Baca

1 Samuel 27:1-12

Daud Tinggal Bersama Orang Filistin

27:1 Daud berkata dalam hatinya, “Bagaimanapun juga, pada suatu hari nanti, aku akan binasa oleh tangan Saul. Tidak ada yang lebih baik bagiku selain melarikan diri ke tanah orang Filistin. Tidak ada harapan bagi Saul untuk mencari aku lagi di seluruh wilayah Israel, dan aku akan lolos dari tangannya.”

27:2 Daud bangkit dan menyeberang, dia dan enam ratus orang yang menyertainya, kepada Akhis, anak Maokh, raja Gat.

27:3 Daud beserta orang-orangnya tinggal dengan Akhis di Gat, masing-masing dengan keluarganya. Daud dan kedua istrinya, yaitu Ahinoam, perempuan Yizreel, dan Abigail, istri Nabal, perempuan Karmel.

27:4 Setelah Saul diberi tahu bahwa Daud melarikan diri ke Gat, dia tidak lagi mencarinya.

27:5 Daud berkata kepada Akhis, “Jika sekarang aku mendapat belas kasihan dalam pandanganmu, berikanlah tempat kepadaku di salah satu kota di daerahmu supaya aku dapat tinggal di sana. Mengapa hambamu ini tinggal di kota kerajaan ini bersamamu?”

27:6 Pada hari itu, Akhis memberikan Ziklag kepadanya. Karena itu, Ziklag menjadi milik raja-raja Yehuda sampai hari ini.

27:7 Banyaknya hari Daud tinggal di daerah orang Filistin adalah setahun empat bulan.

Daud Menipu Raja Akhis

27:8 Daud dan orang-orangnya pergi dan menyerang orang Gesur, orang Girzi, dan orang Amalek. Sebab, sejak dahulu, orang-orang itu tinggal di negeri itu, yaitu dari Telam sampai ke tanah Syur, hingga ke tanah Mesir.

27:9 Daud mengalahkan negeri itu dan tidak membiarkan seorang pun hidup, baik laki-laki maupun perempuan. Dia mengambil domba, sapi, keledai, unta, dan pakaian. Lalu, dia pulang kembali kepada Akhis.

27:10 Ketika Akhis bertanya, “Ke mana kamu menyerang pada hari ini?” Daud menjawab, “Ke tanah selatan Yehuda,” atau “Ke tanah selatan orang Yerahmeel,” atau “Ke tanah selatan orang Keni.”

27:11 Daud tidak membiarkan hidup, baik laki-laki maupun perempuan, untuk dibawa ke Gat, sebab pikirnya, “Jangan-jangan mereka memberitahukan tentang kami dengan berkata, ‘Inilah yang diperbuat Daud.’” Itulah kebiasaannya selama dia tinggal di daerah orang Filistin.

27:12 Akhis memercayai Daud, katanya, “Dia pasti membuat dirinya dibenci di antara bangsanya, orang-orang Israel. Dia akan menjadi hambaku selamanya.”

AlkiPEDIA AlkiPEDIA

Penjelasan Singkat

Daud melarikan diri ke Gat

Isi Pasal

Daud bersedih hati.

Garis Besar

27:1 Saul, mendengar Daud ada di Gat, tidak lagi mencarinya.
27:5 Daud memohon kepada Akhis untuk memberikan Ziklag.
27:8 Dia, menyerbu negeri-negeri lain, meyakinkan Akhis bahwa dia berperang melawan Yehuda.

Judul Perikop

Daud di antara orang Filistin (27:1-12)

Tokoh

Daud, Akhis, Ahinoam, Abigail.

Nama dan Tempat

Abigail, Ahinoam, Akhis, Amalek, Daud, Filistin, Gat, Gesur, Girzi, Israel, Karmel, Keni, Maokh, Mesir, Nabal, Negeb, Saul, Syur, Yehuda, Yerahmeel, Yizreel, Ziklag

Kesimpulan

Tidak percaya adalah sebuah dosa yang menimpa mereka yang telah mengalami pencobaan yang lama/panjang. Tidak ada gunanya bagi kita ketika kita berada bersedih hati, untuk melanggar batasan-batasan ke dalam dunia untuk mendapat kenyamanan karena kita tidak bisa mengharapkan perlindungan Allah ketika kita berada di luar kehendak-Nya.

Fakta

-

Dengar

Program Studi Alkitab

1 Samuel 27-28 (1 Samuel 27:1--28:25)
Kebenaran Abadi

Playlist:


Nonton

The Bible Project: Baca Alkitab: 1 Samuel (1 Samuel)

Playlist:

THE BIBLE PROJECT
ALKITAB VIDEO BERGAMBAR
BaDeNo PLUS
loader
loader
loader
Komunitas BaDeNo untuk saling berbagi hasil PA terdapat dalam page Facebook di link berikut ini: https://www.facebook.com/sabda.org/
#ayo_pa! #ayo_pa!