Sembunyikan Semua (-)
Baca

Yeremia 50:1-46

Mengenai Babel

50:1 Firman yang TUHAN katakan mengenai Babel, tanah orang-orang Kasdim, melalui Nabi Yeremia,

50:2 “Umumkanlah dan nyatakanlah di antara bangsa-bangsa. Nyatakanlah dan angkatlah sebuah panji. Jangan merahasiakannya, tetapi katakanlah, ‘Babel telah direbut, Bel dipermalukan, Merodakh dihancurkan berkeping-keping. Berhala-berhalanya telah dipermalukan, patung-patungnya dihancurkan berkeping-keping.’

50:3 Sebab, dari utara, suatu bangsa telah muncul melawan ia, yang akan membuat negerinya menjadi tandus, dan tidak seorang pun akan tinggal di sana, baik manusia maupun binatang akan melarikan diri.”

50:4 “Pada hari-hari itu dan pada waktu itu,” firman TUHAN, “orang-orang Israel dan orang-orang Yehuda akan datang, mereka dan keturunan Yehuda bersama-sama, mereka datang sambil menangis, dan mereka akan mencari TUHAN, Allah mereka.

50:5 Mereka akan menanyakan jalan menuju Sion dengan wajah yang menghadapnya, kata mereka, ‘Datanglah, marilah kita menggabungkan diri kita kepada TUHAN dalam suatu perjanjian yang abadi, yang tidak akan dilupakan.’

50:6 Umat-Ku telah menjadi domba yang hilang. Para gembala mereka telah menyesatkan mereka di gunung-gunung. Mereka telah pergi dari gunung ke bukit. Mereka telah melupakan tempat peristirahatan mereka.

50:7 Semua yang menjumpai mereka telah melahap mereka, dan musuh-musuh mereka telah berkata, ‘Kami tidak bersalah karena mereka telah berdosa terhadap TUHAN, tempat tinggal kebenaran mereka, TUHAN, pengharapan nenek moyang mereka.’

50:8 Larilah dari tengah-tengah Babel, dan pergilah dari negeri orang-orang Kasdim, dan jadilah seperti kambing jantan di depan kawanan.

50:9 Sebab, ketahuilah, Aku akan membangkitkan dan membuat kumpulan bangsa yang besar dari negeri utara menyerang Babel. Mereka akan berjajar melawan dia. Dari sana, ia akan direbut, panah-panah mereka seperti kesatria andal yang tidak kembali dengan tangan kosong.

50:10 Kasdim akan menjadi rampasan, semua yang merampasnya akan dipuaskan,” firman TUHAN.

50:11 “Karena kamu bergembira, karena kamu bersukaria, hai kamu perusak warisan-Ku, karena kamu bertambah gemuk seperti anak lembu muda di rerumputan, dan meringkik seperti kuda jantan,

50:12 ibumu akan menjadi sangat malu, dia yang melahirkanmu akan dipermalukan. Ketahuilah, dia akan menjadi yang terkecil dari bangsa-bangsa, suatu padang belantara, suatu tanah yang kering, dan suatu gurun pasir.

50:13 Karena murka TUHAN, ia tidak akan dihuni, melainkan akan sepenuhnya menjadi tempat tandus. Setiap orang yang melintasi Babel akan takut dan mendesis karena semua luka-lukanya.

50:14 Aturlah barisan melawan Babel dari semua sisi, hai kamu semua yang melengkungkan busur, panahkan ke arahnya, jangan menyayangkan anak panahmu karena ia telah berdosa terhadap TUHAN.

50:15 Berserulah terhadapnya dari segala penjuru, ia telah menyerah, tiang-tiangnya telah runtuh, tembok-temboknya telah dirobohkan. Sebab, inilah pembalasan TUHAN, lakukan pembalasan kepadanya, lakukan kepadanya seperti yang telah ia lakukan.

50:16 Lenyapkanlah penabur dari Babel, dan dia yang memegang sabit pada masa panen. Karena pedang si penindas, setiap orang akan kembali kepada bangsanya sendiri, dan setiap orang akan melarikan diri ke negerinya sendiri.

50:17 Israel adalah kawanan yang tercerai-berai, singa-singa telah menghalau mereka. Pertama, Raja Asyur menelannya, dan yang terakhir, Nebukadnezar, raja Babel, telah mematahkan tulang-tulangnya.

50:18 Karena itu, beginilah firman TUHAN semesta alam, Allah Israel, ‘Ketahuilah, Aku akan menghukum Raja Babel dan negerinya, seperti Aku telah menghukum Raja Asyur.

50:19 Aku akan membawa Israel kembali ke padang rumputnya, dan ia akan merumput di Karmel dan di Basan, dan jiwanya akan dipuaskan di atas Pegunungan Efraim dan di Gilead.’

50:20 Pada hari-hari itu dan pada waktu itu,” firman TUHAN, “kesalahan akan dicari-cari di Israel, tetapi tidak ada satu pun, dan dosa-dosa di Yehuda, tetapi tidak ada satu pun ditemukan, karena Aku akan mengampuni mereka, yang Aku sisakan.”

50:21 “Majulah melawan negeri Merataim dan melawan penduduk Pekod. Bunuhlah dan hancurkan mereka seluruhnya,” firman TUHAN, “lakukan semuanya sesuai dengan yang Aku perintahkan kepadamu.

50:22 Suara pertempuran ada di negeri itu, dan kehancuran besar.

50:23 Betapa palu seluruh bumi telah dipatahkan dan dihancurkan! Betapa Babel telah menjadi kengerian di antara bangsa-bangsa!

50:24 Aku telah memasang jerat untukmu, dan kamu terjebak juga, hai Babel, tetapi kamu tidak menyadarinya. Kamu telah ditemukan dan juga ditangkap karena kamu telah melawan TUHAN.

50:25 TUHAN telah membuka gudang senjata-Nya dan mengeluarkan senjata-senjata murka-Nya. Sebab, inilah pekerjaan TUHAN, Allah semesta alam di negeri orang-orang Kasdim.

50:26 Datanglah menyerangnya dari segala penjuru. Bukalah lumbung-lumbungnya, tumpuklah ia seperti timbunan, dan hancurkan ia seluruhnya, jangan biarkan sesuatu pun tertinggal darinya.

50:27 Bunuhlah semua sapinya, biarkan mereka menuju ke pembantaian. Celakalah mereka! Sebab, hari mereka sudah datang, masa penghukuman mereka.

50:28 Terdengar suara mereka yang melarikan diri dan lolos dari Babel, untuk menyatakan di Sion pembalasan TUHAN, Allah kita, pembalasan atas bait suci-Nya!

50:29 Kumpulkanlah para pemanah melawan Babel. Hai semua orang yang melengkungkan busur, berkemahlah mengepung ia, jangan biarkan seorang pun lolos. Balaskanlah ia sesuai dengan perbuatannya, perbuatlah terhadapnya sesuai dengan apa yang telah ia perbuat. Sebab, ia telah bersikap angkuh terhadap TUHAN, terhadap Yang Mahakudus Israel.

50:30 Karena itu, orang-orang mudanya akan rebah di tempat-tempat terbuka, dan semua tentaranya akan dibungkam pada hari itu,” firman TUHAN.

50:31 “Ketahuilah, Aku melawanmu, hai kamu yang sombong,” firman TUHAN, Allah semesta alam. “Sebab, harimu telah tiba, saat ketika Aku akan menghukummu.

50:32 Si sombong itu akan tersandung dan jatuh, dan tak seorang pun akan membuatnya berdiri, dan Aku akan menyalakan api di kota-kotanya, dan api itu akan membakar habis semua yang ada di sekelilingnya.”

50:33 Beginilah firman TUHAN semesta alam, “Keturunan Israel ditindas, dan keturunan Yehuda juga, dan semua yang menawan mereka mencengkeram mereka, dan menolak untuk melepaskan mereka.

50:34 Penebus mereka itu kuat, TUHAN semesta alam nama-Nya. Dia pasti akan membela perkara mereka sehingga Dia dapat memberikan ketenangan kepada negeri itu, tetapi tidak ada ketenangan bagi penduduk Babel.”

50:35 “Pedang melawan orang-orang Kasdim,” firman TUHAN, “melawan penduduk Babel dan melawan para pejabat dan orang-orang bijaksananya.

50:36 Pedang melawan para peramal sehingga mereka menjadi orang-orang bodoh! Pedang melawan orang-orang gagahnya sehingga mereka akan dihancurkan!

50:37 Pedang melawan kuda-kudanya dan melawan kereta-kereta kudanya, dan melawan semua orang asing yang ada di tengah-tengahnya, sehingga mereka akan menjadi seperti para perempuan! Pedang melawan semua harta bendanya, dan harta benda itu akan dirampok.

50:38 Kekeringan menimpa air-airnya, sehingga menjadi kering. Sebab, ini adalah negeri patung-patung, dan mereka tergila-gila dengan berhala-berhala.

50:39 Karena itu, binatang-binatang gurun akan tinggal di sana bersama serigala-serigala, burung-burung unta akan tinggal di dalamnya. Negeri itu tidak akan dihuni untuk selama-lamanya, maupun akan ditinggali dari generasi ke generasi.

50:40 Seperti ketika Allah menunggang balikkan Sodom dan Gomora bersama kota-kota di sekitarnya,” firman TUHAN, “demikianlah tidak ada orang yang akan tinggal di sana, dan tidak ada anak manusia yang akan menetap di sana.

50:41 Lihatlah! Suatu bangsa akan datang dari utara, suatu bangsa yang besar, dan banyak raja akan dibangkitkan dari tempat-tempat terjauh di bumi.

50:42 Mereka memegang busur dan tombak, mereka kejam dan tidak berbelaskasihan. Suara mereka menderu seperti laut, mereka menunggang kuda, berjajar seperti prajurit perang melawan kamu, hai anak perempuan Babel.

50:43 Raja Babel telah mendengar laporan tentang mereka, dan tangannya menjadi lunglai. Kecemasan menguasai dia, kesakitan seperti perempuan yang melahirkan.

50:44 Lihatlah, seperti singa muncul dari hutan Yordan menuju padang penggembalaan yang subur, Aku akan dengan tiba-tiba membuatnya lari dari negeri itu, dan Aku akan menetapkan atasnya siapa pun yang Aku pilih. Sebab, siapakah seperti Aku? Siapa yang akan mendakwa-Ku? Dan siapakah gembala yang dapat berdiri di hadapan-Ku?”

50:45 “Karena itu, dengarlah rencana yang ditetapkan TUHAN melawan Babel, dan rancangan yang dibuat-Nya melawan negeri orang Kasdim. Sesungguhnya yang terkecil dari kawanan domba itu akan diseret, sesungguhnya Dia akan membuat tempat tinggal mereka sunyi sepi karena mereka.

50:46 Bumi berguncang karena suara direbutnya Babel, dan teriakan mereka terdengar di antara bangsa-bangsa.”

AlkiPEDIA AlkiPEDIA

Penjelasan Singkat

Pembebasan Israel

Isi Pasal

Nubuat terhadap Babel dan orang-orang Kasdim.

Garis Besar

50:1 Penghukuman atas Babel dan penebusan atas Israel.

Judul Perikop

Mengenai Babel (50:1-46)

Tokoh

Allah, Yeremia, Raja Asyur, Nebukadrezar.

Nama dan Tempat

Allah, Asyur, Babel, Basan, Bel, Efraim, Gilead, Gomora, Israel, Karmel, Kasdim, Merataim, Merodakh, Nebukadnezar, Pekod, Sion, Sodom, TUHAN, Yehuda, Yeremia, Yordan

Kesimpulan

Kesombongan hati manusia membuat Allah menentang mereka dan membuat mereka matang pada waktunya untuk kehancuran total. Apapun yang salah yang dilakukan melawan umat Allah pasti akan diperhitungkan, karena meskipun Allah bisa memakai penganiayaan mereka untuk kebaikan umat-Nya, Allah memiliki berbagai alat untuk memerintah di bumi, dan ketika Dia membuka gudang persenjataan-Nya, semua musuh akan kalah.

Fakta

ay. 34. Adalah penghiburan bagi orang Kristen di tengah kesukaran bahwa mereka memiliki seorang Penebus, Yesus Kristus, yang kuat, dan akan sepenuhnya membela mereka dan memberi mereka perhentian.

Dengar

Program Studi Alkitab

Yeremia 49:7-52:34 (Keluaran 19:3; Yeremia 49:7--52:23)
Kebenaran Abadi

Playlist:



Nonton

The Bible Project: Ringkasan: Yeremia (Yeremia 1-52)

Playlist:

THE BIBLE PROJECT
ALKITAB VIDEO BERGAMBAR
BaDeNo PLUS
loader
Tampilkan Semua
1. Apa yang akan terjadi pada Babel? [Yer 50:2]
Babel diambil alih. Bel dan para berhala menjadi malu. [Yer 50:2]
2. Siapa yang akan bangkit melawan Babel? [Yer 50:3]
Sebuah bangsa dari utara. [Yer 50:3]
3. Apa yang akan dilakukan orang Israel ketika Babel diserang? [Yer 50:4,5]
Orang-orang akan datang bersama dengan menangis dan mencari TUHAN. Mereka akan berangkat menuju Sion untuk memperbarui perjanjian kekal mereka dengan TUHAN. [Yer 50:4,5]
4. Mengapa TUHAN menggambarkan umatnya sebagai kawanan yang terhilang? [Yer 50:6]
Dia menggambarkan mereka sebagai kawanan yang hilang karena gembala mereka menyesatkan mereka dan mereka melupakan tanah air mereka. [Yer 50:6]
5. Apa yang dikatakan para lawan mereka tentang mengapa mereka mampu melahap orangorang TUHAN? [Yer 50:7]
Para musuh mengatakan itu karena orang TUHAN berdosa melawan TUHAN. [Yer 50:7]
6. Mengapa orang Israel meninggalkan Babel sebelum Babel ditangkap? [Yer 50:8,9,10]
Mereka harus pergi karena bangsa-bangsa besar dari utara datang untuk menangkap Babel. [Yer 50:8,9,10]
7. Apa yang akan terjadi pada Babel karena mereka mengambil warisan TUHAN sebagai perampasan? [Yer 50:11,12,13]
Babel akan menjadi yang terkecil dari bangsa-bangsa, hutan belantara yang tidak berpenghuni. [Yer 50:11,12,13]
8. Karena Babel telah berdosa terhadap TUHAN apa yang akan terjadi padanya? [Yer 50:14,15]
Semua orang akan menembak di Babel, Babel akan menyerahkan kekuasaannya, menaranya akan jatuh, dindingnya akan diruntuhkan, dan yang lain akan melakukan padanya seperti yang telah dilakukannya terhadap bangsa-bangsa lain. [Yer 50:14,15]
9. Apa yang harus dilakukan orang-orang yang datang dari negara-negara lain ketika Babel diserang? [Yer 50:16]
Mereka semua harus lari kembali ke negara mereka sendiri. [Yer 50:16]
10. Apa yang TUHAN katakan akan dia lakukan terhadap bangsa-bangsa Asyur dan Babel? [Yer 50:17,18]
Dia mengatakan dia akan menghukum raja Babel dan rakyatnya dengan cara yang sama dia menghukum raja Asyur. [Yer 50:17,18]
11. Apa yang akan TUHAN lakukan untuk sisa orang-orang yang dia kasihani ini? [Yer 50:19,20]
TUHAN akan memulihkan Israel ke tanah airnya, dan dia akan mengampuni dosa orang-orang itu. [Yer 50:19,20]
12. Apa yang didorong TUHAN untuk dilakukan musuh-musuh Babel? [Yer 50:21,22]
TUHAN ingin agar mereka membunyikan teriakan perang dan membawa kehancuran besar pada Babel. [Yer 50:21,22]
13. Mengapa tentara Babel akan ditangkap? [Yer 50:23,24]
Mereka akan ditangkap karena itu menantang TUHAN. [Yer 50:23,24]
14. Apa pekerjaan yang harus TUHAN lakukan? [Yer 50:25,26]
TUHAN membuka gudang senjatanya, mengeluarkan senjata, dan mendorong musuh untuk menyerang Babel, membuka lumbung, dan membawanya kepada kehancuran. Mereka tidak meninggalkan sisa-sisa dirinya. [Yer 50:25,26]
15. Apa yang akan dibicarakan oleh orang-orang Israel yang selamat dari Babel? [Yer 50:27,28]
Mereka akan berbicara tentang bagaimana TUHAN menghukum Babel dengan menyuruh para prajurit dibantai untuk apa yang dilakukan terhadap kuilnya di Sion. [Yer 50:27,28]
16. Apa yang akan terjadi karena dia menentang TUHAN? [Yer 50:29,30]
Tidak seorang pun akan lolos dari kehancuran yang akan dibawa musuh-musuh Babel padanya. Musuh harus menghancurkan semua orang yang berperang karena apa yang telah dilakukannya terhadap TUHAN [Yer 50:29,30]
17. Apa yang TUHAN nyatakan akan terjadi pada orang-orang yang sombong? [Yer 50:31,32]
Dia menyatakan bahwa mereka akan tersandung dan jatuh. [Yer 50:31,32]
18. Siapa yang menyelamatkan orang-orang Israel yang tertindas? [Yer 50:33,34]
TUHAN Semesta Alam menyelamatkan Israel. [Yer 50:33,34]
19. Apa yang akan dilakukan tentara musuh kepada Babel? [Yer 50:35,36,37]
Mereka akan menyerang penduduk, pejabat, orang bijak, dan semua orang. Mereka akan menyerang nabi-nabi palsu mereka, prajurit terkuat mereka, dan kuda serta kereta perang mereka. [Yer 50:35,36,37]
20. Seperti apa Babel nantinya? [Yer 50:38,39,40]
Babel akan menjadi seperti Sodom dan Gomorah. [Yer 50:38,39,40]
21. Apa yang raja Babel dengar tentang orang-orang dari utara? [Yer 50:41,42]
Para raja mendengar bahwa mereka kejam dan tidak memiliki belas kasihan. [Yer 50:41,42]
22. Bagaimana perasaan raja Babel setelah mendengar laporan ini dari Yeremia bahwa pasukan dari utara datang untuk mengambil alih Babel? [Yer 50:43]
Setelah mendengar laporan, raja merasa seperti seorang wanita yang sedang melahirkan. [Yer 50:43]
23. Apa yang akan dilakukan TUHAN ke Babel? [Yer 50:44]
Dia akan mengejar orang-orang dari Babel dan menunjuk seseorang untuk bertanggung jawab atas hal itu. [Yer 50:44]
24. Apa yang TUHAN rencanakan untuk dilakukan oleh orang-orang Babel? [Yer 50:45,46]
TUHAN berencana untuk menghancurkan umat Babel sepenuhnya. [Yer 50:45,46]
loader
loader
Studi lebih lanjut kunjungi situs: Alkitab SABDA.
loader
loader
Komunitas BaDeNo merupakan wadah yang disediakan oleh Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) untuk saling berbagi hasil PA (BaDeNo). Hasil PA ini bisa dibagikan melalui:
BaDeNo PB
BaDeNo PL
Alkitab Setiap Hari
Mari join bersama dengan kami melalui:
#ayo_pa! #ayo_pa!