan bau harum yang menyenangkan. Semua lemaknya adalah milik TUHAN.

3:17 Inilah ketetapan kekal untuk seluruh keturunanmu di segala tempat kediamanmu: kamu tidak boleh makan lemak ataupun darah.”

AlkiPEDIA AlkiPEDIA

Penjelasan Singkat

Korban keselamatan

Isi Pasal

Aturan tentang korban keselamatan.

Garis Besar

3:1 Korban keselamatan dari lembu;
3:6 dari kambing domba,
3:7 entah itu domba,
3:12 atau kambing.
3:17 Larangan untuk makan lemak atau darah.

Judul Perikop

Korban keselamatan (3:1-17)

Tokoh

Allah, Musa, anak-anak Harun.

Nama dan Tempat

Harun, Kemah Pertemuan, TUHAN

Kesimpulan

Di dalam Kristus, Allah dan orang berdosa bertemu dalam damai. Allah didamaikan dan orang berdosa didamaikan; keduanya sepertinya puas dengan karya Kristus. "Dialah damai sejahtera kita."

Fakta

Rincian tentang korban keselamatan menyatakan pemikiran tentang persekutuan, karena itu korban keselamatan dilakukan sebagai pemberian makanan untuk para imam, (7:31-34).

Dengar

Program Studi Alkitab

Imamat 3 (Imamat 3:1-17)
Kebenaran Abadi

Playlist:


Nonton

The Bible Project: Ringkasan: Imamat (Imamat 1-27)

Playlist:

THE BIBLE PROJECT
ALKITAB VIDEO BERGAMBAR
BaDeNo PLUS
loader
loader
loader
Komunitas BaDeNo untuk saling berbagi hasil PA terdapat dalam page Facebook di link berikut ini: https://www.facebook.com/sabda.org/
#ayo_pa! #ayo_pa!