Baca

Imamat 24:1-23

Kaki Dian dan Roti Kudus

24:1 TUHAN berfirman kepada Musa,

24:2 “Perintahkan umat Israel untuk membawa kepadamu minyak zaitun tumbuk yang murni untuk penerangan supaya lampu tetap menyala.

24:3 Harun harus mengatur lampu itu di bagian luar tirai yang menutupi Tabut Perjanjian dalam tenda pertemuan di hadapan TUHAN dari petang sampai pagi. Peraturan ini berlaku selamanya, dari generasi ke generasi.

24:4 Dia harus senantiasa mengatur lampu-lampu itu di atas tatakan lampu yang terbuat dari emas murni, di hadapan TUHAN.

24:5 Ambillah tepung halus dan pangganglah 12 kue dari tepung itu. Masing-masing kue dibuat dari 2/10 efa tepung.

24:6 Tatalah kue-kue itu menjadi dua baris di atas meja emas murni, di hadapan TUHAN, enam roti untuk setiap barisnya.

24:7 Taruhlah kemenyan murni pada setiap barisnya. Itu akan menjadi bagian pengingat dari kue-kue itu, sebagai kurban bakaran bagi TUHAN.

24:8 Setiap hari Sabat, dia harus menata kue-kue itu secara teratur di hadapan TUHAN. Itu merupakan perjanjian bagi umat Israel selama-lamanya.

24:9 Itu akan menjadi bagian Harun dan anak-anaknya. Mereka harus memakannya di tempat yang kudus, bagian mahakudus dari kurban bakaran TUHAN. Itu akan menjadi bagiannya selamanya.”

Orang yang Menghujat Allah

24:10 Suatu hari, ada seorang anak laki-laki, ibunya orang Israel dan ayahnya orang Mesir. Dia berkelahi dengan seorang Israel di perkemahan.

24:11 Anak dari perempuan Israel itu mulai menghujat dan mengutuki nama TUHAN. Lalu, anak itu dibawa menghadap Musa. Ibunya bernama Selomit, anak Dibri, dari suku Dan.

24:12 Mereka memasukkan anak itu dalam tahanan untuk menantikan keputusan berdasarkan perintah TUHAN.

24:13 TUHAN berfirman kepada Musa,

24:14 “Bawalah orang yang menghujat itu ke suatu tempat di luar perkemahan. Suruhlah semua orang yang mendengarnya menghujat untuk meletakkan tangan mereka ke atas kepala orang itu. Kemudian, biarlah seluruh umat merajamnya.”

24:15 Katakanlah kepada umat Israel: ‘Siapa pun yang menghujat Allah, dia harus menanggung dosanya.

24:16 Setiap orang yang menghujat nama TUHAN harus dihukum mati. Seluruh umat harus merajam orang itu. Baik orang Israel maupun orang asing yang menghujat TUHAN harus dihukum mati.

24:17 Jika seseorang membunuh sesamanya, dia harus dihukum mati.

24:18 Setiap orang yang membunuh ternak harus menggantinya, nyawa ganti nyawa.

24:19 Jika seseorang melukai sesamanya, apa pun yang dilakukannya, orang itu harus diperlakukan sama seperti perbuatannya.

24:20 Patah ganti patah, mata ganti mata, gigi ganti gigi. Luka yang diberikan seseorang kepada orang lain, harus diberikan juga kepadanya.

24:21 Karena itu, seseorang yang membunuh ternak harus menggantinya. Namun, setiap orang yang membunuh sesamanya harus dihukum mati.

24:22 Satu hukum berlaku untuk semua orang, baik orang Israel maupun pendatang. Akulah TUHAN, Allahmu.’”

24:23 Kemudian, Musa menyampaikan hal itu kepada umat Israel. Maka, mereka membawa anak laki-laki yang menghujat itu ke luar perkemahan dan merajamnya. Begitulah dilakukan umat Israel, seperti yang diperintahkan TUHAN kepada Musa.

AlkiPEDIA AlkiPEDIA

Penjelasan Singkat

Anak lelaki Selomit

Isi Pasal

Hukuman bagi penghujat nama Tuhan.

Garis Besar

24:1 Minyak untuk lampu.
24:5 Roti sajian.
24:10 Anak Selomit menghujat.
24:13 Aturan tentang penghujatan.
24:17 Tentang membunuh.
24:18 Tentang kerugian.
24:23 Penghujat dilempari batu.

Judul Perikop

Minyak untuk lampu (24:1-4)
Roti sajian (24:5-9)
Penghujat nama TUHAN dihukumLain-lain kejahatan (24:10-23)

Tokoh

Allah, Musa, anak dari seorang perempuan Israel.

Nama dan Tempat

Allah, Dan, Dibri, Harun, Israel, Kemah Pertemuan, Mesir, Musa, Sabat, Selomit, TUHAN

Kesimpulan

Jika mereka yang mencemarkan nama Allah lolos dari hukuman manusia, tetapi Tuhan Allah kita tidak akan membiarkan mereka lolos dari penghakiman-Nya yang adil.

Fakta

ay. 12. Mereka yang duduk di dalam penghakiman haruslah berkeinginan tulus, dan dengan doa kepada Kristus memohon hikmat, harusnya berusaha keras untuk mengetahui, pikiran Tuhan.

Dengar

Program Studi Alkitab

Imamat 24 (Imamat 24:1-23)
Kebenaran Abadi

Playlist:


Nonton

The Bible Project: Ringkasan Kitab Imamat (Imamat)

Playlist:

THE BIBLE PROJECT
ALKITAB VIDEO BERGAMBAR
BaDeNo PLUS
loader
loader
loader
Komunitas BaDeNo untuk saling berbagi hasil PA terdapat dalam page Facebook di link berikut ini: https://www.facebook.com/sabda.org/
#ayo_pa! #ayo_pa!