Baca

1 Samuel 12:1-25

Samuel Berbicara tentang Raja

12:1 Samuel berkata kepada seluruh orang Israel, “Sesungguhnya, aku telah mendengarkan semua permintaan yang kamu sampaikan kepadaku dan telah mengangkat seorang raja atasmu.

12:2 Sekarang, raja itulah yang menjadi pemimpinmu. Aku sudah tua dan beruban, dan anak-anakku ada bersamamu. Aku telah memimpinmu sejak masa mudaku sampai hari ini.

12:3 Aku di sini. Berikanlah kesaksian di hadapan TUHAN dan di hadapan orang yang diurapi-Nya. Sapi siapa yang telah kuambil? Keledai siapa yang telah kuambil? Siapa yang telah kuperas? Siapa yang telah kutindas? Dari tangan siapa telah kuterima uang suap sehingga aku harus menutup mata? Aku akan mengembalikannya kepadamu.”

12:4 Mereka berkata, “Engkau tidak pernah memeras, atau menindas, dan mengambil sesuatu dari tangan siapa pun.”

12:5 Samuel berkata kepada mereka, “TUHAN menjadi saksi atasmu, dan orang yang diurapi-Nya menjadi saksi pada hari ini bahwa kamu tidak menemukan apa pun dalam tanganku.” Mereka berkata, “Dia adalah saksi.”

12:6 Lalu, Samuel berkata kepada bangsa itu, “TUHAN yang mengangkat Musa dan Harun, dan yang menuntun nenek moyangmu keluar dari tanah Mesir.

12:7 Sekarang, berdirilah supaya aku dapat berperkara dengan kamu di hadapan TUHAN mengenai segala perbuatan adil yang dilakukan TUHAN kepadamu dan kepada nenek moyangmu.

12:8 Ketika Yakub datang ke Mesir dan nenek moyangmu berseru-seru kepada TUHAN, maka TUHAN mengutus Musa dan Harun yang menuntun nenek moyangmu keluar dari Mesir sehingga mereka menetap di tempat ini.

12:9 Akan tetapi, mereka melupakan TUHAN, Allah mereka, sehingga Dia menyerahkan mereka ke tangan Sisera, panglima tentara di Hazor, serta ke tangan orang Filistin dan Moab, yang berperang melawan mereka.

12:10 Mereka berseru-seru kepada TUHAN, katanya, ‘Kami berdosa, sebab kami meninggalkan TUHAN dan melayani para Baal dan Asytoret. Sekarang, lepaskanlah kami dari tangan musuh-musuh kami supaya dapat melayani Engkau.’

12:11 Kemudian, TUHAN mengutus Yerubaal, dan Barak, dan Yefta, dan Samuel, untuk melepaskanmu dari tangan musuh di sekelilingmu sehingga kamu dapat hidup dengan aman.

12:12 Akan tetapi, ketika kamu melihat Nahas, raja orang Amon itu, datang melawanmu, maka kamu berkata kepadaku, ‘Tidak, tetapi seorang raja harus memerintah atas kami,’ padahal TUHAN, Allahmu, adalah rajamu.

12:13 Sekarang, inilah raja yang telah kamu pilih, yang telah kamu minta. Lihatlah, TUHAN telah mengangkat seorang raja atasmu.

12:14 Jika kamu takut akan TUHAN, melayani Dia, mendengarkan suara-Nya, dan tidak menentang terhadap perintah TUHAN, baik kamu maupun raja yang memerintah atasmu akan terus mengikuti TUHAN, Allahmu.

12:15 Akan tetapi, jika kamu tidak mendengarkan suara TUHAN, tetapi malah menentang perintah TUHAN, tangan TUHAN akan melawanmu, seperti melawan nenek moyangmu.

12:16 Sekarang, berdirilah dan lihatlah hal besar yang akan dilakukan TUHAN di depan matamu.

12:17 Bukankah sekarang ini musim menuai gandum? Aku akan memanggil TUHAN supaya Dia menurunkan guntur dan hujan. Sadarlah dan lihatlah bahwa besarlah kejahatan yang telah kamu lakukan dalam pandangan TUHAN dengan meminta seorang raja bagimu.”

12:18 Kemudian, Samuel memanggil TUHAN, dan TUHAN menurunkan guntur dan hujan pada hari itu. Seluruh bangsa sangat takut kepada TUHAN dan kepada Samuel.

12:19 Seluruh bangsa itu berkata kepada Samuel, “Berdoalah kepada TUHAN, Allahmu, untuk hamba-hambamu ini supaya kami jangan mati. Sebab, kami telah menambah segala dosa kami dengan kejahatan ketika meminta seorang raja bagi kami.”

12:20 Samuel pun berkata kepada seluruh bangsa itu, “Jangan takut. Kamu memang telah melakukan segala kejahatan ini, tetapi jangan berhenti mengikuti TUHAN, melainkan layanilah TUHAN dengan segenap hatimu.”

12:21 Jangan menyimpang, lalu mengikuti hal-hal yang sia-sia yang tidak berguna dan tidak dapat menyelamatkan, sebab semua itu adalah kesia-siaan.

12:22 Sebab, TUHAN tidak akan meninggalkan umat-Nya demi nama-Nya yang besar. Sebab, TUHAN telah berkenan menjadikanmu umat-Nya.

12:23 Mengenai aku, kiranya dijauhkanlah dariku untuk berdosa kepada TUHAN dengan berhenti mendoakanmu. Aku akan mengajarkan jalan yang baik dan benar kepadamu.

12:24 Akan tetapi, takutlah kepada TUHAN dan layanilah Dia dengan setia, dengan segenap hatimu. Sadarilah betapa besar hal-hal yang dilakukan-Nya bagimu.

12:25 Akan tetapi, jika kamu terus berbuat jahat, baik kamu maupun rajamu, akan binasa.”

AlkiPEDIA AlkiPEDIA

Penjelasan Singkat

Integritas Samuel

Isi Pasal

Proklamasi Samuel atas kerajaan. Pembebasan/Keselamatan dari Allah diungkapkan kembali. Tanda guntur dan hujan.

Garis Besar

12:1 Samuel memberikan kesaksian tentang integritasnya.
12:6 Dia menegur orang Israel karena tidak tahu berterima kasih.
12:16 Dia menakut-nakuti mereka dengan guruh dan hujan pada musim menuai.
12:20 Dia menenangkan mereka dengan belas kasihan TUHAN.

Judul Perikop

Samuel minta diri dari bangsa itu (12:1-25)

Tokoh

Allah, Samuel.

Nama dan Tempat

Allah, Amon, Asytoret, Baal, Barak, Filistin, Harun, Hazor, Israel, Mesir, Moab, Musa, Nahas, Samuel, Sisera, TUHAN, Yakub, Yefta, Yerubaal

Kesimpulan

Agama memiliki alasannya sendiri (ay. 7) yang menunjukkan bahwa ketaatan kepada Allah adalah kebahagiaan manusia dan ketidaktaatan kepada Allah adalah kehancuran manusia.

Fakta

ay. 22. Jika Allah memilih kita berdasarkan jasa baik kita, kita mungkin takut Dia akan melenyapkan kita karena keburukan kita, namun Dia telah memilih kita di dalam Kristus sebelum dasar dunia terbentuk, demi nama-Nya. Dia tidak akan melepaskan kita.

Dengar

Program Studi Alkitab

1 Samuel 11-12 (1 Samuel 11:1--12:25)
Kebenaran Abadi

Playlist:



Nonton

The Bible Project: Baca Alkitab: 1 Samuel (1 Samuel)

Playlist:

THE BIBLE PROJECT
ALKITAB VIDEO BERGAMBAR
BaDeNo PLUS
loader
loader
loader
Komunitas BaDeNo untuk saling berbagi hasil PA terdapat dalam page Facebook di link berikut ini: https://www.facebook.com/sabda.org/
#ayo_pa! #ayo_pa!