Baca

1 Samuel 21:1-15

Daud Menemui Imam Ahimelekh

21:1 Daud sampai di Nob, kepada Ahimelekh, imam itu. Dengan gemetar, Ahimelekh menemui Daud dan berkata, “Mengapa kamu seorang diri dan tidak ada orang yang bersamamu?”

21:2 Daud berkata kepada Imam Ahimelekh, “Raja memerintahkan sesuatu kepadaku, dengan berkata kepadaku, ‘Siapa pun tidak boleh mengetahui sesuatu yang kutugaskan dan kuperintahkan kepadamu. Karena itu, aku menunjuk anak buahku untuk pergi ke suatu tempat.

21:3 Sekarang, apa yang ada di tanganmu? Berikanlah lima roti atau apa saja yang ada.’”

21:4 Imam itu menjawab Daud, “Tidak ada roti biasa di tanganku, hanya ada roti kudus, jika anak buahmu dapat menjaga dirinya terhadap perempuan.”

21:5 Daud menjawab imam itu, “Sesungguhnya, kami tidak diperbolehkan bergaul dengan perempuan seperti sebelumnya saat aku berperang. Tubuh anak buahku itu kudus, bahkan ketika pada perjalanan biasa, terlebih lagi hari ini, tubuh mereka masing-masing kudus.”

21:6 Imam itu memberikan roti kudus itu, sebab tidak ada roti di sana kecuali roti persembahan, yang diambil dari hadapan TUHAN untuk ditukar dengan roti baru.

21:7 Pada hari itu, ada seorang pegawai Saul di sana yang ditahan untuk melayani TUHAN, namanya Doeg, orang Edom, yaitu pengawas gembala-gembala Saul.

21:8 Daud berkata kepada Ahimelekh, “Tidak adakah di sini, tombak atau pedang dalam tanganmu? Sebab, aku tidak membawa pedangku maupun senjataku karena perintah raja itu mendesak.”

21:9 Kemudian, imam itu berkata, “Pedang Goliat, orang Filistin yang kaukalahkan di Lembah Tarbantin itu, yang kebetulan terbungkus di dalam kain di belakang efod itu. Apabila kamu akan mengambilnya, ambillah. Sebab, tidak ada yang lain kecuali itu.” Daud berkata, “Tidak ada lagi yang seperti itu. Berikanlah kepadaku.”

Daud Melarikan Diri ke Gat

21:10 Daud bangkit dan melarikan diri pada hari itu juga dari hadapan Saul. Dia pergi kepada Akhis, raja Gat.

21:11 Pegawai-pegawai Akhis berkata kepadanya, “Bukankah orang itu Daud, raja negeri itu? Bukankah terhadapnya orang-orang bernyanyi-nyanyi dan menari-nari sambil berkata, ‘Saul mengalahkan beribu-ribu, tetapi Daud berlaksa-laksa?”

21:12 Daud memperhatikan kata-kata itu, dan hatinya menjadi takut sekali terhadap Akhis, raja Gat itu.

21:13 Dia mengubah tingkah lakunya seperti orang yang sakit ingatan di hadapan mereka dan berpura-pura gila di dekat mereka. Dia menggores-gores di dekat pintu gerbang dan membiarkan ludahnya meleleh ke janggutnya.

21:14 Kemudian, Akhis berkata kepada para pegawainya, “Perhatikanlah, kamu melihat orang itu gila. Mengapa kamu membawanya kepadaku?

21:15 Apakah aku kekurangan orang gila sehingga kamu membawa orang ini untuk menunjukkan kegilaannya di hadapanku? Pantaskah orang ini masuk ke rumahku?”

AlkiPEDIA AlkiPEDIA

Penjelasan Singkat

Daud berpura-pura gila

Isi Pasal

Daud melarikan diri ke Ahimelekh dan Akhis.

Garis Besar

21:1 Daud di Nob mendapat roti kudus Ahimelekh.
21:7 Doeg hadir.
21:8 Daud mengambil pedang Goliat.
21:10 Daud di Gat berpura-pura menjadi orang gila.

Judul Perikop

Daud di Nob (21:1-9)
Daud di Gat (21:10-15)

Tokoh

Daud, Ahimelekh, Doeg, Akhis.

Nama dan Tempat

Ahimelekh, Akhis, Daud, Doeg, Edom, Filistin, Gat, Goliat, Nob, Saul, Tarbantin, TUHAN

Kesimpulan

Jika kita benar-benar percaya kepada Allah, kita tidak akan perlu mengalami hal-hal yang mengerikan dan tidak terhormat dalam masa-masa ujian.

Fakta

ay. 6. Yesus menunjukkan dari ini dalam Mat 12:3 bahwa aturan-aturan ritual harus sesekali mengijinkan kewajiban moral jika ada kebutuhan yang mendesak, karenanya Dia membenarkan murid-murid-Nya memetik bulir gandum di hari Sabat.

Dengar

Program Studi Alkitab

1 Samuel 20-21 (1 Samuel 20:1--21:15)
Kebenaran Abadi

Playlist:


Nonton

The Bible Project: Baca Alkitab: 1 Samuel (1 Samuel)

Playlist:

THE BIBLE PROJECT
ALKITAB VIDEO BERGAMBAR
BaDeNo PLUS
loader
loader
loader
Komunitas BaDeNo untuk saling berbagi hasil PA terdapat dalam page Facebook di link berikut ini: https://www.facebook.com/sabda.org/
#ayo_pa! #ayo_pa!