Sembunyikan Semua (-)
Baca

Yeremia 49:1-39

Mengenai Amon

49:1 Mengenai orang-orang Amon, beginilah firman TUHAN, “Apakah Israel tidak mempunyai anak-anak laki-laki? Apakah ia tidak mempunyai ahli waris? Jika demikian, mengapa Milkom merebut Gad dan orang-orangnya tinggal di kota-kotanya?

49:2 Karena itu, ketahuilah, saatnya akan tiba,” firman TUHAN, “ketika Aku akan membuat pekik peperangan terdengar di Raba, kota orang-orang Amon. Raba akan menjadi timbunan reruntuhan dan desa-desanya akan dibakar dengan api. Kemudian, Israel akan merebut orang-orang yang dahulu merebutnya,” firman TUHAN.

49:3 “Merataplah, hai Hesybon, karena Ai telah dihancurkan! Menangislah, hai anak-anak perempuan Raba! Kenakanlah pakaian berkabung dan merataplah, berlarilah ke sana kemari di balik tembok-tembok karena Milkom akan pergi ke pembuangan bersama para imam dan pejabatnya.

49:4 Mengapa kamu menyombongkan lembah-lembahmu, yang mengalirkan air, hai anak-anak perempuan yang murtad, yang percaya pada kekayaannya dengan berkata, ‘Siapa yang akan datang melawanku?’

49:5 Ketahuilah, Aku akan mendatangkan kengerian ke atasmu,” firman TUHAN, Allah semesta alam, “dari semua yang ada di sekelilingmu, dan kamu akan dihalau, masing-masing ke arah depannya, dan tidak seorang pun akan mengumpulkan para pelarian itu.

49:6 Akan tetapi, setelah itu, Aku akan mengembalikan penawanan orang-orang Amon,” firman TUHAN.

Mengenai Edom

49:7 Mengenai Edom, beginilah firman TUHAN semesta alam, “Apakah tidak ada lagi kebijaksanaan di Teman? Apakah nasihat telah hilang dari orang-orang bijaksana? Apakah hikmat mereka telah lenyap?

49:8 Mengungsilah, berbaliklah, tinggallah di lubang-lubang yang dalam, hai penduduk Dedan, karena Aku akan mendatangkan kehancuran Esau ke atasnya pada waktu Aku menghukumnya.

49:9 Jika para pemetik buah anggur datang kepadamu, bukankah mereka akan meninggalkan sisa-sisa petikan? Jika perampok datang kepadamu pada malam hari, akankah mereka hanya mencuri sebanyak yang mereka inginkan?

49:10 Akan tetapi, Aku telah menelanjangi Esau. Aku telah menyingkapkan tempat-tempat persembunyiannya sehingga dia tidak dapat menyembunyikan dirinya. Anak-anaknya, saudara-saudaranya, dan tetangganya dihancurkan, dan dia pun tidak ada lagi.

49:11 Tinggalkan anak-anakmu yang yatim, Aku akan membiarkan mereka hidup, dan biarkan janda-jandamu percaya kepada-Ku.”

49:12 Sebab, beginilah firman TUHAN, “Ketahuilah, jika mereka yang hukumannya tidak untuk minum dari cawan ini pun harus meminumnya, masakan kamu akan terlepas dari hukuman? Kamu tidak akan pergi tanpa hukuman, tetapi kamu akan benar-benar meminumnya.

49:13 Sebab, Aku telah bersumpah demi diri-Ku sendiri,” firman TUHAN, “bahwa Bozra akan menjadi suatu kengerian, cemoohan, reruntuhan, dan kutukan, dan semua kota di dalamnya akan menjadi reruntuhan untuk selama-lamanya.”

49:14 Aku telah mendengar pesan dari TUHAN, dan seorang utusan telah dikirim di antara bangsa-bangsa dengan pesan, “Berkumpullah dan seranglah dia. Bersiaplah untuk perang!

49:15 Lihatlah, Aku akan membuatmu kecil di antara bangsa-bangsa, dan terhina di antara manusia.

49:16 Kehebatanmu dan kesombongan hatimu, telah menipumu, hai kamu yang tinggal di celah-celah batu, yang menempati tempat-tempat tinggi di bukit. Walaupun kamu membuat sarangmu setinggi sarang burung elang, Aku akan menurunkanmu dari sana,” firman TUHAN.

49:17 “Edom akan menjadi kengerian. Setiap orang yang melintasinya akan ketakutan dan akan mencemooh karena semua lukanya.

49:18 Seperti ketika Sodom dan Gomora, serta kota-kota di sekitarnya dijungkirbalikkan,” firman TUHAN, “tidak ada seorang pun akan tinggal di sana, tidak ada seorang anak manusia pun akan tinggal di dalamnya.”

49:19 “Lihatlah, seperti singa muncul dari hutan Yordan menuju padang penggembalaan yang subur, dengan tiba-tiba Aku akan membuatnya lari dari negeri itu, dan Aku akan menetapkan atasnya siapa pun yang Aku pilih. Sebab, siapakah seperti Aku? Siapakah yang akan mendakwa Aku? Siapakah gembala yang dapat berdiri di hadapan-Ku?”

49:20 Karena itu, dengarlah rencana yang ditetapkan TUHAN melawan Edom dan rancangan yang dibuat-Nya melawan penduduk Teman: Sesungguhnya, yang terkecil dari kawanan domba itu akan diseret. Sesungguhnya, Dia akan membuat tempat tinggal mereka sunyi sepi karena mereka.

49:21 Bumi berguncang karena suara kejatuhan mereka. Suara tangisan mereka terdengar di Laut Merah.

49:22 Ketahuilah, Dia akan naik dan terbang dengan cepat seperti burung elang, dan mengembangkan sayap-sayap-Nya terhadap Bozra. Dan pada hari itu, hati orang-orang gagah Edom akan menjadi seperti hati seorang perempuan yang kesakitan saat melahirkan.”

Mengenai Damsyik

49:23 Mengenai Damsyik, “Hamat dan Arpad telah dipermalukan karena mereka telah mendengar berita-berita buruk. Mereka leleh karena kecemasan, mereka resah seperti laut yang tidak dapat tenang.

49:24 Damsyik telah menjadi lemah, ia berbalik untuk melarikan diri, dan kepanikan telah mencengkeramnya. Penderitaan dan kesedihan telah menguasainya seperti seorang perempuan yang hendak melahirkan.

49:25 Betapa kota pujian itu telah ditinggalkan, kota sukacita-Ku!

49:26 Karena itu, orang-orang mudanya akan roboh di jalan-jalannya, dan semua tentaranya akan bergeming pada hari itu,” firman TUHAN semesta alam.

49:27 “Aku akan membakar tembok Damsyik, dan api itu akan menghanguskan benteng-benteng Benhadad.”

Mengenai Kedar dan Hazor

49:28 Mengenai Kedar dan kerajaan-kerajaan Hazor, yang dikalahkan Nebukadnezar, raja Babel, beginilah firman TUHAN, “Bangkitlah dan majulah ke Kedar, dan hancurkanlah orang-orang dari timur itu.

49:29 Kemah-kemah dan ternak-ternak mereka akan dirampas. Tirai-tirai mereka dan semua barang mereka, dan unta-unta mereka akan dirampas. Orang-orang akan berteriak kepada mereka, ‘Ketakutan ada di semua sisi!’

49:30 Larilah, pergilah jauh-jauh, tinggallah di tempat-tempat yang dalam, hai penduduk Hazor,” firman TUHAN. “Sebab, Nebukadnezar, raja Babel, telah membuat rencana melawanmu dan merencanakan rancangan melawanmu.

49:31 Bangkitlah, majulah menuju bangsa yang makmur itu, yang tinggal dengan aman,” firman TUHAN. “yang tidak mempunyai pintu-pintu gerbang ataupun palang-palang, yang tinggal sendirian.

49:32 Unta-unta mereka akan menjadi rampasan, dan ternak-ternak mereka yang banyak menjadi jarahan. Aku akan menyerakkan ke semua arah mata angin mereka yang memotong tepi rambut mereka, dan Aku akan membawa kemalangan mereka dari setiap sisi mereka,” firman TUHAN.

49:33 “Hazor akan menjadi tempat tinggal untuk serigala-serigala, suatu kesunyian untuk selama-lamanya. Tidak seorang pun akan tinggal di sana. Tidak seorang pun akan menetap di sana.”

Mengenai Elam

49:34 Firman TUHAN yang datang kepada Nabi Yeremia mengenai Elam pada awal pemerintahan Zedekia, raja Yehuda, katanya,

49:35 Beginilah firman TUHAN semesta alam, “Ketahuilah, Aku akan mematahkan busur Elam, pokok kekuatan mereka.

49:36 Aku akan mendatangkan ke atas Elam empat angin dari empat penjuru langit, dan Aku akan menyerakkan mereka ke arah semua penjuru angin itu sehingga tidak akan ada bangsa yang tidak kedatangan orang-orang buangan dari Elam itu.

49:37 Sebab Aku akan membuat Elam tawar hati di hadapan musuh-musuh mereka, dan di hadapan orang-orang yang mau membunuh mereka. Aku akan mendatangkan bencana ke atas mereka, bahkan kedahsyatan kemarahan-Ku,” firman TUHAN. “Aku akan mengirimkan pedang mengejar mereka sampai Aku menghabisi mereka,

49:38 dan Aku akan mendirikan takhta-Ku di Elam, dan menghancurkan raja-raja dan pejabat-pejabat mereka,” firman TUHAN.

49:39 “Akan tetapi, pada hari-hari yang akan datang, Aku akan memulihkan penawanan Elam,” firman TUHAN.

AlkiPEDIA AlkiPEDIA

Penjelasan Singkat

Pemulihan Elam

Isi Pasal

Nubuat tentang Amon, Edom, Damsyik, Kedar, kerajaan Hazor, Elam.

Garis Besar

49:1 Penghukuman atas bani Amon.
49:6 Pemulihan mereka.
49:7 Penghukuman atas Edom;
49:23 atas Damsyik;
49:28 atas Kedar;
49:30 atas Hazor;
49:34 dan atas Elam.
49:39 Pemulihan Elam.

Judul Perikop

Mengenai bani Amon (49:1-6)
Mengenai Edom (49:7-22)
Mengenai Damsyik (49:23-27)
Mengenai suku-suku bangsa Arab (49:28-33)
Mengenai Elam (49:34-39)

Tokoh

Allah, Yeremia, Nebukadrezar, Zedekia.

Nama dan Tempat

ALLAH, Amon, Arpad, Babel, Benhadad, Bozra, Damsyik, Dedan, Edom, Elam, Esau, Gad, Gomora, Hamat, Hazor, Hesybon, Israel, Kedar, Milkom, Nebukadnezar, Raba, Sodom, Teberau, Teman, TUHAN, Yehuda, Yeremia, Yordan, Zedekia

Kesimpulan

Bangsa-bangsa yang menghina dan menganiaya umat Allah mungkin tampak hebat untuk sesaat, tetapi kesombongan mereka akan memperdaya mereka, karena Allah pasti akan mendatangi mereka dengan kehancuran, dan mereka sendiri akan dihina di antara manusia.

Fakta

-

Dengar

Program Studi Alkitab

Yeremia 45:1-49:6 (Yeremia 45:1--49:6)
Kebenaran Abadi

Playlist:



Nonton

The Bible Project: Ringkasan: Yeremia (Yeremia 1-52)

Playlist:

THE BIBLE PROJECT
ALKITAB VIDEO BERGAMBAR
BaDeNo PLUS
loader
Tampilkan Semua
1. Mengapa Molekh tidak menempati tanah Gad? [Yer 49:1]
Molekh seharusnya tidak menduduki Gad karena itu milik anak-anak Israel. [Yer 49:1]
2. Apa yang akan terjadi pada Rabbah? [Yer 49:2]
Ini akan menjadi tumpukan kosong [Yer 49:2]
3. Apa yang akan terjadi pada Melekh? [Yer 49:3]
Kota-kota akan dihancurkan dan orang-orang akan ditawan [Yer 49:3]
4. Apa yang dipercaya oleh anak perempuan yang tidak setia? [Yer 49:4]
Dia percaya pada kekayaannya. [Yer 49:4]
5. Mengapa orang-orang akan ketakutan? [Yer 49:5]
Mereka akan ketakutan karena mereka semua akan dipaksa oleh musuh yang mengelilingi mereka untuk menyebar ke negara lain [Yer 49:5]
6. Apa yang akan dilakukan TUHAN untuk kelompok orang Amon di masa depan? [Yer 49:6]
TUHAN akan memulihkan nasib mereka [Yer 49:6]
7. Apa yang telah terjadi pada orang-orang bijak dari Edom? [Yer 49:7]
Orang-orang Edom yang bijaksana telah pergi. [Yer 49:7]
8. Apa yang seharusnya dilakukan orang-orang Edom sekarang sehingga orang-orang bijak mereka pergi? [Yer 49:8]
Mereka harus melarikan diri dan hidup dalam lubang di tanah. [Yer 49:8]
9. Apa yang akan dilakukan TUHAN pada Esau? [Yer 49:8]
Dia akan membawa bencana pada Esau. [Yer 49:8]
10. Apa yang TUHAN katakan tentang anak-anak yatim dan janda di Edom? [Yer 49:11]
Dia mengatakan bahwa dia akan mengurus anak-anak yatim dan janda [Yer 49:11]
11. Mengapa orang Edom tahu bahwa TUHAN akan menghukum mereka? [Yer 49:12]
Mereka telah melihat bahwa bahkan mereka yang tidak menghukum TUHAN pun menderita. [Yer 49:12]
12. Apa yang TUHAN katakan akan dilakukanNya pada Bozra? [Yer 49:13]
Dia akan menghancurkannya. [Yer 49:13]
13. Apa yang utusan TUHAN akan beritahukan pada bangsa-bangsa untuk dilakukan? [Yer 49:14]
Utusan itu pergi pada bangsa-bangsa untuk memberitahu mereka untuk bersiap-siap berperang dan menyerang Edom. [Yer 49:14]
14. Apa yang TUHAN katakan kepada orang-orang Edom? [Yer 49:15]
Dia mengatakan bahwa dia telah membuat bangsa mereka, Edom, kecil dibandingkan dengan bangsa lain dan bahwa orang akan menghina mereka [Yer 49:15]
15. Karena orang Edom telah menipu diri mereka sendiri dan berpikir bahwa mereka memiliki keselamatan di tebing, apa yang akan dilakukan TUHAN bagi mereka? [Yer 49:16]
Dia akan menjatuhkan mereka [Yer 49:16]
16. Apa yang TUHAN bandingkan dengan kengerian Edom? [Yer 49:17,18]
Dia membandingkannya dengan Sodom dan Gomora dan tetangga mereka, di mana tidak ada yang tinggal [Yer 49:17,18]
17. Apa yang akan dilakukan TUHAN kepada orang Edom setelah dia mengambilnya dari negeri mereka? [Yer 49:19]
Dia akan memilih seseorang untuk bertanggung jawab atas mereka [Yer 49:19]
18. Apa rencana yang TUHAN miliki terhadap Edom? [Yer 49:20]
Dia memiliki rencana untuk menyeret habis penduduk Teman dan mengubah padang rumput mereka menjadi tempat-tempat yang hancur [Yer 49:20]
19. Bagaimana jadinya kalau Edom dihancurkan? [Yer 49:21,22]
Bumi akan berguncang, dan orang-orang yang jauhnya sejauh Laut Merah akan mendengar teriakan kesusahan. Bahkan prajurit terkuat pun akan takut. [Yer 49:21,22]
20. Apa yang TUHAN katakan akan terjadi pada orang-orang Damsyik? [Yer 49:23,24]
Mereka akan merasa malu dan lemah. Mereka akan berbalik dan lari dalam kesusahan. [Yer 49:23,24]
21. Apa yang akan terjadi ketika TUHAN menyalakan api di dinding Damsyik? [Yer 49:26,27]
Api akan melahap benteng-benteng Benhadad, dan orang-orang muda dan semua orang yang bertempur akan mati. [Yer 49:26,27]
22. Apa yang TUHAN perintahkan agar Nebukadnezar lakukan ke Kedar? [Yer 49:28,29]
Dia memberi tahu Nebukadnezar untuk menyerang orang-orang, menghancurkan mereka, dan mengambil harta mereka [Yer 49:28,29]
23. Mengapa ini menjadi serangan yang mudah bagi Nebukadnezar? [Yer 49:30,31]
Akan mudah baginya karena orang-orang tidak memiliki gerbang atau palang, dan mereka hidup sendiri. [Yer 49:30,31]
24. Di mana orang-orang Kedar hidup setelah Nebukadnezar menyerang mereka? [Yer 49:30]
Mereka akan hidup berlubang di tanah. [Yer 49:30]
25. Apa yang akan dilakukan TUHAN kepada orang-orang Hazor ketika Nebukadnezar mengambil unta dan harta mereka sebagai penjarahan perang? [Yer 49:32]
Dia akan menyebarkan mereka dan bencana akan datang pada mereka. [Yer 49:32]
26. Siapa yang akan tinggal di kota setelah Nebukadnezar menyerangnya? [Yer 49:33]
Hanya serigala yang akan tinggal di dalamnya. [Yer 49:33]
27. Kapan Yeremia menerima ramalan tentang Elam? [Yer 49:34]
Dia mendapatkannya ketika Raja Zedekia memerintah Yehuda. [Yer 49:34]
28. Ketika TUHAN menghancurkan para pemanah Elam, ke mana orang-orang akan pergi? [Yer 49:34,35,36]
Orang-orang akan pergi ke seluruh bagian bumi. [Yer 49:34,35,36]
29. Apa yang akan dilakukan TUHAN karena dia marah dengan orang-orang Elam? [Yer 49:37,38]
TUHAN akan memungkinkan musuh-musuh mereka untuk menghancurkan mereka dan membawa bencana kepada mereka, membunuh mereka, dan sepenuhnya menyingkirkan mereka semua. [Yer 49:37,38]
30. Apa yang akan dilakukan TUHAN bagi orang-orang Elam suatu hari nanti? [Yer 49:39]
Dia akan membiarkan mereka kembali ke negeri mereka. [Yer 49:39]
loader
loader
Studi lebih lanjut kunjungi situs: Alkitab SABDA.
loader
Komunitas BaDeNo merupakan wadah yang disediakan oleh Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) untuk saling berbagi hasil PA (BaDeNo). Hasil PA ini bisa dibagikan melaui Facebook Group:  Alkitab Setiap Hari, dan WhatsApp Group:  BaDeNo Perjanjian Lama dan  BaDeNo Perjanjian Baru.
Mari join bersama dengan kami melalui:
- Email: ylsa@sabda.org
- WA: 0881-2979-100
- Formulir: https://bit.ly/FeedbackBadeno
BaDeNo PL
BaDeNo PB
Alkitab Setiap Hari
#ayo_pa! #ayo_pa!