Baca

1 Samuel 19:1-24

Yonatan Menolong Daud

19:1 Saul mengatakan kepada Yonatan, anaknya, dan kepada semua pegawainya bahwa Daud harus dibunuh. Namun, Yonatan, anak Saul, sangat menyukai Daud.

19:2 Karena itu, Yonatan memberi tahu Daud, katanya, “Saul, ayahku, berusaha untuk membunuhmu. Jadi, berhati-hatilah besok pagi. Tinggallah di tempat yang terlindung dan bersembunyilah.

19:3 Aku akan keluar dan berdiri di sebelah ayahku, di padang tempat kamu berada. Aku akan berbicara tentang engkau kepada ayahku, dan melihat bagaimana dia, lalu memberitahumu.”

19:4 Kemudian, Yonatan mengatakan hal-hal baik tentang Daud kepada Saul, ayahnya, dan berkata kepadanya, “Janganlah Raja berbuat dosa terhadap hambanya, Daud, sebab dia tidak berdosa terhadapmu, bahkan perbuatannya sangat baik.

19:5 Dia mempertaruhkan nyawanya di tangannya dan mengalahkan orang Filistin sehingga TUHAN mengaruniakan kemenangan yang besar kepada seluruh Israel. Engkau melihatnya dan bersukacita. Mengapa engkau ingin berbuat dosa terhadap darah orang yang tidak bersalah dengan membunuh Daud tanpa alasan?”

19:6 Saul mendengarkan perkataan Yonatan dan Saul bersumpah, “Demi TUHAN yang hidup, dia tidak akan dibunuh!”

19:7 Sesudah itu, Yonatan memanggil Daud, dan Yonatan memberitahukan semua hal itu kepadanya. Kemudian, Yonatan membawa Daud kepada Saul, dan dia bekerja padanya seperti sebelumnya.

Saul Berusaha Membunuh Daud

19:8 Peperangan terjadi lagi. Daud maju dan berperang melawan orang Filistin, serta mengalahkan mereka dengan serangan yang besar sehingga mereka melarikan diri dari hadapannya.

19:9 Namun, roh jahat yang dari TUHAN turun atas Saul ketika dia sedang duduk di rumahnya, dengan tombak di tangannya. Pada saat itu, Daud sedang bermain kecapi dengan tangannya.

19:10 Kemudian, Saul berusaha menancapkan Daud ke dinding dengan tombak itu. Namun, Daud menghindari tikaman Saul sehingga tombaknya mengenai dinding. Kemudian, Daud melarikan diri sehingga dia terluput pada malam itu.

19:11 Kemudian, Saul mengutus orang-orang suruhannya ke rumah Daud untuk mengawasi dan membunuhnya pada pagi hari. Mikhal, istri Daud, berkata kepadanya, “Jika engkau tidak meloloskan dirimu pada malam ini, besok engkau akan dibunuh.”

19:12 Kemudian, Mikhal menurunkan Daud dari jendela sehingga dia pergi melarikan diri dan terluput.

19:13 Sesudah itu, Mikhal mengambil terafim dan meletakkannya di tempat tidur. Ditaruhnya tenunan bulu kambing di bagian kepala, lalu menutupinya dengan selimut.

19:14 Ketika Saul mengutus orang-orang suruhan untuk menangkap Daud, perempuan itu berkata, “Dia sakit.”

19:15 Kemudian, Saul menyuruh orang-orang suruhan untuk melihat Daud, sambil berkata, “Bawalah dia dengan tempat tidurnya supaya aku dapat membunuhnya.”

19:16 Ketika orang-orang suruhan itu masuk, tampaklah terafim ada di tempat tidur dengan tenunan bulu kambing di bagian kepala.

19:17 Saul bertanya kepada Mikhal, “Mengapa kamu menipu aku seperti ini dengan melepaskan musuhku sehingga dia terluput?” Mikhal menjawab Saul, “Dia berkata kepadaku, ‘Biarkanlah aku pergi, mengapa kamu harus mati?’”

Daud Pergi ke Pertendaan Rama

19:18 Daud melarikan diri dan selamat. Dia pergi kepada Samuel di Rama. Dia memberitahukan kepadanya semua yang dilakukan Saul terhadapnya. Kemudian, dia pergi dengan Samuel dan tinggal di Nayot.

19:19 Kepada Saul diberitahukan, “Sesungguhnya, Daud ada di Nayot, di Rama.”

19:20 Saul pun mengirim orang-orang suruhan untuk menangkap Daud. Namun, mereka melihat sekelompok nabi bernubuat, dan dipimpin oleh Samuel. Turunlah Roh Allah pada orang-orang suruhan Saul sehingga mereka juga bernubuat.

19:21 Ketika hal itu diberitahukan kepada Saul, dia mengutus orang-orang suruhan yang lain, dan mereka juga bernubuat. Sekali lagi, Saul mengutus beberapa pesuruh untuk yang ketiga kalinya, dan mereka juga bernubuat.

19:22 Sesudah itu, dia sendiri pergi ke Rama. Ketika sampai di dekat sumur besar yang ada di Sekhu, dia bertanya, katanya, “Di manakah Samuel dan Daud?” Seseorang menjawab, “Sesungguhnya, dia ada di Nayot, di Rama.”

19:23 Lalu, dia pergi ke sana, ke Nayot, di Rama, dan Roh Allah turun atasnya juga sehingga saat dia berjalan, dia bernubuat sampai dia tiba di Nayot, di Rama.

19:24 Bahkan, dia menanggalkan pakaiannya, dan dia juga bernubuat di depan Samuel. Dia rebah dengan telanjang sepanjang hari itu dan sepanjang malam di sana. Itulah sebabnya, orang bertanya, “Apakah Saul juga termasuk golongan nabi?”

AlkiPEDIA AlkiPEDIA

Penjelasan Singkat

Kecemburuan Saul pada Daud

Isi Pasal

Kebencian Saul yang ingin membunuh mengejar Daud.

Garis Besar

19:1 Yonatan menyingkapkan rencana ayahnya untuk membunuh Daud.
19:4 Dia membujuk ayahnya untuk berdamai.
19:8 Karena keberhasilan Daud di peperangan yang baru, amarah kedengkiannya meledak terhadapnya.
19:12 Mikhal menipu ayahnya dengan membuat orang-orangan di tempat tidur Daud.
19:18 Daud pergi ke Samuel di Nayot.
19:20 Orang-orang suruhan Saul yang dikirim untuk menangkap Daud,
19:22 dan Saul sendiripun bernubuat.

Judul Perikop

Daud melarikan diri karena Saul menyerang dia kembali (19:1-24)

Tokoh

Allah, Roh Kudus, Daud, Saul, Yonatan, Mikhal, Samuel.

Nama dan Tempat

Allah, Daud, Filistin, Israel, Mikhal, Nayot, Rama, Roh Allah, Samuel, Saul, Sekhu, TUHAN, Yonatan

Kesimpulan

Allah selalu membangkitkan seorang teman bagi kita ketika kita membutuhkan. Iri hati menjadi ingin membunuh. Potonglah kuku anak macan, karena jika dilakukan sesudah menjadi macan dewasa, itu akan terlambat.

Fakta

Usaha membunuh kehidupan raja yang diurapi oleh raja yang merebut, mengingatkan kita tentang usaha yang berkali-kali dari Setan,yang merebut, melawan kehidupan Dia yang diurapi dari Allah, Kristus, ketika Dia di bumi.

Dengar

Program Studi Alkitab

1 Samuel 18-19 (1 Samuel 18:1--19:24)
Kebenaran Abadi

Playlist:


Nonton

The Bible Project: Baca Alkitab: 1 Samuel (1 Samuel)

Playlist:

THE BIBLE PROJECT
ALKITAB VIDEO BERGAMBAR
BaDeNo PLUS
loader
loader
loader
Komunitas BaDeNo untuk saling berbagi hasil PA terdapat dalam page Facebook di link berikut ini: https://www.facebook.com/sabda.org/
#ayo_pa! #ayo_pa!