Baca

1 Samuel 29:1-11

Daud Tidak Datang

29:1 Orang Filistin mengumpulkan seluruh tentaranya di Afek, sementara orang Israel berkemah di dekat mata air di Yizreel.

29:2 Ketika raja-raja kota orang Filistin berjalan dalam pasukan seratus dan pasukan seribu, dan ketika Daud beserta orang-orangnya berjalan di belakangnya bersama Akhis,

29:3 para panglima orang Filistin itu bertanya, “Untuk apa orang-orang Ibrani ini di sini?” Akhis menjawab para panglima orang Filistin, “Bukankah dia ini Daud, hamba Saul, raja Israel, yang sudah satu dua tahun ini bersamaku tanpa kudapati satu pun kesalahan padanya, sejak dia membelot sampai hari ini?”

29:4 Para panglima orang Filistin itu marah kepadanya. Para panglima orang Filistin itu berkata kepadanya, “Kirimlah orang itu pulang supaya dia kembali ke tempat yang kautunjukkan kepadanya. Jangan biarkan dia pergi berperang bersama kita supaya dia jangan menjadi lawan kita dalam peperangan. Dengan apakah orang ini menyukakan hati tuannya kecuali memberi kepala dari orang-orang ini?”

29:5 Bukankah dia ini Daud, yang dinyanyikan oleh orang-orang sambil menari-nari seperti ini: ‘Saul mengalahkan beribu-ribu, Daud berpuluh-puluh ribu.’

29:6 Lalu, Akhis memanggil Daud dan berkata kepadanya, “Demi TUHAN yang hidup, kamu orang yang jujur dan baik dalam pandanganku, saat kamu keluar dan kamu masuk bersamaku dalam pertempuran. Sebab, aku tidak mendapati kejahatan padamu sejak hari kedatanganmu sampai hari ini. Namun, raja-raja kota tidak menyukaimu.

29:7 Sebab itu, pulanglah. Pergilah dalam damai dan jangan melakukan yang tidak menyenangkan dalam pandangan raja-raja kota orang Filistin itu.”

29:8 Daud berkata kepada Akhis, “Akan tetapi, apa yang telah aku lakukan? Apa yang kaudapati pada hambamu ini sejak hari ketika aku menjadi hambamu sampai hari ini sehingga aku tidak boleh pergi berperang melawan musuh tuanku raja?”

29:9 Akhis menjawab Daud, “Aku tahu, sesungguhnya kamu baik dalam pandanganku seperti malaikat Allah. Akan tetapi, para panglima orang Filistin berkata, ‘Dia tidak boleh pergi berperang bersama kita.’

29:10 Karena itu, bangunlah pagi-pagi bersama para pelayan tuanmu yang datang bersamamu. Bangunlah pagi-pagi, dan segera sesudah terang, pergilah.”

29:11 Lalu, Daud dan orang-orangnya bangun pagi-pagi untuk berjalan pulang ke negeri orang Filistin, sedangkan orang Filistin bergerak maju ke Yizreel.

AlkiPEDIA AlkiPEDIA

Penjelasan Singkat

Akhis mengirim pulang Daud

Isi Pasal

Daud diselamatkan dari perang melawan Israel.

Garis Besar

29:1 Daud berjalan bersama-sama dengan orang Filistin,
29:3 tidak diperbolehkan oleh para panglima mereka.
29:6 Akhis menyuruhnya pulang, dengan pujian atas kesetiaanya.

Judul Perikop

Daud dikirim pulang oleh orang-orang Filistin (29:1-11)

Tokoh

Daud, Akhis.

Nama dan Tempat

Afek, Akhis, Allah, Daud, Filistin, Ibrani, Israel, Saul, TUHAN, Yizreel

Kesimpulan

Pemeliharaan Allah mengatur dengan bijak dan penuh anugerah untuk anak-anak-Nya bahkan ketika mereka telah berbuat salah dengan menyedihkan. Bahkan ketiksukaan manusia bisa berubah menjadi kebaikan bagi kita sehingga pintu bisa terbuka untuk menyelamatkan kita dari kesukaran yang diakibatkan oleh kebodohan kita sendiri.

Fakta

-

Dengar

Program Studi Alkitab

1 Samuel 29-30 (1 Samuel 29:1--30:31)
Kebenaran Abadi

Playlist:


Nonton

The Bible Project: Ringkasan: 1 Samuel (1 Samuel 1-31)

Playlist:

THE BIBLE PROJECT
ALKITAB VIDEO BERGAMBAR
BaDeNo PLUS
loader
loader
loader
Komunitas BaDeNo untuk saling berbagi hasil PA terdapat dalam page Facebook di link berikut ini: https://www.facebook.com/sabda.org/
#ayo_pa! #ayo_pa!