Sembunyikan Semua (-)
Baca

Yeremia 48:1-47

Mengenai Moab

48:1 Mengenai Moab. Beginilah firman TUHAN semesta alam, Allah Israel, “Celakalah Nebo karena Nebo dihancurkan. Kiryataim dipermalukan dan direbut. Benteng-bentengnya dipermalukan dan dihancurkan.

48:2 tidak akan ada lagi pujian mengenai Moab. Di Hesybon, mereka telah merencanakan kejahatan terhadapnya. ‘Datanglah, marilah kita melenyapkannya sebagai suatu bangsa!’ Kamu juga, hai Madmen, akan dibungkam. Pedang akan mengejarmu.

48:3 Suara tangisan akan terdengar dari Horonaim, kerusakan dan kehancuran yang sangat besar.

48:4 Moab dihancurkan, anak-anaknya yang kecil telah membuat tangisan.

48:5 Sebab, di pendakian Luhit mereka mendaki sambil terus-menerus menangis. Sebab, di jalan turunan Horonaim, mereka mendengar tangisan kesakitan atas kehancuran.

48:6 Larilah, selamatkan hidupmu! dan jadilah seperti rumput liar di padang belantara.

48:7 Karena kamu percaya pada perbuatan-perbuatan dan kekayaanmu, kamu juga akan direbut; dan Kamos akan dibawa ke tempat pembuangan, bersama para imam dan pemimpinnya.

48:8 Pemusnah akan mendatangi setiap kota, dan tidak ada kota yang akan lolos. Lembahnya akan binasa dan dataran akan dihancurkan, seperti yang telah dikatakan TUHAN.

48:9 Berilah sayap kepada Moab karena ia akan terbang menjauh; kota-kotanya akan menjadi suatu kesunyian, tanpa penghuni di dalamnya.

48:10 Terkutuklah orang yang melakukan pekerjaan TUHAN dengan tipu daya, dan terkutuklah orang yang menahan pedang-Nya dari darah.

48:11 Moab telah hidup nyaman sejak mudanya, dan ia hidup tenang di atas endapannya, tidak pernah dituangkan dari bejana ke bejana, dan ia tidak pernah diangkut ke pengasingan. Karena itu, cita rasanya tetap di dalamnya, dan aromanya tidak berubah.”

48:12 “Karena itu, ketahuilah, waktunya akan tiba,” firman TUHAN, “ketika Aku akan mengirim kepadanya para penuang, yang akan menuangkannya dan mengosongkan bejana-bejananya dan memecahkan botol-botolnya.”

48:13 Moab akan dipermalukan karena Kamos, seperti keturunan Israel dipermalukan karena Betel, kepercayaan mereka.

48:14 “Bagaimana kamu dapat berkata, ‘Kami adalah pahlawan-pahlawan dan orang-orang gagah dalam pertempuran?’

48:15 Moab dihancurkan dan kota-kotanya telah lenyap; orang-orang muda pilihan telah diserahkan kepada pembantaian,” firman Raja yang nama-Nya adalah TUHAN semesta alam.

48:16 “Kehancuran Moab akan segera datang, dan penderitaannya datang begitu cepat.

48:17 Merataplah baginya, hai kamu semua yang ada di sekelilingnya, dan kamu semua yang mengenal namanya. Katakan, ‘Betapa tongkat yang kuat itu dipatahkan, tongkat kemuliaan.’

48:18 Turunlah dari kemuliaanmu dan duduklah di tanah dalam dahaga, hai anak perempuan yang tinggal di Dibon. Sebab, penghancur Moab telah datang melawanmu, ia telah menghancurkan benteng-bentengmu.

48:19 Berdirilah di tepi jalan dan berjaga-jagalah, hai penduduk Aroer. Tanyailah dia yang melarikan diri dan dia yang lolos, katakan, ‘Apa yang telah terjadi?’

48:20 Moab telah dipermalukan karena Moab telah dihancurkan. Meratap dan menangislah, beritahukanlah di dekat Arnon bahwa Moab telah dihancurkan,

48:21 dan penghakiman telah datang atas tanah datar itu, atas Holon, Yahas, dan Mefaat;

48:22 atas Dibon, dan Nebo, dan Bet-Diblataim;

48:23 atas Kiryataim, dan Bet-Gamul, dan Bet-Meon;

48:24 atas Keriot dan Bozra, dan semua kota di negeri Moab, baik yang jauh maupun yang dekat.

48:25 Tanduk Moab dipotong dan lengannya dipatahkan,” firman TUHAN.

48:26 “Buatlah ia mabuk karena ia meninggikan diri terhadap TUHAN, maka Moab akan berkubang dalam muntahannya dan ia juga akan menjadi bahan ejekan.

48:27 Tidakkah Israel menjadi bahan ejekan bagimu? Apakah ia ditemukan di antara para pencuri sehingga setiap kali kamu membicarakan tentang ia, kamu menggeleng-gelengkan kepalamu?

48:28 Tinggalkanlah kota-kota itu dan tinggallah di bukit batu, hai penduduk Moab. Jadilah seperti seekor merpati yang bersarang di tepi mulut lubang.

48:29 Kami telah mendengar kesombongan Moab. Ia sangat bangga akan kecongkakannya, kesombongannya, keangkuhannya, dan kecongkakan hatinya.”

48:30 “Aku tahu kemarahannya,” firman TUHAN, “bualan-bualannya itu tidak benar, perbuatan-perbuatannya tidak benar.

48:31 Karena itu, Aku akan meraung untuk Moab, Aku akan menjerit untuk seluruh Moab. Aku akan merintih untuk orang-orang Kir-Heres.

48:32 Aku akan menangis untukmu, lebih daripada untuk Yaezer, hai pohon anggur Sibma! Cabang-cabangmu menjalar menyeberangi lautan, mereka mencapai lautan Yaezer. Si penghancur telah jatuh ke atas buah-buahan musim panasmu dan panenan anggurmu.

48:33 Sukacita dan kegembiraan telah diambil dari ladang yang berbuah lebat, dan dari negeri Moab. Aku telah membuat anggur berhenti dari pemerasan anggur, tidak seorang pun akan menginjak-injak dengan sorak-sorai, sorak-sorai itu bukanlah sorak-sorai sukacita.”

48:34 Dari jeritan di Hesybon dan Eleale, sejauh Yahas, mereka menyuarakan suara mereka, dari Zoar sampai Horonaim dan Eglat-Selisia, karena air Nimrim juga akan menjadi kering.

48:35 “Aku akan menghentikan Moab,” firman TUHAN, “orang yang memberikan persembahan di tempat tinggi dan orang yang membakar kemenyan untuk ilah-ilahnya.”

48:36 “Karena itu, hati-Ku meratap bagi Moab seperti seruling, dan hati-Ku meratap seperti seruling bagi orang-orang Kir-Heres. Sebab, kekayaan yang mereka dapatkan telah lenyap.

48:37 Sebab, setiap kepala menjadi gundul dan setiap janggut dicukur. Pada semua tangan ada sayatan dan di sekeliling pinggang ada kain kabung.

48:38 Di seluruh atap rumah Moab dan di jalan-jalannya hanya ada ratapan karena Aku telah memecahkan Moab seperti bejana yang tidak diinginkan,” firman TUHAN.

48:39 “Betapa hancur! Betapa mereka meratap! Betapa Moab telah membalikkan punggungnya dalam rasa malu! Demikianlah Moab telah menjadi bahan ejekan dan kengerian bagi semua yang ada di sekitarnya.”

48:40 Sebab, beginilah firman TUHAN, “Ketahuilah, ia akan terbang dengan cepat seperti elang, dan membentangkan sayapnya terhadap Moab.

48:41 Keriot akan direbut dan benteng-benteng akan dirampas. Hati para kesatria Moab pada hari itu akan seperti hati para perempuan yang sedang melahirkan.

48:42 Moab akan dihancurkan sebagai suatu bangsa karena ia membesarkan dirinya terhadap TUHAN.”

48:43 “Kengerian, lubang, dan perangkap menantimu, hai penduduk Moab,” firman TUHAN.

48:44 “Dia yang melarikan diri dari kengerian akan jatuh ke dalam lubang, dan dia yang memanjat keluar dari lubang itu akan tertangkap dalam perangkap. Sebab, Aku akan membawa semua ini ke atasnya, ke atas Moab, pada tahun penghukuman mereka,” firman TUHAN.

48:45 “Dalam bayangan Hesybon, para pelarian berhenti tanpa kekuatan. Sebab, api datang dari Hesybon, nyala api dari rumah Sihon, api itu telah menghancurkan dahi Moab, dan mahkota anak-anak orang-orang pembuat onar.

48:46 Celakalah kamu, Moab. Orang-orang Kamos telah binasa karena anak-anakmu laki-laki telah ditawan dan anak-anakmu perempuan dibawa sebagai tahanan.

48:47 “Akan tetapi, Aku akan mengembalikan keberuntungan-keberuntungan Moab pada hari yang akan datang,” firman TUHAN. Sampai di sinilah penghakiman atas Moab.

AlkiPEDIA AlkiPEDIA

Penjelasan Singkat

Penghakiman Moab

Isi Pasal

Nubuat terhadap Moab.

Garis Besar

48:1 Hukuman atas Moab,
48:7 karena kesombongan mereka;
48:11 karena rasa aman mereka;
48:14 dan keyakinan mereka pada kekuatan jasmaniah;
48:26 dan karena mereka menertawakan TUHAN dan umat-Nya.
48:47 Pemulihan Moab.

Judul Perikop

Mengenai Moab (48:1-47)

Tokoh

Allah, Yeremia.

Nama dan Tempat

Allah, Arnon, Aroer, Bet-Diblataim, Bet-Gamul, Bet-Meon, Betel, Bozra, Dibon, Eglat-Selisia, Eleale, Hesybon, Holon, Horonaim, Israel, Kamos, Keriot, Kir-Heres, Kiryataim, Luhit, Madmen, Mefaat, Moab, Nebo, Nimrim, Sibma, Sihon, TUHAN, Yaezer, Yahas, Zoar

Kesimpulan

TUHAN memiliki semua pasukan yang patuh pada perintah-Nya. Sesuai waktu-Nya sendiri Dia akan membela umat-Nya melawan bangsa yang selama ini menjengkelkan bagi mereka dan memberontak melawan Dia, dan akan menghukum mereka sampai tidak ada yang tersisa.

Fakta

-

Dengar

Program Studi Alkitab

Yeremia 45:1-49:6 (Yeremia 45:1--49:6)
Kebenaran Abadi

Playlist:



Nonton

The Bible Project: Ringkasan: Yeremia (Yeremia 1-52)

Playlist:

THE BIBLE PROJECT
ALKITAB VIDEO BERGAMBAR
BaDeNo PLUS
loader
Tampilkan Semua
1. Apa yang TUHAN katakan tentang Moab? [Yer 48:1,2]
Kehancuran akan terjadi pada kota-kota, tidak ada yang akan menghormati Moab, dan musuhmusuh mereka akan mencoba untuk menghancurkannya sebagai sebuah bangsa. [Yer 48:1,2]
2. Mengapa orang-orang berteriak, meratap, dan menangis? [Yer 48:3,4,5]
Mereka melakukan hal-hal ini karena Moab telah dihancurkan [Yer 48:3,4,5]
3. Mengapa Kamos dan para imam serta pemimpinnya pergi ke penahanan? [Yer 48:7]
Mereka menaruh kepercayaan mereka pada praktik dan kekayaan mereka. [Yer 48:7]
4. Apa yang TUHAN katakan akan terjadi pada kota-kota di Moab? [Yer 48:8]
Mereka semua akan hancur, tidak satupun dari mereka akan melarikan diri. [Yer 48:8]
5. Apa yang terjadi dengan kota mereka? [Yer 48:9]
Mereka akan menjadi gurun di mana tidak ada yang tinggal. [Yer 48:9]
6. Apa yang akan dilakukan  kepada siapa saja yang tidak akan membunuh orang Moab untuknya? [Yer 48:10]
 TUHAN akan mengutuknya. [Yer 48:10]
7. Apa yang TUHAN katakan akan terjadi pada orang Moab? [Yer 48:11,12]
Dia mengatakan dia akan mengirim musuh untuk menyerang mereka dan menyingkirkan mereka [Yer 48:11,12]
8. Apa yang TUHAN katakan akan terjadi pada negeri Moab? [Yer 48:15,16]
Ini akan segera hancur. [Yer 48:15,16]
9. Apa yang seharusnya dilakukan orang-orang yang tinggal di dekat Moab setelah Moab dihancurkan? [Yer 48:17]
Mereka harus meratap untuk Moab karena kekuatan mereka telah rusak [Yer 48:17]
10. Apa yang seharusnya orang-orang di kota Dibon dan Aroer lakukan daripada merasa bangga? [Yer 48:18,19,20]
Mereka harus memperhatikan bahwa mereka diserang dan memperhatikan orang-orang yang melarikan diri. Mereka harus meraung, meratap, dan berteriak minta tolong karena Moab telah hancur. [Yer 48:18,19,20]
11. Hukuman apa yang telah datang ke semua kota di negeri Moab? [Yer 48:21,22,23,24,25]
TUHAN telah menghukum banyak kota. Tanduk Moab telah diretas; lengannya patah. [Yer 48:21,22,23,24,25]
12. Orang Moab mengira mereka kuat melawan TUHAN, tetapi apa yang akan dilakukan TUHAN bagi mereka? [Yer 48:26,27]
TUHAN akan menghakimi Moab dan musuh-musuh mereka akan mentertawakan mereka. [Yer 48:26,27]
13. Apa yang harus dilakukan oleh para penduduk karena kesombongan mereka? [Yer 48:28,29]
Mereka harus meninggalkan kota-kota dan berkemah di tebing di bebatuan. [Yer 48:28,29]
14. Mengapa TUHAN  meratap, berteriak dalam kesedihan, dan menangisi orang-orang di Moab? [Yer 48:30]
TUHAN meratap karena dia tahu perkataan menantang Moab tidak berarti apa-apa. [Yer 48:30]
15. Mengapa TUHAN meratap, berteriak dalam kesedihan, dan menangisi orang-orang di Moab? [Yer 48:31,32]
TUHAN meratap karena dia tahu perkataan menantang Moab tidak berarti apa-apa. [Yer 48:31,32]
16. Apa yang telah dilakukan TUHAN kepada Moab? [Yer 48:33]
Dia telah mengambil perayaan mereka dan sukacita mereka. [Yer 48:33]
17. Apa yang TUHAN katakan akan dia lakukan kepada bangsa Moab yang mempersembahkan korban dan membakar dupa kepada dewa-dewa mereka? [Yer 48:35]
Dia akan menyingkirkan orang-orang itu. [Yer 48:35]
18. Bagaimana orang-orang Kir Heres mengekspresikan kesedihan mereka karena kekayaan mereka hilang? [Yer 48:36,37]
Mereka mencukur kepala dan jenggot mereka, memotong tangan mereka, dan memakai kain kabung di sekitar pinggang mereka. [Yer 48:36,37]
19. Mengapa ada ratapan atas segala atap dan di alun-alun? [Yer 48:38,39]
Karena TUHAN telah menghancurkan Moab karena orang menghancurkan semua tembikar yang tidak diinginkan siapa pun. [Yer 48:38,39]
20. Akan terlihat seperti apa penangkapan Keriot kata TUHAN? [Yer 48:40,41]
Itu akan terjadi dengan cepat, seperti ketika elang mendapatkan mangsanya. Musuh akan merebut benteng-benteng, dan para prajurit akan takut. [Yer 48:40,41]
21. Bagaimana TUHAN akan menghancurkan Moab? [Yer 48:42,43,44]
TUHAN akan menyebabkan orang-orang menjadi takut dan jatuh ke dalam lubang dan perangkap. [Yer 48:42,43,44]
22. Mengapa orang-orang hanya akan lari sejauh kota Hesybon? [Yer 48:45]
Karena api akan membara di Hesybon, dan itu akan membakar habis semua orang di Moab yang membual. [Yer 48:45]
23. Apa yang dikatakan Yeremia akan terjadi pada orang-orang Moab? [Yer 48:46,47]
Orang-orang Moab akan dihancurkan dan anak-anak lelaki dan perempuan mereka akan ditangkap dan dibawa ke negara lain, tetapi suatu hari nanti TUHAN akan mengizinkan mereka untuk kembali ke tanah mereka. [Yer 48:46,47]
loader
loader
Studi lebih lanjut kunjungi situs: Alkitab SABDA.
loader
Komunitas BaDeNo merupakan wadah yang disediakan oleh Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) untuk saling berbagi hasil PA (BaDeNo). Hasil PA ini bisa dibagikan melaui Facebook Group:  Alkitab Setiap Hari, dan WhatsApp Group:  BaDeNo Perjanjian Lama dan  BaDeNo Perjanjian Baru.
Mari join bersama dengan kami melalui:
- Email: ylsa@sabda.org
- WA: 0881-2979-100
- Formulir: https://bit.ly/FeedbackBadeno
BaDeNo PL
BaDeNo PB
Alkitab Setiap Hari
#ayo_pa! #ayo_pa!