Sembunyikan Semua (-)
Baca

Yeremia 44:1-30

Nubuat Terakhir dari Yeremia

44:1 Firman yang datang kepada Yeremia mengenai seluruh orang Yahudi yang tinggal di negeri Mesir, yang tinggal di Migdol, Tahpanhes, Memfis, dan di tanah Patros, katanya,

44:2 “Beginilah firman TUHAN semesta alam, Allah Israel, ‘Kamu telah melihat semua bencana yang telah Aku datangkan atas Yerusalem dan semua kota Yehuda, dan lihatlah, hari ini mereka menjadi reruntuhan dan tidak seorang pun tinggal di dalamnya

44:3 karena kejahatan mereka yang telah mereka lakukan untuk memancing supaya Aku marah dengan pergi membuat persembahan bakaran dan melayani ilah-ilah lain yang tidak mereka kenal, baik mereka, kamu, atau nenek moyangmu.

44:4 Namun, Aku terus-menerus mengutus kepadamu semua hamba-Ku, para nabi, yang berkata, ‘Jangan lakukan hal menjijikkan ini, yang Aku benci.’

44:5 Akan tetapi, mereka tidak mendengarkan ataupun mencondongkan telinga mereka untuk berbalik dari kejahatan mereka dan untuk tidak membakar kemenyan bagi ilah-ilah lain.

44:6 Karena itu, murka-Ku dan kemarahan-Ku dicurahkan dan dinyalakan di kota-kota Yehuda dan jalan-jalan Yerusalem, dan kota-kota itu menjadi reruntuhan dan kesunyian seperti hari ini.’”

44:7 “Sekarang, beginilah firman TUHAN semesta alam, Allah Israel, ‘Mengapa kamu melakukan bahaya besar terhadap dirimu sendiri, untuk melenyapkan darimu laki-laki dan perempuan, anak-anak dan bayi-bayi dari antara orang-orang Yehuda, dengan membiarkan dirimu sendiri tanpa sisa

44:8 dengan memancing-Ku untuk marah dengan pekerjaan-pekerjaan tanganmu, dengan membakar kurban bagi ilah-ilah lain di negeri Mesir, tempat yang telah kamu datangi untuk ditinggali, sehingga kamu akan lenyap dan menjadi kutuk dan hinaan di antara semua bangsa di bumi?

44:9 Apakah kamu sudah lupa akan kejahatan nenek moyangmu, kejahatan raja-raja Yehuda, dan kejahatan istri-istri mereka, dan kejahatanmu sendiri, dan kejahatan istri-istrimu, yang mereka lakukan di tanah Yehuda dan di jalan-jalan Yerusalem?

44:10 Mereka tidak merendahkan diri, bahkan hingga hari ini, atau merasa takut, ataupun berjalan dalam hukum-Ku dan ketetapan-ketetapan-Ku yang Aku tetapkan di hadapanmu dan di hadapan nenek moyangmu.’”

44:11 “Karena itu, beginilah firman TUHAN semesta alam, Allah Israel, ‘Dengarlah, Aku akan menghadapkan wajah-Ku terhadap kamu untuk malapetaka, dan untuk melenyapkan seluruh Yehuda.

44:12 Aku akan mengambil sisa-sisa Yehuda yang telah menghadapkan wajah mereka untuk pergi ke negeri Mesir untuk tinggal di sana; mereka semua akan dilenyapkan dan mati di tanah Mesir, mereka akan dimakan oleh pedang dan oleh kelaparan, mereka akan mati, dari yang terkecil hingga yang terbesar, oleh pedang dan oleh kelaparan, dan mereka akan menjadi suatu kejijikan, suatu keheranan, suatu kutuk, dan suatu ejekan.

44:13 Aku akan menghukum mereka yang tinggal di tanah Mesir, seperti Aku telah menghukum Yerusalem, dengan pedang, dengan kelaparan, dan dengan penyakit sampar

44:14 sehingga tidak ada sisa-sisa Yehuda, yang pergi memasuki negeri Mesir untuk tinggal di sana, akan terluput, selamat, atau kembali ke tanah Yehuda, ke tempat yang mereka inginkan untuk kembali dan untuk tinggal di sana. Sebab, mereka tidak akan kembali, kecuali beberapa pengungsi.’”

44:15 Lalu, semua orang yang mengetahui bahwa istri mereka telah membakar kemenyan untuk ilah-ilah lain, dan semua perempuan yang berdiri di dekatnya, suatu kumpulan yang besar, bahkan semua orang yang tinggal di negeri Mesir, di Patros, menjawab Yeremia, katanya,

44:16 “Mengenai perkataan yang telah kamu sampaikan kepada kami dalam nama TUHAN, kami tidak akan mendengarkanmu.

44:17 Sebaliknya, kami benar-benar akan melakukan semua yang telah kami ucapkan, membakar persembahan untuk Ratu Surga dan menuangkan persembahan curahan untuknya, seperti yang kami lakukan, baik kami, nenek moyang kami, raja-raja kami, maupun pejabat-pejabat kami, di kota-kota Yehuda dan di jalan-jalan Yerusalem. Pada waktu itu, kami memiliki banyak makanan dan kami makmur, dan tidak melihat kemalangan.

44:18 Akan tetapi, sejak kami berhenti membakar persembahan untuk Ratu Surga dan menuangkan persembahan curahan untuknya, kami kekurangan segala sesuatu, dan telah dilenyapkan oleh pedang dan kelaparan.

44:19 Dan, ketika kami membakar kurban untuk Ratu Surga dan menuangkan persembahan curahan untuknya, apakah hal itu tanpa sepengetahuan suami-suami kami sehingga kami membuat baginya makanan yang menyerupai dirinya dan menuangkan persembahan curahan untuknya?”

44:20 Kemudian, Yeremia berkata kepada semua orang, baik laki-laki maupun perempuan, dan kepada semua orang yang telah memberinya jawaban, katanya,

44:21 “Mengenai persembahan yang kamu persembahkan di kota-kota Yehuda dan di jalan-jalan Yerusalem, baik kamu, nenek moyangmu, raja-rajamu, dan para pejabatmu, maupun semua orang di negeri ini, tidakkah TUHAN mengingat mereka? Tidakkah hal itu masuk ke dalam pikiran-Nya?

44:22 TUHAN tidak dapat bersabar lagi terhadap perbuatan-perbuatanmu yang jahat dan kekejian yang telah kamu lakukan. Karena itu, negerimu menjadi suatu reruntuhan, suatu kengerian, suatu kutuk, tanpa penduduk, seperti yang terjadi hari ini.

44:23 Karena kamu telah membakar persembahan dan karena kamu telah berdosa terhadap TUHAN, dan tidak mematuhi suara TUHAN, ataupun berjalan menurut hukum-Nya atau menurut ketetapan-ketetapan-Nya, atau kesaksian-Nya, karena itulah bencana ini telah ditimpakan ke atasmu, seperti yang terjadi hari ini.”

44:24 Kemudian, Yeremia berbicara kepada seluruh rakyat dan semua perempuan itu, “Dengarkanlah firman TUHAN, hai kamu semua orang Yehuda yang ada di negeri Mesir.

44:25 Beginilah firman TUHAN semesta alam, Allah Israel, ‘Kamu dan istri-istrimu telah menyatakan dengan mulutmu dan menggenapinya dengan tanganmu, dengan berkata, ‘Kami benar-benar akan menggenapi janji-janji kami yang telah kami janjikan, untuk membakar persembahan bagi Ratu Surga dan menuangkan persembahan curahan baginya.’ Silakan saja, tepati janji-janjimu dan wujudkan janji-janjimu!”

44:26 Akan tetapi, dengarlah firman TUHAN, hai kamu semua orang Yehuda yang tinggal di Mesir, ‘Ketahuilah, Aku telah bersumpah demi nama-Ku yang agung,’ firman TUHAN, ‘bahwa nama-Ku tidak akan disebut lagi oleh mulut siapa pun dari orang-orang Yehuda di seluruh negeri Mesir, dengan berkata, ‘Demi Tuhan ALLAH yang hidup.’

44:27 Ketahuilah, Aku akan mengawasi mereka untuk kemalangan, dan bukan untuk kebaikan. Semua orang Yehuda yang ada di negeri Mesir akan dibunuh oleh pedang dan oleh kelaparan, hingga mereka benar-benar habis.

44:28 Mereka yang luput dari pedang dan akan kembali dari negeri Mesir menuju tanah Yehuda jumlahnya sangat sedikit; dan semua sisa-sisa Yehuda yang telah pergi ke negeri Mesir untuk tinggal di sana, akan mengetahui perkataan siapa yang akan terbukti, perkataan-Ku atau perkataan mereka.

44:29 Ini akan menjadi tanda bagimu,’ firman TUHAN ‘bahwa Aku akan menghukummu di tempat ini sehingga kamu akan mengetahui bahwa perkataan-Ku akan benar-benar terbukti menentang kamu untuk kemalangan.’

44:30 Beginilah firman TUHAN, ‘Ketahuilah, Aku akan menyerahkan Firaun Hofra, raja Mesir, ke tangan musuh-musuhnya, ke tangan orang-orang yang ingin membunuhnya, seperti Aku menyerahkan Zedekia, raja Yehuda, ke tangan Nebukadnezar, raja Babel, yang adalah musuhnya dan berusaha membunuhnya.’”

AlkiPEDIA AlkiPEDIA

Penjelasan Singkat

Keruntuhan Yehuda

Isi Pasal

Pesan kepada orang Yahudi di Mesir. Hukuman lebih lanjut diperingatkan. Pelanggaran/Kejijikan umat terhadap peringatan.

Garis Besar

44:1 Yeremia mengungkapkan penghancuran Yehuda karena penyembahan berhala mereka.
44:11 Dia menubuatkan kehancuran mereka, yang menyembah berhala di Mesir.
44:15 Sifat keras kelapa orang Yahudi;
44:20 yang karenanya Yeremia mengancam mereka;
44:29 dan dengan sebuah tanda menubuatkan kehancuran Mesir.

Judul Perikop

Nubuat terakhir dari Yeremia di Mesir (44:1-30)

Tokoh

Allah, Yeremia, Firaun-Hofra, Zedekia, Nebukadnezar.

Nama dan Tempat

Allah, Babel, Firaun, Hofra, Israel, Memfis, Mesir, Migdol, Nebukadnezar, Patros, Tahpanhes, Taurat, TUHAN, Yehuda, Yeremia, Yerusalem, Zedekia

Kesimpulan

Perlakuan Allah di masa lalu terhadap orang berdosa harusnya menjadi peringatan bagi kita tentang bahaya dari dosa dan akibat fatalnya. Bagi mereka yang adalah orang berdosa yang tidak bertobat Allah akan didapati sebagai Hakim yang berkepala batu. Dalam pertandingan antara Firman Allah dan perkataan manusia, Firman Allah pastilah akan menang.

Fakta

-

Dengar

Program Studi Alkitab

Yeremia 39:7-44:30 (Yeremia 39:7--44:30)
Kebenaran Abadi

Playlist:



Nonton

The Bible Project: Ringkasan: Yeremia (Yeremia 1-52)

Playlist:

THE BIBLE PROJECT
ALKITAB VIDEO BERGAMBAR
BaDeNo PLUS
loader
Tampilkan Semua
1. Mengapa Yeremia mengatakan TUHAN membawa bencana di Yerusalem dan kota-kota Yehuda? [Yer 44:2,3]
Yeremia mengatakan karena orang-orang menyembah allah lain. [Yer 44:2,3]
2. Apa yang dikatakan para nabi TUHAN kepada orang-orang? [Yer 44:4]
Para nabi telah memberi tahu orang-orang untuk berhenti melakukan hal-hal yang TUHAN benci. [Yer 44:4]
3. Apa yang orang-orang lakukan setelah para nabi berbicara kepada mereka? [Yer 44:5]
Mereka tidak mendengarkan. [Yer 44:5]
4. Apa yang TUHAN lakukan ketika orang Yehuda tidak mendengarkan para nabi? [Yer 44:6]
TUHAN mencurahkan murka dan amarahnya, dan dia menghancurkan Yehuda dan Yerusalem. [Yer 44:6]
5. Berapa banyak orang yang pergi ke Mesir akan TUHAN biarkan untuk hidup? [Yer 44:7]
Dia tidak akan membiarkan mereka hidup. [Yer 44:7]
6. Bagaimana mereka menyinggung TUHAN? [Yer 44:8]
Mereka menyinggung TUHAN dengan perbuatan tangan mereka, dengan membakar dupa kepada allah-allah lain di tanah Mesir. [Yer 44:8]
7. Apa yang TUHAN katakan akan terjadi pada mereka di Mesir? [Yer 44:8]
Dia bilang dia akan menghancurkan mereka. [Yer 44:8]
8. Siapa yang Tuhan katakan telah melakukan kejahatan? [Yer 44:10]
Dia mengatakan bahwa orang-orang dan leluhur mereka telah melakukan kejahatan [Yer 44:10]
9. Apa yang TUHAN katakan akan terjadi pada orang-orang yang pergi ke Mesir? [Yer 44:11,12]
TUHAN mengatakan bahwa dia akan menujukan wajahnya terhadap mereka dan membawa bencana bagi mereka dan menghancurkan mereka semua sama seperti dia menghukum Yerusalem: dengan pedang dan kelaparan dan wabah. [Yer 44:11,12]
10. Apa yang TUHAN katakan tentang sisa-sia Yehuda? [Yer 44:14]
Dia mengatakan bahwa tidak satupun dari mereka yang ingin kembali ke Yehuda akan kembali, meskipun beberapa akan melarikan diri dari Mesir. [Yer 44:14]
11. Apa yang orang-orang pikir akan terjadi jika mereka terus membakar dupa dan menuangkan minuman persembahan kepada Ratu Surga? [Yer 44:17]
Orang-orang mengira mereka akan dipenuhi dengan makanan dan akan makmur, tanpa mengalami bencana apa pun jika mereka membakar dupa dan menuangkan minuman persembahan kepada Ratu Surga. [Yer 44:17]
12. Apa yang tidak bisa lagi ditanggung TUHAN? [Yer 44:22]
Dia tidak bisa lagi menanggung apa yang dilakukan orang-orang. [Yer 44:22]
13. Apa yang terjadi dengan tanah mereka setelah TUHAN tidak bisa lagi menanggung apa yang dilakukan orang-orang? [Yer 44:22]
Tanah mereka menjadi sunyi, ngeri, dan dikutuk. [Yer 44:22]
14. Mengapa bencana ini menimpa mereka? [Yer 44:23]
Karena mereka membakar dupa untuk menyembah berhala dan berdosa terhadap TUHAN, dan karena mereka tidak mau mendengarkannya. [Yer 44:23]
15. Apa yang Yeremia katakan pada mereka yang ingin memenuhi janji mereka kepada Ratu Surga? [Yer 44:25]
Dia mengatakan kepada mereka untuk memenuhi janji mereka. [Yer 44:25]
16. Apa yang dikatakan Yeremia yang akan dilakukan orang-orang setelah mereka memenuhi janji mereka? [Yer 44:26,27]
Dia mengatakan kepada mereka bahwa mereka tidak akan pernah lagi menyembah TUHAN, tetapi mereka semua akan binasa karena pedang dan kelaparan. [Yer 44:26,27]
17. Apa yang akan terjadi pada mereka yang tidak mati dengan pedang? [Yer 44:28]
Mereka akan kembali dari Mesir ke Yehuda. [Yer 44:28]
18. Apa yang akan orang-orang pahami ketika Hofra meninggal? [Yer 44:29]
Mereka akan mengerti bahwa TUHAN akan melakukan kepada mereka semua yang dia katakan akan dia lakukan. [Yer 44:29]
19. Apa yang TUHAN katakan akan dia lakukan dengan Firaun Hofra? [Yer 44:30]
Dia mengatakan dia akan meenyerahkan Firaun Hofra kepada musuh-musuhnya. [Yer 44:30]
loader
loader
Studi lebih lanjut kunjungi situs: Alkitab SABDA.
loader
Komunitas BaDeNo merupakan wadah yang disediakan oleh Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) untuk saling berbagi hasil PA (BaDeNo). Hasil PA ini bisa dibagikan melaui Facebook Group:  Alkitab Setiap Hari, dan WhatsApp Group:  BaDeNo Perjanjian Lama dan  BaDeNo Perjanjian Baru.
Mari join bersama dengan kami melalui:
- Email: ylsa@sabda.org
- WA: 0881-2979-100
- Formulir: https://bit.ly/FeedbackBadeno
BaDeNo PL
BaDeNo PB
Alkitab Setiap Hari
#ayo_pa! #ayo_pa!